Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Xiaomi Redmi 3: Menawan!

7 min read

Review Xiaomi Redmi 3

Review Xiaomi Redmi 3 – Halo Pembaca! Melanjutkan artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog membahas review Xiaomi Redmi 3 yang hadir dengan desain yang menawan. Yah kalau cewek sih, tampang Redmi 3 udah kayak bunga desa, banyak yang godain hahahaha… Seperti yang sudah Tuxlin Blog jelaskan pada postingan sebelumnya, review Xiaomi Redmi 3 ini agak berbeda karena unitnya nggak beli sendiri kayak biasanya.

Nggak ada angin, nggak ada hujan… Tiba-tiba ada yang berbaik hati meminjamkan Redmi 3 yang baru saja dibelinya. Berhubung ponsel cakep ini udah di depan mata, Tuxlin Blog tak kuasa menolak hahahahaha… Sekarang ini rata-rata harga Xiaomi Redmi 3 adalah Rp 1,7 – 2 juta, tergantung sellernya juga sih. Penasaran? Berikut ini ulasan spesifikasi dan review Xiaomi Redmi 3 oleh Tuxlin Blog.

Review Xiaomi Redmi 3

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,5GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Adreno 405
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3M2, aperture f/2.2,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.4 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion
  • Warna Silver, Gold, dan Grey
  • Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3 terbaru di sini (klik) untuk pengguna iOS/Android di sini (klik)

Paket Penjualan Xiaomi Redmi 3

  • Handset Xiaomi Redmi 3 Gold
  • Kepala charger
  • Kaber USB
  • SIM card ejector
  • Buku petunjuk
  • Kartu garansi

Penampilan & Design Xiaomi Redmi 3

Design Xiaomi Redmi 3Design Xiaomi Redmi 3

Review Xiaomi Redmi 3 di sektor desain ini bikin Tuxlin Blog agak kaget, mengapa? Soalnya ada kecoa terbang…. 😆 *ngaco* Ternyata Redmi 3 ini lebih keren dari gambarnya yang beredar di internet. Jujur saja, Tuxlin Blog baru sekali ini pegang smartphone Redmi 3.

Smartphone ini dibalut dengan casing metal uniibody yang kokoh, terkesan mewah, dan nyaman digenggam. Casing belakangnya terdapat tekstur unik yang terdiri dari bintang-bintang. Konon, bintang yang terdapat pada casing belakang Redmi 3 ini mencapai 4166 buah! Ah yang boneng gan? Itung sendiri kalau nggak percaya Smile with tongue out

Tuxlin Blog sih mending langsung percaya, daripada minus mata meningkat drastis gegara ngitung bintang di casing belakang Redmi 3 😆 Apa nggak mending meraih bintang-bintang dilangit bersamamu ya? ahihihihi *senggol yang Jones Smile with tongue out

Kebetulan unit Xiaomi Redmi 3 yang Tuxlin pinjam ini warnanya Gold sob, jadi menambah kesan mahal. Sekilas, smartphone ini terlihat dan terasa lebih mahal dari harganya. Intinya, build qualitynya mantap.

Sisi depan Redmi 3 ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh berukuran 5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android. ketiga tombol tersebut nggak ada backlight-nya sob, sama kayak Infinix Hot 3 X553 yang mendarat beberapa hari yang lalu. Sedangkan sisi belakang smartphone terdapat LED flash, kamera utama , logo Xiaomi, dan lubang speaker alias speaker grill.

Design Xiaomi Redmi 3Design Xiaomi Redmi 3

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3Paket Penjualan Xiaomi Redmi 3

Sisi atas Xiaomi Redmi 3 ini terdapat port audio 3,5mm, IR Blaster, dan microphone. Sedangkan sisi kiri ponsel terdapat slot hybrid SIM card dan microSD yang dapat dibuka dengan bantuan SIM ejector dalam paket pembeliannya. Kalau nggak ada, pakai jarum juga bisa, tusbol saja 😆

