Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Xiaomi Redmi 4A dengan Sensor OmniVision OV13850

5 min read

Review Kamera Xiaomi Redmi 4A dengan Sensor OmniVision OV13850

Review Kamera Xiaomi Redmi 4A dengan Sensor OmniVision OV13850 – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog membahas review kamera Xiaomi Redmi 4A yang ternyata eh ternyata, menggunakan sensor yang lain dari yang lain… Apakah itu? Yap, pakai sensor OmniVision OV13850. Xiaomi ini sebenarnya terbilang jarang pakai sensor besutan OmniVision untuk kamera utama, terakhir adalah seri Redmi 2 setahu Tuxlin.

Rata-rata smartphone Xiaomi masa kini kan pakai sensor kamera dari Samsung ISOCell atau Sony Exmor. Saat artikel ini ditulis, harga Xiaomi Redmi 4A berada di kisaran Rp 1,4 – 1,5 juta. Melihat hasil review kamera Redmi 2 yang lumayan oke, Tuxlin Blog jadi optimis kalau kemampuan kamera Xiaomi Redmi 4A ini juga bakal memadai di kelasnya, penasaran? Sama, saya juga! hehehehe… Langsung aja, simak review kamera Xiaomi Redmi 4A oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Xiaomi Redmi 4A dengan Sensor OmniVision OV13850

Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi 4A

Spesifikasi menjadi salah satu hal yang cukup penting di setiap review, termasuk review kamera Xiaomi Redmi 4A ini Sob! Harga yang murah nggak lantas membuat spesifikasi kamera Redmi 4A besutan Xiaomi ini jeblok 😀 Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, Xiaomi Redmi 4A ini dibekali dengan kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel yang menggunakan sensor OmniVision OV13850 yang berukuran 1/3.06 inci 1.12 um piksel berteknologi PureCell.

Kamera belakang Redmi 4A didukung lensa dengan aperture f/2.6 dan dilengkapi fitur autofokus biasa. Nggak dikasih phase-detection autofokus yang lagi ngetren saat ini, mengapa? Kan harganya murah Sob, masak minta aneh-aneh… Bikin aja sendiri sono 😆 Kamera belakang ini didukung single LED flash untuk memotret di tempat gelap.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 4A di Sini (Klik)

Spesifikasi kamera depan Xiaomi Redmi 4A ini terbilang biasa aja sih, tapi udah memadai kok kalau cuma buat selfie-selfiean doang 😛 Kamera depan mengusung resolusi 5 megapiksel fixed focus dengan menggunakan sensor OmniVision OV5675 yang ditandemkan dengan lensa aperture f/2.2. Baik kamera depan maupun kamera belakang pada review kamera Xiaomi Redmi 4A kali ini mampu merekam video full HD. 🙂

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi 3S, Bersensor Samsung S5K3L8

Fitur & Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 4A

Fitur & Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 4A

Ngomongin fitur dan tampilan antarmuka di Redmi 4A, tentu bukan hal yang asing lagi bagi pengguna Xiaomi. UI-nya sama persis dengan kamera Xiaomi lainnya yang udah pakai MIUI 8, sampe bosen ngulas fiturnya. Eh tapi kalau sama kamu enggak bosen kok hahahaha… *mulai ngaco 😆

Pada review kamera Xiaomi Redmi 4A kali ini, bagian fitur dan antarmuka nggak ada hal yang baru. 🙂 Tampilan UI kamera dipenuhi oleh viewfinder dengan sisi kiri terdapat pengaturan LED flash (off, auto, on) dan HDR (On/Off). Sedangkan pada sisi kanan terdapat ikon tiga roda (bukan merk obat nyamuk 😛 ) untuk mengaktifkan filter, modes untuk memilih mode kamera, dan ikon untuk switch ke kamera depan.

Sedangkan di bawahnya lagi atau pada panel menu terdapat tombol shortcut untuk mengakses galeri, tombol shutter, dan tombol untuk mengaktifkan mode perekaman video.

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 4A

Buat alayers penggemar filter *eh* 😛 Buat yang suka pakai filter, kamera Xiaomi Redmi 4A ini dilengkapi dengan beberapa filter bawaan kamera yang dapat dicoba, antara lain adalah Normal, Lomo, Color pop, Rustic, Icy, Vivid, Analog, Matte, Mono, B&W, Sketch, Spread, Squeeze, Stretch, Fisheye, Mozaic, Mirror, dan Tunel.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi 3X dengan Sensor Samsung

Mana yang paling bagus gan filternya? Coba aja atu-atu, tar tau sendiri kok mana yang paling keren, soal selera itu sih :mrgreen: Redmi 4A ini ada mode manualnya nggak? Ada dong! Tapi ya gitu deh. mode manual di jajaran Redmi ini kan biasa banget.

Kita cuma bisa mengatur White Balance dan ISO (100 – 3200) doang 😀 Mode lain yang disediakan oleh kamera Xiaomi Redmi 4A ini adalah Panorama, Timer, Audio, Straighten, Beautify, HHT, dan Scene.

Review Kamera Kamera Xiaomi Redmi 4A

Mode Scene menghadirkan beberapa preset yang bisa pembacaTuxlin Blog pilih sesuai kebutuhan, seperi  Portrait, Landscape, Sports, Night, Night Portrait, Beach, Snow, Sunset, Fireworks, Backlight, dan Flower. Eh tapi seumur-umur pake preset kok nggak jauh beda yah hasilnya? Kasarnya, hasilnya sama aja gitu. Entah memang nggak ada bedanya atau mata Tuxlin Blog yang perlu diperiksa ke dokter cantik hahahaha… 😆

Satu lagi, mode Beautify tentu menjadi salah satu fitur wajib kamera smartphone masa kini. Terutama kaum yang memiliki jiwa narsis yang bergelora 😆 Selain itu, Xiaomi Redmi 4A ini menyediakan beberapa parameter pengaturan, antara lain image adjustment (Contrast, Saturation, Sharpness), Face detection, Anti banding, camera frame, kualitas gambar, gridlines, dan banyak lagi.

Lalu kayak gimana sih hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi 4A ini? Langsung cekidot di halaman berikutnya ya Sob. Seperti biasa, foto Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel untuk memudahkan proses upload ke Blog. Artikel ini terdiri dari tiga halaman. Beberapa pembaca masih gagal paham dan bilang review nggak lengkap 😆 Udah lanjut ke halaman berikutnya yak… 🙂

Baca juga:Ini Perbedaan Asus Zenfone 3 Max ZC553KL vs Zenfone 3 Max ZC520TL

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A HDR

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A HDR
HDR off
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A HDR
HDR On

Mode HDR (High Dynamic Range) mampu memberikan perbedaan yang signifikan pada review kamera Xiaomi Redmi 4A kali ini. Selain meningkatkan dynamic range, mode HDR juga meningkatkan saturasi warna. 🙂

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Siang Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Siang Hari
Sampel 1 Siang Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Siang Hari
Sampel 1 Siang Hari di-crop

Meski dibandrol dengan harga yang terjangkau, hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi 4A cukup memenuhi ekspektasi Tuxlin Blog. Detail yang dihasilkan juga terbilang memadai.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Macro
Sampel 1 Macro
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Macro
Sampel 1 Macro di-crop

Menghasilkan foto macro bukan hal yang sulit bagi Xiaomi Redmi 4A. Foto yang dihasilkan pun memiliki detail yang memadai dan warna yang natural.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi Pro: Duet Sony & Samsung

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Malam Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Malam Hari
Sampel 1 Malam Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Malam Hari
Sampel 1 Malam Hari Di-crop

Saat digunakan pada malam hari, noise yang dihasilkan memang tidak terlalu parah. Namun, terjadi penurunan detail yang sangat signifikan. Itu wajar menurut Tuxlin Blog.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Malam Hari dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 4A Malam Hari dengan LED Flash
LED Flash Off vs LED Flash On

Meski mengusung single LED flash, cahay yang dihasilkan cukup terang dan sangat membantu pada kondisi minim cahaya.

