Review Xiaomi Redmi 1S, Smartphone Gahar di Kelas 1,5 Jutaan

Review Xiaomi Redmi 1S – Halo Pembaca! Akhirnya saya berkesempatan untuk melakukan review Xiaomi Redmi 1S di Tuxlin Blog tercintah ini, hehehehe… :mrgreen: Yah seperti yang kita tahu, smartphone Xiaomi Redmi 1S adalah smartphone yang cukup fenomenal akhir-akhir ini di Indonesia. Betapa tidak, Xiaomi Redmi 1S hadir dengan spesifikasi gahar dan dijual dengan harga yang sangat masuk akal (terjangkau) yakni Rp 1.499.000. Sama seperti di India, China, dan Singapura, Xiaomi Redmi 1S ini hadir di Indonesia dengan trik Hunger Marketing alias penjualan model ‘rebutan’ yang siap membuat orang dengan koneksi internet lambat bakal menyumpah-nyumpah, hehehehe… Oke berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari smartphone Xiaomi Redmi 1S.

Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blog_10

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 1S

  • Sistem Operasi Android 4.3 Jelly Bean dengan antarmuka MIUI v5
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 400 MSM8228 quad-core ARM Cortex-A7 1,6GHz
  • Grafis Adreno 305
  • Kamera 8 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 1,6 megapiksel
  • Layar 4,7 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 312 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel, AGC Dragontrail Glass
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • Triple band GSM 900/1800/1900 & 3G 1900/2100
  • Dimensi 137 x 69 x 9,9 mm
  • Baterai 2000mAh

Paket Penjualan Xiaomi Redmi 1S

Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blog_04Tak lama setelah boks smartphone Xiaomi Redmi 1S Melat Grey kiriman dari Lazada mendarat, saya langsung membongkarnya dengan brutal untuk mengobati rasa penasaran terhadap smartphone ini. Ternyata isinya beneran Xiaomi Redmi 1S, bukan Xiaomi Mi3 atau Mi4 *ngarep* :mrgreen: Dus penjualan Xiaomi Redmi 1S ini berwarna cokelat muda, katanya sih dari hasil daur ulang. Berikut ini adalah isi dus alias paket penjualan dari smartphone Xiaomi Redmi 1S.

  • Handset Xiaomi Redmi 1S
  • Kabel data USB
  • Kepala charger
  • Baterai
  • Kartu garansi
  • Kitab-kitab suci Buku Manual
  • MicroSD dan headset? Kagak ada, beli sendiri yah :mrgreen:

Baca juga: Xiaomi Redmi 1S, Akhirnya Kebagian Juga…

Penampilan dan Build Quality Xiaomi Redmi 1S

Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blog_13Penampilan atau desain dari smartphone Xiaomi Redmi 1S ini terlihat elegan menurut saya, dengan sudut yang tidak terlalu membulat membuat sekilas mirip smartphone Sony Xperia. Saya sendiri agak kaget karena ternyata Xiaomi Redmi 1S dimensinya lumayan besar, maklumlah dua hape saya (Xperia Ray dan Lumia 520) termasuk smartphone brukuran kecil untuk saat ini, hehehe… Xiaomi Redmi 1S pas digenggaman tangan dan menurut saya ukuran layar 4,7 inci ini adalah ideal karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Bagian depan tedapat layar LCD yang dilapisi dengan AGC Dragontrail Glass yang agak licin dan meninggalkan jejak sidik jari. Xiaomi Redmi 1S ini masih menggunakan tiga tombol kapasitif di bawah layar, yakni Recent Apps, Home, dan Back. Seperti yang kita ketahui, beberapa vendor seperti Sony dan Motorola sudah memindahkan tombol-tombol tersebut ke layar atau on-screen button. Tapi keberadaan tombol kapasitif warna merah di bawah layar ini menambah kesan keren, hehehe…

Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blog_05 Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blog_06

Meski Xiaomi Redmi 1S ini adalah HP “China” kita nggak bisa underestimate build quality-nya. Saat saya pegang Xiaomi Redmi 1S, rasanya mantap, solid, dan nggak berasa ini hape 1,5 jutaan, rasanya kayak hape mahal gitu, hehehehehe… Gak kalah lah sama dua smartphone yang saya pakai saat ini. Casing belakang Xiaomi Redmi 1S ini berwarna hitam dengan finishing matte membuatnya terlihat makin elegan. Tak lupa logo Xiaomi beruua tulisan ‘MI” ditempatkan di casing belakang bagian bawah.

Baca juga: Lenovo A369i, Dual Core dengan Android Jelly Bean

Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blogn_01Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blogn_02Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blogn_03Sebelah kiri Xiaomi Redmi 1S terdapat volume rocker, tombol power, dan celah untuk membuka casing. Sedangkan sisi atas terdapat jack 3,5mm untuk menancapkan headset dan bagian bawah terdapat microphone dan port microUSB untuk isi ulang baterai dan menghubungkannya ke komputer. Kamera depan Xiaomi Redmi 1S ini terletak di sudut kiri atas, sedangkan penempatan kamera utama di casing belakang dengan LED flash di bawahnya. Xiaomi menempatkan speaker di sebelah kanan lubang kamera. Penempatan speaker yang berada di belakang ini tidak menutup output suara karena lubang kamera belakangnya agak menonjol :).

Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blog_18

Tampilan Antarmuka MIUI v5 Xiaomi Redmi 1S

Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blog_14Tampilan antarmuka Xiaomi Redmi 1S ini adalah salah satu hal yang istimewa, seperti pada smartphone Xiaomi lainnya, yakni hadirnya MIUI v5 yang berbasis dari Android 4.3 Jelly Bean. Sejak dulu saya kesengsem tampilan MIUI ini dan menginstall Mi Launcher di Xperia Ray, lumayan buat obat pengen, hehehehe… Banyak yang mengatakan bahwa tampilan MIUI besutan Xiaomi ini mirip dengan iOS. Ini benar adanya karena saya juga pernah pegang iPhone milik tetangga, hehehehe… 😛 MIUI v5 pada Xiaomi Redmi 1S ini tidak dilengkapi dengan App Drawer seperti smartphone Android lainnya, jadi ikon-ikon aplikasi langsung tampil di homescreen-nya. Kita dapat mengorganisasikan ikon aplikasi tersebut dalam beberapa folder sesuai kebutuhan. Sederhana sih, tapi bagi yang belum terbiasa harus beradaptasi terlebih dahulu.

Baca juga: Xperia L: Ini Hasil Jepretan Kamera 8 Megapiksel Exmor RS & Duel dengan Xperia Ray

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_01 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_02 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_03

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_32 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_45 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_50

Selain menawarkan tampilan yang sederhana, mudah digunakan, dan menarik, salah satu keunggulan MIUI yang diusung oleh Xiaomi Redmi 1S ini adalah dapat di kostumisasi sesuai selera dengan mengganti themes dan font. Tak perlu khawatir, kita bisa download dan install theme MIUI langsung dari perangkat, tetapi sebelumnya harus memiliki akun Mi terlebih dahulu. Ada ratusan themes MIUI yang siap memuaskan kita yang ingin tampil beda, hehehehe… Ini adalah salah satu alasan kenapa saya menyukai MIUI, nggak bakal bosen dengan tampilannya. Selain itu, desain antarmuka aplikasi bawaan, setting, note, message, dan sebagainya juga sangat menawan…  Lockscreen-nya juga mantap dan animasi transisinya sangat menarik, hehehehe… MIUI ini adalah antarmuka Android paling menawan menurut saya.

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_25 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_27 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_28

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_04 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_29 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_30

Oiya, Xiaomi Redmi 1S ini sudah hadir dengan keyboard SwiftKey yang sangat nyaman di pakai. Saat pertama kali kita menghidupkan smartphone Xiaomi Redmi 1S ini, ada pilihan untuk memilih keyboard default, saya pilih saja SwiftKey.

