Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera ZTE Blade A711, Berteknologi NeoVision 5.0

7 min read

Review Kamera ZTE Blade A711

Review Kamera ZTE Blade A711 – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog membahas review kamera ZTE Blade A711 yang berkekuatan 13 megapiksel. Pabrikan asal Tiongkok ini juga menyuntikkan teknologi yang disebut dengan NeoVision 5.0. Entah seperti apa teknologi itu dan kayak gimana cara kerjanya hehehehe… Setelah Tuxlin cek, ternyata nama aplikasi Camera bawaannya NeoVision 5 hahaha…

Berbeda dengan rata-rata pesaingnya yang udah pada mengusung teknologi phase-detection autofokus, ZTE Blade A711 ini masih anteng saja dengan fitur autofokus konvensonal atau contrast-detection AF. Nggak masalah sih, mau pake teknologi apa saja, yang penting hasilnya bagus ahihihihi…

Lalu apakah kemampuan kamera ZTE Blade A711 ini mampu bersaing dengan kompetitor seperti Xiaomi Redmi Note 2, Alcatel Flash 2, Meizu M2 Note, dan Infinix Note 2? Simak saja review kamera ZTE Blade A711 dari Tuxlin Blog kali ini. *Tuxlin Blog sih sejak awal nggak berekspektasi terlalu tinggi sama kamera hape ini, biar nggak nyesek hehehe…

Review Kamera ZTE Blade A711

Spesifikasi Kamera ZTE Blade A711

Seperti yang sudah Tuxlin singgung di paragraf intro, smartphone 4G LTE ZTE Blade A711 ini dibekali dengan kamera utama berkekuatan 13 megapiksel yang ditandemkan dengan lensa aperture f/2.2 dan ditemani dengan sebuah single LED flash. Sekilas, spesifikasi kamera utamanya memang nggak jauh berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 2 yang Tuxlin ulas sebelumnya.

Sayangnya, sampai saat ini Tuxlin masih belum tahu sensor apa yang digunakan oleh ponsel 4G ZTE Blade A711 ini? Yah kalau dilihat dari hasil jepretannya, kayaknya sih dia pake sensor OmniVision OV13850 yang berukuran 1/3.06 inci. Eh tapi ini cuma perkiraan Tuxlin Blog doang lho ya… Sensor sebenarnya yang digunakan oleh ZTE Blade A711 ini masih misteri… Kalau Sony Exmor jelas bukan deh, soalnya hasilnya nggak terlalu bagus menurut Tuxlin.

Lalu bagaimana dengan kamera depan? Spesifikasi kamera depan memang informasi yang krusial, terutama bagi konsumen yang gila selfie buahahahaha…. 😆 ZTE membekali ponsel 4G LTE bertampang keren ini dengan kamera depan resolusi 5 megapiksel fixed focus dengan aperture f/2.2.

Lensa yang diusung oleh kamera depan lumayan lebar atau wide, sehingga cukup memadai untuk foto selfie bareng-bareng yang mana orang bule menyebutnya dengan istilah Welfie. Sedangkan istilah yang lebih syar’i dari foto selfie bersama adalah foto selfie berjamaah 😆 Pada review kamera ZTE Blade A711 kali ini memang tidak dilengkapi dengan LED flash depan seperti Alcatel Flash 2 atau Galaxy J5, jadi agak susah kalau mau selfie di tempat gelap… Lagian ngapain sih selfie di temat gelap? Kayak nggak ada tempat yang terang aja Smile with tongue out

Kamera belakang ponsel 4G LTE ZTE Blade A711 ini mampu merekam video dengan resolusi full HD 1080p dengan frame rate 30fps. Sedangkan kamera depan juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan resolusii full HD 1080p dengan frame rate 30fps.

