Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022?

7 min read

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali bakal bahas sebuah smartphone yang menurut Tuxlin Blog adalah istimewa dari Samsung, yakni Galaxy S20 FE Snapdragon! Jadi Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini semacam refreshment dari Galaxy S20 FE yang ditenagai Exynos 990 yang bisa dikatakan kurang menggigit. Lalu apa istimewanya Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon? Smartphone ini menawarkan performa super kencang dengan Snapdragon 865, kamera kelas flagship, fitur lengkap, layar Super AMOLED 120Hz, dan kemampuan tahan air dengan harga Rp 6 juta-an saja! 😎

Nggak cuma kombinasi spesifikasi dan fitur yang kece, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini juga tampil dengan ukuran yang ringkas dan nyaman digenggam dengan satu tangan. Minusnya cuma satu, yakni belum 5G! Ya kali harga segini nggak dukung 5G tuh kesannya kurang futureproof gitu… 😅Awalnya Tuxlin Blog beli smartphone Galaxy S20 FE Snapdragon besutan Samsung ini untuk istri. Eh ternyata dianya nggak sreg… Ya sudah, akhirnya Galaxy S20 FE Snapdragon ini jadi smartphone daily driver Tuxlin Blog. Pembaca pada penasaran nggak sama smartphone istimewa satu ini? Simak Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 1

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka Samsung One UI 2.5 (upgradeable to Android 12 dengan One UI 4.1)
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 865 SM8250 dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 2,84GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz
  • Grafis Adreno 650
  • Triple atau Tiga kamera belakang resolusi 12 megapiksel (primary) sensor Sony IMX555 1/1.76 inci 1.8um piksel, Dual Pixel phase-detection autofokus, OIS, lensa aperture f/1.8 dengan dilengkapi LED flash + 8 megapiksel (telephoto) sensor SK Hynix Hi847 1/4.5 inci 1um piksel lensa 76mm f/2.4, PDAF, OIS, 3x optical zoom + 12 megapiksel (ultra wide) lensa 13mm aperture f/2.2 sensor Samsung ISOCELL S5K3L6 1/3 inci 1.12um piksel
  • Kamera depan 32 megapiksel fixed focus, sensor Sony IMX616 1/2.74 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/2.2
  • Layar sentuh Infinity-O Display 6,5 inci 2.5D, dengan resolusi full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 407 ppi (pixel per inch), 800 nits, refresh rate 120Hz, 16 juta warna, panel Super AMOLED, HDR10+, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 8GB, ROM 128GB atau 256GB, dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, GPS, Dual SIM, NFC, under display fingerprint sensor, face unlock
  • Stereo speaker Tuned by AKG dengan dukungan Dolby Atmos
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IP68
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 159.8 x 74.5 x 8.4 mm dengan berat 190 gram
  • Baterai 4500mAh non-removable, fast charging 25W, wireless charging 15W, reverse charging 4.5W
  • Warna Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, Cloud White, Cloud Red, dan Cloud Orange

Anda dapat membeli Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Paket Penjualan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
  • Handset Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon 8GB/128GB warna Cloud Lavender
  • Kepala charger 15W
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Manual dan kartu garansi

Desain Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 2

Meski tidak terasa premium seperti Galaxy S20 series lainnya, sisi desain tetap menjadi salah satu daya tarik pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review kali ini. Jika dilihat dari depan, ponsel andalan Samsung ini mengusung desain layar punch hole atau Infinity-O yang berada bagian atas dan tengah layar. Bezel sekeliling layar lumayan tipis, tetapi bagian bawahnya agak tebal. Konsep desain Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon secara umum minimalis dan elegan.

Sisi belakang, kita akan disuguhi housing kamera engan warna hitam yang agak menonjol lengkap dengan tiga kamera yang tersusun secara vertikal. Hal yang unik menurut Tuxlin Blog adalah back panel atau casing belakangnya yang menggunakan material polikarbonat dengan finishing satin yang nyaman digenggam, serta nggak licin. Nggak cuma itu, casing belakangnya ini juga nggak mudah meninggalkan jejak sidik jari, jadi nggak gampang kusam gaes. 👍🏼

Nah yang menjadi keunggulan utama dari Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review kali ini adalah ukurannya yang ringkas banget! Bahkan smartphone ini cukup nyaman digunakan dengan satu tangan. 😎 Build quality Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini solid dengan frame metal yang kuat. Selain itu, smartphone ini memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IP68. Ini artinya kalian bisa tenggelamin Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ke air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Berikut tampang lebih jelasnya.

Baca juga:Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100

Pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review kali ini pada sisi depan terdapat layar sentuh berdesain berponi dengan ukuran 6,5 inci dengan bezel yang cukup tipis dan kamera depan bergaya punch hole. Sementara pada sisi belakang ponsel ini terdapat triple camera, LED flash, dan logo Samsung. 

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dilengkapi dengan tray slot pada sisi kiri ponsel, serta tombol power dan volume rocker pada sisi kanan. Bagian atas Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon terdapat microphone, serta pada sisi bawahnya terdapat port USB Type-C, speaker grill, dan microphone.

Video Unboxing Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Antarmuka & Fitur Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Antarmuka & Fitur Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Sisi perangkat lunak adalah salah satu keunggulan pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review kali ini, mengapa? Ada dua alasan, yakni dukungan update yang cukup panjang dan One UI yang sangat nyaman digunakan. Saat pertama kali dihidupkan, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon yang Tuxlin gunakan masih menggunakan basis Android 10 dengan antarmuka One UI 2.0. Sekarang sudah mendapat upgrade ke Android 12 dengan antarmuka One UI 4.0. Mustinya sih masih dapat upgrade sekali lagi ke Android 13. 😝

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 7

Pada review kali ini Tuxlin masih pakai One UI 3.0 di Galaxy S20 Fe Snapdragon. Tampilan antarmukanya minimalis dan terlihat rapi dengan susunan ikon yang rapi dan enak dilihat. Nggak cuma itu, efek animasi dan transisinya itu berasa smooth dan elegan gitu… Tampilannya sendiri terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Dan yang paling penting, One UI ini bebas iklan yang mengganggu atau spam notifikasi kayak smartphone sebelah. 🤣

Baca juga:Sharp Aquos Sense 4 Plus Review, Smartphone Waterproof Resmi Termurah

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 8

Selain itu, opsi kostumisasi yang disediakan cukup lengkap, kita bisa ganti theme, wallpaper, widget dan banyak lagi. Selain itu, juga udah ada aplikasi Galaxy Themes yang mana kita bisa download wallpaper dan themes, baik yang gratis maupun yang berbayar. Ada juga fitur always on display (AOD) di Galaxy S20 Fe Snapdragon yang bisa customize sesuai selera.

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 9

Fitur andalan yang dimiliki One UI di smartphone Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon ini cukup banyak, antara lain Always On Display, Android Auto, Game launcher, Samsung Pass, Secure Folder, face recognition, dark mode, adaptive brightness, One-handed mode, motion and gestures, blue light filter, dual messenger, Device Care, Permission Manager, Samsung Pay, AR Zone, Digital Wellbeing, Smart pop-up view, Samsung Cloud, Ultra data saving, face recognition, dan banyak lagi.

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 10

Sebagai smartphone premium atau flagship murah, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini mewarisi banyak fitur canggih yang dimiliki lini flagship Samsung, sebut saja Bixby, Bixby Routines, Samsung DeX, Link to Windows, dan fitur keamanan Samsung Knox. Ponsel ini juga dipersenjatai dengan sensor sidik jari di bawah layar yang performanya bisa diandalkan.

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 11

Aplikasi bawaan yang terinstal pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review kali ini lumayan, ada Google Apps, aplikasi proprietary Samsung, Samsung Members, Samsung Goals, Samsung Free, Samsung Gift Indonesia, S Lime, Smart Tutor, Facebook, Spotify, Galaxy Store, Netflix, Samsung Notes, AppStation, Lazada, Microsoft Office, One Drive, LinkedIn, dan Outlook.

Secara umum, One UI yang terdapat di smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini menawarkan pengalaman pengguna yang terbaik menurut Tuxlin Blog. Tak hanya menawarkan performa memuaskan dan minim bug, tetapi juga bebas dari spam notifikasi atau iklan yang mengganggu.

Baca juga:Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta!

Performa Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Performa Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Kinerja emang menjadi daya tarik utama pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review kali ini. Smartphone ini diperkenalkan pertengahan 2021 dan masih ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 865 SM8250 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 2,84GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR5, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 650 yang powerful. 😎

Apa masih kencang performa Snapdragon 865 di tahun 2022 ini? Ya jelas masih dongs 😎 Justru sejauh ini Snapdragon 865 gak ada isu overheat seperti yang dialami penerusnya, Snapdragon 888. Kinerjanya secara umum Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini masih lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi seshari-hari, sosial media, dan juga gaming.

Tuxlin Blog sendiri sering pakai smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini untuk edit video di CapCut atau kadang di InShot, edit foto di Snapseed sambil dengerin musik, dan juga jalanin banyak aplikasi sosial media di background. Performanya? Ngebut dan smooth. Saat berpindah atau buka tutup aplikasi terasa sat-set das-des, nggak pakai lag. 👍🏼

Pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review kali ini, performa gamingnya bisa diandalkan. Kalian bisa memainkan semua game Android terkini dengan setting grafis yang rata-rata udah maksimal alias “rata kanan”, mulai dari PUBG Mobile, PUBG Mobile New State, Mobile Legends: Bang Bang, Genshin Impact, dan banyak lagi.

Baca juga:Poco F3 Review, Smartphone 5G Paling Kencang di Kelasnya!

Apakah smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini panas? Sepanjang pengalaman Tuxlin Blog sih panas yang dihasilkan masih terbilang wajar. Kalau dipakai main game berat atau edit video intensif sejam lebih, bodi belakang smartphone ini terasa hangat tapi nggak mengganggu kenyamanan. Penasaran sekencang apa hape ini? Berikut hasil benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon oleh Tuxlin Blog.

Device Info HW

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 12

Benchmark AnTuTu v9

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 13

Benchmark Geekbench 5

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 14

Benchmark PCMark

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 15

Benchmark 3DMark

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 16

Benchmark Basemark OS II

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 17

Benchmark Androbench

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 18

Sensorbox & Multitouch Tester

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 19

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review

Layar

Kualitas layar yang mantap emang jadi salah satu keunggulan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review oleh Tuxlin Blog kali ini. Teknologi yang digunakan emang masih Super AMOLED biasa, belum Dynamic 2X AMOLED kayak flagship Samsung lainnya. Eh tapi jangan salah lho ya, kualitas layar Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini kece! Warna yang dihasilkan vivid banget, kontras tinggi dan tajam, serta nyaman di mata.

Brightness yang dihasilkan layar Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon udah memadai buat penggunaan luar ruangan atau di bawah sinar matahari. Selain itu, refresh rate layarnya udah 120Hz, cuy! 😍 Jadi kalau scrolling timeline si Dia 🤣 atau main game bisa lebih mulus animasinya. Layarnya juga udah dilindungi proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass 3.

Baca juga:Xiaomi Mi 10T Pro Review di Tahun 2021, Masih Layak Pilih?

Audio

Sama kayak smartphone premium atau flagship lainnya, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon juga dilengkapi dengan speaker stereo yang terletak di atas layar yang juga berfungsi sebagai earpiece dan bagian bawah ponsel. Kualitas suara speaker hape ini menurut Tuxlin biasa aja sih, nggak ada yang istimewa untuk sebuah smartphone dengan harga Rp 6 juta lebih.

Kalau dibandingkan dengan Asus ROG Phone II atau ROG Phone 3, wah jauh hehehe… Meski demikian, keluaran suara speaker stereo Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini lumayan jernih, nyaring, dan detail yang memadai untuk mid dan treble-nya. Hape ini nggak ada port audio 3,5mm dan nggak dikasih converter USB Type-C ke 3,5mm, jadi buat yang pengen dengerin musik pakai headset berkabel ya musti beli sendiri. 😅

Memori

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022? 20

Pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review kali ini memori internal yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 103,37GB. Sedangkan free RAM ponsel besutan vendor asal Korea Selatan ini rata-rata 3,8GB – 4GB. Ponsel layar Super AMOLED 120Hz termurah ini mendukung USB OTG melalui port USB Type-C dan masih dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal (hybrid slot).

Baterai

Smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4500mAh. Berdasarkan pengalaman Tuxlin Blog, smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini mampu bertahan hingga seharian penuh. Pola penggunaan Tuxlin sejauh ini sih sosial media intensif, streaming, dan penggunaan kasual non gaming lainnya.

Di saat vendor lain berlomba-lomba mengusung teknologi fast charge sampai ratusan watt, Samsung malah anteng aja di 25W 😅 Bahkan flagship terbarunya juga cuma mentok di 45W, mungkin biar baterai awet kali ya? 🤔 Nah Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon juga cuma mentok fast charge 25W, tapi charger yang ada dalam paket pembelian cuma 15W. Masih mending sih ada chargernya 😝 Pakai charger bawaan, butuh waktu 1,5 jam untuk mengisi baterai Galaxy S20 FE Snapdragon ini hingga penuh.

Lain-Lain

Fitur konektivitas pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS juga terbilang gegas tanpa masalah dan tentu saja cukup akurat. Sensor sidik jarinya yang berada di bawah layar atau under screen fingerprint sensor lumayan sensitif dan bisa diandalkan. NFC-nya juga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Sayangnya, smartphone secanggih ini belum support 5G. 🥲

Kesimpulan

Secara umum, Tuxlin Blog menilai Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon adalah smartphone istimewa karena menawarkan performa yang sangat powerful, kamera kelas flagship, fitur lengkap, dan kemampuan tahan air dan debu. Ini sebuah kombinasi yang sulit didapatkan smartphone dengan harga Rp 6 juta-an, terlebih bawa nama besar Samsung. 😎

Kekurangan utama pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon review kali ini adalah masih belum mendukung 5G. Nggak begitu masalah sih, toh paling jaringan 5G baru merata 2 – 3 tahun mendatang, betul nggak? 🤣 Buat kalian yang nyari smartphone yang mantap dengan harga 6 jutaan dan nggak butuh 5G, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon adalah pilihan yang tepat!

Cek hasil foto kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon di sini: Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555

Kelebihan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

  • Ukuran ringkas, ringan, dan nyaman digenggam
  • Performa powerful banget!
  • Kamera kelas flagship yang bisa diandalkan
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IP68

Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

  • Belum dukung 5G
  • Charger bawaan cuma 15W
  • Nggak ada port audio 3,5mm

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Realme 8i Review: Jujur, Ternyata Kayak Gini…


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.