Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak?

5 min read

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekutan 50MP, Bagus Nggak?

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak? – Halo Pembaca! Lebaran kemarin (beugh lama amat?) Tuxlin Blog berkesempatan menjajal smartphone Xiaomi Redmi Note 11 selama kurang lebih dua minggu penuh. Smartphone ini emang mengusung spesifikasi yang sebenarnya nggak terlalu banyak berupah atau meningkat jika dibandingkan Redmi Note 10. Ponsel ini pakai Snapdragon 680 yang lumayan andal dan efisien. Hal yang menarik dari Xiaomi Redmi Note 11 adalah kamera utamanya yang beralih ke sensor 50 megapiksel, sama seperti pesiang terdekatnya.

Kamera utama 50 megapiksel yang digunakan Xiaomi Redmi Note 11 ini pakai sensor Samsung ISOCELL JN1 yang lagi naik daun. Beberapa smartphone kelas mainstream yang Tuxlin ulas sebelumnya juga pakai sensor ini. Padahal menurut Tuxlin sih, sensor ini nggak istimewa dan kebanyakan ponsel yang pakai sensor ini juga hasil fotonya biasa aja. 🤔 Coba pakai sensor Sony IMX766, pasti hasilnya bakal jauh lebih bagus… dan harganya juga bakalan lebih mahal wkwkwk… 🤣 Lalu apakah hasil foto kamera Redmi Note 11 ini bagus? Simak review kamera Xiaomi Redmi Note 11 oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekutan 50MP, Bagus Nggak?

Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi Note 11

Smartphone Xiaomi Redmi Note 11 ini dibekali dengan empat buah kamera belakang atau quad camera dengan kamera utama berkekuatan 50 megapiksel yang menggunakan dengan lima elemen lensa aperture f/1.6 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang ditandemkan dengan lensa aperture f/1.8 dan dibekali fitur Phase-Detection Autofocus (PDAF). Nggak lupa, Redmi Note 11 ini juga dibekali dengan LED flash buat memotret di kondisi kurang cahaya.

Sensor Samsung ISOCELL JN1 yang digunakan pada review kamera Xiaomi Redmi Note 11 ini selain sebagai sensor kamera keluaran terbaru yang mengusung dimensi kecil dan tipis, juga dibekali teknologi anyar ISOCELL 2.0. Teknologi tersebut diklaim mampu meningkatkan sensitivitas hingga 16% dan disematkan teknologi canggih seperti Smart ISO dan Double Super PDAF untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas dari generasi sebelumnya.

Anda dapat membeli Xiaomi Redmi Note 11 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Kamera kedua kedua Redmi Note 11 ini berkekuatan 8 megapiksel yang pakai sensor GalaxyCore GC08A3 1/4 inci 1.12um piksel (baru denger sensor ini? 🤔) didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga dan keempat berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh dengan mode portrait.

Buat penggemar foto selfie, Xiaomi Redmi Note 11 ini lumayan bisa diandalkan deh di kelasnya dengan sokongan kamera depan 13 megapiksel dengan sensor BSI 1/3.1 inci 1.12um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.4 fixed focus dan diperkuat fitur AI Portrait Selfie untuk foto selfie dan video call. 😎 Oiya soal perekaman video, ternyata Redmi Note 11 ini cuma mentok di resolusi full HD 1080p ajah, nggak bisa 4K UHD ya… Kamera depan atau belakang sama, mentok di situ. 😅

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi Note 11

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak? 1

Pada review kamera Xiaomi Redmi Note 11 kali ini, aplikasi kamera bawaan smartphone ini nggak jauh beda dari smartphone Xiaomi atau Poco lainnya. Struktur menunya sama dan user interface-nya sama persis, tentu bakalan familiar kalau udah pernah pakai smartphone Xiaomi. Tampilannya terdiri dari viewfinder yang diapit dua baris menu pada sisi kanan dan kirinya. Bagian kiri terdapat hamburger menu, Google Lens, Filter, AI, HDR, dan LED flash.

Sedangkan sebelah kanan ada opsi untuk berganti lensa dari 1x untuk kamera wide, 0,6x untuk kamera ultra wide angle, dan 2x untuk digital zoom. Sedangkan mode kamera dapat diakses melalui menu rolodex sebelah kanan dan susunannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Nggak lupa, ada tiga tombol di paling kanan untuk switch ke kamera depan, tombol shutter, dan shortcut untuk mengakses galeri. Redmi Note 11 ini ada kamera dedicated macro-nya dan untuk pakai kamera itu musti tap ke hamburger menu dulu, soalnya menunya diumpetin di situ 😅

Baca juga:Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya…!

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak? 2

Mode yang disediakan pada aplikasi kamera Xiaomi Redmi Note 11 ini cukup lengkap gaes, antara lain ada Slow Motion (hingga 720p @120fps), Short Video, Video, Photo, 50M, Portrait, Night, Panorama, Document, Time-lapse, dan Pro. Seperti biasa gaes, mode Pro yang ada di smartphone Redmi Note 11 ini menawarkan opsi yang lengkap. Tuxlin bisa atur aneka parameter di mode ini seperti white balance, fokus, shutter speed (hingga 30s), ISO (hingga 6400), EV, dan tentu saja lensa yang mana yang mau dipakai.

Karena pada review kamera Xiaomi Redmi Note 11 ini pakai teknologi tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar, makanya secara default kamera 50MP-nya menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP saja. Kalian juga tetep bisa kok pakai resolusi native 50MP pakai mode 50M. Namun, mode itu nggak ngasih peningkatan signifikan dan ukuran file-nya juga gede banget. Mending pakai yang auto saja. 😅

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak? 3

Jadi pembaca Tuxlin Blog pada penasaran dengan hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 11? Oke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 11 ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 11 HDR

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak? 4
HDR Off
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak? 5
HDR On

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Portrait Mode

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Macro

Baca juga:Review Kamera Realme 8i dengan Sensor Samsung ISOCELL JN1 50MP

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Malam Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Night Mode

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak? 36
Night mode off
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak? 37
Night mode on

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 11 dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 11

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 11

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Redmi Note 11

Baca juga:Review Kamera Poco X3 GT 64MP dengan Sensor OmniVision OV64B

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11

Udah lihat kan bagaimana hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 11 oleh Tuxlin Blog di atas? Ya kalau secara umum sih kualitas foto yang dihasilkan kamera utamanya yang 50MP itu udah bagus dan bersaing sama smartphone lain yang pakai kamera 50MP juga. 🤔 Tapi ya itu, nggak istimewa gitu lho…

Foto yang dihasilkan pada review kamera Xiaomi Redmi Note 11 di siang hari dengan kondisi cahaya melimpah terbilang oke dengan tingkat detail yang mantap dan tajam. Sayangnya, beberapa sampel kalau Tuxlin zoom gitu kayak ada sedikit grain atau noise. Kalau nggak di-zoom, nggak kelihatan sih 🧐 Saturasi warnanya cenderung natural dan kadag karakternya agak cool atau bluish. Kalau AI diaktifkan, warna jadi berubah agak punchy gitu.

Baca juga:Review Kamera Poco F3 Berkekuatan 48MP dengan Sensor Sony IMX582

Dynamic range yang dihasilkan kamera utama Xiaomi Redmi Note 11 ini kurang konsisten sih, tapi seringnya kurang wide. Bagian bayangan gitu terlihat terlalu hitam. Solusinya sih nyalain mode HDR, dynamic range langsung meningkat. Bagian bayangan yang item banget tadi jadi agak terang dan mulai kelihatan detailnya. 👍🏼 Kalian bisa lihat detail pohon kelapa pada sampel foto HDR di atas.

Salah satu kelebihan kamera Xiaomi — termasuk seri Redmi Note 11 ini adalah mode portrait-nya! 😎 Sejauh ini memang mode portrait di smartphone Xiaomi ini adalah salah satu yang paling oke! Separasinya rapi dan efek bokeh-nya itu lebih natural, nggak terlalu kelihatan kalau itu sebenarnya buatan.

Buat yang suka foto macro, kamera utama Xiaomi Redmi Note 11 ini bisa kalian andalkan! Tuxlin beberapa kali jepret subyek kayak bunga, daun, dan sebagainya hasilnya memuaskan. Kecepatan autofokus-nya terbilang cepat dan akurat. Foto macro yang dihasilkan juga terlihat hidup dan detailnya juga mantap.

Sedangkan saat kondisi malam hari, performa pada review kamera Xiaomi Redmi Note 11 ini sebenarnya nggak jauh beda dengan pesaing terdekatnya. Performa autofokusnya mengalami penurunan dan detail fotonya juga menyusut… 🤔 Untungnya sih saturasi warnanya masih bagus banget dan nggak pudar gitu. Selain itu, noise emang terlihat menghiasi, tapi masih bisa dikatakan terkontrol. 👍🏼

Mode Night di kamera Redmi Note 11 ini sukses bikin foto menjadi lebih terang dan mengalami peningkatan detail. Eh tapi kok ya noise masih tetap eksis dan kayak nggak berkurang gitu dari mode auto 😅 Btw LED flash bawaan ponsel ini cukup terang dan bisa diandalkan buat motret di tempat yang gelap banget.

Buat kalian yang seneng foto selfie atau ngeblog, kamera depan Xiaomi Redmi Note 11 ini bisa diandalkan kok di segala kondisi cahaya. Foto selfie yang dihasilkan lumayan detail dengan tone warna yang oke… Udah gitu, mode portraitnya juga rapih. Kamera dedicated macro pada review kamera Xiaomi Redmi Note 11 kali ini bisa dikatakan kurang oke. Foto yang dihasilkan kurang detail dan agak kusam.

Kalau ngomongin kamerab ultra wide angle di Xiaomi Redmi Note 11, performanya sebenarnya lumayan oke. Hanya saja karakternya jauh berbeda kalau dibandingkan dengan kamera utama. Kondisi cahaya melimpah, karakter fotonya agak warm dengan detail yang lumayan. Nah yang mengejutkan, performanya pas malam hari ternyata lumayan lho detailnya. 👍🏼 Cuma emang bagian sudutnya agak soft gitu kayak distorsi. 🤔

Secara umum, kemampuan kamera depan dan belakang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 ini bisa diandalkan di segala kondisi cahaya untuk harga 2 jutaan. Performa autofokusnya juga oke dan fiturnya lengkap. Kamera ultra-wide angle mungkin perlu ditingkatkan lagi supaya nggak soft bagian sudutnya.

Sampai di sini dulu review kamera Xiaomi Redmi Note 11 oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. 😁

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya?


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.