Review Sony Xperia E1, Android Walkman bersuara Kencang!

Review Sony Xperia E1 – Halo Pembaca! Akhirnya Tuxlin Blog review Sony Xperia E1 melalui posting kali ini. Xperia E1 adalah smartphone termurah Sony saat ini yang diperkenalkan pada Maret 2014 lalu. Agak basi juga sih review Xperia E1 ini, tapi nggak papa nggak mama kok 😆 Secara umum, Xperia E1 ini memang masih pantas bersaing di pasar kelas low-end saat ini baik dari segi harga maupun spesifikasi. Saat artikel ini dibuat, Sony Xperia E1 dijual dengan harga Rp 999.000 untuk varian single SIM dan Rp 1.099.000 untuk varian dual SIM. Kalo bersaing dengan Samsung Galaxy Young 2, Lenovo A319 atau dan smartphone 1 jutaan lainnya, Xperia E1 masih sanggup. Keunggulan utama Xperia E1 adalah sektor audio yang dilengkapi dengan Walkman player, speaker 100dB, dan aneka audio enhancement khas Sony. Berikut ini adalah sampang dan spesifikasi smartphone Sony Xperia E1.

IMG_20150129_202318 Spesifikasi Sony Xperia E1

  • Sistem Operasi Android 4.3 Jelly Bean, update ke Android 4.4.2 KitKat (cara update baca di sini:Langkah Update Android 4.4 KitKat Sony Xperia E1 Melalui OTA (Over the Air) )
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 200 MSM8610 dengan prosesor dual-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,2GHz
  • Grafis Adreno 302
  • Kamera belakang 3 megapiksel fixed focus, tanpa kamera depan
  • Layar 4 inci, dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixels, kerapatan 233 ppi (pixel per inch), TFT kapasitif
  • Memori RAM 512B, ROM 4GB, slot micro SD hingga maksimal 32GB.
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 118 x 62.4 x 12 mm dengan berat 120 gram
  • Baterai 1700mAh lithium polymer

Paket Penjualan Sony Xperia E1

IMG_20150129_201312_HDR Dua hari setelah pemesanan, smartphone Sony Xperia E1 ini telah mendarat dengan selamat di Tuxlin Lab… Langsung deh saya bongkar packing dari kurir dan menyisakan kardus atau boks Xperia E1. Setelah Tuxlin Blog cek, ternyata isinya memang Xperia E1 warna putih gan, sesuai dengan pesanan hehehehehe… Saya bongkar saja pelan-pelan dan mengecek kelengkapan yang diusung oleh Xperia E1 ini.  Pas pertama kali pegang Xperia E1, saya langsung mikir, ini hape beneran apa mainan sih? Enteng banget hahahaha.. Berikut ini adalah paket pembelian smartphone Sony Xperia E1.

  • Handset Sony Xperia E1
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Baterai
  • Headset
  • Buku manual
  • Kartu Garansi

Baca juga: Akhirnya Ikut Pre-order Polytron Zap 5 Harga 1,1 Juta

Penampilan & Desain Sony Xperia E1

IMG_20150129_201712 Smartphone Xperia E1 ini mengusung desain kotak yang nggak jauh berbeda dengan jajaran smartphone keluaran Sony lainnya. Sudut-sudut smartphone Xperia E1 ini lebih rounded atau membulat, sehingga nyaman digenggam. Casing Xperia E1 ini menggunakan material plastik dengan tekstur agak kasar agar tidak licin saat memegang handset saatbtangan basah. Kok nggak ada tombol kapasitifnya gan? Sony Xperia E1 ini udah nggak pakai tombol kapasitif fisik yang biasanya ditempatkan di bawah layar karena telah beralih menggunakan on-screen button. Kelebihan penggunaan on-screen button ini adalah memungkinkan desain bezel lebih tiis dan mengurangi ukuran ponsel secara keseluruhan, tetapi sedikit mengurangi jatah layar, hehehehe… 😀

Saat menggenggam Xperia E1 ini agak kurang mantap karena terlalu ringan, kayak ponsel mainan :mrgreen: Ukurannya tidak terlalu besar, pas digenggaman tangan Tuxlin Blog. Bagian depan Xperia E1 ini terbentang layar sentuh berukuran 4 inci yang dilindungi stratch resistant glass. Perlindungan layar Xperia E1 ini nggak sekuat Gorilla Glass, mending pasang screen guard deh, daripada kena goresan ntar nyesel hehehehe… Bagian belakang terdapat lubang kamera, logo Sony, dan speaker grill berukuran lumayan besar.

