Samsung C3520 Citrus: Ponsel Lipat yang Kini Hampir Punah

108

DSC_0966

Halo Pembaca!! Kali ini saya akan melakukan review ponsel lipat Samsung C3520 aka Citrus yang menggantikan ponsel Cross G900T* yang pernah diulas di blog ini. Beberapa waktu lalu ponsel Cross G900T* saya mengalami masalah, yakni tidak dapat diisi ulang baterainya alias kagak bisa dicharge. Padahal itu ponsel Cross G900T* ini masih lumayan oke kinerjanya, terpaksa harus turun tahta… Apalagi setelah saya cek, baterai Cross G900T* saya ternyata sudah hamil bengkak :mrgreen: bikin casing belakang susah dipasang. Awalnya saya ingin membeli Nokiyem Nokia Asha 206 yang mengusung desain keren, tapi berdasarkan info yang saya dapat, Asha 206 itu tidak dapat melakukan insert number di SMS. Fungsi insert number ini penting bagi penjual pulsa seperti saya Smile with tongue out. Alhasil, pilihan jatuh ke Samsul Samsung GT-C3520 aka Citrus yang dijual dengan harga Rp 580 ribu di sebuah toko online.

Kenapa saya pilih ponsel Samsung C3520 Citrus ini? Kenapa gak Samsung Lakota Duos saja yang secara fitur lebih unggul? Alasan saya memilih Samsung C3520 Citrus ini karena desain lipatnya, seumur hidup saya belum pernah pake ponsel lipat, hahahahaha :lol:. Alasan kenapa saya gak pilih Samsung Lakota Duos  yang fiturnya lebih baik karena saya suadh pernah make itu ponsel, tar kalo saya beli itu malah gak punya bahan buat ngisi blog ini, hahahahaha…Oke berikut ini spesifikasi ponsel lipat Samsung C3520 Citrus:

  • Layar 2,4 inci, QVGA 240 x 320 piksel, 167 piksel per inci
  • Dimensi (WxHxD): 102 x 52 x 16.8 mm, berat: 97,3g
  • Tri Band GSM
  • Kamera 1,3 megapiksel
  • Memori internal 28MB, microSD maksimal 16GB.
  • Konektivitas & Internet: GPRS, EDGE, Bluetooth
  • Large Font Size Keypad
  • Converter (Currency, Length, Weight, Volume, Area, Temperature)
  • Memo, Mobile Tracker function, SOS message,SNS
  • Fake Call Function, Calculator, Timer
  • MP3 Player, FM Radio
  • Baterai 800mAh
  • Talk Time : Up to 9 hrs
  • Standby Time : Up to 610 hrs (2G)
  • Warna : Metallic Silver, Charcoal Gray (saya dapet yang ini Smile), Coral Pink, La Fleur

Paket Penjualan Samsung C3520 Citrus:

DSC_0968
Dua hari setelah pesan ponsel, datanglah kurir JNE nganter ponsel Samsung C3520 Citrus pesanan saya yang dibungkus peti mati kayu yang sama sekali tidak keren, hahahahah… :mrgreen: Begitu saya buka peti kayunya dan kardusnya, ternyata isinya ponsel Samsung C3520 Citrus! Bukan Samsung Galaxy Core Smile with tongue out, ya iyalah beli Samsung C3520 Citrus masak isinya Galaxy Core :mrgreen:. Berikut ini adalah perlengkapan yang terdapat di boks Samsung C3520 Citrus:

  • Handset Samsung C3520 Citrus
  • Charger
  • Earphone
  • Baterai
  • Kartu garansi
  • Buku Manual
  • MicroSD? Kagak ada, beli sendiri yah :mrgreen:

Tampang & Usability Samsung C3520 Citrus

DSC_0973DSC_0974DSC_0972

Pertama kali saya lihat Samsung C3520 Citrus dari boksnya, kesan pertama begitu menggoda… halah… Kesan pertama melihat Samsung C3520 Citrus ini adalah elegan. Setelah saya pegang, casingnya yang terbuat dari plastik ini bagian depan dan belakangnya bertekstur gerigi, sehingga tidak licin meski tangan dalam keadaan basah atau berkeringat. Ketika Samsung C3520 Citrus ini dilipat, dimensinya jadi kecil dan tebal. Pas clamshell Samsung C3520 Citrus di buka, Samsung C3520 Citrus ini ternyata gede juga yah ukurannya Smile with tongue out. Kebetulan ponsel Samsung C3520 Citrus yang saya dapat ini berwarna Charcoal Gray, jadi sekilas kayak gelap gitu warnanya. bagian samping kiri ponsel Samsung C3520 Citrus, terdapat port audio 3,5mm, port microUSB 2.0 untuk charger dan kabel data, dan slot microSD. Enaknya, kita bisa copot n pasang microSD meski ponsel dalam keadaan hidup, bahasan kerennya adalah hot-swap Smile with tongue out. Sementara di bagian belakang tedapat lubang speaker dan kamera.

DSC_0977DSC_0976

DSC_0978DSC_0979DSC_0971

Hal yang paling saya suka dari Samsung C3520 Citrus ini adalah keypadnya yang berukuran besar dan terbuat dari karet. Keypad Samsung C3520 Citrus ini sangat nyaman dan empuk digunakan untuk mengetik dengan cepat, sedang, maupun lambat Smile with tongue out. Buka tutup clamshell atau lipatan Samsung C3520 Citrus ini juga lembut. Ponsel Samsung C3520 Citrusini juga nyaman digenggam karena ukurannya tidak terlalu lebar.

Multimedia, Memori, dan Konektivitas Samsung C3520 Citrus

DSC_0967

Secaraa umum, kemampuan multimedia ponsel Samsung C3520 Citrus biasa-biasa saja. kalu dibandingkan dengan jajaran smartphone Android, ya jelas Samsung C3520 Citrus kalah, hahahaha… Hal pertama yang saya lakukan setalh memegang Samsung C3520 Citrus adalah menancapkan microSD 4GB bekas bawaan Xperia Ray yang berisi lagu-lagu favorit saya. Langsung deh saya dengerin lagu-lagu macem Axewound – Burn Alive dan Metallica – Metal Militia melalui speaker Samsung C3520 Citrus. Suaranya? Suara speaker Samsung C3520 Citrus dalam memainkan musik tak terlalu keras, tapi cempreng, hahahahaha… Kalah jauh kalo dibandingin sama Cross G900T* yang sebelumnya saya gunakan. Jika menggunakan headset, suara musiknya lebih baik tapi kurang memuaskan sih menurut saya, hehehe :mrgreen:. Samsung C3520 Citrus juga punya Radio FM dan bisa ngrekam siaran juga, tetapi harus pasang headset dulu yang juga berfungsi sebagai kamera.

Ngomongin aplikasi Java di Samsung C3520 Citrus, ternyata ini ponsel lipat bawa “penyakit” yang sebelumnya juga dialami oleh Samsung Lakota Duos, yakni sering error aplikasi Javanya. Kadang kalo buka aplikasi Java suka keluar “Java Error” atau pas download aplikasi Java suka kelura “Unduhan Jar tidak berlaku” dan sebagainya Sad smile. Meski demikian, kadang lancar juga sih Javanya. Aplikasi bawaan Samsung C3520 Citrus antara lain ChatOn, Yahoo! Messenger, Palringo, Windows Live Messenger dan beberapa game trial. Saya suah mencoba menggunakan ChatOn dan Yahoo! Messenger, berjalan lancar tanpa masalah. Saya juga menambahkan aplikasi Opera Mini, game Real Football 2014 dan Asphalt 6 juga lancar tanpa masalah. Konektivitas Samsung C3520 Citrus ini cuma ada Bluetooth. Sedangkan untuk koneksi internet, Samsung C3520 Citrus mengandalkan GPRS dan EDGE, alhasil konekisnya tidak terlalu cepat :mrgreen:.

Kamera

DSC_0972

Samsung Samsung C3520 Citrus ini dibekali kamera resolusi 1,3 megapiksel tanpa dilengkapi LED flash. Fitur lain yang ada di kamea Samsung C3520 Citrus juga standar saja, seperti exposure matering, brightness, nightmode, shooting mode, perekam video, dan digital zoom. Hasil kamera ponsel Samsung C3520 Citrus ini tidak begitu istimewa, biasa saja untuk kelas 1,3 megapiksel. Berikut hasil potret kamera Samsung C3520 Citrus. (klik untuk memperbesar).

