Review Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC Class 10

17

Review Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC – Halo Pembaca! Kali ini Tuxlin Blog akan membahas review Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC class 10 yang mendarat beberapa waktu lalu. Sebelumnya Tuxlin udah bahas microSD Fujitsu, kini giliran Sandisk yang lebih populer hehehe… Sebenarnya Tuxlin Blog nggak fanatik sama brand tertentu dan sejauh ini sudah nyoba beberapa merk untuk microSD. malah untuk merek Sandisk belum perneh review di Tuxlin Blog.

Pembaca mungkin masih ingat beberapa waktu lalu Tuxlin membeli tablet Windows 10 murah meriah Chuwi Vi8 Plus kan? Nah ini microSD Sandisk Ultra 64GB inilah yang bakal jadi temennya hehehe… Yah meski memori internal tablet itu udah 32GB, kalau OS-nya Windows 10 ya sesak coy, susah nafas hihihi… Ya sudah, angkut saja microSD 64GB besutan Sandisk ini, kurang dari 200 rebu kok! Penasaran? Berikut ulasan review Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC Class 10 olet Tuxlin Blog.

Review Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC Class 10

Spesifikasi Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC

  • Capacity: 64 GB
  • Read Speed: up to 48MB/S
  • Video Speed: C10
  • Form Factor: microSDXC
  • Waterproof, X-ray proof, temperature proof, and shockproof

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC di Sini (Klik) untuk pengguna iOS Android di Sini (Klik)

Paket Penjualan Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC

Paket Penjualan Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC

  • Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC Class 10 seorang diri, tanpa ditemani adapter 😆

Review Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC

Review Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC

Pada review Sandisk Ultra 64GB kali ini nggak ada yang istimewa dari penampilannya Sob. Yah yang namanya microSD kan bentuknya cuman kayak gitu aja hehehe… Berbeda dengan microSD Fujitsu yang Tuxlin Blog review sebelumnya, Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC Class 10 ini menggunakan perpaduan warna putih dan abu-abu.

Adapun Sandisk Ultra varian warna putih dan merah, cuma Tuxlin Blog kurang paham apa bedanya dengan varian warna putih abu-abu ini. Tuxlin Blog sinyalir, microSD Sandisk Ultra 64GB ini masih SMA sob, kok bisa? Lha itu seragamnya masih putih abu-abu! Harusnya namanya bukan microSD, tapi microSMA 😆 *ngaco tingkat dewa Smile with tongue out

Sayangnya, Sandisk Ultra 64GB ini datang seorang diri Sob, nggak ditemenin pasangannya adapternya. Yah bisa dikatakan ini microSD varian jomblo kayak yang baca ahihihi… :mrgreen: Tuxlin Blog memang sengaja milih varian non adapter sih, soalnya udah punya banyak adapter. Review Sandisk Ultra 64GB microSDXC kali ini relatif lancar jaya, nggak ada anomali kayak pas review microSD Fujitsu kemarin hihihihihi….

Brand Sandisk ini bisa dikatakan brand paling populer di pasar microSD. Tentunya, banyak yang penasaran dengan performa Sandisk Ultra 64GB microSDXC ini kan? Sama, Tuxlin juga. Langsung saja deh Tuxlin lakukan proses benchmark.

Baca juga:Sony Xperia XA Ultra Usung Kamera Depan 16MP dengan OIS

Performa Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC

Performa Sandisk Ultra 64GB MicroSDXC

Bagian performa tentu menjadi hal yang paling dinantikan pada review Sandisk Ultra 64GB microSDXC kali ini. Tuxlin Blog sih berharap setidaknya performanya nggak jauh beda dengan Samsung Evo microSDXC 64GB yang pernah direview sebelumnya.

Melihat harganya, Sandisk Ultra 64GB ini lebih murah. Jadi misal performanya sedikit di bawah Samsung Evo ya nggak papa deh, diterima dengan lapang dada Open-mouthed smile Oke, pada benchmark kali ini Tuxlin Blog menggunakan aplikasi CrystalDiskMark 5.1.2 x64 dengan sistem operasi Windows 10 Pro x64 pada laptop Dell Vostro 5470.

Tuxlin menguji Sandisk Ultra 64GB dengan menggunakan adapter dan menancapkannya ke card reader bawaan laptop. Berikut hasil benchmark Sandisk Ultra 64GB Class 10.

Sandisk 64GB

Berdasarkan benchmark yang telah Tuxlin Blog lakukan, microSDXC Sandisk Ultra 64GB ini ternyata mampu menghasilkan performa yang memuaskan. Setidaknya, skor yang dihasilkan tidak terpaut jauh dengan Samsung Evo 64GB microSDXC.

Sandisk Ultra 64GB ini mencetak kecepatan kecepatan sequence read hingga 35,86MB/s dan kecepatan sequence write hingga 33,77MB/s. Sebagai pembanding, Samsung Evo 64GB menghasilkan sequence read hingga 46,42MB/s dan kecepatan sequence write hingga 27,02MB/s.

Baca juga:Review MicroSDXC Samsung EVO 64GB Class 10

Performanya di gadget bagaimana Sob? Pada review Sandisk Ultra 64GB kali ini, Tuxlin Blog menggunakan smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan aplikasi A1 SD Bench, penasaran? Berikut hasilnya…

A1

Anehnya, skor yang dihasilkan oleh microSDXC Sandisk Ultra 64GB di benchmark A1 SD Bench ini malah lebih rendah dari microSD Fujitsu 32GB kemarin. MicroSDXC Sandisk Ultra 64GB ini mampu mencetak skor read hingga 31,51MB/s dan kecepatan write hingga 16,57MB/s.

Bandingkan dengan Fujitsu 32GB yang menghasilkan read hingga 48,12MB/s dan kecepatan write hingga 19,71MB/s. Sedangkan Samsung Evo 64GB menghasilkan skor read hingga 30,90MB/s dan kecepatan write hingga 14,65MB/s.

Berdasarkan hasil benchmark di atas, Tuxlin Blog menilai microSDXC Sandisk Ultra 64GB ini mampu menghasilkan performa yang relatif gegas dan sesuai dengan embel-embel ‘Class 10’ yang diusungnya.

Kapasitasnya yang besar memungkinkan kita menampung lebih banyak foto narsis, video, musik, dan file lainnya. Sampai di sini dulu review Sandisk Ultra 64GB microSDXC class 10 kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile

Anda mungkin suka:Asus Zenfone Go ZB452KG Masuk Indonesia, Ini Harga & Spesifikasinya

17 COMMENTS

  1. Gaan nanya dong, UHS itu menandakan apa sih dlm memori?
    Memori sekarang kan ada tuh yg UHS I II III, nah ane masih bingung dgn memori yg embel2 UHS ini, mohon penjelasannya dong hehe

    • UHS itu standar kecepatan SD setelah class, penjelasan lengkapnya bisa googling banyak kok.

      Kalau bahasa simpelnya gini, agan pakai MicroSD untuk ponsel / tablet kan? Tak perlu bingung-bingung cari UHS berapa gitu, class 10 sudah sangat mencukupi untuk ponsel / tablet karena write tertinggi ponsel / tablet “cuma” record Full HD, tetapi jika di harga yang sama ada yang menawarkan label UHS maka boleh lah dibeli yang standar UHS.

      Pengecualian khusus kalau ponsel / tablet yang dimiliki mendukung record 4K dan burst image diatas 30pic, maka MicroSD dengan standar UHS wajib dimiliki karena memang butuh write yang tinggi.

      • Thanks gan atas pencerahannya, jika liat memory card ada simbol yg msh awam hehe
        misalnya gini Micro SD HC II dan angka 3 dlm huruf U,

        Apakah angka 2 romawi ( II ) menunjukan memory sd HC generasi yg kedua ? atau merujuk ke UHS-II
        dan U3 (angka 3 dlm huruf U ) ini merujuk kelas UHS yg ke tiga

        yg ane tau U3 berarti kecepatannya min 30 MB/s, U1 min 10MB/s

        maaf byk tanya soalnya msh awam soal kecepatan memory hehe, googling pun masih sedikit yg bahas klasifikasi ini hehe

      • klo liat yg jualan di lazadut yg merah, tulisan kecepatan nya 80MB/s, klo yg puih kan 48 MB/s

        Bener kagaknya kapasitas nya hanya pabrik dan tuhan yg tau 😀

        • Berdasarkan keterangan resmi dari website sandisk: 8-64GB up to 48MB/sec read speed; write speeds lower. Based on internal testing; performance may be lower depending on host device, interface, usage conditions and other factors.

          Kecepatan tersebut adalah pengujian internal yang dilakukan oleh perusahaan untuk kecepatan read-nya. Dan ini dimanfaatkan untuk pemasaran (gimmick) 🙂

  2. Gk tau dah putih-abu sama merah-abu kecepatannya sama atau tidak, di lazadut yg ane liat ada yg jual kecepatan merah abu 80mb/s liat fotonya kemasannya jg di tulis 80mb/s, ada jg yg jual kecepatannya 48mb/s,

    ini saya liat dr lazadut ya, gk tau asli barangya gimana, soalnya blm pernah beli hanya sekedar manatu dr situs jual beli

    Bukannya semua perusahaan gt ya 😛
    menulis spekl produk hasil pengetesan mereka. Jelas lah berbeda hasilnya dgn konsumen, dr segi teknologi yg digunakan juga lbh canggian perusahaan.. ya hasil yg didapat jg lebih tinggi dr pengujian konsumen.

  3. Secepat-cepatnya samsung, engga bisa sebebas sandisk. Saya pake samsung, tapi engga bisa copas di android icecream keatas (Galaxy). Pas Sanddisk dimasukin, copas lancar =_=

    • MicrosD nya yang nggak kedetek atau video nya yang nggak bisa dibuka? Kalau videonya yang nggak bisa dibuka, coba instal dulu MX Player dan buka pakai itu 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here