Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Vivan VS10 Review, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Daya 10W

3 min read

Vivan VS10 Review

Vivan VS10 Review, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Daya 10W – Halo Pembaca! Tuxlin Blog kali ini bakal bahas sebuah speaker tahan air yang murah meriah, yakni Vivan VS10! Pada Vivan VS10 review kali ini, daya tarik utamanya adalah bosi yang tangguh dengan kemampuan tahan air yang dibuktikan dengan sertifikasi IPX7. Ini artinya, speaker bluetooth Vivan VS10 ini tak sekadar tahan air, tetapi juga dapat ditenggelamkan dengan kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit. Pertanyaanya, siapa yang mau dengerin musik di dalam air? 🤣 Paling nggak, kalian bisa tenang bawa speaker Vivan VS10 ini ke kamar mandi, kolam renang atau di tengah hujan deras sambi melow-melowan bersama kenangan masa lalu tanpa takut speaker rusak. 😎👍

Tuxlin Blog sendiri sebelumnya udah pernah review speaker besutan Vivan, yakni seri Vivan VS1 yang harganya cuma 100 ribuan. Sejauh ini sih speaker itu memuaskan. Berangkat dari pengalaman tersebut, Tuxlin Blog memutuskan untuk membeli dan me ngulas speaker Vivan VS10 untuk mengobati rasa penasaran. Harga speaker Vivan VS10 pas Tuxlin beli adalah Rp 299.000 dan mungkin sekarang udah turun ya. 🤔 Speaker besutan merk lokal ini mengandalkan dua buah driver dengan daya total 10W, cukup meyakinkan bukan? Nah daripada penasaran, simak Vivan VS10 review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Vivan VS10 Review, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Daya 10W 1

Spesifikasi Vivan VS10

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 40mm x 2 
  • RMS: 4Ω 5W x 2 THD=0,5%, total 10W
  • Frequency Response: 40Hz – 18KHz
  • Signal to noise ratio 80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Tahan air dengan sertifikat IPX7
  • Baterai built-in 3,7V/1800mAh lithium battery, hingga 8 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 180 x 61 x 40 mm
  • Berat 270 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Grey

Anda dapat membeli speaker Vivan VS10 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Vivan VS10

Paket Penjualan Vivan VS10
  • Speaker Bluetooth Vivan VS10 warna Grey
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • User guide

Desain Vivan VS10

Vivan VS10 Review, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Daya 10W 2

Desain mungkin bisa jdi keunggulan pada Vivan VS10 review kali ini menurut Tuxlin Blog. Speaker ini tampil dengan bentuk persegi panjang dengan sudut yang rounded. Nah finishing warna abu-abu pada casing Vivan VS10 itu mewah banget, sekilas kayak terbuat dari logam. Awalnya Tuxlin kira bodinya memang terbuat dari bahan metal atau logam, tetapi ternyata plastik alias polikarbonat gaes… 😜 Meski demikian, sama sekali nggak terlihat atau terasa murahan kalau pegang speaker Vivan VS10 ini.

Sementara pada bagian atas terdapat aksen atau list berwarna keemasan yang bikin speaker portabel Vivan VS10 kian terlihat mewah. Sementara pada bagian atas terdapat tombol-tombol yang menggunakan material karet yang lumayan empuk saat dipencet. Sedangkan pada sisi bawahnya juga ada lapisan karet gitu yang juga berfungsi sebagau dudukan agar speakernya nggak geser pas muter musik dengan volume kencang. Oiya, bagian kiri speaker bluetooth Vivan VS10 terdapat lubang dari karet untuk memasang hook atau gantungan.

Keunggulan utama speaker Vivan VS10 ini sebenarnya adalah kemampuan tahan air alias waterproof! Beda dengan speaker lain di kelasnya yang rata-rata cuma tahan cipratan air, Vivan VS10 ini bisa ditenggelamkan lho… Speaker besutan merk lokal ini sudah mengantongi sertifikasi IPX7 untuk kemampuan waterproof, jadi aman kalau misalnya nggak sengaja jatohin speaker Vivan VS10 ini di bak kamar mandi atau kolam renang. Build quality Vivan VS10 sevara umum juga solid. Berikut tampang lebih dekat dari speaker Vivan VS10.

Baca juga:UE Wonderboom, Speaker Portabel Tangguh Impian Tuxlin Blog!

Pada Vivan VS10 review kali ini, sisi depan terdapat speaker grill berukuran besar. Sedangkan sisi kiri terdapat tempat untuk memasang strap atau tali gantungan. Sisi belakang speaker Vivan VS10 ini terdapat port USB Type-C, port AUX, dan slot microSD yang ditutup dengan “pintu” karet kedap air.

Sedangkan pada bagian atas speaker bluetooth Vivan VS10 ini terdapat logo Vivan, LED indikator, tombol power, tombol volume minus, play/pause, volume plus, mode bass, dan microphone. Sementara pada sisi bawah terdapat informasi singkat mengenai spesifikasi teknis speaker tahan air andalan merk lokal tersebut.

Video Unboxing Vivan VS10

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Vivan VS10 Review

Vivan VS10 Review

Kalian penasaran nggak sih kayak gimana kualitas suara speaker besutan merk lokal Vivan VS10 ini? Tuxlin juga penasaran kok, makanya beli dan kemudian diulas di blog hehehehe… Berbeda dengan Vivan VS1 yang Tuxlin ulas sebelumnya, speaker Vivan VS10 ini me ngandalkan dua buah driver berukuran 40mm yang mana masing-masing berdaya 5W, jadi totalnya 10W.🤔

Kualitas Suara

Pada Vivan VS10 review kali ini, kualitas suaranya berkarakter warm. Malah bisa dikatakan warm banget. Ini cocok sih buat kalian yang suka bass atau dengerin musik-musing yang nonjolin bass seperti EDM dan sebagainya. Bass yang dihasilkan oleh Vivan VS10 menonjol, cukup kuat, tetapi kurang mendalam. Respon bass-nya nggak terlalu negbut sih, solanya pas Tuxlin jajal buat dengerin Arch Enemy – Nemesis, Vivan VS10 keteteran menyajikan dobel kick drum-nya yang ngebut.

Baca juga:Pengalaman Setahun Pakai Speaker Harman Kardon Onyx Studio 3

Karakter bass seperti di Vivan VS10 ini cocoknya emang buat dengerin lagu EDM atau hiphop sih. 🤔 Tuxlin coba dengerin lagu Mocking Bird milik Eminem atau Dedicated (Demo) milik Linkin Park, sangat bisa dinikmati. kalian yang suka lagu genre EDM sama hiphop, cocok banget sama speaker bluetooth Vivan VS10. Oiya, kalian sebaiknya nggak muter lagu dengan volume penuh di Vivan VS10 ini, soalnya dibeberapa lagu terdengar distorsi dan sebagian lainnya seperti kehilangan dinamikanya.

Sedangkan untuk mid, pada Vivan VS10 review kali ini lumayan oke sih menurut Tuxlin. Suara vokal perempuan maupun pria dapat disajikan dengan jelas dan terasa penuh. Tapi pas dengerin lagi metalcore seperti AxeWound atau Trivium yang penuh dengan screaming, terasa kurang detail dan bertekstur. Begitu juga dengan distorsi gitarnya, terasa kurang keluar gitu… 😅

Sedangkan untuk treble, Vivan VS10 juga kurang memuaskan Tuxlin Blog. Kuantitas treble masih perlu ditingkatkan lagi dan detailnya agak kurang. kalau dengerin lagu dengan karakter bright, pasti berasa aneh di speaker ini. Tuxlin aja coba dengerin lagu Sever The Hands milik Trivium dan Are You Gona Be My Girl milik Jet, berasa kurang cess gitu treble-nya. Clarity dan separasi antar instrumen di Vivan VS10 agak kurang.

Daya tahan baterai speaker wireless Vivan VS10 ini terbilang lumayan di kelas entry-level. Berbekal baterai berkapasitas 1800mAh, Vivan VS10 mampu bertahan 4 – 5 jam dengerin musik dengan volume 60% lebih.

Kesimpulan

Secara umum, Vivan VS10 merupakan sebuah speaker bluetooth kelas entry-level yang tampil dengan desain mewah dan kemampuan tahan air. Kualitas suaranya cocok buat kalian yang suka bass dan udah didukung fitur yang lengkap di kelasnya. Kalian suka musik EDM dan musik lain yang menonjolkan bass? Vivan VS10 cocok untuk dipinang. 😁

Kelebihan Vivan VS10

  • Kualitas suara baik dan cocok untuk yang suka bass
  • Tahan air dengan sertifikat IPX7
  • Harga murah meriah
  • Fiturnya lengkap

Kekurangan Vivan VS10

  • Suaranya agak muddy/mendem
  • Clarity agak kurang

Anda mungkin suka:Menjajal JBL Go 2, Speaker Ringkas yang Ngebass!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.