Photo-000cPhoto-000dPhoto-000da

Performa & Kesimpulan

DSC_0963

Secara umum, kinerja dan fitur yang ditawarkan oleh Samsung C3520 Citrus ini cukup layaklah untuk kelas Rp 500 ribuan. Kinerja Samsung C3520 Citrus ini lumayan oke, responsif dan gak pernah menunjukkan gejala-gejala atau perilaku yang aneh :mrgreen:. Desain lipat Samsung C3520 Citrus ini menjadi salah satu nilai tambah menurut saya karena saat ini sudah jarang ponsel baru dengan desain lipat. Bahkan bisa dikatakan era ponsel lipat telah usai dan hampir punah. Samsung sendiri sebenarnya baru saja memperkenalkan smartphone Android lipat melalui seri Hanessy dan Galaxy Golden, tapi sepertinya gak masuk Indonesia. Back to Samsung C3520 Citrus, ponsel lipat ini agar ribet kalo ada SMS masuk suka gak ketahuan gara-gara desain lipatnya. Jadi harus sering-sering buka tutup clamshell untuk cek ada pesan masuk atau tidak. Hal ini dapat diakali dengan mengaktifkan fitur SMS Alert Repetition.

Baterai Samsung C3520 Citrus ini berkapasitas 800mAh, lebih kecil dari bawaan Lakota Duos yang 1000mAh. Daya tahan baterai Samsung C3520 Citrus ini mampu bertahan hingga 3 hari sekali charge dengan penggunaan SMS, musik, dan jarang telepon.

Kelebihan Samsung C3520 Citrus

  • Desain lipat yang kokoh
  • Casing bergerigi, jadi tidak licin
  • microSD hotswap, keypad empuk dan nyaman
  • Harga murah, kinerja secara keseluruhan oke

Kekurangan Samsung C3520 Citrus

  • Gak ada layar kedua, jadi musti sering buka tutup clamshell untuk cek ada SMS/panggilan tak terjawab
  • Java sering error (Sama kayak Lakota Duos)
  • Speaker kurang kencang dan cempreng
  • Kagak dikasih microSD di paket pembelian :mrgreen:

Outro…

Ini peti mati packing Samsung C3520 Citrus pas dateng, sama sekali tidak keren… hehehehe… sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat.

DSC_0962

108 COMMENTS

  1. @tuxlin
    Ini gsm atau cdma? Soalnya modelnya ni sedikit mirip ama samsung bronx pas dibuka.Btw,harganya beti (beda tipis),yg bronx itu cdma,400 ribu gk ada kameranya lagi :mrgreen: .Denger denger cross brubah nama jadi evercoss ya?

    • @jason sejak kapan cross muncul dari ostrali?wkwkwk itu merk lokal bro,sama kek mito ato imo. Produknya buatan china,tp yg punya merk perusahaan asal indonesia

  2. wah bagus tuh postingnya 🙂
    ohbl iya gue cuka make hp Samsung citrus juga, gue boleh nanya gak? gimana caranya lo bisa ngeinstall opera mini?? gue udah coba berulang kali tetap aja gak bisa 🙁 share dong kalo tahu 😀

    • @widyabestari
      Gampang kok mbak, cuma download aja di situs resminya Opera, trus ambil yang versi 4.3 kalo gak salah, bis itu install… dan sukses deh, hehehehe… 🙂
      Btw ada pesan errornya kah saat gagal instal?

  3. wah bagus tuh postingnya 🙂
    ohbl iya gue cuka make hp Samsung citrus juga, gue boleh nanya gak? gimana caranya lo bisa ngeinstall opera mini?? gue udah coba berulang kali tetap aja gak bisa 🙁 share dong kalo tahu 😀 tksss

  4. permisi gan numpang tanya…
    kalo pake internet harus daftar paket internet dulu gak atau setting gprs dulu atau bisa langsung pakai tanpa disetting terlebih dahulu???.. soalnya sy setting gprs im3 gak bisa.. ket format salah melulu… padahal udah sesuai ngetiknya.. terus klo mau setting mms gmn ya???
    mohon bantuannya gan, masih bingung soalnya baru beli nih 🙂
    thx sebelumnya

    • @heri
      fleksibel, pake paket internet bisa, nggak pake paket juga bisa. Harus seting dulu gan, tapi ane pake Tri, langsung otomatis dikirimin setingannya 🙂

  5. thx infonya gan.. ane setting manual.. soalnya gk bisa otomatis dr 3939..
    tp mahal banget tarifnya kalo pke browser bawaan :'(
    boleh minta tutorial download opera mininya gk gan??

  6. update..
    sory gan, gk jd. udah bisa td ane download opera mininya.. tp yg versi 4. soalnya coba download versi terbaru yg 7 gagal terus..

  7. gan bisa sharing cara flashing nya gak?
    Soalnya hp ane error abis dicolokin ke kompie..
    Suka tiba-tiba muncul tulisan ” Connet PC”..

  8. Gan, numpang tanya..hp citrus ini kan max nyimpen phone booknya hanya 1000, klo misalnya mw maksimalkan lagi dg pake kartu SD bisa..??
    caranya gimana? Kebetulan phone bookQ ada sekitar 2000-an, makasih 🙂

  9. gan, tanya donk .. waktu agan buka petinya kotak c3520 samsung disegel plastik ga? atau cuma stiker segel doank .. ko gw beli ga ada segel plastik yang membungkus kotaknya ya .. cuma stiker doank .. itu second donk ya berarti

  10. gan.. mau tanya kalo ada telpon masuk, ketika flip dibuka itu langsung terjawab atau tidak?? soalnya ada hp flip samsung yg ketika dibuka.langsung terjawab tanpa tau siapa yg menelpon.. terus gan apa di samsung citrus ini ada voice record nya tidak untuk perekam suara?? mohon jawabannya terima kasih..

    • @divi
      owh setingan flip dibuka bisa diatur di menu Setting>Call>All Calls>Answering Mode>Active Flip nya di uncheck biar gak langsung jawab.
      Voice record bisa buat merekam suara kok 🙂

  11. big bro nanya. Di hp ini cara matiin logo EDGE nya gmn?internetnya aktif trs.
    & sayang sekali, bisa muat 16Gb tapi cuma bisa nampung 3000 file aj..ah btw ada info ttg kapan yg seri 3590 beredar di pasaran? tq

    • @steviana
      Sejauh ini tak ada cara buayt matiin internetnya, satu2nya cara matiin internetnya pake trik “wrong profil” yakni pilih profil internet yang salah agar internetnya gak jalan saat digunakan, pas mau digunain baru deh ganti ke profil yang bener.

      Sejauh ini belum ada info dari Samsung mengenai kapan seri 3590 masuk Indonesia 🙂

    • @steviana ciiyn
      paling gampang sih hapus aja APN-nya, masuk Settings>network>connections>internet profiles>pilih profil yang aktif>options>edit>GPRS setting>hapus access name

      nanti kalo mau di pake internetnya, tnggal tulis lagi aja access name yang dihapus 🙂

  12. nanya lg, kalo internet profilesnya aq delete, internetnya jd off kan?gak nyedot pulsa lg kan?soalnya aq pengen internetnya off selamanya.
    maklum aj, gagap mobile. 😀
    thx

  13. kalo citrus ku
    gak bisa mendownload
    gagal terus downloadnya
    termasuk saat download operamini dari web aslinya
    beri solusi donk…..

  14. kenapa ya kalau download opra mini pst ada tulisan jar unduhan tidak berlaku. gimana ya bingung banget sama nih hp. mohon bantuannya dong

  15. “kutunggu jandamu” itu sebuah lagu… kalo aku suka “kutunggu warisan ini hp dari kamu” woekwokeowkeowkeo peace

  16. Mau nanya broo,, kan di pengaturan gaya hurufnya ada 2 macam, global dan choco cooky, iu bisa di tambah g broo,,

    Klo bisa caranya gi mna broo?? Mohon bantuanya.

  17. mau tanya gan,
    gimana cara menampilkan panggilan tak terjawab/ alrent panggilan tak terjawab di hp ini,,selain melalui log??
    ato ada aplikasi khusus ya??

  18. aku baru beli harga utk 2nd nya lumayan sekarang tembus 800rb seharga hp android.. dapet yg pink . tapi lumayan lah hpnya jadul tapi langkaa.. bs fb da tweet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here