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi 4A

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi 4A
Selfie malam hari, indoor

Hasil Rekaman Video Kamera Xiaomi Redmi 4A (Full HD)

Ulasan akhir dan kesimpulan dari review kamera Xiaomi Redmi 4A dapat dibaca di halaman berikutnya ya Sob 🙂

Baca juga:Asus Zenfone 3 Zoom ZE553KL Diperkenalkan, Usung Dual Kamera 12MP

Review Kamera Kamera Xiaomi Redmi 4A

Review Kamera Kamera Xiaomi Redmi 4A

Akhirnya telah sampailah kita pada bagian akhir dari review kamera Xiaomi Redmi 4A! Satu demi satu sesi telah kita lalui… *halah kayak MC* 😆 Berdasarkan pengalaman pemakaian selama hampir sebulan, Tuxlin Blog merasa kemampuan kamera Redmi 4A ini cukup bersaing di kelas entry-level. Harga resmi di China sana cuma Rp 900 ribu saja, lha sekarang (via distributor tak resmi) harganya tembus Rp 1,4 juta atau bahkan lebih. Apa masih laik? Jawabannya masih dong.

Saat digunakan untuk memotret pada siang hari, kamera Xiaomi Redmi 4A ini mampu mengahasilkan foto yang memuaskan dan didukung tingkat detail yang memadai. Kecepatan autofokusnya standar aja sih, namanya juga hape murah. Foto yang dihasilkan relatif tajam, dynamic range oke, dan warnanya cukup natural.

Cuma kadang-kadang jepretannya itu agak underexposed ya 🙂 Mode HDR terbukti memberikan perbedaan hasil yang signifikan dan mampu meningkatkan dynamic range yang cukup mencolok dan sedikit peningkatan saturasi warna.

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL: Flagship Class

Nah buat penggemar foto macro dengan dana terbatas, Xiaomi Redmi 4A ini tampaknya sangat cocok lho… Kamera ponsel ini asik banget kalau diajak foto macro karena nge-lock fokusnya cepet dan bahkan lebih cepet dari Redmi 3X. Hasil jepretan macro-nya juga nggak mengecewakan coy! Efek bokeh yang dihasilkan lumayan keren, detail memadai, noise ada tapi masih terkendali kok. Sayangnya, kadang warnanya agak oversaturated, bisa cek sampe foto bunga ungu dan bunga kamboja. 😀

Pada review kamera Xiaomi Redmi 4A kali ini, saat digunakan pada malam hari relatif nggak jauh beda dengan ponsel lain dikelasnya. Hasil jepretannya lumayan, setidaknya gambarnya terlihat kalau cahaya memadai hehehehe… Detail yang dihasilkan jelas merosot tajam dan noise yang dihasilkan juga tinggi tapi. Beruntung, warna yang dihasilkan ngga pudar, masih terbilang oke dan mirip dengan aslinya.

Meski mengusung single LED flash, cahaya yang dihasilkan cukup terang meski tak bisa menandingi cahaya kecantikan yang kau pancarkan… ya elah… *ngaco* 😆 Namun, beberapa foto dengan LED flash terlihat aneh, seperti ada efek kabut atau glow pada sampel foto Daun dan Daun pepaya.

Secara umum, kemampuan kamera Xiaomi Redmi 4A ini bisa dikatakan bersaing di kelasnya. Kamera Redmi 4A bisa diandalkan di pelbagai kondisi cahaya, meski saat malam hari hasilnya nggak bisa dibanggakan. Selain itu, kamera ponsel ini asik banget buat foto macro 😀

Ntar pasti bakalan ada yang nanya, bagus mana sama kamera Redmi 3X/Redmi 3S? 😆 Soal detail dan warna, masih oke Redmi yang pakai sensor Samsung, meski bedanya tipis 😀 Oke, sampai di sini dulu ulasan review kamera Xiaomi Redmi 4A dengan sensor OmniVision OV13850, semoga bermanfaat bagi pembaca Tuxlin Blog semua 😀

Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi Note 4 Bertenaga Snapdragon 625 Diluncurkan


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

69 Replies to “Review Kamera Xiaomi Redmi 4A dengan Sensor OmniVision OV13850”

    1. Kalau Xiaomi gampang mas, masuk saja menu Setting > About Phone > tap beberapa kali di bagian kernel, kemudian pilih device/hardware info 🙂

  1. berarti sensor Samsung yang dipake Redmi lain bisa dikatakan lebih baik dari OmniVision ya gan? Hasil fotonya lumayan, tapi nggak terlalu bagus kayaknya

    1. Yah ada plus minusnya sih. Saat lowlight, Redmi 4A ini terlihat lebih oke menurut saya. Kalau siang memang kurang greget sih 😀

  2. Mode makro nya ada di menu kamera kayak punya asus gak gan?
    Atau cuma ambil langsung dengan fokus jarak dekat?

  3. Mas tuxlin, kalo redmi note 4 itu udah bisa 4G ya, mau beli takutnya kayak redmi note 3, 4G nya dilock

  4. Lihat hasil jepretannya lumayan… Nggak bagus2 banget…. Masih bisa dipertimbangkan nih mas Tuxlin

  5. Hp ane redmi 4a, tapii kenapa yaa? Pas ane klik hdr malah kamera nyaa gabisa dibukaa?
    Ada yg bisa bantu mungkin..?

