Review Oppo F5, Smartphone Khusus Selfie dengan AI Beauty

12

Review Oppo F5, Smartphone Khusus Selfie dengan AI Beauty – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog membahas review Oppo F5 yang merupakan smartphone selfie sentris yang dilengkapi dengan fitur canggih AI Beauty! Nggak cuma itu gaes, Oppo F5 ini dibekali dengan kamera depan dengan resolusi tinggi di kelasnya, yakni 20 megapiksel.

Nggak cuma mengandalkan kemampuan foto selfie, Oppo F5 juga cukup menarik dengan layar full screen dengan aspek rasio 18:9. Performa smartphone ini terbilang lumayan dengan dukungan chipset MediaTek Helio P23 ditandemkan dengan RAM 4GB. Harga resmi Oppo F5 untuk varian 4GB/32GB adalah Rp 3.999.000. Penasaran? Simak review Oppo F5 dalam format singkat oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Oppo F5, Smartphone Khusus Selfie dengan AI Beauty

Spesifikasi Oppo F5

  • Sistem Operasi Android 7.1 Nougat dengan antarmuka ColorOS 3.2
  • Chipset MediaTek Helio P23 MT6763T, prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit terdiri dari quad-core 2,5GHz dan quad-core 1,65GHz
  • Grafis Mali-G71 MP2
  • Kamera 16 megapiksel phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, aperture f/1.8, LED flash. Kamera depan 20 megapiksel, sensor BSI 1/2.8 inci, aperture f/2.0, AI Beautify Recognition
  • Layar sentuh 6 inci 2.5D dengan resolusi full HD+ 2160 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS TFT LCD, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 4GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, GPS, fingerprint sensor, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 156.5 x 76 x 7.5 mm dengan berat 152 gram
  • Baterai 3200mAh, non removable
  • Warna Gold dan Black

Harga Oppo F5 Rp 3.999.000

Anda dapat membeli atau cek promo smartphone Oppo F5 di Sini (Klik)

Paket Penjualan Oppo F5

  • Handset Oppo F5 4GB/32GB Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Headset
  • Casing
  • Booklet manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Hands On Oppo A57 Black, Bagus Nggak Sih?

Desain Oppo F5

Desain Oppo F5

Desain mungkin bukan sesuatu yang menonjol pada review Desain Oppo F5 kali ini, mengapa? Soalnya desainnya gitu-gitu mulu hehehe… 😆 Kali ini Oppo F5 tampil sedikit berbeda jika dilihat dari depan karena mengusung layar full screen dengan aspek rasio 18:9. Kalau kita lihat smartphone selfie sentris Oppo F5 ini dari depan, sekilas kayak berdesain bezelless karena bezelnya memang cukup tipis. Bezel kanan dan kirinya memang sangat tipis, tetapi bezel atas dan bawahnya lumayan. 🙄

Nggak ada tombol navigasi khas Android, soalnya udah pakai on-screen button ala ponsel Android kekinian. Smartphone Oppo F5 ini dibalut dengan casing unibody dengan bahan polikarbonat. Ini agak mengejutkan karena awalnya Tuxlin Blog mengira casing ponsel ini terbuat dari metal hehehe… Saat pertama kali pegang, rasanya agak susah mengidentifikasi ini casing metal atau polikarbonat (plastik).

Berdasarkan review luar negeri, Oppo F5 disebut mengusung casing polikarbonat. Bagian pinggiran ponsel ini membulat, sehingga membuatnya nyaman digenggam. Sisi belakang terlihat ada sensor sidik jari dia atas logo Oddo Oppo.

Baca juga:Oppo F5 RAM 6GB Red, Varian Paling Laris di Indonesia

Dimensi atau ukuran ponsel Oppo F5 ini nggak jauh berbeda dengan Asus Zenfone Zoom S yang mengusung layar 5,5 inci. Nggak cuma itu, Oppo F5 ini ternyata lumayan tipis dan ringan lho. Sisi belakang bisa kita lihat terdapat dua buah antenna line yang melengkung pada sisi atas dan bawah ponsel. Penasaran? Berikut ini ini beberapa foto ponsel khusus selfie Oppo F5.

Pada review Oppo F5 kali ini, sisi depan smartphone khusus selfie ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, lubang kamera depan, earpiece, dan layar 6 inci dengan aspek rasio 18:9. Sedangkan sisi belakang smartphone Oppo F5 ini terdapat kamera utama, LED flash, sensor sidik jari, dan logo Oppo yang cukup mencolok.

