Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

SATA… Serial ATA…!

1 min read

Halo pembaca!!! Siapa sih di dunia perkomputeran yang gak kenal sama kabel satu ini? SATA! Serial ATA. Hahaha jangan salah, posting ini buka mo bahas cara kerja SATA ini, tapi mo curhat tentang SATA Smile with tongue out. SATA ini kabel yang menghubungkan HDD/Optical drive ke motherboard. Sebelum ada SATA, pake nya kabel IDE (Integrated Drive Electronics) atau sering di sebut Paralel ATA. Dibandingkan IDE, SATA tentu lebih langsing dan PC terlihat lebih rapi. Bayangkan saja sebuah PC dengan 5 HDD dan 2 Optical drive, semuanya pake kabel IDE, jadi kayak toko selendang ntar :mrgreen:.Sekarang sih, IDE udah jarang yang make, bahkan motherboard keluaran terbaru ada yang sudah tidak lagi menyertakan port IDE Smile.

Photo-0125

Kabel Selendang IDE

Sering Kendor

Mungkin pembaca pernah mengalami HDD/Optical drive nya tidak terdeteksi atau OS tiba-tiba hang dan lampu HDD sama sekali tidak berkedip? Kabel SATA yang kendor bisa menjadi penyebab utama masalah diatas (Saya sering mengalami Angry smile). Terutama DVD-RW saya sering tidak terdeteksi atau malah PC gak booting gara2 lama nunggu bios mendeteksi periperal yang terpasang dengan kabel SATA kendor. Hal yang paling bikin saya jengkel, kalo pas lagi burning DVD/CD trus tiba-tiba mogok, wah seras mo banting tu kabel SATA Devil. Tapi akhirnya saya menemukan solusinya!  Kabel SATA dengan pengunci Open-mouthed smile. Gambarnya seperti dibawah ini :

Photo-0013

Bis beli 2 kabel SATA Smile with tongue out

Photo-0014

Penguncinya Smile

Photo-0129

Dilihat dari depan Open-mouthed smile

Photo-0123

Kabel SATA saya yang lama, gak ada penguncinya

Saya baru tau kalo ada kabel SATA yang pake pengunci, hahahaha gak update nih :mrgreen:. Awalnya saya tau dari temen saya yang habis dikasih kabel SATA dengan pengunci. Langsung saja saya cari ke toko-toko komputer sekitar Solo, tapi gak ada, yang ada yang gak ada penguncinya Sad smile. Akhirnya saya mampir ke sebuah toko yang dulu pernah saya pakai untuk proyek toko online jaman Tugas Akhir dulu. Di toko tersebut, saya dikasih kabel bawaan motherboard, gak tau deh motherboard merk apaan, yang penting kabel SATA dengan pengunci :mrgreen:. Setelah ngobrol-ngobrol sama empunya toko, ternyata sebagian besar kabel SATA bawaan motherboard keluaran baru pakai model pengunci. Wah ternyata saya yang gak up to date Smile with tongue out.


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

15 Replies to “SATA… Serial ATA…!”

  1. hohhoho…. update-an saya dong :mrgeen: kalau enga mau mogok-mogok mending beli from sata to usb ajah lah 😀 kan lumayan bisa untuk netbook juga dvd drive-nya

    1. @gadgetboi
      hahahahaha iya nih, malah gak update, btw skarang udah lancar jaya kok pake kabel diatas :mrgreen:

  2. Terakhir saya ke Mangga Dua Jakarta nyari DVD Writer IDE udah ngga ada yang baru. Adanya yang rekon. Padahal di Bekasi, orang masih banyak yang pake IDE. 🙁

  3. waaahhh udah lama gak ngoprek2 motherboad.. aku juga baru tahu ada sata yang pake pengunci.. thanks deh infonya 😀

  4. Trims infonya mas, karena masalah jeroan komputer diri ini masih minim sekali. Semoga bermanfaat untuk kita semua yang memerlukannya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  5. sejalan dengan maju zaman, saya sudah jarang ketemua kabel SATA dan IDE tapi sesekali jika mereparasi PC baru deh ketemu lagi 😀

    1. @akako
      iya bu, q beli berkali2 dapetnya yang biasa, mungkin karena tokonya yang gak punya ato gmana 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *