Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Mifa A20, Speaker Berdesain Mewah Bertenaga 30W

4 min read

Review Mifa A20

Review Mifa A20, Speaker Berdesain Mewah Bertenaga 30W – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin bakal bahas review Mifa A20 yang merupakan sebuah speaker bluetooth yang desainnya simpel dan mewah. Ya sebenarnya Mifa A20 bukanlah seri terbaru dan udah dirilis sejak 2018 silam ehehehe… 😅 Nggak telat kan ya kalau Tuxlin Blog review speaker ini sekarang? 🤭 Ngomongin soal kualitas, tentu pembaca Tuxlin Blog nggak asing lagi dengan brand Mifa, ye nggak? Mifa ini kalau nggak salah masih jadi bagian dari Xiaomi Ecological Chains. Sebelum speaker ini populer seperti sekarang, Tuxlin udah duluan tuh review Mifa F1 dan Mifa F5 dan kualitas suaranya bagus di masanya. 👍

Lalu bagaimana dengan Mifa A20? Speaker ini mengusung pendekatan yang berbeda dengan dua seri Mifa yang udah Tuxlin ulas sebelumnya. Mifa A20 mengunggulkan desainnya yang simpel dan mewah, tapi nggak punya kemampuan tahan ciptratan air dan sejenisnya yang biasanya ada di speaker keluaran Mifa. Kualitas suara kayaknya jadi daya tarik utama speaker wireless Mifa A20 ini karena dibekali dengan dua buah driver dengan daya total mencapai 30W! Dahsyat, kan? Harga speaker ini masih berada di kisaran Rp 400 ribuan, penasaran? Simak review Mifa A20 bluetooth speaker oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Mifa A20, Speaker Berdesain Mewah Bertenaga 30W

Spesifikasi Mifa A20

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: 2.0 channel
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 43 mm full range driver speaker, 45mm Dual Super-Bass, 50*90mm Rear Super-Bass
  • RMS: 4Ω 15W x 2 THD=10%
  • Frequency Response: 50Hz – 20KHz
  • Signal to noise ratio 63dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia, maksimal 32GB FAT32
  • Casing metal dan mendukung fitur TWS (True Wireless System)
  • Bitrate: MP3:8Kbps-320Kbps, WMA:32Kbps-384Kbps, APE:600Kbps-1400Kbps, FLAC:600Kbps-1400Kbps, WAV:600Kbps-1200Kbps
  • Baterai built-in 4000mAh lithium battery, hingga 8 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 190 x 48 x 66 mm
  • Berat 516 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, TF/Micro SD Card, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black

Anda dapat membeli atau cek harga Mifa A20 di Sini (Klik) 

Paket Penjualan Mifa A20

Paket Penjualan Mifa A20
  • Mifa A20 Portable Bluetooth Speaker warna Black
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Mifa M1, Speaker Mungil Bersuara Kencang!

Desain Mifa A20

Desain Mifa A20

Desain emang bisa jadi keunggulan utama pada review Mifa A20 kali ini menurut Tuxlin Blog. Berbeda dengan kebanyakan speaker wireless besutan Mifa yang beraroma outdoor yang kuat dan bodi rubberized, Mifa A20 ini malah hadir dengan pendekatan yang sangat berbeda. Speaker Mifa A20 ini mengusung gaya minimalis dengan aura mewah yang cukup kuat. Dilihatnya tuh Mifa A20 terkesan simpel dan nggak banyak ornamen yang nggak perlu… Kalau kata filsuf barat sih bisa disebut: less is more. 😎👍 Bodinya berbentuk persegi panjang dengan sudut rounded yang estetik.

Bodi speaker Mifa A20 ini terbuat dari bahan utama logam alias metal yang berasa kokoh dan kuat. Kebetulan unit speaker yang Tuxlin pegang ini adalah varian warna hitam dengan finishing doff atau matte. Meski demikian, bodi speaker ini gampang ninggalin jejak sidik jari. Nggak cuma itu, pinggiran speaker Mifa A20 ini nggak tajam karena menggunakan finishing diamond cut yang me nimbulkan warna krom yang mewah. Sementara kalau dilihat dari atas, tampak deretan tombol karet yang rapi.

Kalau dilihat dari sisi belakang, speaker Mifa A20 ini agal lucu sih ehehe… Soalnya ada dua buah passive bass radiator dengan finishing krom pada sisi kanan dan kiri. Sekilas terlihat seperti kepala robot wkwkw… Nggak terlalu elegan sih kalau dilihat dari belakang. Oiya, Mifa A20 ini build quality-nya nggak main-main lho… Solid banget! Sayangnya, bobot speaker ini mencapai 549 gram atau lebih dari setengah kilo! Mayan ini kalau dipakai lempar maling, pasti bejol super wkwkw… 🤣 Begini detail desain speaker portabel Mifa A20.

Baca juga:Tronsmart Element Splash Review, Speaker Bluetooth Murah Bertenaga

Pada review Mifa A20 kali ini, sisi depan hanya terdapat speaker grill yang minimalis dan dipermanis dengan hadirnya logo MIfa. Sedangkan pada sisi kanan dan kiri speaker Mifa A20 ini tidak terdapat tombol atau port apapun. Sisi bawah speaker andalan Mifa ini terdapat informasi singkat mengenai spesifikasi teknis dan dua buah dudukan yang terbuat dari karet.