Sisi atas ponsel Oppo F5 ini terdapat microphone. Sedangkan pada sisi bawah ponsel terdapat port audio 3,5mm, microphone, port microUSB, dan speaker grill. Oppo menempatkan tombol volume rocker pada sisi kanan ponsel. sedangkan sisi kiri Oppo F5 terdapat tombol power dan sim tray (triple slot).

Secara umum, penampilan smartphone Oppo F5 ini cukup menarik dengan layar full screen yang memanjang dan didukung bezel yang tipis. Namun, jika dilihat dari belakang ponsel Oppo F5 ini malah justru generik banget. Build quality Oppo F5 ini cukup baik dan solid.

Baca juga:Review Vivo Y65: Layar Lebar dengan Performa Standar

Review Oppo F5

Review Oppo F5

Pada review Oppo F5 di Tuxlin Blog kali ini nggak selengkap dan sedetail biasanya, mengapa? Soalnya Tuxlin hanya punya waktu terbatas untuk menjajal smartphone dengan layar penuh ini. Jadi, ceritanya Tuxlin Blog lagi kondangan dan kemudian ada temen yang bawa smartphone Oppo F5!

Ya udah, pinjem dulu beberapa jam buat merasakan kemampuannya hehehehe… 😛 😆 Yah beginilah kalau reviewer dengan budget mepet hehehehe… :mrgreen: Meski singkat, Tuxlin Blog udah bisa menarik sedikit impresi awal untuk review Oppo F5 kali ini.

Layar

Smartphone kelas menengah yang membidik penggemar swafoto ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 6 inci yang disematkan teknologi In-Cell dengan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi Full HD+ 2160 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 401 piksel per inci yang cemerlang.

Nggak cuma itu, layar layar sentuh berukuran 6 inci yang disematkan teknologi In-Cell dengan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi Full HD+ 2160 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 401 piksel per inci yang cemerlang. Nggak cuma itu, layar Oppo F5 ini dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 5.

Baca juga:Review Xiaomi Mi A1 Android One, Ternyata Begini…

Impresi awal yang Tuxlin Blog rasakan adalah layar ponsel Oppo F5 ini cukup terang, tajam, dan warnanya cukup memuaskan. Aspek rasio 18:9 yang super lebar ini cukup nyaman untuk menonton video pada mode landscape. Viewing angle layar ponsel ini cukup luas dan respon touchscreen cukup responsif. Sayangnya, saat digunakan di bawah sinar matahari cenderung standar saja.

Performa

Kinerja smartphone Oppo F5 ini nggak bisa dipandang sebelah mata karena mengandalkan sokongan chipset MediaTek helio P23 MT6763T yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,5GHz dan quad-core berkecepatan 1,6GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB, serta diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G71 MP2.

Tuxlin Blog belum bisa berbicara banyak mengenai performa ponsel Oppo F5 karena singkatnya masa pengujian. Impresi awal, cukup smooth. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu berjalan mulus tanpa kendala. Konon, MediaTek Helio P23 ini performanya mampu mengimbangi Snapdragon 625. Kemampuan gamingnya terbilang cukup bersaing.

Audio

Saat Tuxlin menjajal Oppo F5 untuk memutar musik, keluaran suara loudspeaker-nya cukup kencang, meski bukan yang paling kencang di kelasnya. Kualitas suaranya cukup baik dan didominasi oleh treble, tetapi bass masih terdengar. Tuxlin Blog belum menjajal kualitas headset bawaan Oppo F5 ini. 🙂

Baterai

Soal baterai, Tuxlin Blog tidak melakukan pengujian langsung karena waktu yang tidak memungkinkan. Akan tetapi, berdasarkan keterangan pemilik Oppo F5, baterainya bisa bertahan hingga hampir seharian untuk sosial media dan gaming online. Rata-rata, sekali charge penuh pada pagi hari baterai Oppo F5 bertahan hingga sekitar pukul 8 malam.

Review Kamera Oppo F5

Review Kamera Oppo F5

Kamera memang menjadi fitur unggulan dari smartphone Oppo F5 ini. Konsumen penggemar foto selfie atau jamaah narsisiyah menjadi segmen yang dibidiknya. 😎 Ponsel ini mengandalkan kamera belakang berkekuatan 16 megapiksel dengan sensor BSI CMOS ditandemkan dengan lima elemen lensa aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash.

Kelebihan utama smartphone selfie Oppo F5 adalah didukung kamera depan berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/2.8 inci dengan lensa wide-angle aperture f/2.0. Fitur AI beautify Recognition pada Oppo F5 mampu mendeteksi umur seseorang, jenis kelamin dan bahkan ras dan memberikan efek beautify sesuai karakteristik wajah.

Baca juga:Review Asus Zenfone Zoom S ZE553KL (Android Nougat)

Apa itu AI beautify Recognition?

“AI akan mengenali wajah dengan 254 titik. Selanjutnya akan menganalisa kriteria wajah, mulai dari warna, tipe kulit, jenis kelamin dan usia. Selanjutnya akan mempersonalkan selfie. Foto yang dihasilkan sesuai dengan kondisi wajah subjek foto. Ini akan menjawab keluhan akan beautify yang hanya menawarkan hasil yang sama untuk semua orang,” kata Suwanto, Marketing Planning Manager Oppo Indonesia.

Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5

Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5
Sampel 1 Auto
Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5
Sampel 1 di-crop

Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5 dengan AI Beauty

Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5
AI Beauty off
Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5
AI Beauty on

Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5 Portrait Mode

Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5 Portrait Mode
Sendiri
Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5 Portrait Mode
Portrait mode berjamaah

Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5 Auto vs AI Beauty vs Portrait

Hasil Foto Kamera Depan Oppo F5 Auto vs AI Beauty vs Portrait
Auto vs AI beauty vs Portrait mode

Hasil Foto Kamera Oppo F5 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Oppo F5 Siang Hari
Sampel 1 siang hari
Hasil Foto Kamera Oppo F5 Siang Hari
Sampel 1 siang hari di-crop

 

Hasil Foto Kamera Oppo F5 Macro

Hasil Foto Kamera Oppo F5 Macro
Sampel 1 Macro
Hasil Foto Kamera Oppo F5 Macro
Sampel 1 Macro di-crop

Kesimpulan Review Singkat Oppo F5

Setelah menggunakan selama kurang lebih 1 jam untuk review Oppo F5 dalam waktu singkat, ponsel ini cukup menarik. Desainnya memang generik, gitu-gitu aja. Ini tertolong degan layar yang memanjang, sehingga Oppo F5 terlihat berbeda. Performa sejauh ini cukup baik dan kualitas layarnya bisa dibilang baik.

Kemampuan kamera Oppo F5 ini memang menjadi hal yang diunggulkan. Saat Tuxlin Blog menjajal Oppo F5 untuk foto selfie, hasilnya memang cukup baik dengan warna yang mendekati akurat dan detail yang tinggi. Saat mode AI beautify diaktifkan, terlihat perbedaan yang cukup kentara. Wajah menjadi halus dan warna kulit menjadi lebih alami. Fitur AI Beautify yang diusung oleh Oppo F5 ini menurut Tuxlin Blog biasa saja. 🙄 Mode portrait pada Oppo F5 agak kurang rapi, setingkat di bawah Asus Zenfone 4 Selfie Pro yang Tuxlin review sebelumnya.

Review Asus Zenfone 4 Selfie Pro

Impresi awal kamera belakang smartphone Oppo F5 ini cukup standar di kelasnya. Foto yang dihasilkan cukup detail tajam, dan dynamic range yang bagus. Warna yang dihasilkan kurang konsisten. Saat digunakan di indoor, foto agak kemerahan. Ketika diluar dan memotret macro, warna yang dihasilkan agak warm.

Scara umum, Oppo F5 ini cukup laik dipertimbangkan di kelas menengah. Kamera depannya mampu menghasilkan foto selfie yang mantap, meski AI beauty terlihat biasa saja. Performa Oppo F5 ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Ponsel Oppo F5 akan bersaing ketat dengan Asus Zenfone 4 Selfie Pro, Vivo V7+, dan juga Samsung Galaxy J7 Pro.

Kelebihan Oppo F5

  • Mengusung layar penuh 18:9
  • Kinerja bersaing di kelasnya

Kekurangan Oppo F5

  • Masih menggunakan port microUSB

Anda mungkin suka:Oppo F5 Youth Dirilis, Versi Murah dari F5 dengan Kamera Selfie 16MP

12 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*