Baca juga: Foto-foto Yogyakomtek 2014 30 Agustus – 03 September 2014

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_46 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_47 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_49

Penampilan player musik Xiaomi Redmi 1S ini juga keren. Konsepnya sederhana sih, tapi mudah dipahami alias intuitif. Disediakan juga MI Sound Enhancer yang mampu meningkatkan kualitas suara saat menggunakan headset, serta tersedia equalizer. Saya mencoba player musik dengan headset Senheiser, wah suaranya nendang, apalagi MiSound Enhancher dalam keadaan hidup.

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_23 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_24 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_48

Xiaomi Redmi 1S hadir dengan memori internal berkapasitas 8GB dan yang tersedia untuk pengguna hanya sekitar 4,6GB saja. Smartphone Xiaomi Redmi 1S ini juga dibekali slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Performa Xiaomi Redmi 1S

Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blog_15 Performa smartphone Xiaomi Redmi 1S ini cukup tinggi di kelasnya karena ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 400 MSM8228 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,6GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan diperkuat oleh pengolah grafis dari Adreno 305. Tak heran performa atau kinerja yang dihasilkan sangat tinggi untuk kelas Rp 1,5 jutaan. Berikut hasil benchmark AnTuTu, Quadrant, dan CPU-Z dari Xiaomi Redmi 1S. (klik pada gambar untuk memperbesar)

Baca juga: Dari Mac OS X Migrasi ke Linux: NetRunner 14 Frontier

CPU-Z Xiaomi Redmi 1S

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_17 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_18 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_19

Benchmark AnTuTu Xiaomi Redmi 1S

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_06 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_07 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_08

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_09 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_10 Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_11

Quadrant Xiaomi Redmi 1S

Screenshot Xiaomi Redmi 1s Tuxlin_16Secara umum performa yang dihasilkan oleh smartphone Xiaomi Redmi 1S sangat memuaskan untuk kelas Rp 1,5 jutaan. Ada seseorang yang berkata pada saya bahwa smartphone Android dengan skor AnTutu di atas 20 ribu sudah nyaman di pakai untuk penggunaan sehari-hari dan penggunaan menengah. Tampaknya kata teman saya itu ada benarnya. Xiaomi Redmi 1S sangat nyaman digunakan, perpindahan menu, buka tutup aplikasi, multitasking, dan transisi animasi berjalan mulus. Xiaomi Redmi 1S ini mampu mencetak skor AnTuTu v5 hingga 20.335 poin dan Quadrant Standard mencapai 10.503 poin.

Jika dibandingkan dengan Xperia Ray saya, jelas kalah jauh, lha beda generasi hahahaha… :mrgreen: Berbicara mengenai performa Xiaomi Redmi 1S saat memainkan game, saya kira masih sanggup lah bermain game-game berat… Saya sendiri belum pernah mencoba menginstal game-game berat di Xiaomi Redmi 1S ini, soalnya saya jarang main game, hehehe… 😆 Satu hal yang saya suka, Xiaomi Redmi 1S ini meyediakan tool bawaan untuk membersihkan RAM dengan sekali sentuh.

Saya sudah mencoba beberapa fitur seperti Bluetooth, WiFi Tethering, dan GPS, semua berjalan lancar jaya… Lock GPS-nya ngebut, khas chipset Qualcomm. Sama seperti smartphine Android lainnya, bagian belakang Xiaomi Redmi 1S ini kadang panas jika digunakan untuk aplikasi yang banyak makan resource. Sektor audio, speaker Xiaomi Redmi 1S ini ternyata tidak terlalu keras suaranya dan ketika volume dimaksimalkan, suaranya agak pecah. Tapi tenang, kualitas audionya di headset bagus kok.

