Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Meizu M2, Smartphone 4G Berkamera 13MP

8 min read

Review Meizu M2

Review Meizu M2 – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog membahas review Meizu M2 yang merupakan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) yang dipersenjatai dengan kamera utama berkekuatan 13 megapiksel. Sebenarnya, ponsel Meizu M2 mau Tuxlin bikin review sebelum Alcatel Flash 2. Berhubung Flash 2-nya udah dibooking orang, yah terpaksa Tuxlin dahulukan reviewnya hehehehe… Ponsel Meizu M2 ini bisa dikatakan adeknya Meizu M2 Note gan. Tampang keduanya mirip banget, cuma beda ukurannya saja.

Nah sebenarnya sih ponsel Meizu M2 juga udah dibooking juga, tapi orangnya nunggu asesorisnya ada di pasaran, hehehehe… Tuxlin Blog sendiri cukup penasaran dengan smartphone Meizu M2 ini karena mengusung spesifikasi yang mirip dengan Meizu M2 Note, hanya saja spesifikasi prosesor dan layarnya dipangkas. Nggak cuma itu bray, harga Meizu M2 juga lebih murah, yakni Rp 1.699.000 aka 1,7 juta saja. berdasarkan harga yang ditawarkan, smartphone 4G ini bakal menjadi pesaing kuat bagi Xiaomi Redmi 2 dan Lenovo A6000 Plus. Nah berikut ini tampang dan spesifikasi smartphone Meizu M2.

Review Meizu M2

Spesifikasi Meizu M2

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka FlymeOS 4.5
  • Chipset MediaTek MT6735 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1.3Ghz
  • Grafis Mali-T720
  • Kamera 13 megapiksel autofokus, aperture f/2.2, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 768 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD dilindungi AGC Dragontrail Glass
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, 4G LTE
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 140.1 x 68.9 x 8.7 mm dengan berat 131 gram
  • Baterai 2500 mAh
  • Warna putih

Paket Penjualan Meizu M2

IMG_20151009_132321_HDR

Berbeda dengan seri Meizu M2 Note yang dijual secara eksklusif melalui toko online Lazada, ponsel 4G Meizu M2 ini dijual secara eksklusif melalui toko online BliBli. Tuxlin Blog sendiri sebelumnya juga udah beberapa kali transaksi di toko online tersebut, salah satunya adalah smartphone Mito Impact A10. Kedatangan ponsel Meizu M2 ini memang agak terlambat dari yang dijanjikan, tapi nggak masalah deh, Tuxlin udah biasa kok digituin wkwkwkw 😆

Ternyata review ponsel Meizu M2 di Tuxlin Blog juga malah lambat gan, soalnya disalip Alcvatel Flash 2 di tikungan wkwkwkw… Smartphone 4G Meizu M2 ini datang dengan boks warna putih yang nggak jauh beda dengan boks Meizu M2 Note gan. Paket pembeliannya bisa dikatakan minimalis sih hehehehe… Berikut paket penjualan smartphone Meizu M2.

  • Handset Meizu M2
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Kartu garansi
  • Buku manual

Baca juga:Review Alcatel Flash 2, Ponsel 4G Elegan dengan Kamera Selfie Mumpuni

Penampilan & Desain Meizu M2

IMG_20151009_132336_HDRIMG_20151009_132420_HDR

Kalau ngomongin penampilan atau desain ponsel 4G Meizu M2, sama persis dengan Meizu M2 Note gan, cuma beda ukurannya saja… Kayaknya sih Meizu lagi menghemat anggaran desain ponselnya, biar harganya lebih murah, satu desain untuk 2 – 3 smartphone wkwkwkw :mrgreen:

Meizu M2 mengusung desain sudut yang membulat, bagian belakang yang agak melengkung, dan ukurannya lumayan kompak untuk smartphone dengan layar 5 inci. Hal ini disebabkan desain bezel kanan dan kiri yang cukup tipis. Bagian sudut ponsel  ini membulat dengan casing plastik unibody. Sama seperti M2 Note warna putih, casing belakang smartphone ini juga menggunakan finishing glossy yang agak licin.