  6. OmniVision sendiri sebenarnya bagus nggak yah> Jika dibandingkan dengan Samsung yang dipakai di Redmi 4X?

  7. Galau ni bang.. bagusan ini apa genpro x ya kalo diliat dari segi kamera depan & belakang?. (Tolong kasih pnjelasan yg rinci dong) . Tpi pengennya sih beli genpro x. Penasaran koq harganya bisa mantap gtu. Btw aku tgl disolo lo. Kota Tetangga doang. Hehe

        1. Silakan baca dulu di sini

          https://tuxlin.com/review-genpro-x-evercoss-smartphone-murah-fitur-lengkap/
          https://tuxlin.com/review-kamera-genpro-x-evercoss-berkekuatan-13-megapiksel/

          https://tuxlin.com/review-xiaomi-redmi-4a-redmi-termurah/
          https://tuxlin.com/review-kamera-xiaomi-redmi-4a-dengan-sensor-omnivision-ov13850/

          Sudah saya jelas kan panjang dan lebar sampai ribuan kata plus lengkap dengan sampel fotonya, bisa ambil kerimpulan sendiri. Saya vote Redmi 4A yang unggul hampir semua sisi, cuma minus sensor sidik jari saja.

    1. Dipertimbangkan dulu gan… Saya sebenarnya ada rencana review Xiaomi Redmi 4X, tapi mungkin yang garansi nggak resmi 😀

      1. gak garansi resmi gpp mas, punya saya juga cuma garansi distro,,
        Rom nya juga distro, global stable belom ada di situs resmi nya,
        kamprett juga sih, hehehe

  8. Mau tanya mas tuxlin, jika dibandingin sama huawei y3 II mending mana? Dari kualitas kamera..

    1. Saya belum pernah pegang Y3 II, tetapi jika dilihat spek di atas kertas (sensor dll) jelas Redmi 4A lebih unggul 🙂

      1. Mas slm knl…
        Mas saya pke redmi pro udh rom global stabil cuma garansi distributor tu aman gak ya mas

  9. Mas lam knl..
    Mas saya pkai redmi pro udh rom global stabil tapi garansi distributor aman gak tu mas

  10. Min. Ini kan pake ov13850. Kalau sama ov13855 bedanya apa aja ya? Terus kalau dibandingkan sama imx258 bagus mana? Soalnya sy beli redmi note 4x batch baru baru ini sensor nya pakai omnivision yg belakang, (ada 3 Versi sih, Sony Samsung omnivision) kalau depan pakai samsung.

    1. Saya sih vote Sony IMX258. Namun, optimasinya kayaknya kurang oke di Redmi Note 4 meski pakai sensor Sony. kalau perbedaan dua seri sensor Omnivision itu saya kurang tahu, teknis banget soalnya 🙂

  11. Kameranya bagus, istri saya pake 4A.
    Bahkan mnrt saya kamera note 4 kalah bagus untuk indoor, apalagi macronya lemot banget dan gak bisa terlalu dekat. Malah Evercoss saya R50A lbh baik macronya wuuz wuuuuz cepat ngelock focus dgn jarak sangat dekat.

        1. Oh ukuran resolusinya ya, tidak bisa kalau pakai aplikasi bawaan Xiaomi 😀 Jika ingin, bisa gunakan aplikasi kamera buatan pihak ketiga, seperti Google Camera atau Open Camera 🙂

  12. Menurut saya bagus redmi 4a kameranya di banding sony z1 compact, pixel lbh tinggi sony, tp lbh jernih redmi 4a hasilnya, saya pake keduanya, flash lbh oke redmi 4A

  13. permisi gan kalau kamera XIAOMI REDMI 5 sama Xiaomi Redmi 4A bagus mana ya? saya kurang mengerti sama kamera Smartphone soalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.