Spesifikasi di atas kertas, kamera smartphone ZTE Blade A711 yang dibalut dengan casing metal ini tampak meyakinkan… Meski demikian, jangan pernah berharap lebih pada kemampuan kamera smartphone. Smartphone tetaplah smartphone, kalau mau kamera mantap bebas noise di segala kondisi, beli saja Mirrorless atau DSLR… Itu pun belajar make dulu 😆

Baca juga:Asus X555YA, Laptop Bertenaga AMD APU & Layar 15,6 Inci

Antarmuka Kamera ZTE Blade A711

Antarmuka Kamera ZTE Blade A711

ZTE Blade A711 ini dibekali dengan aplikasi kamera bawaan yang disebut dengan Neo Vision 5.0 Camera. Pada review kamera ZTE Blade A711 kali ini, Tuxlin Blog menggunakan aplikasi kamera bawaan, bukan aplikasi kamera buatan pihak ketiga. Saat pertama kali Tuxlin menjalankan aplikasi kamera ZTE Blade A711, kesan pertama yang Tuxlin dapat adalah cukup intuitif dan sederhana.

Antarmuka aplikasi kamera pada Blade A711 ini terdiri dari tiga bagian, yakni panel kontrol kanan, panel kontrol kiri, dan viewfinder pada bagian tengah. Panel kontrol atau menu bagian kanan terdapat tombol switch camera, pengaturan timer (off, 5s, 10s, dan 20s), pengaturan LED flash (off, on, auto), dan tombol setting.

Sedangkan pada panel kontrol sebelah kanan terdapat tombol mode (Auto/Pro), tombol shutter, tombel mode video, dan shortcut untuk mengakses galeri. Sedangkan untuk mengkases Camera Family, kita lakukan swipe dari kiri ke kanan di viewfinder, maka akan tampil mode keren seerti di bawah ini.

Fitur Kamera ZTE Blade A711

Mode Camera Family yang disediakan oleh ZTE Blade A711 antara lain adalah Standard (default), Time-lapse photography, Multi Exposure, Light Painting, Special Effect, Electronic Aperture, Panorama, Star Track, dan Video Maker. Mode Electronic aperture ini memungkinkan kita mengatur aperture atau diafragma kamera secara elektronik, mulai dari f/2.8 hingga f/4.4.

Mode ini juga dilengkapi dengan pengaturan Exposure Compansation. Sedangkan mode light painting ini memungkinkan kita untuk membuat foto slow shutter atau long eksposure yang keren saat malam hari. Tuxlin Blog menyarankan untuk menggunakan tripod jika ingin bereksperiman dengan kedua mode ini.

Sedangkan pada mode Star Track, memungkinkan untuk memotret langit pada malam hari gan… Terdengar keren kan? Cara kerja mode ini simpel menurut Tuxlin, yakni kamera secara otomatis menggunakan shutter speed yang panjang (30s atau lebih) dan ISO yang tinggi untuk menangkap cahaya.

Tuxlin belum mencoba mode ini, soalnya langit akhir-akhir ini mendung mulu… Untungnya, suasana hati Tuxlin Blog selalu cerah dan bahagia… *mulai ngaco 😆 Pakai tripod lagai kalau mau pake mode ini hahahaha… Smile with tongue out Ketiga mode yang Tuxlin sebutkan tadi akan menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih rendah, yakni full HD  atau 1920 x 1080 piksel.

Adapun mode Time-lapse, itu ternyata bikin video time-lapse gan… bukan foto hahaha… Sedangkan Mode Multi Exposure ini ternyata menggabungkan dua foto menjadi satu. Mode ini menyediakan beberapa preset, seperti Simple, Transparent, Background, Brightness, Darkness, dan Jigsaw. Sedangkan mode Special Effect ini cuma semacam filter warna saja yang juga menyediakan beberapa preset, seperti Miniature, Fish Eye, Relief, Lomo, Nature, Negative Film, Color Description, Sketch, dan Black/White.