Bagian depan ponsel Meizu M2 ini terdapat layar sentuh berukuran 5 inci yang dilindungi oleh lapisan antigores dari AGC DragonTrail (info dari website resmi Meizu), sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, dan tombol Home yang disebut dengan mBack.

Tombol mBack ini tampil manis dengan cincin berawarna krom yang menarik. Sedangkan bagian belakang ponsel Meizu M2 Note ini terdapat lubang kamera, dual-tone LED flash, dan logo Meizu di bagian bawah. Berdasarkan informasi dari website Meizu, bagian kamera belakang dilapisi kaca antigores dari Gorilla Glass.

Sama seperti seri M2 Note, Meizu M2 ini tidak dilengkapi tiga tombol kapasitif khas Android. Lha terus pake on-screen button? Kagak…. Pakenya tombol home unik yang disebut dengan istilah mBack. Nah mBack ini kalau disentuh, maka berfungsi sebagai back.

Ketika mBack dipencet, maka akan membawa pengguna ke tampilan Home screen. Satu fungsi lagi, jika mBack dipencet lama, maka akan mengunci layar, multifungsi dah… Bagi yang belum biasa yah memang harus adaptasi dulu hehehehe…

IMG_20151009_132500_HDRIMG_20151009_132509_HDRIMG_20151009_132516_HDRIMG_20151009_132523_HDR

Sisi kiri ponsel terdapat slot SIM 1, SIM 2, dan microSD. Sama seperti ponsel unibody lainnya, kita harus pakai SIM ejector untuk menarik baki slot tersebut keluar dari badan ponsel… Kalo nggak ada SIM ejector yah terpaksa pakai peniti Smile with tongue out Sama kayak M2 Note, Meizu M2 ini masih menganut ajaran slot sharing gan, yakni slot SIM 1 sharing dengan microSD, maksudnya?

Jadi kalau kita menggunakan slot SIM 1, makan slot microSD nggak bisa dipakai, begitu juga sebaliknya… Mungkin ini cara Meizu menghemat space kali ya? Yang jelas, ini agak kampret gan… Kalau kita pake dual SIM, nggak bisa pake slot. nyebelin dah 😆

Sedangkan sisi kanan Smartphone 4G Meizu M2, terdapat tombol volume rocker dan dan tombol power. Sedangkan bagian atas terdapat port audio 3,5mm dan lubang microphone. Sedangkan sisi bawah ponsel terdapat lubang speaker, port micro USB, dan microhone.

Secara umum, desain yang ditawarkan oleh Meizu M2 ini lumayan oke, meski agak-agak mirip iPhone 6 atau iPhone 5C. Build quality ponsel Meizu M2 ini mantap, solid, dan nyaman digenggam, tapi agak licin gan soalnya glossy sih. Bagian samping dan belakang ponsel yang agak melengkung dan tipis ini sangat mendukung kenyamanan menggenggam.

Baca juga:Review Samsung Galaxy J1 Ace, Ponsel 4G Murah dengan Layar Super AMOLED

Tampilan Antarmuka Meizu M2

Home

Sama kayak Meizu M2 Note, ponsel 4G Meizu M2 ini hadir dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang dibalut dengan kosmetik tingkat tinggi *istilahnya greget nih* yang disebut dengan FlymeOS! Nah FlymeOS ini semacam MIUI di ponsel Xiaomi atau ColorOS di ponsel Oppo. Pada dasarnya, antarmuka ini dikembangkan dengan basis OS Android yang dirombak secara besar-besaran, baik dari segi tampilan dan fiturnya.

