Review Tablet Axioo Windroid 7G

Secara umum, performa yang ditawarkan oleh tablet bertenaga Intel Atom Z3735G quad-core ini cukup mumpuni di kelas Rp 1 juta-an. Hal ini terlihat dari skor AnTuTu yang dihasilkan mencapai angka 32 ribu-an dan benchmark Quadrant Standard mencapai 16 ribu-an. Skor ini menyaingi smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 615 dan mediaTek MT6592.

Nggak cuma skornya saja yang tinggi, penggunaan sehari-hari tablet ini juga cukup nyaman di Android. Buka tutup aplikasi, menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, dan navigasi menu berlangsung smooth dan nggak ketemu yang namanya lag. Lalu bagaimana kinerjanya di OS Windows 8.1? Kinerjanya di OS Windows juga cukup nyaman gan, nggak pernah ngehang ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi Windows 8.1 yang berbasis live tile.

Tuxlin Blog mencoba menjalankan aplikasi Microsoft Office dan aplikasi tersebut berjalan lancar, Sayangnya, di Windows tablet cepat panas. Bahkan Tuxlin hanya membuka aplikasi MSN News saja bagian belakang udah kayak setrika πŸ˜† Saat di Android, panas yang dihasilkan tablet ini masih wajar.

Axioo membekali Windroid 7G ini dengan layar sentuh berukuran 7 inci dengan resolusi WSVGA 1024 x 600 piksel dengan panel IPS (In-Plane Switching). Kualitas layar tablet ini cukup bagus untuk kelas entry-level, warna dan kontras yang dihasilkan cukup nyaman di mata. Ketika dilihat dari samping, layar tablet Windroid 7G ini masih tellihat dengan baik.

Hal ini wajar mengingat tablet ini sudah menggunakan panel IPS yang menawarkan sudut pandang luas. Akan tetapi, ketika digunakan di bawah sinar matahari, layar tablet Windroid 7G ini kurang nyaman meski masih terlihat, padahal brightness sudah diset maksimal. Respon layar sentuh tablet ini cukup responsif, sehingga cukup nyaman digunakan untuk berinteraksi sehari-hari atau bermain game.

Baca juga:Review Asus Zenfone C, Ponsel Tanggung Pengganti Zenfone 4S

Kualitas audio tablet Axioo Windroid 7G lumayan jika menggunakan headset. Tuxlin Blog mencoba mendengarkan musik dengan menggunakan headset Xiaomi Mi Piston 3 dan Sennheiser MX375. Lalu bagaimana dengan kualitas speaker tablet ini? Speaker tablet ini cempreng dan suaranya tidak terlalu keras gan πŸ˜†

Tuxlin Blog mencoba memutar musik yang agak keras dari Metallica, Thunder and Lightning, Epica, suaranya speakernya nggak enak, hehehehe… Suara yang keluar treble doang, bass-nya nggak terasa. Yah namanya juga tablet murah meriah :mrgreen: Suara nggak enak ini juga berlanjut ketika tablet ini digunakan untuk telepon. Ketika dipake buat telepon, earpiece nya mati! Awalnya Tuxlin kira dapet tablet yang defect, eh ternyata musti menghidupkan loudspeaker dan earpiecenya ikutan bunyi. Wah kalau begini susah nih kalau mau telepon pribadi, karena loudspeaker musti on, kedengaran dong sama orang sekitar hahahaha… πŸ˜†

Β Screenshot Tablet Review Axioo Windroid 7G Tuxlin Blog02 Screenshot Tablet Review Axioo Windroid 7G Tuxlin Blog03

Tablet Axioo Windroid 7G ini mengusung memori internal berkapasitas 32GB yang dibagi menjadi dua partisi, yakni untuk Android dan satunya lagi untuk Windows. Di Windows 8.1, memori internal yang kosong adalah 12GB. Sedangkan di Android, memori internal yang kosong saat pertama kali digunakan adalah 4,33GB, serta free RAM sekitar 406MB.

Tablet ini dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori maksimal 32GB. Tuxlin Blog menggunakan microSD berkapasitas 32GB di tablet ini dan terdeteksi dengan baik di Android. Akan tetapi, microSD tersebut kadang terdeteksi kadang tidak ketika di Windows 8.1. Oiya, tablet Axioo Windroid 7G ini mendukung USB OTG.

Konektivitas tablet Windroid 7G ini cukup lengkap, yakni dukungan 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, dan GPS. Di Android, kita bisa menggunakan tablet ini untuk telepon, SMS, dan koneksi internet. Sedangkan di Windows 8.1, hanya dapat digunakan untuk koneksi data saja. Lock GPS di tablet ini agak lama dan sedikit kurang akurat. Daya tahan baterai Windroid 7G ini ketika menggunakan OS Android dengan intensitas penggunaan sedang, bertahan kurang dari sehari. Sedangakn di Windows 8.1 dengan kondisi terhubung dengan internet melalui seluler, juga tak jauh berbeda dnegan di Android.

Secara umum, tablet Axioo Windroid 7G ini merupakan tablet yang menarik dengan solusi dual sistem operasi Android – Windows 8.1 with Bing, kinerja yang memadai, dan fitur yang lengkap. Tuxlin Blog mendapatkan tablet ini dengan harga Rp 920 ribu selama promo pre-order.

Harga resmi tablet Axioo Windroid 7G ini kabarnya Rp 1.799.000. menurut Tuxlin Blog, harga tersebut masih cukup layak untuk tablet ini. Dari segi spesifikasi, tablet ini setara dengan tablet Windows 8.1 dengan harga 2 juta-an ke atas dan masih mendapat β€œbonus” OS Android.Β  Akan tetapi, kualitas audio dan kamera tablet ini bisa dikatakan kurang. Yah namanya produk pasti ada keunggulan dan kekurangannya masing-masing gan πŸ™‚

Kelebihan Tablet Axioo Windroid 7G

  • Kinerja tinggi di kelasnya
  • Dual OS Android 4.4 KitKat dan Windows 8.1 with Bing
  • Harga terjangkau

Kekurangan Tablet Axioo Windroid 7G

  • Kamera mengecewakan
  • Speaker cempreng

Outro…

Tablet Axioo Windroid 7G ini berhasil menarik perhatian Tuxlin Blog karena pre-order yang murah dan mengusung dua sistem operasi sekaligus! Tablet ini ternyata menggunakan mekanisme dual boot yang mana kita dapat beralih dari OS Android ke Windows atau sebaliknya dengan menyentuh tombol Switch OS. Setelah itu, tablet secara otomatis akan reboot dan beralih ke OS lainnya. Sampai di sini dulu artikel mengenai review tablet Axioo Windroid 7G yang mengusung dual OS Android – Windows 8.1 with Bing, semoga bermanfaat bagi pembaca semua πŸ™‚

Anda mungkin suka:Duel Kamera Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i di Malam Hari

24 COMMENTS

    • Waduh masak tablet dibandingin sama smartphone mbak? Hehehehe… Kembali pada kebutuhan saja mbak πŸ™‚ Mengenai tablet SpeedUp, saya belum pernah pegang πŸ™‚

  1. kok keyboardnya ga sesuai sama yg di pencet ya? misal mau ketik “@” ITU kan harusnya shift+2 tp keluarnya Malah ngaco. tolong pencerahannya tuxlin

  2. Gan, kalau mw update Androidnya bisa gag gan? soalnya ada beberapa aplikasi android yang udah gag compatible lagi dengan OS Androidnya. Mohon Pencerahannya gan….

  3. mau tanya:
    1. baterainya itu kalo standart internet on terus buat bbm browsing download kuat berapa jam/hari di windows sama android?
    2. sepanas apa kalau lagi on windows?
    3. kuat berapa jam buat main game di windows dan android?
    terima kasih..??

    • Saya bantu jawab.

      1. Saya belum pernah nyoba browsing nonstop, tapi rata-rata bertahan seharian baik di Android maupun Windows.

      2. Panasnya lumayan, tapi nggak sampai overheat

      3. Saya bukan gamer, jadi belum tahu daya tahan baterainya untuk memainkan game.

      Semoga membantu πŸ™‚

        • Sejauh saya make, nggak ada masalah gan… lancar saja. Panas memang terasa, terutama saat pakai Windows. Namun, itu nggak sampai overheat, masih wajar. Itu saja.

          Tablet ini sudah saya jual dan sampai saat ini tak ada keluhan dari yang beli πŸ™‚

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here