Sedangkan sisi kanan Redmi 3 terdapat tombol volume rocker dan tombol power. Sedangkan sisi bawah terdapat port microUSB dan microphone. Pada review Xiaomi Redmi 3 kali ini, pasti ada yang kecewa gara-gara ponsel ini pakai baterai tanam, ya kan? Selama setahun lebih terakhir ini Tuxlin Blog make smartphone dengan baterai tanam atau non removable relatif aman terkendali kok Open-mouthed smile

Secara umum, Xiaomi Redmi 3 ini menawarkan desain yang menawan dengan balutan casing metal yang kokoh dan terkesan lebih mahal dari harganya. Build quality Redmi 3 ini bisa dikatakan mantab di kelasnya dan dipermanis dengan bintang-bintang di casing belakangnya 😆

List krom yang berada yang berada di sisi depan juga membuat Redmi 3 kian manis, semoga saja warna kromnya nggak mengelupas dimakan waktu kayak merek sebelah hihihi… Namun, review Xiaomi Redmi 3 di sektor desain ini relatif subyektif dan kembali ke selera masing-masing.

Tampilan Antarmuka Xiaomi Redmi 3

Tampilan Antarmuka Xiaomi Redmi 3

Sisi software atau perangkat lunak menjadi salah satu poin penting pada review Xiaomi Redmi 3 kali ini. Sama seperti ponsel Xiaomi generasi baru lainnya, Redmi 3 ini hadir dengan mengusung sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang dibalut dengan antarmuka MIUI 7 yang menawan.

Fitur-fitur yang diusung oleh MIUI 7 pada Redmi 3 ini relatif sama dengan smartphone Xiaomi lainnya sob. MIUI kan emang terkenal kostumisasinya yang komplit banget. Kostumisasi yang tersedia memungkinkan kita untuk mengganti wallpaper di homescreen maupun lockscreen, theme (termasuk icon pack), jenis font yang dipake, ukuran font, efek animasi, dan banyak lagi.

Salah satu hal yang Tuxlin Blog suka dari MIUI adalah fitur utilitasnya lengkap, jadi kita nggak perlu instal aplikasi tambahan lagi. Fitur tersebut antara lain adalah Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, dan bahkan app kecil semacam barcode scanner, compass,  dan torch juga sudah ada Smile

Saat pertama kali mendarat di Tuxlin Blog, aplikasi bawaan Xiaomi Redmi 3 bersih, nyaris nggak ada selain aplikasi bawaan Xiaomi. Bahkan aplikasi dan layanan Google saja suma ada Play Store 😆 Ini bisa berbeda-beda tergantung distributor kali ya? Soalnya ada juga yang udah komplit aplikasi Google-nya.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan IR blaster yang berfungsi sebagai remote control peralatan elektronik, sama kayak Redmi Note 2 dan Mi 4c yang Tuxlin Blog review sebelumnya.

Baca juga:Harga iPhone SE Mulai 6 Juta-an, Sudah Tersedia di Indonesia

Performa Xiaomi Redmi 3

rforma Xiaomi Redmi 3

performa tentu salah satu bagian yang ditunggu-tunggu oleh pembaca Tuxlin Blog pada review Xiaomi Redmi 3 kali ini, bener kagak? 😆 Terutama sekte pemuja skor AnTuTu Smile with tongue out Kali ini siap-siap kecewa, soalnya skornya nggak terlalu wah hihihihi… Tapi setidaknya masih jauh lebih cepat dari smartphone Xiaolajiao Red Chili LA2-S yang mendadak ngehits 😆

Soal performa ini sebenarnya agak sensitif gan, soalnya kalau skor memble langsung dianggap hape memble, padahal yang memble ya yang menganggap skor adalah segalanya Smile with tongue out RAW power atau potensi kinerja mentah itu penting, tetapi optimasi bagaimana mengonversi kinerja mentah tersebut menjadi user experience yang smooth dan nyaman digunakan juga tak kalah penting.

Pada review Xiaomi Redmi 3 ini menawarkan lompatan kinerja yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Redmi 2. Ponsel 4G LTE berdesain menawan ini mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,5GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, Xiaomi mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 405.