Sedangkan pada sisi atas speaker ini terdapat microphone, tombol volume down/previous track, bluetooth, tombol power, tombol play/pause, tombol volume up atau next track, dan terakhir adalah tiga bua LED indikator baterai. Ada dua buah passive bass radiator diletakkan di belakang. Sedangkan port AUX, port microUSB, dan slot microSD juga ada dibelang dengan dilengkapi tutup karet.

Video Unboxing Mifa A20

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review Mifa A20

Review Mifa A20

Pembaca Tuxlin Blog pasti udah penasaran banget kan kayak gimana performa dan kualitas suara speaker bluetooth Mifa A20 ini? Spesifikasinya memang meyakinkan dengan daya yang termasuk besar di kelasnya, yakni mencapai 30W! Jadi Mifa A20 ini terdiri dari dua buah driver full-range dengan daya masing-masing 15W dan ditemani dua buah 45mm passive bass radiator, serta satu lagi passive bass radiator berukuran 50 x 90mm, dahsyat kan?

Kualitas Suara

Pas pertama kali dengerin musik di speaker Mifa A20, Tuxlin Blog sempet kaget karena suara yang dihasilkan nyaring banget! Eh tapi Tuxlin nggak saranin kalian buat maksimalin volume speakernya, soalnya beberapa lagu kehilangan dinamikanya dan bahkan di lagu tertentu muncul distorsi. Ya enaknya sih mentok di 85 – 90% aja udah kenceng banget suaranya.

Baca juga:Review Doss Soundbox Touch, Speaker Bluetooth Portabel Bersuara Kencang!

Pada review Mifa A20 kali ini, hal yang paling menonjol menurut Tuxlin Bog adalah bass yang cukup kuat! Bass yang dihasilkan ini sangat melimpah kuantitasnya dan cukup mendalam. Wajar sih bisa begini, passive bass radiatornya aja ampe tiga biji! Buat kalian yang suka dengerin musik EDM atau hip hop, enak banget! Tuxlin juga dengerin lagu Mocking Bird milik Eminem dan Dedicated (demo) milik Linkin Park, bass-nya mantap!

Eh tapi lain cerita kalau kalian muter lagu metal dengan dobel kick drum ngebut, Mifa A20 bakal keteteran pakai banget Karena setelah Tuxlin coba dengerin lagu dengan genre metal dan turunannya, baru ketahuan kalau sebenarnya bass-nya itu agak boomy dan mendem. Pas Tuxlin dengerin lagunya Nemesis milik Arch Enemy atau Kirisute Gomen milik Trivium, dobel kick drum yang ngebut malah nggak kedengeran jelas. Yang terdengar cuma dengungan gitu… Mendem lah itu bass, kurang responsif. 😅

Sedangkan untuk high atau treble, sebenarnya speaker Mifa A20 ini mampu menghasilkan detail yang lumayan bagus dan karakternya nggak menusuk. Masalahnya, kuantitasnya terasa agak kurang menurut Tuxlin. Kalau kalian suka dengerin lagu yang berkarakter bright atau yang banyak treble-nya, mungkin jadi kurang menarik. Tuxlin sendiri nyobain lagu Sever The Hands milik Trivium yang kaya akan gebukan cymbal, lumayan sih… Nggak terlalu buruk. 🤔

Kemampuan speaker Mifa A20 ini untuk menyajikan vokal pria maupun wanita terdengar cukup bagus. Pas nada tinggi melengking di lagu Supremacy yang dinyanyikan oleh Tarja, suaranya terdengar enak dan jelas. Pas vokal scream di lagu Shatter milik Bullet For My Valentine, juga cukup bertekstur dan gahar. Distorsi gitar pada lagu-lagu metalcore juga disajikan dengan baik. Namun, kayaknya clarity secara umum perlu ditingkatkan deh. Separasi antar instrumen juga perlu ditingkatkan lagi.

Daya tahan baterai pada review Mifa A20 ini termasuk lumayan lho. Baterai 4000mAh yang diusungnya mampu bertahan hingga 4 – 5 jam dengan volume di atas 70%. Oiya, kalian juga bisa dengerin musik di Mifa A20 melalui slot microSD atau port AUX untuik kualitas suara yang lebih maksimal. 👍

Kesimpulan

Secara umum, speaker Mifa A20 ini mampu menghasilkan kualitas suara yang baik di kelasnya dengan bass yang kuat. Penampilannya mewah dan daya tahan baterainya juga terbilang bisa diandalkan. Speaker ini cocok bagi yang suka mendengarkan musik jenis EDM, hip hop atau genre lain yang menonjolkan bass.

Kelebihan Mifa A20

  • Desain simpel dan mewah
  • Daya besar dengan kualitas suara baik
  • Harga bersaing

Kekurangan Mifa A20

  • Karakter bass agak muddy atau mendem
  • Bodinya lumayan berat cuy!
  • Nggak ada tahan air/debu

Anda mungkin suka:Mito MyBox S115 Review, Nggak Nyangka Sehebat Ini!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.