Review Xiaomi Mi 4i, Ponsel Kelas Menengah Rasa Flagship

42

Tampilan Antarmuka Xiaomi Mi 4i

Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog19 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog20 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog33

Sama seperti smartphone Xiaomi terbaru lainnya, Mi 4i ini hadir dengan antarmuka MIUI v6 yang dikembangkan dari Android 5.0.2 Lollipop. Nah Xiaomi Mi 4i ini bisa dikatakan sebagai smartphone pertama dengan MIUI v6 berbasis Android Lollipop. Meski menggunakan versi Android yang lebih baru, tidak ada perbedaan tampilan dengan MIUI v6 yang masih menggunakan basis Android 4.4 KitKat seperti Redmi 2 atau Mi3.

MIUI v6 menawarkan tampilan yang lebih flat dan menghadirkan animasi baru jika dibandingkan dengan MIUI v5, Tampilan antarmuka MIUI di Xiaomi Mi 4i menghadirkan Lockscreen dan Homescreen tanpa kehadiran menu drawer. Tuxlin Blog mengakui, saat ini sudah jatuh cinta dengan MIUI ini πŸ˜€

Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog21 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog28 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog32

Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog22 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog27 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog38

MIUI memang menghadirkan tampilan yang cantik dan banyak yang bilang terinspirasi dengan iOS. Selain itu, MIUI menyediakan opsi kostumisasi yang cukup banyak gan, meliputi themes, wallpaper, animasi transisi, dan banyak lagi. Kita juga bisa mengunduh theme dan dan wallpaper langsung dari menu kostumisasi, praktis kan?

Sayangnya, meski udah beralih menggunakan basis Android Lollipop, aplikasi musiknya nggak berubah gan… Lha emang kenapa gan? Soalnya aplikasi musiknya nggak ada sortir lagu berdasarkan artis dan lagu… kan ribet kalau mau muter lagu dari artsi A atau Album B πŸ™‚ Satu hal yang saya suka dari MIUI ini adalah kaya fitur dan aplikasi bawaan yang berguna, seperti Security, Cleaner, Do Not Disturb, Lite mode, One handed mode, dan banyak lagi.

Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog24 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog25 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog26

Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog29 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog30 Screenshot Review Xiaomi Mi 4i Tuxlin Blog36

Tuxlin menilai MIUI ini adalah kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh jajaran smartphone Xiaomi Mi 4i dan tipe lainnya. MIUI ini hadir dengan modifikasi Android secara besar-besaran dan membuatnya sangat nyaman digunakan.

Secara umum, MIUI menawarkan tampilan yang cantik, kostumisasi yang luas, kaya fitur, dan mudah digunakan. Tuxlin berharap ke depan MIUI terus dikembangkan dan dapat menghadirkan fitur-fitur inovatif, seperti motion gesture mungkin? πŸ™‚ Meski menggunakan basis Lollipop, MIUI v6 di Mi 4i ini nggak berbeda dengan MIUI v6 yang berbasis Android KitKat seperti Redmi 2.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi 2, Smartphone Dual SIM 4G LTE

42 COMMENTS

  1. mengenai hasil benchmark yg berubah – ubah dan lag menurut saya karena cpu terkadang mengalami Freeze, hal ini dikarenakan thermal control yang dipasang di mi4i ini otomatis mengunci cpu pada clockspeed rendah pada saat mi4i mengalami heating atau panas berlebih. hal ini bertujuan agar mi4i tidak semakin panas, efek sampingnya tentu berpengaruh pada peformanya yg menurun
    hanya opini saya saja mas hehehe

    • Sepertinya betul mas, saya cek di Vellamo saat skor-nya rendah, clockspeed cuma mentok di 1,1GHz… Nah saat udah dingin, ane coba lagi ternyata clockspeed bisa tembus 1,65GHz… Haduh2 kayakanya Xiaomi salah pilih chipset… kenapa nggak pake MediaTek MT6752 saja ya πŸ˜€

  2. Min ane mau tanya, kalo ngereview hh gini kan harus beli dulu ya hhnya itu perputaran uangnya gimana ya? Maaf ya min udah nanya gini soalnya ane penasaran aja apa hpnya dikoleksi atau dijual lagi heheh bales ya min:D

    • Betul banget gan… Hampir semua HH yang direview di sini ane beli pake duit pribadi, setelah selesai direview ya ane jual gan… Yah memang harga jual kembalinya pasti turun dalam artian saya nombok… Tapi nggak papalah, toh ini hobi sekaligus cara ane menjaga Tuxlin Blog tetap hidup πŸ™‚

      • hidup tuxlin,…. ane sebenarnya udah jadi pembaca blog ini dari lama, saat milih laptop juga sempet baca2 review nya… dan baru-baru kembali baca eh ternyata banyak review hp , jadi sering nungguin artikel terbarunya euy,..

        • Makasih gan udah jadi pembaca blog amburadul ane hehehehhe… Iya nih, akhir2 ini jarang ada yng nitip laptop, makanya sekarang beralih ke hape aja πŸ˜€

      • Ohh gitu ya min kirain ane dikoleksi hahah … ane nunggu review lenovo a7000 nih min heheh kapan” reviewin yaa min. πŸ˜€

  3. :’D Lempar sini mas Xiaominya udah kebanyakan HP. Kalau dari segi spesifikasi, OK. Tapi entah kenapa, secara pribadi, saya kurang suka dengan desain bagian belakangnya.

  4. Mau tax gan,ane baru beli mi4i,setelah ane coba koq gak bisa vid call yah,soalx klo nda salah agan waktu bahas cam depan bisa tuk vid call,mohon pencerahan gan.thq….bravo buat tuxloi

    • Berdasarkan informasi yang saya miliki, xiaomi/miui tidak support video call melalui operator gan… Saat ini nggak banyak android yg dukung fitur tersebut. Beberapa tipe samsung n LG katanya masi dukung πŸ™‚

    • open sale gan, bisa beli di toko2 online terkemuka di tanah air… Di konter mungkin ada, tetapi harganya mungkin lebih mahal dari harga resmi πŸ™‚

  5. Mas Tuxlin,jadi menurut Mas kalau buat Games bagus mana antara xiaomi mi3 dengan mi 4i? Thanks,suka banget sama review2nya πŸ™‚

    • Satu lagi bagus mana antara mi3,mi4 dan mi 4i buat Games berat? Kalau samsung yg harga sekitar 2 jutaan yg bagus mana buat Games2 berat thanks ya,soalnya lg pusing Nyari HP buat anak sy

    • Untuk game, saya lebih rekomendasi Xiaomi Mi3/Xiaomi Mi4. Namun, keduanya tidak dipasarkan resmi di Indonesia, sehingga hanya garansi distributor saja πŸ™‚

  6. mas tuxlin,emang os xiaomi mi 4i itu lolipop? soalnya saya liat reviewnya di youtube osnya lilipop(setelah di tekan lama logo lolipopnya kok kyk kitkat?)

  7. Salam kenal gan
    Maaf gan mau tanya solusi supaya bisa video call di line skype dll gmna ya ada settinggannya ga untuk xiaomi mi 4i ini.
    Mohon infonya gan.

    • Salam kenal juga gan πŸ™‚

      video call di Line, skype dan lain-lain nggak memerlukan settingan khusus, asal koneksi internet mencukupi udah pasti lancar jaya kok πŸ™‚

  8. bang, untuk cara setting shutter speed pada xiaomi mi4i ini gmn ya? kok saya nyari gk nemu2, mohon langkah2 & petunjuknya dr awal bang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here