Lha bedanya apa Snapdragon 615 dengan 616? Yang paling kelihatan ya cluster quad-core low-power berjalan di 1,2GHz, sedangkan Snapdragon 615 jalan di 1GHz. Skor benchmark yang dihasilkan sih nggak jauh beda. Penasaran? berikut benchmark Xiaomi Redmi 3 yang telah Tuxlin Blog lakukan.

Benchmark Xiaomi Redmi 3 CPU-Z

Benchmark Xiaomi Redmi 3 CPU-Z

Benchmark Xiaomi Redmi 3 AnTuTu v6

Benchmark Xiaomi Redmi 3 AnTuTu v6

Benchmark Xiaomi Redmi 3 Geekbench 3

Benchmark Xiaomi Redmi 3 Geekbench 3

Benchmark Xiaomi Redmi 3 Vellamo

Benchmark Xiaomi Redmi 3 Vellamo

Benchmark Xiaomi Redmi 3 Quadrant Standard

Benchmark Xiaomi Redmi 3 Quadrant Standard

Sensorbox for Android & Multitouch Tester  Xiaomi Redmi 3

Sensorbox for Android & Multitouch Tester  Xiaomi Redmi 3

Baca juga:Unboxing Xiaomi Redmi 3, Smartphone 4G LTE dengan Baterai Besar

Review Xiaomi Redmi 3

Seperti apa kesimpulan review Xiaomi Redmi 3 kali ini? Penampilan yang menawan dengan casing metal merupakan salah satu daya tarik utamanya. Selain itu, kinerja yang dihasilkan oleh Redmi 3 sama sekali tak bisa dianggap enteng. Bersenjatakan prosesor octa-core 64-bit dari chipset Qualcomm Snapdragon 616 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta grafis dari Adreno 405 mampu menghasilkan kinerja yang jaman untuk penggunaan sehari-hari.

Skor benchmark AnTuTu v6 yang dihasilkan oleh Redmi 3 memang tak tergolong wah, yakni 29.274 poin saja. Para pesaingnya mungkin menghasilkan skor yang lebih tinggi. Namun, selama Tuxlin menggunakan Redmi 3 ini sama sekali tak ada masalah mengenai performa. Tuxlin menggunakannya untuk download dan instal aplikasi tambahan, jepret sana sini, selfie 😆 , dengerin musik, dan juga sesekali bermain game ringan semacam Temple Run dan sejenisnya.

Redmi 3 besutan Xiaomi ini relatif smooth, gegas, dan belum terlihat adanya lag yang mengganggu. Buka tutup aplikasi, animasi menu, dan perpindahan menu berlangsung responsif dan nyaman. Mengenai panas, Redmi 3 ini terbilang lumayan saat Tuxlin gunakan untuk bermain Temple Run dilanjutkan update aplikasi dari Google Play Store, dan dilanjutkan dengan sesi jeprat-jepret alay 😆

Casing metal yang diusungnya memang terasa lebih manas dari Xiaomi Mi 4c yang biasa Tuxlin gunakan. Akan tetapi ini wajar mengingat material metal memang lebih menyerap panas. Selama review Xiaomi Redmi 3, tidak ada gejala overheat atau panas berlebih yang mengganggu fungsi ponsel 4G ini.

Sektor layar, Xiaomi Redmi 3 ini sukses mengejutkan Tuxlin Blog! Meski layarnya hanya mengusung resolusi HD, tetapi kualitasnya bisa dikatakan di atas rata-rata. Layar Redmi 3 ini jernih, warna yang dihasilkan mampu memanjakan mata, dan brightness yang cukup terang, tetapi nyaman di mata.

Karakteristik layarnya agak mirip dengan Mi 4c, yakni warnanya sedikit bluish. Sudut pandang atau Viewing angle-nya sangat luas, khas teknologi panel IPS (In-Plane Switching). Tak hanya itu, respon touchscreennya juga relatif gegas. Sayangnya, nggak disebutkan adanya lapisan antigores di layar Xiaomi Redmi 3 ini.