Fitur Kamera ZTE Blade A711

Review ZTE Blade A711 Tuxlin Blog_04Review ZTE Blade A711 Tuxlin Blog_05

Tak hanya kaya dengan mode kreatif, kamera ZTE Blade A711 ini juga kaya fitur gan… Tuxlin Blog lihat ada mode HDR (High Dynamic Range), Snapshot, Touch Capture, Shutter Priority, Face Detection, Compass, Grid, dan banyak lagi. Saking banyaknya, Tuxlin Blog sampai bingung hahahaha… Oiya, kita juga bisa pakai sensor sidik jari pada smartphone ZTE Blade A711 ini untuk mengambil foto lho, keren kan? Open-mouthed smile Saat kita mengaktifkan mode Pro, kita bisa mengatur ISO, White Balance, Exposure Compensation, dan Focus distance, lumayan lengkap. Mada mode video, juga disediakan fitur Slow-Motion.

Nah buat alayers dan anggota Jamaah Narsisiyah yang keranjingan selfie, ada kabar baik dan kabar buruk tentang kamera ZTE Blade A711. Kabar buruknya, Tuxlin Blog enggak nemu mode beautification di ZTE Blade A711 saat menggunakan kamera depan… Alhasil, jerawat ente bakal makin eksis hahahaha 😆 Kabar baiknya apa gan? Kabar baiknya, kamera ZTE Blade A711 ini dilengkap dengan fitur smile shutter. Jadi pas kita selfie kagak perlu lah kita pencet tombol shutter, cukup senyum aja ke kamera… cekrek… cekrek… upload 😆 Smile with tongue out

Secaran umum, penampilan antarmuka kamera ZTE Blade A711 ini cukup sederhana dan mudah digunakan. kelebihan utamanya menurut Tuxlin Blog adalah fitur dan mode yang disediakan bejibun… Keren-keren pula hehehehe… Lalu seperti apa hasil jepretan kamera ZTE Blade A711? Pada halaman berikutnya adalah sampel hasil jepretan kamera ponsel 4G LTE ZTE Blade A711 yang telah Tuxlin Blog lakukan. Semua foto di-resize dari resolusi asli ke 800 x 600 piksel untuk memudahkan proses upload Smile.

Baca juga:Benchmark ZTE Blade A711: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 HDR

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 HDRHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 HDR

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Buah-buahan

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711

Pada review kamera ZTE Blade A711 kali ini, Tuxlin pas mampir ke toko buah, jadi jeprat-jepret dulu buahnya… Eh tapi nggak beli 😆

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Siang Hari

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Siang HariHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Siang HariHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Siang HariHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Siang HariHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Siang Hari

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Sore Hari

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Sore HariHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Sore Hari

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Macro

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 MacroHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 MacroHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 MacroHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 MacroHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 MacroHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Macro

Cropped

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Malam Hari

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Malam HariHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Malam HariHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Malam HariHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Malam Hari

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Malam Hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Malam HariHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Malam Hari

Kiri LED flash off, kanan LED flash on

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Malam Hari

IMG_20160119_224542

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Mode Electronic Aperture

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Mode Electronic Aperture

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Mode Light Painting

Hasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Mode Light PaintingHasil Foto Kamera ZTE Blade A711 Mode Light Painting

Yang terakhir mau nulis ‘Tuxlin’ tapi gagal 😆

Hasil Foto Kamera Depan ZTE Blade A711

Hasil Foto Kamera Depan ZTE Blade A711Hasil Foto Kamera Depan ZTE Blade A711

Baca juga:Duel Kamera ZTE Blade A711 vs Meizu M2 Note Malam Hari

Review Kamera ZTE Blade A711

Hasil review kamera ZTE Blade A711 ini ternyata sedikit di bawah ekspektasi Tuxlin Blog. Yap, saya berharap dengan spesifikasi kamera yang meyakinkan mampu mengimbangi kamera Xiaomi Redmi Note 2 atau Alcatel Flash 2. Hal yang membuat Tuxlin tergoda dengan kamera ZTE Blade A711 ini adalah fitur yang dimilikinya cukup lengkap dan didukung hadirnya mode Pro yang menawarkan pelbagai pengaturan parameter ala kamera profesional.

Namun, Tuxlin juga kecewa juga, ternyata mode Pro tidak menyediakan pengaturan shutter speed! Kampret kan? 😆 Selain itu, ZTE Blade A711 ini masih mengadopsi fitur autofokus biasa, padahal para pesaingnya udah pada pake PDAF (phase-detection autofocus) seperti Xiaomi Redmi Note 2 dan Alcatel Flash 2.

Tuxlin sih maklum, soalnya Blade A711 menawarkan kelebihan di sektor lain seih, seperti casing metal dan sensor sidik jari Smile with tongue out Meski tanpa phase-detection autofocus, kecepatan autofokus kamera Blade A711 ini lumayan gegas kalau cahaya mencukupi.

Tuxlin  Blog sudah menjajal menggunakan kamera ponsel 4G LTE Blade A711 besutan ZTE ini selama sebulan lebih. Saat digunakan untuk memotret di siang hari yang mana cahaya melimpah, foto yang dihasilkan bisa dikatakan standar banget di kelas Rp 2 jutaan menurut Tuxlin Blog.

Meskipun sudah dibekali dengan aperture f/2.2, foto yang dihasilkan tidak terlalu terang. Beberapa foto malah langitnya terlihat overexpose, lihat sampel foto siang hari yang ketiga dan keempat. Sedangkan warna yang dihasilkan sudah mendekati aslinya atau cukup akurat. Detail foto yang dihasilkan juga relatif baik. Kalau cahaya nggak terlalu berlebihan, misalnya pada sore hari, hasil jepretan kamera

Pada review kamera ZTE Blade A711 ini, Tuxlin Blog juga menjajal kemampuan mode HDR (High Dynamic Range) yang dimilikinya. Hasilnya gimana gan? Jika dibandingkan dengan mode tanpa HDR, foto dengan mode HDR ini mampu menghasilkan warna yang lebih vivid dan menyenangkan, bagian bayangan pada foto juga lebih jelas, dan detail yang cukup baik.

Namun, untuk bagian langit terlihah overexpose (pada mode HDR off) menjadi agak gelap pada (mode HDR). Keduanya sama-sama nggak realistis. Cuma bagian langit saja ya, kalau bagian lain sudah lumayan oke menurut Tuxlin Smile

Baca juga:Lenovo K5 Note Diluncurkan, Smartphone 4G LTE Bertenaga MediaTek Helio P10

Buat penggemar foto macro, Tuxlin menilai kamera ZTE Blade A711 bisa dikatakan lumayan. Saat kondisi cahaya mencukupi, foto macro yang dihasilkan oke punya gan, tajam, jernih, dan warna akurat. Kecepatan fokus kamera untuk foto macro ini memang agak lambat menurut Tuxlin, walau kondisi cahaya udah mencukupi.

Detail foto macro ZTE Blade A711 patut diacungi jempol, nggak percaya? Cek sampel foto macro yang terakhir, tuxlin sediakan versi yang udah di cropping pada bagian lalat. Meski demikian. adapula kekurangan ZTE Blade A711 ini, yakni efek bokeh atau blur yang dihasilkan pada foto macro kurang dalam, sehingga kurang artistik… *banyak komentar, udah kayak fotografer aja nih 😆

Lalu bagaimana kalau malam hari? Sudah Tuxlin Blog tebak dari awak kalau kemampuan kamera malam hari ZTE Blade A711 ini nggak istimewa. Foto yang dihasilkan oleh kamera ZTE Blade A711 pada malam hari ternyata banyak kehilangan detail dan noise yang muncul juga mulai agak mengganggu. Meski demikain, subyek foto masih terlihat cukup jelas.

Warna yang dihasilkan saat malam hari terbilang lumayan, enggak banyak mengalami pudar. Single LED flash yang diusung oleh ponsel 4G LTE ZTE Blade A711 ini cukup terang dan sangat membantu ketika memotret di tempat yang benar-benar minim cahaya… Misalnya kuburan pas malem Smile with tongue out *ngapain juga ke kuburan malam-malam? 😆

Sedangkan mengenai kamera depan, Tuxlin Blog menilai kamera depan ZTE Blade A711 ini bisa diandalkan untuk sekadar foto selfie sendirian atau bareng-bareng. Om Herry SW dari blog Ponselmu mengatakan bahwa selfie dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah ‘swafoto’. Agak aneh sih kedengerannya, tapi itu yang bener hehehehe…

Tuxlin menjajal kamera depan untuk foto welfie (selfie berjamaah Smile with tongue out) pada malam hari dengan kondisi cahaya yang cukup, hasilnya bisa dilihat di atas… Cukup bagus kan? Selfie berdua pun juga oke, hehehehe… Sama kayak kamera depan lainnya, Blade A711 ini kamera depannya cenderung soft meski nggak ada fasilitas beautification mode.

Baca juga:Unboxing ZTE Blade A711, Smartphone 4G LTE dengan Fingerprint

Salah satu hal yang Tuxlin Blog suka dari kamera ZTE Blade A711 ini adalah dilengkapi pelbagai macam mode keren seperti Electronic Aperture, Light Painting, Multi Exposure, Time Lapse, Special Effect, dan Star Track. Mode light painting dan electronic aperture udah Tuxlin jajal, hasilnya bisa dilihat pada sampel foto di halaman sebelumnya.

Kehadiran mode ini memang memudahkan pengguna untuk menghasilkan foto long-exposure atau slow shuttter tanpa harus ngoprek shutter speed/exposure time. Karena memang opsi tersebut tidak disediakan hehehehe… Tuxlin berharap update berikutnya dapat menghadirkan seting shutter speed secara manual agar pengguna dapat bereksperimen lebih jauh.

Secara umum, kemampuan kamera ZTE Blade A711 menurut Tuxlin Blog relatif standar di kelasnya. Foto yang dihasilkan pada siang hari cukup baik, meski kadang overexpose. Malam hari kamera ponsel ini juga bisa diandalkan. Foto macro juga sikat bleh… meski efek bokehnya agak kurang.

Kualitas kamera ZTE Blade A711 yang standar ini Tuxlin rasa dapat ditutupi sengan hadirnya fitur yang kaya dan mode keren seperti yang sudah Tuxlin Blog sebutkan di halaman sebelumnya. Sampai di sini dulu review kamera ZTE Blade A711 kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Anda mungkin suka:Lenovo Vibe P1 Turbo, Smartphone 4G LTE dengan RAM 3GB & Baterai 5000mAh


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

12 Replies to “Review Kamera ZTE Blade A711, Berteknologi NeoVision 5.0”

  1. Pertamax diamankan 😆

    Akhirnya keluar juga reviewnya… Agak anti klimaks nih… Perkiraan ane bakal lebih mantap dari Xiaomi Redmi Note 2 🙁

  2. Mantab bro reviewnya, oh ya bagaimana cara mengambil foto macro terus saat menggunakan kamera mode pro, settingan apa saja yang biasa bro Tuxlin pakai (exposure, WB, ISO dan focus)?

      1. Oh jadi untuk menggunakan mode macro hanya mengatur focus ya. Tak kirain ada fitur mode macro. Makasih bro Tuxlin. Btw, penjualan ZTE Blade A711 udah nongol lagi tu di Lazada. Mudah2an masalah yg menimbulkan caci maki mulai dari sertifikat dan sistem benar2 sudah teratasi. Sy sendiri pegang ni HH dah sebulan, fine2 aja dari mulai beli sampai udah update firmware.

        1. Pakei ini juga toh? Saya juga nih… Masalah yang mengganggu cuma satu sebenernya, slim_ap_daemon. Meski udah update firmware, iru masih sering muncul dan makan baterai lumayan…

          Alhasil, location service ane matiin kalau nggak butuh-butuh banget… Semoga dapet update lagi 🙂

  3. kalau menurut spec zte v5pro sensor cameranya CMOS EXMOR RS,perkiraan rom indo yg bikin hasil kamera kurang bagus,karena pake aplikasi portingan yg ada pengaturannya hasilnya tajam.

    1. Wah kalau beneran pakai Sony Exmor RS (IMX 214?), berarti memang optimasinya yang kurang…

      Semoga ZTE mau kasih update firmware lagi, biar optimasi kameranya lebih matang… Seandainya kamera bisa minimal setara dengan Redmi Note 2, Blade A711 ini bakal jadi primadona 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.