IMG_20150129_201924 IMG_20150129_201731 IMG_20150129_201813 IMG_20150129_201800 Jangan terkecoh dengan speaker grill berukuran besar di belakang Xperia E1, karena speakernya sebenernya kecil hahahaha… Tapi suaranya kencang kok gan 🙂 Sisi kiri ponsel terdapat port microUSB untuk isi ulang baterai dan terhubung dengan komputer. Sedangkan sisi kanan Xperia E1 terdapat tombol power dan volume rocker, serta di sisi atas terdapat tombol khusus Walkman dan port audio 3,5mm. Satu hal yang membuat smartphone Xperia E1 ini terlihat keren, yakni memiliki dua LED, satu LED notifikasi yang berada di kiri atas layar dan LED memanjang yang berada di bawah layar. LED yang berada di bawah layar ini akan menyala saat kita membuka sejumlah aplikasi bawaan Sony.

Baca juga: Review Sennheiser MX 375, Suara Mantap Harga Bersahabat

Tampilan Antarmuka Sony Xperia E1

Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog13 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog16 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog17

Tampilan antarmuka Sony Xperia E1 ini menggunakan TimeScape UI atau yang simpel dan mudah digunakan. Jika dibandingkan dengan TouchWiz UI milik Samsung, Tuxlin Blog lebih memilih TimeScape UI ini. Tampilan antarmuka Xperia E1 ini terdiri dari beberapa homescreen dan memiliki menu drawer. Seperti biasa, tampilan menu atau ikon aplikasi ditampilkan secara grid yang dapat diurutkan sesuai keinginan pengguna. Sony membekali Xperia E1 dengan sjumlah aplikasi bawaan buatannya, sebut saja Walkman, Albums, Movies, Sony Select, Track ID, Smart Connect, dan banyak lagi.  Beberapa aplikasi bawaan buatan pihak ketiga juga ada. Sebagai mantan pengguna Sony Xperia Ray selama dua tahun, Tuxlin Blog nggak asing lagi dengan tampilan antarmuka Sony Xperia E1 ini.

Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog14 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog18 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog19

Aplikasi Walkman player adalah salah satu aplikasi bawaan yang menjadi unggulan smartphone Xperia E1. Bahkan Sony sampai memberikan tombol akses cepat Walkman pada smartphone Xperia E1 ini. Tampilan antarmuka Walkman memang oke punya, mudah digunakan, dan kaya fitur. Sony juga membenamkan sejumlah fitur audio enhancement, seperti xLoud, ClearAudio+, Clear Stereo, Clear Phase, dan Dynamic Normalizer. Sedangkan aplikasi lain seperti Movies dan Albums juga cukup menarik tampilannya, intuitif, dan elegan. Secara umum memang menu-menu Xperia E1 ini jauh dari stock Android seperti Motorola atau merek lokal.

Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog20 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog21 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog22

Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog02 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog15 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog24

Sony juga membekali Xperia E1 dengan keyboard sendiri yang disebut dengan Xperia Keyboard yang cukup nyaman digunakan. Sedankan tampilan antarmuka lainnya seperti dialpad, messaging, dan sebagainya juga berbeda dengan stock Android. Tuxlin kira pengguna baru pun akan mudah beradaptasi dengan tampilan antarmuka bawaan Sony ini. Oiya, Sony jua menghadirkan fitur Stamina Mode yang mampu meningkatkan daya tahan baterai secara signifikan dengan mematikan koneksi data saat layar dalam keadaan mati. Xperia E1 juga dilengkapi dengan Xperia Themes yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan theme melalui Google Play Store atau Sony Select.

Baca juga: Review Lenovo A319 Muszik, Android Murah dengan Audio Berkualitas

Performa Sony Xperia E1

IMG_20150131_131809 Sony Xperia E1 ini dibekali spesifikasi dapur pacu yang masih cukup bersaing dengan smartphone lainnya di kelas Rp 900 ribu – 1 juta dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapragon 200 MSM8610 yang mengusung prosesor ARM Cortex-A7 dual-core dengan kecepatan 1,2GHz yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 512MB dan didukung oleh pengolah grafis dari Adreno 302. Anehnya, di CPU-Z, terdeteksi Adreno 305 😆 Kinerja yang ditawarkan oleh Xperia E1 ini masih cukup mantap, tetapi kapasitas RAM yang hanya 512MB ini tentunya nggak cock buat power user dan maniak sosial media yang menginstal puluhan aplikasi sosmed yang jalan di background 😆 Berikut benchmark smartphone Sony Xperia E1.

CPU-Z Sony Xperia E1

Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog29 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog30 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog31

Benchmark AnTuTu Sony Xperia E1

Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog32 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog33 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog34

Benchmark Geekbench 3 Sony Xperia E1

Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog25 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog26 Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog27

Benchmark Quadrant Standard Sony Xperia E1

Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog28Sensorbox for Android Sony Xperia E1

Screenshot Sony Xperia E1 Tuxlin Blog12

 

Baca juga: Review ZTE Blade G V815W, Android KitKat Murah dengan Desain Keren

Review Sony Xperia E1

Sektor performa, smartphone Sony Xperia E1 ini tak perlu diragukan lagi untuk smartphone kelas Rp 900 ribu – 1 juta karena mampu menghasilkan skor AnTuTu di atas rata-rata, yakni 14.297 poin mengalahkan smartphone sekeles, seperti Lenovo A319 Muszik, ZTE Blade G V815W, dan Andromax C3. Keinerja tinggi ini diukir oleh prosesor dual-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,2GHz yang ditandemkan dengan grafis dari Adreno yang terintegrasi pada chipset Qualcomm Snaodragon 200. Sayangnya, RAM cuma 512MB. Coba disandingkan dengan RAM 1GB, pasti lebih mantap tuh menangani aplikasi lebih banyak. Review dan benchmark Xperia E1 ini dilakukan setelah update ke Android 4.4 KitKat. Selama menggunakan Xperia E1 ini, Tuxlin Blog jarang menemui lag dan secara umum cukup nyaman untuk kebutuhan dasar. 🙂

Layar yang diusung oleh Sony Xperia E1 ini cukup baik di kelasnya, warna dan ketajamannya cukup mantap, tetapi viewing angle-nya standar. Maklum lah, namanya juga layar TFT kapasitif, hahahaha… Sony Xperia E1 ini dibekali dengan fasilitas auto-brightness dengan memanfaatkan ambient light sensor. Smartphone ini memang tergolong lengkap soal sensor yang dibawa, sebuta saja ambient light sensor, proximity sensor, magnetic sensor, sound sensor, dan orientation sensor.

Beralih ke kualitas audio yang merupakan keunggulan utama yang ditawarkan oleh Xperia E1. Tuxlin Blog mencoba kemampuan speaker belakangnya untuk memainkan lagu-lagu symphonic metal dan thrash metal. Keluaran suara speakernya kencang dan cukup nyaman di dengar. Saat volume maksimal, keluaran suara speakernya agak pecah di beberapa lagu. Sedangkan kualitas audio Xperia E1 saat menggunakan headset bawaan sangat bagus menurt kuping kaleng Tuxlin Blog :mrgreen: Bass-nya terasa, treble-nya nyaman gan… Tuxlin rasa kualitas headset bawaan Xperia E1 ini nggak jauh beda sama Sennheiser MX 375 yang pernah direview sebelumnya.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web

Konektivitas Xperia E1 cukup lengkap dengan adanya GPS, WiFi, dan Bluetooth. Semuanya berjalan dengan baik dan tak ada kendala saat digunakan. Lock GPS juga ngebut gan… 😀 Smartphone Xperia E1 ini dibekali dengan memori internal atau ROM sebesar 4GB dan hanya tersisa sekitar 1,5GB saja saat masih baru dan masih dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Asyiknya, sejak update Android 4.4 KitKat, ada opsi untu memindah aplikasi tertentu ke SD card agar memori internalnya bisa lebih lega.

Sony Xperia E1 ini masih sangat layar dipertimbangkan untuk kelas Rp 900 ribu hingga Rp 1 juta dengan spesifikasi setara dan dukungan OS Android 4.4 KitKat. Lawan terdekat Xperia E1 adalah Lenovo A319 Muszik yang sama-sama mengunggulkan kemampuan audionya. Jika dibandingkan dengan Galaxy Young 2 atau Galaxy V sekalipun, Tuxlin Blog lebih memilih Xperia E1 ini 🙂

Hasil Foto Kamera Sony Xperia E1

DSC_0013 Kelebihan Sony Xperia E1

  • Kualitas audio mantap, speaker kencang
  • Dilengkapi Stamina Mode
  • Sensor-sensor lengkap

Kekurangan Sony Xperia E1

  • Tidak dilengkapi kamera depan
  • RAM cuma 512MB

Baca juga:Xiaomi Mi Note Pro Diperkenalkan dengan Layar Quad HD & RAM 4GB, Harga 6,6 Juta

Outro…

Saat menggunakan smartphone Sony Xperia E1 ini, Tuxlin Blog jadi teringat dengan smartphone Sony Xperia Ray yang dulu pernah menemani selama dua tahun… Kangen sama itu hape gan 😀 Ngomong-ngomong, Sony kok nggak rilis penerus Xperia E1 ya? Mungkin penerus Xperia E1 adalah Xperia E3 yang dijual dengan harga yang lumayan, tuh Rp 1,9 juta untuk variang single SIM, hehehehe… Kabar terakhir menyebutkan kalau Sony bakal rilis smartphone entry-level baru melalui seri Xperia E4 yang menggunakan chipset MediaTek. Sampai saat ini belum ada kabar selanjutnya dari Xperia E4. Sampai di sini dulu review Sony Xperia E1, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Review kamera bisa di baca di: Review Kamera Sony Xperia E1 dengan Resolusi 3 Megapiksel

Anda mungkin suka:SPC S16 Flazz, Smartphone Quad Core Harga 600 Ribu-an


8 Comments

  1. rz March 18, 2015
    • Tuxlin March 18, 2015
      • rz March 18, 2015
        • Tuxlin March 18, 2015
  2. Jolvi Ansyah April 14, 2015
    • Tuxlin April 14, 2015
      • Jolvi Ansyah April 16, 2015
        • Tuxlin April 16, 2015

Add Comment

*