Banyak yang bilang kalau layar Redmi 3 dilindungi oleh AGC Dragontrail Glass, tetapi itu berasal dari sumber tak resmi. Tuxlin Blog merekomendasikan untuk menggunakan tempered glass atau screen guard untuk melindungi layar dari goresan. Sebenarnya nggak masalah juga sih layar tergores, asalkan bukan hatimu yang tergores… ahihihihi… *sikut keras JONES 😆

Sedangkan review Xiaomi Redmi 3 di sektor audio, Tuxlin Blog nggak bisa ulas secara detail karena keterbatasan waktu. Suara speaker Redmi 3 ini cukup kencang, meski tak sekencang Mi 4c. Kualitas suaranya saat memainkan lagu juga lumayan dengan treble yang mendominasi, sama kayak tipikal speaker smartphone. Tuxlin sempat menjajal Redmi 3 ini untuk mendengarkan lagu melalui Xiaomi Hybrid IEM, hasilnya? Kualitas suaranya lumayan mantab, bass-nya terasa dan treble-nya masih bisa dinikmati.

Review Xiaomi Redmi 3

Smartphone Xiaomi Redmi 3 ini dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 16GB dan saat pertama kali digunakan, tersisa 9,95GB atau hampir 10GB memori kosong yang dapat dimanfaatkan pengguna. Smartphhone ini mendukung ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB melalui hybrid slot yang diusungnya. Hybrid slot ini artinya kita harus milih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM plus microSD.

Free RAM apa kabar? Free RAM Xiaomi Redmi 3 ini rata-rata 1,1 – 1,3GB saja. Sistem MIUI emang agak rakus makan RAM, rata-rata menempati separuh RAM yang tersedia. Akan tetapi itu nggak perlu dipikirin sob, soalnya manajemen RAM udah diurusin sama sistem.

Kita nggak usah ikut-ikutan ngurusin free RAM, tar malah merepotkan sistem 😆 Ada juga yang ngotot free RAM itu penting sambil ngirimin Tuxlin Blog screenshot yang menampilkan free RAM 0MB. Nah salah dia sendiri, udah tau pengguna hardcore kok beli smartphone dengan RAM kecil? Smile with tongue out

Pabrikan asal Tiongkok ini membekali Xiaomi Redmi 3 dengan konektivitas yang cukup lengkap, yakni 4G LTE, 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, GPS, dan dual SIM. Semua fitur konektivitas bekerja dengan lancar tanpa kendala. Baik SIM 1 maupun SIM 2 mendukung jaringan 4G LTE dan 3G HSPA secara bergantian.

Lock GPS gimana sob? Sayangnya, Tuxlin Blog belum  sempat nyobain GPS-nya 😆 Sektor baterai, Tuxlin Blog juga belum sempat menjajalnya. Namun, dengan kapasitas 41000mAh ini, Xiaomi Redmi 3 mampu deh bertahan 2 – 3 hari penggunaan standar.

Secara umum, Xiaomi Redmi 3 ini merupakan salah satu pilihan terbaik di kelas under Rp 2 juta. Pada review Xiaomi Redmi 3 di atas sudah Tuxlin Blog jabarkan bahwa ponsel ini tampil menawan dan terlihat lebih mahal dari harganya berkat balutan casing metal yang kokoh dan build quality yang mantap.

Layar yang diusung oleh Redmi 3 juga menawarkan kualitas yang mantap di kelasnya, penggunaan di bawah sinar matahari juga tidak ada masalah. Kemampuan kamera Xiaomi Redmi 3 ini bisa dikatakan 11 – 12 jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 2.

Kapasitas baterai yang besar juga menjadi salah satu nilai tambah bagi Redmi 3. Jelas, smartphone Xiaomi Redmi 3 menjadi lawan tangguh bagi Asus Zenfone 2 Laser, Accessgo Gotune 5, Samsung Galaxy J3, ZTE Blade A711, dan Infinix Hot 3 X553.

