SparkyLinux 3.6 Dirilis, Distro Berbasis Debian yang Ringan dan Keren

SparkyLinux 3.6 – Halo Pembaca! Distro SparkyLinux versi terbaru telah dirilis, yakni menggunakan nomor versi 3.6 yang menggunakan nama sandi “Annagerman”. Pernah mendengar nama distro SparkyLinux ini? Belum pernah kan? Sama, saya juga baru tahu hari ini tentang distro SparkyLinux ini :mrgreen: Seperti biasa, saya nongkrong di Softpedia dan menemukan ulasan tentang distro SparkyLinux yang ternyata berbasis Debian dan mengusung tampilan desktop yang keren, hehehehehe… Desktop SparkyLinux ini sekilas mirip Gnome 2 yang udah dimodifikasi dengan tambahakjn dock dan Conky, penasaran? Ini tampang desktop SparkyLinux 3.6.

SparkyLinux 3.6 Tentang SparkyLinux

SparkyLinux ini adalah distro yang dikembangkan menggunakan basis Debian Linux dari cabang “Testing” dan di website resminya menyebutkan bahwa distro ini nggak cocok buat pemula… Wah berarti saya nggak cocok dong sama distro SparkyLinux ini? 😆 Saya nggak tahu pasti asal SparkyLinux ini, tetapi berdasarkan website resminya, sepertinya SparkyLinux berasal dari Polandia, CMIIW 🙂 Saya tertarik mengulas distro ini karena tampilan desktopnya keren, udah pake dock dan Conky, mantap kan? Distro SparkyLinux ini kabarnya didesain agar menjadi distro yang ringan dan cepat.

Baca juga: Alpine Linux 3.1.0 Dirilis, Distro untuk Power User yang Berorientasi Keamanan


SparkyLinux tersedia dalam beberapa rasa berdasarkan desktop yang diusung dan paket aplikasi yang dibawanya, antara lain adalah SparkyLinux LXDE, SparkyLinux Mate, SparkyLinux Razor QT, SparkyLinux XFCE, SparkyLinux GameOver Edition, SparkyLinux Base Edition, dan SparkyLinux CLI Edition. Tuh kan banyak? Nggak usah bingung pilih yang mana… Pilih aja SparkyLinux yang ente suka atau yang ente butuhkan 😀 Saya sepertinya tertarik dengan SparkyLinux GameOver Edition, sepertinya aplikasinya lengkap… Tapi ya itu, ukuran SparkyLinux GameOver Edition ini ternyata nyampai 3,83GB! :mrgreen: Oiya, setiap edisi ada varian x86 dan x86_64, bisa dipilih sesuai kebutuhan 🙂

Rilis SparkyLinux 3.6

Nah versi terbaru dari SparkyLinux adalah versi 3.6. Di website resminya, sebenarnya disebutkan bahwa SparkyLinux ini menganut sistem Rolling Release yang mana kita pisa selalu up to date dengan rajin melakukan update 🙂 SparkyLinux 3,6 ini menggunakan nama sandi “Anngerman”. Sama seperti rilis baru distro lainnya, SparkyLinux versi terbaru ini hadir dengan paket aplikasi yang lebih baru. Versi 3.6 ini SparkyLinux mengganti Twitter Client dari Hotot ke Turpial, beberapa aplikasi baru telah ditambahkan, dan tentu saja perbaikan bug yang telah ditemukan.

Baca juga: Fedora 21 Linux Telah Dirilis, Download di Sini Gan!

“Saya senang untuk mengumumkan rilis keempat dan terakhir ISO image SparkyLinux 3.6 LXDE ‘Annagerman’, MATE, Razor-Qt dan Xfce tahun ini. Pada awalnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua anggota masyarakat kecil tapi kuat untuk membantu mereka dengan mencari dan memecahkan bug dan masalah,” kata para pengembang SparkyLinux.

Download SparkyLinux 3.6

Bagi pembaca yang nggak sabar pengen mencicipi distro SparkyLinux 3.6 ini dapat langsung download di situs resminya melalui tautan berikut ini. Jangan lupa siapkan kuota internet sebelum mengunduhnya 😆 Sampai di sini dulu posting mengenai distro SparkyLinux 3.6, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂


4 Comments

  1. gadgetboi December 14, 2014
    • Tuxlin December 14, 2014
      • gadgetboi December 16, 2014
        • Tuxlin December 16, 2014

Add Comment