Tuxlin Blog sendiri lebih suka antarmuka kostum seperti ini daripada stock Android, asal nggak pake bloatware saja hehehehe… Tapi rata-rata UI kostum memang makan RAM yang lebih banyak daripada Android Stock gan, ini Tuxlin lihat dari konsumsi RAM FlymeOS dan MIUI. Nggak tau deh kalau UI kostum pabrikan lain Smile Sama kayak rata-rata UI besutan vendor Tiongkok, FlymeOS ini nggak pake menudrawer gan… Jadi cuma ada lockscreen sama homescreen saja. Aplikasi yang terinstal di ponsel langsung tampil di homescreen, yah mirip iOS gitu deh 😆

Home2Home3

Sama kayak Meizu M2 Note, FlymeOS berbasis Android 5.1 Lollipop yang digunakan Meizu M2 ini menyediakan beberapa fitur tambahan yang cukup berguna, sebut saja Security Center (Junk Cleaner, RAM Cleaner, Large File, App Cleaning, Traffic Manager, Virus Cleaner, Permission manager, dan power saving).

Nggak cuma itu gan, FlymeOS ini memiliki fitur Gesture wakeup yang secara default dinonaktifkan. Fitur ini memungkinkan kita mengaktifkan layar dengan cara double-tap (semacam double-tap to wake atau KnockON) dan fungsi lain, seperti menggambar huruf C ke layar dalam keadaan terkunci untuk mengaktifkan kamera dan sebagainya. Kita juga bisa menyesuaikan fungsi tiap huruf pada gesture wake up sesuai kebutuhan… Smile

Baca juga:Review Infinix Hot 2, Android One Jilid II

Home4Home5

Berbeda dengan kebanyakan UI kostum vendor lain, FlymeOS ini bisa dikatakan bebas bloatware gan… Malah bisa dikatakan minim aplikasi bawaan, jangan kan FB dan Twitter lha wong aplikasi Google aja yang ada cuma Play Store doang, yang lain nggak kelihata 😆

Kelebihannya menurut Tuxlin Blog sih ponsel jadi lebih enteng dan nggak harus menghapus aplikasi bawaan yang nggak kepake. kekurangannya, kita musti siapin bandwidth dan kuota internet untuk download aplikasi dasar dan sosmed, yah macam Facebook, Twitter, WhatsApp, BBM, LINE, WeChat, Gmail, dan banyak lagi sesuai kebutuhan 😆

Tuxlin Blog suka dari FlymeOS ini adalah aplikasi musik bawaannya gan… Tampilannya oke, sortirnya lengkap ada Songs, Artists, Albums, dan Folder. Nggak kayak MIUI v6 atau MIUI 7 di Mi 4i saya, nggak ada sortir album sama artisnya, hehehehe… Juga disediakan fasilitas lirik dan edit detail lagu. Meizu juga membekali fitur Dirac HD Sound dan equalizer untuk meningkatkan kualitas suara, tetapi fasilitas ini baru bisa diakses kalau kita tancepin headset gan.

Home6home7

Secara umum, antarmuka kostum FlymeOS yang berjalan di atas sistem operasi Android 5.1 Lollipop ini cukup memuaskan menurut Tuxlin Blog. Kinerjanya enteng dan responsif, fasilitas lengkap, dan tampialnnya juga mudah dimengerti. Namun, konsumsi RAM-nya memang lebih banyak jika dibandingkan dengan smartphone yang pake Android stock seperti Alcatel Flash 2, Nexus series atau Android One.

FlymeOS ini sebenarnya menyediakan kostumisasi theme, sayangnya update terbaru di Meizu M2 Note milik Tuxlin Blog malah menghilangkan fitur ini. Tuxlin yakin update FlymeOS terbaru untuk Meizu M2 nantinbya juga bakal ngilangin fasilitas Personalize atau theme ini.

Tuxlin juga berharap vendor asal Tiongkok ini berbaik hati ngasih update ke Android 6.0 Marshmallow, hehehehe… Akan tetapi kabar terakhir yang Tuxlin Blog terima adalah Meizu bakal merilis FlymeOS 5. Kita tunggu saja bro Smile

Performa Meizu M2

IMG_20151009_133201_HDR

Soal performa, smartphone Meizu M2 ini memang masih dibawah saudara besarnya, Meizu M2 Note bray… Wajarlah, ponsel 4G LTE murah meriah ini mengandalkan chipset MediaTek MT6735 yang didalamnya terdapat empat core prosesor ARM Cortex-A53 64-bit dengan kecepatan 1,3GHz dan dipadukan oleh memori RAM sebesar 2GB. Kinerja grafis ponsel ini terbilang lumayan dengan dukungan Mali-T720MP2.

Meski dibawah Meizu M2 Note, setidaknya kinerja smartphone ini masih setingkat di atas Xiaomi Redmi 2 Prime dan Lenovo A6000 Plus yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 410 Smile with tongue out Yah memang MT6735 ini didesain untuk menghajar pasar kelas entry-level dan menengah gan, sekaligus rivalnya Snapdragon 410 hehehehe… Paling tar pada nanyain, bagus mana MediaTek MT6735 sama Snapdragon 410? 😆 Berikut hasil benchmark ponsel 4G Meizu M2 yang telah Tuxlin Blog lakukan.

CPU-Z Meizu M2

CPU Z Meizu M2

Benchmark Geekbench 3 Meizu M2

Geekbench Meizu M2

Benchmark AnTuTu Meizu M2

AnTuTu Meizu M2

Benchmark Vellamo Meizu M2

Vellamo Meizu M2

Benchmark Quadrant Standard Meizu M2

Screenshots Review Meizu M2 Tuxlin Blog14

Sensorbox for Android Meizu M2

Screenshots Review Meizu M2 Tuxlin Blog12

Multitouch Tester Meizu M2

Screenshots Review Meizu M2 Tuxlin Blog13

Review Meizu M2

Ponsel 4G Meizu M2 ini menawarkan kinerja yang bisa dikatakan sedikit diatas rata-rata smartphone 4G dengan harga di bawah Rp 1,7 juta. Hal ini terlihat dari kecepatan clock prosesor yang lebih tinggi dan grafis yang lebih gahar. Seperti yang udah Tuxlin Blog ungkapkan di atas, Meizu M2 ini mengandalkan dukungan chipset MediaTek MT6735 yang didalamnya terdapat empat core prosesor ARM Cortex-A53 64-bit dengan kecepatan 1,3GHz dan dipadukan oleh memori RAM sebesar 2GB.

Kinerja grafis ponsel ini terbilang lumayan dengan dukungan Mali-T720MP2. Ponsel ini mampu menghasilkan skor AnTuTu di atas rata-rata, yakni 27.282 poin. Skor benchmark memang bukan segala-galanya gan, kecuali kalau ente adalah penganut sekte sesat pemuja skor AnTuTu 😆

Penggunaan sehari-hari smartphone 4G LTE Meizu M2 ini sangat nyaman gan, responsif dan smooth! Nggak jauh beda kalau kita pegang Meizu M2 Note yang speknya lebih gahar… Tuxlin juga sudah menginstal sejuamlah aplikasi sosmed seabreg dan beberapa aplikasi tambahan lainnya, belum terlihat adanya penurunan kinerja gan…

Perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berjalan sangat smooth. kapasitas RAM sebesar 2GB ini sangat membantu untuk menjalankan banyak aplikasi di background Smile Meski prosesornya hanya quad-core, untuk penggunaan sehari-hari nggak jauh beda sama smartphone bertenaga octa-core, seperti Meizu M2 Note yang selama ini Tuxlin Blog pakai.

Smartphone Meizu M2 ini dibekali dengan layar sentuh berteknologi IPS (In-Plane Switching) berukuran 5 inci yang disematkan resolusi HD 1280 x 720 piksel dan menawarkan kerapatan 294 ppi. Layar ponsel ini telah dilindungi oleh lapisan antigores dari AGC Dragontrail Glass besutan Asahi.

Kualitas layar smartphone ini cukup bagus, mampu menghasilkan gambar yang tajam, warna yang memuaskan mata, dan brightnessnya juga nyaman di mata (brightness auto). Sudut pandang atau viewing angle layar ponsel ini luas gan, wajarlah IPS punya hehehehehe… Performanya saat digunakan di bawah sinar matahari terbilang lumayan, nggak istimewa sih Flirt male

Baca juga:Review Samsung Galaxy J5, Ponsel Menengah dengan Layar Super AMOLED

Sayangnya, Meizu M2 ini mengusung speaker yang mirip dengan Meizu M2 Note gan! Emang kenapa? Jelek… Smile with tongue out Speaker ponsel ini volumenya nggak terlalu kencang dan kualitasnya menurut kuping kaleng Tuxlin Blog nggak enak… Yah kalau dibandingkan dengan Xiaomi Mi 4i, Meizu M2 speakernya sedikit lebih kencang.

Namun, kualitanya kurang bagus menurut Tuxlin karena treble-nya nggak jelas, bass-nya apalagi hehehe… Pokoknya nggak detail gitu suara speakernya. Lain halnya kalau kita pakei headset gan. Tuxlin Blog menggunakan headset Xiaomi Piston 3 dan Sennheiser MX375, hasilnya? Keluaran suaranya mantap kok… Detail, bass-nya dalem dan treble-nnya enak hehehehe… Atur saja DiracHD dan equalizernya sesuai selera kalau pas pake headset.

Memori Meizu M2

Meizu M2 ini dilengkapi dengan memori RAM berkapasitas 2GB dan saat pertama kali Tuxlin make dan belum ada aplikasi tambahan terinstal, free RAM cuma 0,93GB doang… Ini berarti sistem operasi dengan tampang FlymeOS nya makan RAM separuh tuh 😆 Akan tetapi tenang gan, manajemen RAM-nya bagus kok, kita nggak bakal kekurangan RAM kalau cuma penggunaan kelas menengah aje hehehehe…

Free RAM itu nggak perlu dipikir gan, yang perlu dipikir itu masa depan 😆 Ponsel 4G ini dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 16GB dengan ruang kosong saat pertama kali dihidupkan adalah 10GB-an. Smartphone ini mendukung slot microSD sih, meski berbeagi dengan slot SIM Smile with tongue out tenang aje gan, Meizu M2 dukung USB OTG kok, bisa tancap flash disk di ponsel ini buat nambah memori hehehe Laughing out loud

Konektivitas Meizu M2 ini termasuk lengkap di kelasnya dengan dukungan world wide mode 4G LTE. Salah satu kelebihan chipset MT6735 dibanding MT6732 adalah dukungan jaringan 4G LTE yang lebih luas gan… SIM 1 atau SIM 2 sama-sama mendukung 4G LTE/3G HSPA secara bergantian.

Sayangnya, 4G LTE belum bisa Tuxlin cicipi karena markas Tuxlin belum terkover jaringan 4G dari operator GSM… Yang ada bari smartpret eh Smartfren 😆 Maklum, pelosok banget hahahaha…. WiFi, Bluetooth, dan GPS juga bekerja dengan baik. Lock GPS ngebut gan… Akurasinya juga bagus.

Baca juga:Review Polytron Rocket T1 R2501, Andalkan Layar 5 Inci & RAM 1GB

Daya tahan baterai ponsel Meizu M2 ini terbilang standar menurut Tuxlin Blog… Untuk penggunaan dengan intensitas sedang dan SoT (Screen on Time) 3 jam, Meizu M2 hanya mampu bertahan paling banter 16 jam. Jika penggunaan intensif, sehari Tuxlin Blog cas dua kali hahahahaha… Penggunaan sehari-hari ala Tuxlin sih, tengah malam cas, kemudian besok malam jam 8-an udah minta cas lagi hehehe… Yah secara umum bisa dikatakan rata-rata.

Secara umum, smartphone Meizu M2 ini merupakan salah satu ponsel 4G LTE yang cukup menarik di kelas under 2 juta gan… Ponsel ini menawarkan kinerja yang lebih tinggi dari rata-rata pesaingnya, layar yang berkualitas, dan kamera dengan resolusi yang lebih tinggi dari para pesaingnya.

Kelemahan ponsel ini sama kayak Meizu M2 Note, yakni slot SIM 1 dan microSD yang nggak bisa digunakan secara berbarengan, jadi kalau dual SIM maka slot microSD nggak bisa dipakai. Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, ponsel Meizu M2 ini tetap merupakan pesaing tangguh bagi Xiaomi Redmi 2 Prime, Lenovo A6000 Plus, dan Asus Zenfone 2 Laser.

Kelebihan Meizu M2

  • Kamera mantap di kelasnya
  • Fitur FlymeOS lengkap, kinerja memuaskan
  • Kinerja mantap

Kekurangan Meizu M2

  • Speaker kurang kencang, kualitas kurang
  • Slot SIM 1 dan slot MicroSD tak bisa digunakan bersamaan

Outro…

Meizu M2 ini adalah smartphgone besutan Meizu kedua yang Tuxlin Blog bahas reviewnya di blog ini, Memang sih sejak mereka meluncurkan MX series, Tuxlin lumayan tertarik dengan brand Tiongkok tersebut. Sayangnya, sampai saat ini belum ada satupun seri MX atau Pro 5 yang masuk pasar Indonesia secara resmi. Baru Meizu M2 Note dan Meizu M2 aja yang resmi masuk tanah air hehehehe…

Selain seri MX, Tuxlin Blog juga tertarik untuk review smartphone Meizu Metal gan! Soalnya Tuxlin Blog lumayan suka sama musik metal *nggak nyambung hehehehe… 😆 Sampai di sini dulu review Meizu M2, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile

Anda mungkin suka:Ini Perbedaan Samsung Galaxy J1 Ace vs Galaxy J1


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

18 Replies to “Review Meizu M2, Smartphone 4G Berkamera 13MP”

  1. review meizu m2 yang speknya menggoda. Lebih baik ini daripada alcatel flash 2 “minus sensor compass gyroscope” maupun redmi 2 “kalah di sektor kamera 8 & 2 mp”.Lagi nyari smartphone harga di +/- 2 juta yang bisa mainkan ppsspp game ratchet & clank size matters, soalnya di redmi 1s dan 2 ngelag (adreno 305/306). Bagaimana pendapat agan tuxlin tentang mali T-720 mp2 di meizu m2. Oh ya apa baterai meizu m2 bisa dicopot seperti redmi series ? Thanks

    1. Ane bukan gamer n nggak pernah main game sih, jd no komen 🙂 terlepas dari minus sensor, spek dan performa masih gahar flash 2. 🙂

      Baterai tidak bisa dilepas gan, sepertinya sudah saya tulis di review deh 🙂

      1. Sayang banget baterai ngak bisa dilepas. Ku punya redmi 1s dengan charger dock dan 2 baterai. Sepertinya cuma redmi series yang menjual charger dock. Iya sih cpu aaf2 lebih gahar dibandinding meizu m2 (pemuja skor antutu).

  2. Gan, itu beneran bloatware Google cuma Play Store aja?
    Terus kameranya dibandingin sama Redmi Prime 2 bagus mana? Dan lebih baik mana, pilih M2 atau M2 Note?

    Sori gan banyak nanya, penasaran soalnya

    1. Aplikasi Google cuma ada Play Store aja gan, yang lain download sendiri 😀

      yah soal kamera, nggak jauh beda sih sama Redmi 2, cuma ini lebih detail. Kalau M2 vs M2 Note itu tergantung kebutuhan juga gan. Saya sendiri pakai Meizu M2 Note karena ngejar ukuran layarnya yang besar 🙂

  3. wuih, belanja lagi review lagi. Dengan spek kayak gitu mumpuni aja dengan harga cukup. Tapi udah ada Xiomay yang lezat dan enak. Kepincut aja ma kameranya yang ada fitur apertur 2/2. Bisa buat moto sana moto sini

  4. Kang, ane newbie nih n mau tanya. Mau minta referensi untuk gadget dibawah 2jutaan yg kualitas kameranya paling mantab apa kang menurut km? Yg ketajaman kualitas gambarnya paling oke lah
    Terimakasih sebelumnya

  5. Emgny udh ad sensor gyro tah gan? Di gambar agan bagiin udh ad, tpi di google bnyk yg ga nybutin udh ad sensor gyrony

Leave a Reply

Your email address will not be published.