Review kamera Xiaomi Redmi 3 Baca di Sini: Review Kamera Xiaomi Redmi 3, Resolusi 13MP PDAF

Kelebihan Xiaomi Redmi 3

  • Desain dan build quality mantap
  • Kapasitas baterai besar
  • Kinerja kompetitif

Kekurangan Xiaomi Redmi 3

  • Hybrid slot
  • Garansi distributor

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3 terbaru di sini (klik) untuk pengguna iOS/Android di sini (klik)

Outro…

Pada review Xiaomi Redmi 3 kali ini emang nggak detail seperti biasanya. Sektor baterai nggak sempat Tuxlin Blog uji. Redmi 3 ini sendiri Tuxlin pegang dari siang sampai sore saja. Nah, dalam waktu yang hanya beberapa jam tersebut, Tuxlin Blog maraton melakukan benhcmarking, nyobain semua fitur yang ada, memotret unit Redmi 3 itu sendiri, foto selfie :lol:, dan menginstal aplikasi-aplikasi sehari-hari. Sampai di sini dulu review Xiaomi Redmi 3 kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile

Anda mungkin suka:Harga Xiaomi Mi5 32GB/64GB Terbaru, Sudah Bisa Dibeli di Indonesia


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

18 Replies to “Review Xiaomi Redmi 3: Menawan!”

  1. nice review,good writing. oya mengenai pelindung layar,untuk buktikan pake dragontrail atau gorilla glass coba lah bro tuxlin garuk2 layarnya pake batu or pisau tajam.kami tunggu hasilnya 🙂

    1. Misal tidak tergores, bagaimana menentukan itu AGC Dragontrail, Gorilla Glass, Dinorex Glass, atau antigores yang lainnya? 😀

      1. cukup infonya aja mas tuxlin,gampang tergores ga gitu.soal jenis mau dragontrail ayo gorilla glass ato apa aja ya ga tau gpp.

        1. Yah kalo tergores ya diomelin sana yang punya 😆 . Sudah saya jelaskan di review ini bahwa unit ini bukan milik Tuxlin Blog 🙂

  2. kamera redmi note 2 vs redmi 3 bagusan mana mas..??
    trus meizu m2 note vs redmi 3 bgus yg mana ?

    1. Segmennya sebenarnya berbeda mas. Produk yang menggunakan akhiran “Note” menawarkan ukuran layar yang lebih besar. Jika butuh layar besar, Xiaomi Redmi Note/Meizu M2 Note bisa dipertimbangkan. Namun, jika butuh dimensi yang lebih kompak dan baterai besar bisa pilih Redmi 3 🙂

  3. …,sambil ngirimin Tuxlin Blog screenshot yang menampilkan free RAM 0MB
    ,
    padahal itu juga nyomot dari grup asus di pesbuk :p

    1. Kalau dilihat dari tampilannya, kayakanya Xperia sih… Tapi nggak tahu apakah itu Zenfone yang dimodif atau nggak… yang jelas RAM 0MB 😆

  4. Bray, review yang Redmi Note 3 Pro dong. Penasaran ama Snappy 650 nya, yang konon katanya 76000 antutunya wew

    Tapi kalo ente pilih mana bray antara Redmi Note 3 Pro 2/16 , Redmi 3 Pro 3/32 atau Mi4i ??

    1. Betul, saya lihat di reviewya memang AnTuTu nya sangat tinggi. Saya sendiri belum pernah pegang Redmi Note 3 Pro, belum banyak komentar. Rencananya memang mau review itu, semoga terlaksana… 🙂

      1. Oke kang,semoga cepet terlaksana baidewei kamera Redmi 3 ama Mi4i bagus mana? Signifikan kah bedanya?

        Tengkyu

  5. Nah. Sayang banget desain Redmi 3 menurut ane malah kurang bagus jika dibandingkan dengan Redmi 2. Terlihat tebal. Haha

    1. Yah wajar juga kalau tambah tebal, baterai meningkat 2 kali lipat. Lagian tebalnya kan nggak signifikan 🙂

  6. yah FREE RAM 0MB wkwkwk…
    bener kata tuxlin, optimasi software juga penting malah kadang jauh lebih penting daripada ram kecil
    kaya temen saya, punya eperposs *nyamrin merek* a5z ram 256mb gak masalah kok buat kebutuhan standar seperti sms,telepon,dll Kalo game menengah (untuk ram 256mb) udah bisa ditebak wkwkwk…

    1. Untuk saat ini, paling nggak RAM 1GB untuk komunikasi sehari2. Saya malah belum pernah nyoba pakai ponsel dengan RAM kecil 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *