Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli?

3 min read

VGen Platinum 512GB Review

SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli? – Halo Pembaca! Masih adakah yang menggunakan hard disk sebagai storage utama laptop atau PC desktop-nya? 🤔 Kalau masih, mungkin sekarang ini saatnya kalian beralih ke Solid State Drive alias SSD! Kalian bakal merasakan peningkatan performa yang signifikan. Nah buat kalian yang pengen nyoba pakai SSD dengan harga yang nggak terlalu menguras kantong dan cocok untuk laptop dan PC desktop lawas, bisa dicoba SSD VGen Platinum 512GB. Merk lokal satu ini kadang dipandang sebelah mata, tapi kali ini Tuxlin blog coba menguji sehebat apakah VGen Platinum 512GB ini. Apakah mampu bersaing dengan brand luar kayak Adata SU650 yang Tuxlin ulas sebelumnya? Sebuah pertanyaan yang segera terjawab hehehe.

Mengapa Tuxlin memilih SSD VGen Platinum varian kapasitas 512GB? Ya kebetulan saja Tuxlin sedang membutuhkan SSD eksternal yang harganya terjangkau dengan kapasitas paling nggak 500GB. Daripada beli SSD eksternal yang harganya lebih dari Rp 1 juta, mending beli SSD internal VGen Platinum 512GB ini. Kebetulan Tuxlin punya HDD enclosure nganggur, jadi ya bisa hemat dengan beli SSD internal VGen Platinum 512GB ini yang harganya cuma Rp 800 ribu-an aja. Sisa 200 ribuan lumayan buat jajan bakso sekuali 😝Pembaca udah penasaran kan sekenceng apa SSD ini? Simak SSD VGen Platinum 512GB review oleh Tuxlin Blog kali ini! 😎

SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli?

Spesifikasi VGen Platinum 512GB

  • Brand: VGen
  • Type: Platinum
  • Form factor: 2,5 inci
  • Antarmuka dan protokol: SATA III 6Gbps / AHCI
  • Controller: Silicon Motion SM2258XT
  • Memori: 3D NAND Flash
  • Sequential read: 550MB/s
  • Sequential write: 477MB/s
  • Random read: up to 40.000 IOPS
  • Random write: up tp 70.000 IOPS
  • Endurance: 200 TBW
  • MTBF: 2.000.000 jam
  • Operating temperature: – 40 – 85 derajat celcius
  • Shock resistant test: 1500G/0.5s
  • Security : AES 256-Bit Full Disk Encryption (FDE)
  • Ukuran: 100.45 x 70 x 6mm berat 56,5 gram
  • Garansi: 3 tahun one to one replacement

Anda dapat membeli VGen Platinum 512GB SSD dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan VGen Platinum 512GB

Paket Penjualan VGen Platinum 512GB
  • SSD VGen Platinum 512GB

Desain VGen Platinum 512GB

Tampang atau desain pada SSD VGen Platinum 512GB review kali ini ya nggak jauh berbeda dengan SSD dengan form factor 2,5 inci lainnya. Bentuknya persegi dengan sudut rounded gitu. Hal yang bikin beda cuma desain stiker pada bagian depannya dengan logo VGen yang mencolok dengan warna ungu dan kata Platinum yang cukup besar.

SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli? 3

Ukuran SSD VGen Platinum 512GB ini memang serupa dengan hard disk 2,5 inci alias hard disk yang dipasang di laptop. Meski ukurannya sama, bobot SSD VGen Platinum 512GB ini jauh lebih ringan. Jadi kalau laptop kalian sebelumnya pakai hard disk terus upgrade ke SSD ini, bobot laptopnya bakal sedikit lebih ringan ehehehe… 😅

Kalau pakai PC desktop gimana? Kan pakai drive bay 3,5 inci tuh… 🤔 Sebenarnya gampang masang SSD 2,5 inci kayak VGen Platinum 512GB ini di PC desktop, kita cuma butuh bracket 3,5 inci tambahan biar pas di drive bay 3,5 inci. Sayangnya, bracket ini nggak ada dalam paket pembelian dan kita musti beli sendiri. 🥲

Sementara bagian belakang terlihat adanya port SATA dan port power. Pas Tuxlin Blog pasang di laptop Asus ExpertBook P2, SSD VGen Platinum 512GB nggak ada masalah dan langsung pas. Oiya, bodi alias casing SSD VGen Platinum 512GB ini terbuat dari bahan polikarbonat alias plastik yang cukup solid.

Baca juga:WD My Passport SSD 1TB Review, Kencang dan Ringkas!

VGen Platinum 512GB Review

VGen Platinum 512GB Review

Performa memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri pada VGen Platinum 512GB review oleh Tuxlin Blog kali ini. Berdasarkan informasi dari website resminya, SSD VGen Platinum 512GB ini mampu menghasilkan kecepatan 550MB/s untuk read dan 477MB/s untuk write, kenceng bukan? Bandingkan dengan hard disk yang paling rata-rata cuma 150MB/s doang… 😝 Ya kalau dibandingkan dengan SSD M.2 NVMe yang ampe 3000an MB/s ya cuma butiran debu doang ini hehehe… 🥲

Performa kencang SSD VGen Platinum 512GB ini bersumber dari penggunaan kontroler Silicon Motion SM2258XT dipadukan dengan chip flash yang berkualitas. VGen mengatakan SSD ini memiliki TBW (TerraByte Written) mencapai 200TBW dan MTBF mencapai 2 jutajam guna menjamin keawetannya. Lalu seberapa kencang SSD merk lokal ini? Mari kita uji coba.

System Testbed

Pada SSD VGen Platinum 512GB review kali ini, Tuxlin Blog menggunakan sebuah laptop Asus ExpertBook P2 P2451FB dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Layar TN LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 250 nits, 45% NTSC color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor Intel Core i5-10210U quad-core (8 thread) 1,6GHz TurboBoost 4,2GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 620 dan Nvidia GeForce MX110 VRAM 2GB GDDR5
  • Memori RAM 8GB DDR4-2666MHz
  • Storage SSD Adata XPG SX8200 Pro 1TB M.2 PCIe 3.0 x4 NVMe
  • Konektifitas WiFi 6 802.11ax, Bluetooth 5.0, Gb LAN, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support display / power delivery), Port USB 2.0, VGA Port (D-Sub), Port HDMI, MicroSD card reader, combo audio jack
  • Chiclet Keyboard, Spill resistant
  • Fitur keamanan fingerprint sensor dengan Windows Hello, Trusted Platform Module (TPM) 2.0, Kensington Lock, BIOS Booting User Password Protection
  • Dual speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera Webcam HD720p With privacy shutter
  • Baterai 3 Cell 3S1P 48WHr lithium-ion Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
  • MIL-STD 810G military-grade standard
  • Dimensi 32.53 x 23.29 x 1.99 ~ 1.99 cm berat 1,5 kilogram
  • Warna Star Black

Benchmark

SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli? 4
CrystalDiskInfo
SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli? 5
CrystalDiskMark
SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli? 6
AS SSD Benchmark

Performa SSD VGen Platinum 512GB emang kenceng dan bisa dikatakan 11 – 12 jika dibandingkan dengan Adata SU650 yang udah Tuxlin ulas sebelumnya. Berdasarkan hasil benchmark yang Tuxlin Blog lakukan, performanya tuh nggak jauh beda dari klaimnya.

SSD murah meriah andalan merk lokal VGen ini mampu mencetak 537,01MB/s untuk read dan 469,91MB/s untuk write di benchmark CrystalDiskMark. Performanya jelas jauh lebih kencang dari hard disk gaes. Kalau buat transfer file, VGen Platinum 512GB juga lumayan konsisten performanya, berikut hasilnya.

Baca juga:Sandisk Extreme Portable SSD 1TB Review: Kapasitas Besar, Performa Kencang!

SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli? 7

Tuxlin menjajal performa VGen Platinum 512GB untuk penggunaan sehari-hari dengan memindahkan folder berisi file FLAC berukuran 80-an GB. Hasilnya? Transfer rate-nya stabil di angka 423MB/s gaes… Dengan kecepatan transfer seperti ini, kita tentu bakal bisa menghemat lebih banyak waktu, ye kan? Kalau sebelumnya pakai hard disk, maka pas pindah ke SSD bakal terkaget-kaget hehehe… 😎

Kesimpulan

Secara umum, SSD VGen Platinum 512GB mampu menunjukkan performa yang cukup powerful dengan kecepatan read dan write yang kencang di kelas entry-level. Jelas, SSD merk lokal ini layak dipertimbangkan bagi pengguna hard disk yang ingin upgrade atau sekadar mencicipi storage SSD dengan harga terjangkau.

Kelebihan VGen Platinum 512GB

  • Performa kompeten
  • Harga terjangkau
  • Garansi 3 tahun one to one replacement

Kekurangan VGen Platinum 512GB

  • Tidak ada aplikasi untuk monitoring

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Adata XPG SX8200 Pro Review: SSD M.2 NVMe Terjangkau dengan Performa Ngebut!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.