Review Xiaomi Mi 4c 32GB

Kinerja yang tinggi menjadi keunggulan utama pada review Xiaomi Mi 4c 32GB kali ini. Hal ini tak terlepas dari dapur pacunya yang mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 808 yang mengusung prosesor hexa-core 64-bit yang terdiri dari quad-core ARM Cortex A53 1,4Ghz dan dual-core ARM Cortex-A57 1,8GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB/3GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 418. Skor AnTuTu tembus 60 ribu-an… Jamaah pemuja skor AnTuTu pasti senang 😆

Tuxlin Blog sudah lebih dari dua bulan menggunakan smartphone Xiaomi Mi 4c dan menginstal pelbagai macam aplikasi. Kinerja sehari-hari smartphone ini sangat memuaskan sob, jauh lebih ringan dari Mi 4i yang Tuxlin gunakan sebelumnya. Buka tutup aplikasi, perpindahan menu, dan efek animasi berjalan dengan smooth tanpa adanya lag. Tuxlin Blog memang bukan gamer dan nggak pernah main game, tetapi melihat spesifikasi Mi 4c ini jelas mampu memainkan pelbagai macam game-game HD di Android tanpa lag Open-mouthed smile

Duet chipset Snapdragon 808 dan RAM 3GB tampaknya memang berperan penting dalam mendongkrak kinerjanya. Tidak seperti Mi 4i, smartphone Mi 4c ini nggak ada isu overheat gan… Panas yang ditimbulkan ketika penggunaan tugas berat atau gaming masih sebatas wajar. Semua ponsel Android pasti panas kalau dipake buat game atau tugas yang berat, asal nggak overheat berarti aman Smile.

Sama seperti Mi 4i, Xiaomi Mi 4c ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan panel IPS (In-Plane Switching) buatan JDI/Sharp yang dibenamkan dengan fitur Sunlight Display, serta OGS. Secara spesifikasi memang sama seperti Mi 4i, tetapi terdapat peningkatan kualitas.

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan oleh GSM Arena, rasio kontras layar Mi 4c lebih tinggi dari Mi 4i, dan bahkan Mi4. Nggak heran Tuxlin merasa layar smartphone  Xiaomi Mi 4c ini terlihat lebih tajam dan cerah. Warna yang dihasilkan layar Xiaomi Mi 4c ini cukup punchy dan sangat memanjakan mata… Viewing angle memuaskan dan kinerjanya saat digunakan di bawah sinar matahari juga mantab surantab Hot smile Respon touchscreennya sensitif dan responsif gan, sama kayak Mi 4i.

Review Xiaomi Mi 4c sektor audio bisa dikatakan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Mi 4i. Jika sebelumnya Tuxlin Blog mengeluhkan speaker bawaan Mi 4i yang kurang kencang, kini speaker bawaan Mi 4c sudah cukup kencang! Sayangnya, kualitas speaker yang diusung oleh Xiaomi Mi 4c ini masih di bawah ZTE Blade A711 yang Tuxlin Blog review sebelumnya.

Bass yang dihasilkan speaker bawaan memang cukup terdengar, tetapi treble-nya terdengar kurang jelas atau nggak detail gitu. Tuxlin juga menjajal memutar musik menggunakan headset Xiaomi Hybrid IEM dan Sennheiser HD 202 II, hasilnya? Suaranya mantap, baik bass maupun treble dapat terdengar jelas, suara vokalnya pun oke… Secara umum, Tuxlin Blog puas.

Review Xiaomi Mi 4c 32GB

Smartphone Xiaomi Mi 4c ini dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 32GB dan saat pertama kali digunakan, tersisa 25,88GB memori kosong yang dapat dimanfaatkan pengguna. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Meski demikian, jangan berkecil hati, mengapa? Karena smartphone ini dilengkapi dengan dukungan USB OTG.

Masalahnya, Xiaomi Mi 4c ini nggak pake port microUSB kayak biasanya, tetapi port USB Type C, jadi kalau mau pake OTG musti beli kabel konverter dulu. USB flash disk yang pake port USB Type-C sampai saat ini masih jarang dan kalau pun ada, harganya pasti mahal.

Free RAM apa kabar gan? Kabar free RAM baik kok, nggak usah khawatir wkwkwkw… Free RAM smartphone Xiaomi Mi 4c ketika pertama kali digunakan adalah sekitar 1,8GB. INi berarti MIUI udah makan RAM lebih dari 1GB secara default. Yah memang agak rakus, hehehe… 😆

Pabrikan asal Tiongkok ini membekali Xiaomi Mi 4c dengan konektivitas yang cukup lengkap, yakni 4G LTE, 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, GPS, dan dual SIM. Semua fitur konektivitas bekerja dengan baik, lock GPS juga ngebut gan… Akurasi GPS nya juga patut diacungi jempol.  Baik SIM 1 maupun SIM 2 mendukung jaringan 4G LTE dan 3G HSPA secara bergantian.

Xiaomi Mi 4c dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3080mAh yang mampu bertahan hingga seharian penuh untuk penggunaan menengah. Meski kapasitas baterainya lebih kecil dari Mi 4i, Tuxlin Blog ngerasa Mi 4c ini lebih irit baterainya. Salah satu kelebihan Mi 4c adalah telah mendukung fitur Quick Charge yang mana mampu mengisi daya baterai hingga penuh dalam waktu 1,5 jam saja atau kadang lebih cepat Smile

Secara umum, review Xiaomi Mi 4c atau smartphone flagship in disguise ini menawarkan perbaikan dan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan Mi 4i. Tuxlin bisa bilang begini karena sebelumnya adalah pengguna Mi 4i Nerd smile

Tampangnya sih memang sama, bagai pinang dibelah kereta api 😆 Desainnya yang kompak dan nyaman digenggam menjadi salah satu daya tariknya. Mantan pengguna Mi 4i mungkin bosen sama tampangnye hehehehe… Kinerja Xiaomi Mi 4c ini bisa dikatakan tinggi di kelasnya, kemampuan kameranya juga mantab dan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan kamera MI 4i, terutama pada malam hari. Sayangnya, secara resmi Xiaomi Mi 4c tidak masuk pasar Indonesia. Ini berarti kita harus puas dapat Mi 4c garansi distributor Smile

Baca review kamera Xiaomi Mi 4c di sini: Review Kamera Xiaomi Mi 4c, Terbaik di Kelasnya dengan Sensor Sony IMX258

Kelebihan Xiaomi Mi 4c 32GB

  • Kinerja tinggi
  • Harga sangat masuk akal
  • Kamera mantap di kelasnya

Kekurangan Xiaomi Mi 4c 32GB

  • Tidak dilengkapi slot microSD
  • Desain sama seperti Xiaomi Mi 4i
  • Tidak resmi masuk Indonesia

Beli smartphone Xiaomi Mi 4c di sini (Klik)

Outro…

Review Xiaomi Mi 4c ini memang penuh perjuangan dan mengalami molor yang sangat parah hehehehe… Soalnya ada saja halangan ketika Tuxlin mau bikin draft reviewnya. Dulu disalip sama Lenovo A1000, ZTE Blade A711, dan Accessgo Gotune 3. Kok bisa disalip? Bukannya Xiaomi Mi 4c datang duluan? Yap, masalahnya, Xiaomi Mi 4c ini dipakai sendiri oleh empunya Blog Tuxlin ini.

Kalau Tiga smartphone yang udah disebutin tadi ada yang pesenan orang ada yang udah dipesen orang 😆 otomatis reviewnya didahulukan hehehehe… Belum lagi terhalang dengan kerjaan kantor sebelah yang lumayan bejibun. Coba kalau Tuxlin Blog Superman, tentu nggak kayak gini…. pasti udah nylametin dunia *nggak nyambung 😆 Sampai di sini dulu review Xiaomi Mi 4c 32GB kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile

Anda mungkin suka:Xiaomi Mi 4s Diluncurkan, Ini Harga & Spesifikasinya

41 COMMENTS

  1. maaf oot. kalo Andromax R sama Andromax Q mending ambil mana ya. kalo soal layar sama kamera udah jelas menang Max R, tapi di review sebelah bilang kalo Max R punya bug jadinya lemot, gk responsif, baterai boros, dll. tp kalo Andromax Q malah responsif, cepat, baterai lebih irit, katanya juga OS nya lebih ringan dan dijamin update karena Pake Cyanogen OS 12( kelebihannya apa min). jd lebih baik ambil mana. Penggunaan pokoknya lg butuh 4g smartfren untuk browsing sm youtuban, gaming perlu jg sih, domisili di solo utara . ngomong-ngomong, apa kabar Andromax ES nya?

    • Keduanya saya belum pernah pegang gan, nggak bisa banyak komentar hehehehe 🙂 Saya sendiri cenderung ke Andromax R. Sejauh ini smartfren cukup rajin kok kasih update.

      Andromax ES lancar jaya hingga sekarang. ngga ada masalah 🙂

  2. di online byk jual nih skrng antara1,5-2jtan, hape bagus tapi yg bikin bingung masalah flashing rom itu, menurut cerita byk rom distri yg msh byk bloatware sampe malware. kalo ga diflash katanya banyak fitur yg ga bisa dipakai dan sering hang. pdahal pengen bgt nih hp gantiin samsul grand…bingung ??

  3. Harga terkahir Mi4c varian 2gb RAM 16gb ROM di kota bandung garansi distributor Rp1.450rb s/s Rp1.550rb sudah pakai ROM global MIUI8, Playstore dan tersedia bahasa indonesia. Layak belikah?

  4. Nanyak kak ,mi4c ram 3gb klo dipake main game temperaturnya nyampe berapa ya klo di cek pki cpu-z?
    Soalnya yg temen sy yg ram 2gb panas banget klo dipake maen game nyampe 46°C atau karna rom distributornya ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here