Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Vivan VS1 Review, Speaker Bluetooth Murah Fitur Komplet

3 min read

Vivan VS1 Review, Speaker Bluetooth Murah Fitur Komplet 1

Vivan VS1 Review, Speaker Bluetooth Murah Fitur Komplet – Vivan zuzuzu… zuzuz… Vivan… Eh itu Mipan ding *digetok warga se-tiktok* 不不不 Halo Pembaca! Kalau kemarin Tuxlin bahas speaker bluetooth yang agak mahal, kini giliran speaker portabel yang murah, yakni Vivan VS1! Berawal dari scroll e-commerce Lazada, berakhir khilaf beli speaker Vivan VS1 ini hehehe… Gimana nggak khilaf? Speaker Vivan VS1 ini harganya merakyatlah… cuma 100 ribu-an! Akan tetapi spek-nya lumayan oke dan fiturya komplet banget! Vivan sendiri adalah brand aksesoris yang cukup terkenal di tanah air dengan produk power bank yang cukup menonjol.

Nah melihat track record Vivan yang udah terkenal dengan aneka produk dengan kualitas baik, tentu Tuxlin Blog penasaran, bagaimana dengan speaker Bluetooth-nya? Ada sih beberapa varian speaker besutan Vivan ini, tapi untuk uji coba kali ini Tuxlin Blog milih yang paling murah dulu yakni Vivan VS1. Nanti kalau hasilnya bagus, baru nyobain yang lebih mahal hehehe… Singkat cerita, speaker unit Vivan VS1 telah mendarat dengan selamat di Tuxlin HQ sejak beberapa minggu yang lalu. Setelah Tuxlin Blog cobain, ternyata… Tak terduga! Pada penasaran gak nih? SImak deh ulasan Vivan VS1 review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Vivan VS1 Review, Speaker Bluetooth Murah Fitur Komplet

Spesifikasi Vivan VS1

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 52mm x 1 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4峏 5W THD=1%
  • Frequency Response: 40Hz – 18KHz
  • Signal to noise ratio 75dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Wireless profile: AVRCP, A2DP, HSP, HFP
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Baterai 1800mAh built-in lithium battery, hingga 8 jam penggunaan (bervariasi)
  • Tahan cipratan air dengan sertifikat IPX5
  • Mendukung fitur TWS
  • Dimensi (W x D x H) 94 x 94 x 48 mm
  • Berat 270 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Putih dan Biru

Anda dapat membeli atau cek promo +voucher Vivan VS1di Sini (Klik)

Paket Penjualan Vivan VS1

Vivan VS1 Review, Speaker Bluetooth Murah Fitur Komplet 2
  • Speaker Vivan VS1 warna putih
  • Tali gantungan (terpasang)
  • Kabel USB
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Vivan VS1

Vivan VS1 Review, Speaker Bluetooth Murah Fitur Komplet 3

Keren ngggak tampang speaker bluetooth harga merakyat besutan Vivan di atas? Ya pada Vivan VS1 review kali ini, sisi desain emang bukan bagian yang ditonjolkan karena nggak ada yang istimewa sih. Jadi speaker Vivan VS1 ini bentuknya persegi dengan sudut rounded gitu… Tuxlin Blog sebenarnya nggak terlalu asing dengan desain speaker bluetooth murah Vivan VS1 ini, soalnya kayaknya ada OEM lain yang juga pakai desain speaker ini

Kalau menurut Tuxlin Blog sih desainnya nggak jelek sih, cuma biasa aja. Speaker portabel Vivan VS1 ini dibalut dengan casing berbahan plastik aka polikarbonat yang lumayan kokoh. Finishingnya matte, jadi nggak terlalu licin kalau digenggam… Masih licinan tangan dia, udah diiket pakai cincin masih lepas juga… *eh nglantur 不 Ukuran speaker Vivan VS1 ini sebenarnya agak besar dan tebal, jadi kurang enak digenggam kalau tangannya kecil… Mending pegang talinya aja yang udah terpasang sejak dibuka dari kotaknya.

Baca juga:Nyobain Speaker Nyentrik Yamada YMD 328, Suaranya Bagus?

Bagian depan sih didominasi speaker grill dengan logo Vivan yang lumayan menonjol gaes. Sementara pada bagian atasnya terdapat tombol power, tombol volume minus, play/pause, dan volume plus yang terbuat dari bahan karet, jadi empuk banget mencetnya. LED indikator dan microphone juga diletakkan di bagian atas speaket ini. Penasaran? Langsung cekidot saja foto detail speaker merakyat Vivan VS1 di bawah ini.

