Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta!

6 min read

Tecno Spark 7 Pro Review

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! – Halo Pembaca! Kali ini Tuxlin Blog bakal bahas sebuah smartphone di bawah 2 juta dengan fitur lengkap dan performa nggak malu-maluin, yakni Tecno Spark 7 Pro! Yoi, pada Tecno Spark 7 Pro review kali ini mungkin banyak dari pembaca masih belum begitu kenal atau familiar dengan brand ini. Jadi, Tecno ini adalah brand asal Tiongkok yang berbasis di Shenzen yang di bawah perusahaan induk Transsion Holdings. Selain Tecno, brand smartphone lain kayak iTel dan Infinix juga berada di bawah naungan Transsion Holdings ini. 🤔

Apa yang menarik dari smartphone Tecno Spark 7 Pro review kali ini? Tuxlin melihat smartphone ini menawarkan spesifikasi yang lumayan kompeten dengan mengandalkan chipset MediaTek Helio G80 octa-core yang ditandemkan RAM sebesar 6GB! Jarang banget smartphone dengan harga Rp 1.899.000 dibekali RAM sebesar itu… Belum lagi layarnya juga udah pakai refresh rate 90Hz yang mulus, menarik bukan? Kapasitas baterai Tecno Spark 7 Pro juga lumayan gede yakni mencapai 5000mAh, penasaran? Makanya simak Tecno Spark 7 Pro review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta!

Spesifikasi Tecno Spark 7 Pro

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka HiOS 7.5
  • Chipset MediaTek Helio G80 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama 48 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI 1/2 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/1.8 dilengkapi quad LED flash + kamera 2 megapiksel, lensa f/2.4 depth sensor + kamera AI Lens
  • Kamera depan 8 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS, dual flash, AI
  • Layar sentuh Dot-In Display 6,6 inci 2.5D aspek rasio 20:9, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 266 ppi (pixel per inch), refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 6GB, ROM 64GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.9 x 76.2 x 8.8 mm dengan berat 195 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable
  • Warna Alps Blue, Spruce Green, dan Magnet Black

Anda dapat membeli Tecno Spark 7 Pro dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Lazada (Klik)

Paket Penjualan Tecno Spark 7 Pro

Paket Penjualan Tecno Spark 7 Pro
  • Handset Tecno Spark 7 Pro 6GB/64GB varian warna Spruce Green
  • Kepala charger 10W
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Screenguard
  • Headset
  • User guide
  • Kartu garansi
  • SP Indosat Ooredoo
  • MicroSD V-Gen 64GB (bonus)

Desain Tecno Spark 7 Pro

Desain Tecno Spark 7 Pro

Ngomongin soal desain, Tecno Spark 7 Pro ini boleh diacungi jempol menurut Tuxlin. Soalnya dia itu berani kasih desain yang berbeda dari kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran. kalau kalian lihat dari depan sih memang Tecno Spark 7 Pro ini mirip dengan pesaingnya dengan dukungan layar punch hole pada sudut kiri atasnya. Selain itu, bezel bagian bawahnya agak tebal. Begitu dilihat dari belakang, beuh beda cuy… Kece! Oiya, unit Tecno Spark 7 Pro yang Tuxlin gunakan ini adalah varian warna Spruce Green.

Jadi Tecno Spark 7 Pro ini mengusung casing belakang yang sekilat terlihat terbagi dua bagian. Keduanya mengusung tekstur yang berbeda, yakni sandblasting pada sebelah kiri dan ripple pada bagian kanan. Adanya tekstur ini bikin casing belakangnya nggak licin dan nggak mudah ninggalin bekas sidik jari. Sementara housing kameranya terlihat berbeda dan terkesan mewah karena menggunakan finishing glossy mirip kaca dipadukan dengan susunan kamera vertikal yang menawan. 😎

Casing belakang dan frame smartphone Tecno Spark 7 Pro ini memang tebuat dari bahan plastik alias polikarbonat, tapi nggak berasa murahan saat digenggam. Build quality relatif solid dan nggak ada bagian yang kriyet-kriyet *halah apa ini wkwkw… Ukuran bodinya nggak terlalu besar dan relatif pas digenggam. Meski dibekali baterai 5000mAh, Tecno Spark 7 Pro ini tetep tipis dan bobot yang masih tergolong ringan. Berikut tampang detil smartphone Tecno Spark 7 Pro.

Baca juga:Samsung Galaxy A32 Review: Smartphone Ringkas dengan Layar 90Hz

Pada Tecno Spark 7 Pro review kali ini pada sisi depan terdapat layar sentuh berdesain punch hole dengan ukuran 6,6 inci dengan bezel yang nggak terlalu tipis dan kamera depan pada bagian punch hole-nya. Sementara pada sisi belakang ponsel ini terdapat sensor sidik jari, triple camera tersusun secara vertikal, quad LED flash, dan logo Tecno.

Tecno Spark 7 Pro dilengkapi dengan tray slot pada sisi kiri ponsel, serta tombol power dan volume rocker pada sisi kanan. Bagian atas Tecno Spark 7 Pro tidak terdapat port atau tombol apapun, serta pada sisi bawahnya terdapat port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone.

Video Unboxing Tecno Spark 7 Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Antarmuka & Fitur Tecno Spark 7 Pro

Antarmuka & Fitur Tecno Spark 7 Pro

Sisi perangkat lunak, Tecno Spark 7 Pro ini sudah menggunakan basis sistem operasi Android 11 dengan balutan antarmuka HiOS 7.5. Tuxlin masih belum mendapat informasi apakah nantinya Tecno Spark 7 Pro bakal dapat upgrade ke Android 12 di masa mendatang atau nggak. Track record Tecno soal upgrade Android ini masih dipertanyakan… 🤔

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 6

Meski berbeda, tapi Tuxlin Blog ngerasa HiOS 7.5 pada Tecno Spark 7 Pro review kali ini kok mirip banget sama Infinix Hot 10s ya? Apa gegara induknya sama-sama Transsion? Jadi tampilan antarmukanya terdiri dari Homescreen, Lockscreen, dan ada app drawer. Selain itu, bagian app drawer ada ‘iklan’ instant apps yang Tuxlin temui di XOS besutan Infinix.

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 7

Fitur-fitur yang ada di HiOS smartphone Tecno Spark 7 Pro ini juga nggak jauh beda dengan XOS, yakni face recognition, dark theme, adaptive brightness, Eye Care, auto-switch refresh rate, Kids Mode, Power Menu, Social Turbo, Game Mode, Smart Panel, Micro Intelligence, Video Assistant, Vault, Power Menu, Phone Clone, XShare, Freeze, Phone Manager, App Twin, dan banyak lagi.

Baca juga:Oppo Reno 5 Review: Paket Komplet dalam Bodi Tipis dan Ringkas

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 8

Hal yang agak mengganggu menurut Tuxlin selain iklan di instant apps tadi adalah bloatware yang lumayan di Tecno Spark 7 Pro ini. Beberapa aplikasi bloatware yang udah terinstal dari pabrik antara lain Google Apps, aplikasi proprietary Tecno, AHA Games, Beez, Boomplay, Carlcare, EtalaseApp, Hi Translate, Instant Apps, Milov, MViCall, Palm Store, Welife, YoParty, dan beberapa aplikasi lainnya. Kalau aplikasi tadi nggak dipakai, beberapa bisa di-uninstal kok.

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 9

Secara umum, HiOS 7.5 yang ditawarkan oleh Tecno Spark 7 Pro ini menawarkan fitur yang lengkap dan performa yang sebenarnya cukup smooth. Cuma tampilannya kok berasa kurang rapi gitu lho, kayak kurang enak dipandang… Ya ini agak subyektif sih. Selain itu, sebaiknya iklan seperti instant apps ini dihilangkan saja secara default karena agak mengganggu.

Performa Tecno Spark 7 Pro

Performa Tecno Spark 7 Pro

Buat pembaca Tuxlin Blog yang pengen smartphone yang lumayan kencang dengan harga di bawah 2 juta, ya Tecno Spark 7 Pro bisa kalian pertimbangkan. 🤔 Nggak kayak merk sebelah yang rata-rata masih pakai chipset MediaTek Helio P35, Unisoc SC9863A atau bahkan chipset yang lebih purba lagi, Snapdragon 450 🤦🏻‍♂️ Tecno Spark 7 Pro jauh mengalahkan smartphone yang pakai chipset tadi.

Jadi Tecno Spark 7 Pro ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G80 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2.

Duet Helio G80 dengan RAM sebesar 6GB membuat Tecno Spark 7 Pro ini kompeten banget buat nanganin multitasking dan komunikasi sehari-hari. Tuxlin Blog sendiri selama dua minggu uji pakai Tecno Spark 7 Pro untuk kelola fanpage Facebook, kepoin timeline orang di Twitter, edit video dikit, edit foto, dan sebagainya terasa smooth dan gegas. Aman banget lah untuk penggunaan standar hingga beberapa tahun ke depan.

Kalau buat gaming gimana? Pada Tecno Spark 7 Pro review kali ini, performa gaming termasuk oke untuk semartphone dengan harga di bawah 2 juta. Game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile mustinya gak ada masalah ya… Kalau game yang agak berat macam Genshin Impact ya bisa jalan di Tecno Spark 7 Pro ini dengan setting grafis lowest. Itu pun ngak lancar-lancar amat hehehe…

Baca juga:Vivo V20 2021 Review: Cantik, Ringkas dan Cocok untuk Selfie

Sejauh ini Tuxlin nggak merasakan panas yang mengganggu di Tecno Spark 7 Pro ini. Kalau buat main game dalam waktu lama, panas yang dihasilkan cukup wajar dan bikin telapak tangan berkeringat hehehe… Oiya, berikut ini hasil benchmark smartphone Tecno Spark 7 Pro oleh Tuxlin Blog!

Device Info HW

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 10

Benchmark AnTuTu v9

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 11

Benchmark Geekbench 5

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 12

Benchmark PCMark

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 13

Benchmark 3DMark

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 14

Benchmark Basemark OS II

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 15

Benchmark Androbench

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 16

Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 17

Tecno Spark 7 Pro Review

Tecno Spark 7 Pro Review

Layar

Layar emang salah satu keunggulan pada Tecno Spark 7 Pro review kali ini gaes, setuju? Resolusi layarnya memang masih sebatas HD+ doang, belum kayak merk sebelah yang udah berani kasih Full HD. Eits, tapi layar Tecno Spark 7 Pro refresh rate udah 90Hz lho, jadi berasa selbih smooth kalau scroll timeline mantan atau main game dengan frame rate cepet. 😆

Nggak cuma modal smooth doang sih, kualitas layar Tecno Spark 7 Pro ini terbilang oke untuk harga di bawah 2 juta karena mampu menghasilkan saturasi warna yang bagus dan tajam. Respon touchscreen juga sensitif dan gegas. Minusnya cuma satu, kayaknya brightness kurang jooss soalnya kalau di bawah sinar matahari suka nggak kelihatan 😌

Audio

Tecno Spark 7 Pro dibekali sebuah loudspeaker yang menurut Tuxlin Blog nggak terlalu nyaring. kalau buat dengerin musik sih sebenarnya kualitas suaranya lumayan jernih selama nggak digeber di volume penuh. Treble dan mid mendominasi, dan bass-nya kayak suara mobil Isuzu Panther… Nyaris tak terdengar 😅 Tuxlin saranin dengerin musik pakai headset saja, kualitasnya lumayan solid untuk smartphone di bawah 2 juta.

Baca juga:Poco M3 Pro 5G Review, Smartphone 5G Terjangkau Bertenaga Dimensity 700

Memori

Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta! 18

Pada Tecno Spark 7 Pro review kali ini memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 52,3GB. Sedangkan free RAM ponsel besutan vendor asal Tiongkok ini rata-rata 3,5 – 3,7GB. Ponsel ini mendukung USB OTG melalui port microUSB dan masih dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Meski dibekali baterai berkapasitas 5000mAh, stamina smartphone Tecno Spark 7 Pro ini untuk komunikasi sehari-hari relatif biasa aja sih menurut Tuxlin Blog. Smartphone ini mampu bertahan rata-rata 1,5 hari dengan pola penggunaan sosial media intensif dan nggak pakai ngegame. SoT (Screen on Time) juga rata-rata sekitar 7 jam, lumayan kan? 😎 Masalahnya, Tecno Spark 7 Pro ini nggak ada fiur fast charge-nya! Ngecharge penuh butuh waktu hampir 3 jam.  🤦🏻‍♂️

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Tecno Spark 7 Pro ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS juga terbilang gegas tanpa masalah dan cukup akurat. Oiya, Tecno Spark 7 Pro ini nggak ada magnetic sensornya! 🤦🏻‍♂️ Jadi siap bikin uring-uringan kalau pakai Google Maps. Sensor sidik jarinya masih berada di sisi belakang kayak hape model lawas, tapi kinerjanya cukup baik dan responsif.

Kesimpulan

Secara umum, Tecno Spark 7 Pro adalah sebuah smartphone dengan fitur yang lengkap dan performa kompeten dengan harga di bawah 2 juta. Selain itu, ponsel ini juga tampil dengan desain yang berbeda dari kebanyakan pesaingnya dan layarnya smooth dengan refresh rate 90Hz.

Review kamera Tecno Spark 7 Pro baca di sini:Review Kamera Tecno Spark 7 Pro Triple Camera 48MP

Kelebihan Tecno Spark 7 Pro

  • Fitur lengkap
  • Performa powerful di kelasnya dengan RAM 6GB
  • Layar smooth dengan refresh rate 90Hz

Kekurangan Tecno Spark 7 Pro

  • Nggak ada magnetic sensor
  • Bloatware lumayan banyak
  • Nggak dilengkapi fitur fast charge
  • Masih pakai microUSB yang jadul itu, cuy!

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi Note 10 Pro Review, Fitur Premium dengan Harga Bersaing


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.