Layar adalah salah satu keunggulan Xiaomi Redmi 1S karena telah dibekali layar berukuran 4.7 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan mencapai 312 inci. Jelas tampilan layar Xiaomi Redmi 1S ini sangat jernih, padat, jelas dilihat di bawah sinar matahari, dan viewing angle yang luas. Sama seperti layar IPS lainnya, layar Xiaomi Redmi 1S memang cenderung agak kuning. Soal baterai, Xiaomi Redmi 1S bisa bertahan seharian penuh dengan jaringan 3G dan penggunaan sosial media/chatting aktif. Nggak tau deh kalo dipake ngagame bisa bertahan berapa lama :mrgreen:

Baca juga: Review Asus X200CA-KX188D Putih, Bertenaga Intel Celeron 1007U

Kelebihan Xiaomi Redmi 1S

  • Spesifikasi dan performa paling mantap di kelas Rp 1,5 juta
  • Kamera 8 megapiksel oke punya (Review kamera nyusul :mrgreen: )
  • Antarmuka keren dari MIUI v5

Kekurangan Xiaomi Redmi 1S

  • Masih Android 4.3 Jelly Bean (yang lain udah pada KitKat tuh 😛 )
  • Speaker kurang keras, bila volume maksimal agak pecah
  • Menggunakan trik Hunger Marketing, susah belinya.. Harus rebutan dulu baru bisa dapat :mrgreen:

Outro…

Review Xiaomi Redmi 1S Tuxlin Blog_19 Xiaomi Redmi 1S secara umum adalah smartphone kelas entry-level dengan spesifikasi paling sangar di kelas Rp 1,5 juta. Tapi Xiaomi menggunakan trik pemasaran unik yang disebut dengan Hunger Marketing. Trik inilah yang membuat mereka terkenal dan mencetak prestasi penjualan yang mencengangkan. Di indonesia penjualan Xiaomi Redmi 1S kloter kedua 10 ribu unit habis dalam 12 menit… Belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan India, 40 ribu unit dalam waktu 4,2 detik saja. Seperti apa sih Hunger Marketing ini?

IMG_20140916_161510

sample foto Xiaomi Redmi 1S

Berdasarkan informasi yang saya ketahui, Hunger Marketing atau flash sale adalah menyediakan penjualan di satu tempat (kalo di sini Lazada) dengan stok terbatas dan dalam jangka waktu tertentu. Jadi kita nggak akan menjumpai Redmi 1S di pasaran dengan harga yang sama dengan harga resmi. Pas pamera Yogyakomtek 2014 kemarin, Xiaomi Redmi 1S dijual dengan harga Rp 2,3 juta atau terpaut 800 ribu dari harga resmi 😆 Wah lumayan tuh Rp 800 ribu bisa beli bakso sekalian gerobaknya, hahahahah :mrgreen: Sampai disini dulu Review Xiaomi Redmi 1S kali ini, semoga bermanfaat 🙂

Anda mungkin suka: Mengunjungi Mercusuar Pantai Pandansari Bantul


28 Comments

  1. ririn September 19, 2014
    • Tuxlin September 19, 2014
  2. gadgetboi September 19, 2014
    • Tuxlin September 19, 2014
  3. Nunu El Fasa September 20, 2014
    • Tuxlin September 20, 2014
  4. sari widiarti September 20, 2014
    • Tuxlin September 20, 2014
  5. ilham September 20, 2014
    • Tuxlin September 20, 2014
    • Triunt September 25, 2014
      • Tuxlin September 25, 2014
  6. gadgetboi September 20, 2014
    • Tuxlin September 20, 2014
  7. Miftah Afina September 20, 2014
    • Tuxlin September 21, 2014
  8. senosuke September 22, 2014
    • Tuxlin September 22, 2014
  9. thedeadbone October 9, 2014
    • Tuxlin October 9, 2014
  10. ayu November 27, 2014
    • Tuxlin November 27, 2014
  11. Jamu Tradisional Mujarab April 23, 2015
  12. ngawidian.com September 2, 2016
    • Tuxlin December 20, 2016
  13. teqnoparadise March 10, 2017
    • Tuxlin March 10, 2017

Add Comment

*