Sementara pada bagian belakang speaker Vivan VS1 ini terpampang jelas ada sebuah passive bass radiator yang berukuran besar dan dipermanis dengan tekstur lingkaran ala Zen. Sementara di atasnya passive bass radiator tadi ada port microUSB, port USB, dan slot microSD yang tertutup lapisan karet kedap air. Oiya, speaker Vivan VS1 ini tahan cipratan air lho… Nyatanya udah memenuhi standar IPX5! Eh tapi jangan di celupin yak, nanti malah wassalam…

Video Unboxing Vivan VS1

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia yadi Sini (Klik)

Vivan VS1 Review

Vivan VS1 Review

Setelah unit speaker Bluetooth murah meriah Vivan VS1 ini mendarat di Tuxlin HQ, ternyata impresi awal cukup mengejutkan. Kualitas suaranya itu nggak sejelek yang Tuxlin perkirakan. Maklum, harganya kan murah bangetb dan fiturnya lengkap, kali aja suaranya kayak kaleng kosong dipukulin

Baca juga:Realme Buds Classic, Headset Murah yang Cocok untuk Basshead

Spesifikasi speaker Vivan VS1 ini nggak bisa dipandang sebelah mata meski harganya cuma 100 ribu-an. Brand lokal ini membekali speaker andalannya dengan sebuah driver berukuran 52mm dengan daya hingga 5 watt! Nggak cuma itu, Vivan VS1 ini masih diperkuat dengan passive bass radiator pada sisi belakang guna meningkatkan dentuman bass atau frekuensi rendah.

Kualitas Suara

Setelah dua minggu pakai speaker Vivan VS1 ini, ternyata kualitas suaranya cukup baik dengan dominasi mid atau frekuensi tengah yang menonjol. Selain itu, jangan disetel volume penuh karena keluaran suara Vivan VS1 pada lagu tertentu agak pecah dan mungkin kehilangan dinamikanya. Selama review, Tuxlin cuma pakai volume maksimal sekitar 90% saja.

Berhubung mid-nya lumayan menonjol, Tuxlin rasa speaker bluetooth murah Vivan VS1 ini paling cocok buat dengerin lagu-lagu yang cenderung menonjolkan vokal, seperti lagu-lagu pop. Tuxlin sendiri cobain lagu Watch Over You besutan Alter Bridge, suara vokal Myles Kennedy terdengar asik dan lumayan detail. Pas nada rendah saat intro, suaranya terdengar berat dan pas nada tinggi pun masih terdengar enak. Vokal cewek juga oke kok, nyatanya suara Tarja Turunen tetep bikin merinding pas Tuxlin dengerin lagu Supremacy… Suaranya yang melengking itu tetep kece di speaker ini.

Nah buat yang suka bass, speaker Vivan VS1 ini sebenarnya lumayan mampu kok memperdengarkan bass dengan kuantitas yang cukup, tapi nggak begitu mendalam. Ini wajar sih mengingat ukurannya nggak terlalu besar dan dayanya cuma 5 watt juga. Bass-nya itu lumayan tight, nggak mbleber kemana-mana… Pas muter lagu Nemesis milik Arch Enemy, dobel kick drum-nya msih terdengar oke!

Sayangnya nih, Vivan VS1 ini kurang bagus pas nampilin treble. Ya frekuensi tinggi atau treble itu memang terdengar ada di Vivan VS1 dengan kuantitas yang agak kurang dan nggak detail. Yah bisa dikatakan kurang cess… cesss… deh. Makanya kalau dengerin lagu berkarakter bright di Vivan VS1 berasa kurang hidup. Separasi antar instrumen pas mainin lagu yang kompleks kurang oke dan soundstage juga pas-pasan. Maklumlah, namanya juga speaker murah meriah.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 9: Baterai Badak, Kinerja Kencang!

Kesimpulan

Secara umum, Vivan VS1 ini cocok buat temen-temen yang lagi nyari speaker bluetooth portabel dengan harga murah dengan fitur yang lengkap, bisa tancep USB flash drive maupun microSD. Kualitas suaranya pun nggak malu-maluin untuk kelas Rp 100 ribu-an. Lumayanlah buat temen malem mingguan para jomblo…

Kelebihan Vivan VS1

  • Harga murah meriah
  • Fitur komplet
  • Kualitas suara lumayan
  • Tahan cipratan air

Kekurangan Vivan VS1

Anda mungkin suka:Menjajal JBL Go 2, Speaker Ringkas yang Ngebass!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

2 Replies to “Vivan VS1 Review, Speaker Bluetooth Murah Fitur Komplet”

  1. Ane malah salfok sama foto produknya, cakep… Pakai Mi Note 10 Pro yak? Masih ada yang jual kagak tuh

    1. Mi Note 10 Pro salah satu produk Xiaomi yang kameranya mantap surantap, cuma performanya aja kurang was wus hehehe… Masih ada yang jual kok di ecommerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *