Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Vivan VS12 Review: Cocok untuk Basshead, Bodi Tangguh

4 min read

Vivan VS12 Review

Vivan VS12 Review: Cocok untuk Basshead, Bodi Tangguh – Halo Pembaca! Ada yang lagi butuh speaker terjangkau tapi yang bass-nya jedag-jedug menggetarkan jantung ayang? Nah mungkin speaker bluetooth Vivan VS12 ini bisa jadi pilihan. Kebetulan Tuxlin Blog juga penasaran sama speaker Vivan VS12 ini karena desainnya tuh udah familiar, bulet gitu kayak kaleng soda hehehe… Vivan ini emang bukan speasialis audio, tetapi brand satu ini tergolong rajin dan konsisten merilis produk audio seperti headset TWS dan speaker bluetooth. Sebelumnya udah nyobain Vivan VS10 dan VS1, dan sekarang Tuxlin penasaran sama speaker Vivan VS12. ๐Ÿ˜

Salah satu daya tarik speaker Vivan VS12 ini selain soal kualitas suara adalah fisiknya yang tangguh. Speaker ini mengusung bodi karet yang solid dan memiliki kemampuan tahan air dengan sertifikat IPX6. Harga yang ditawarkan speaker portabel Vivan VS12 ini juga nggak mahal, yakni cuma Rp 200 ribuan saja. Penasaran? Langsung saja simak Vivan VS12 review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Vivan VS12 Review: Cocok untuk Basshead, Bodi Tangguh 1

Spesifikasi Vivan VS12

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 60mmย + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4ฮฉ 10Wย 
  • Frequency Response: 40Hz – 18KHz
  • Signal to noise ratio 80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Mendukung fitur TWS
  • Tahan air dengan sertifikat IPX6
  • Dilengkapi port AUX dan slot microSD
  • Baterai built-in 3,7V/1800mAh lithium battery, hingga 8 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 93 x 93 x 112 mm
  • Berat 378 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Grey

Anda dapat membeli speaker bluetooth Vivan VS12 dengan harga lebih murahย di Sini (Klik)ย atauย di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Vivan VS12

Paket Penjualan Vivan VS12
  • Speaker Vivan VS12 warna grey
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Kartu garansi
  • Tali (udah terpasang)
  • User guide

Desain Vivan VS12

Desain Vivan VS12

Desain mungkin bisa menjadi salah satu daya tarik dari Vivan VS12 review kali ini menurut Tuxlin. Jadi Vivan VS12 tampil dengan desain round atau tabung yang sekilas mirip dengan kaleng soda. Konsep desainnya memang nggak 100% original karena udah banyak brand yang mengusung desain kayak gini seperti UE Wonderboom atau Lenyes S805 yang udah Tuxlin ulas lebih dulu.

Vivan VS12 ini juga atasnya terbuat dari bahan karet dan sekeliling speaker grill-nya menggunakan bahan kanvas. Feel-nya emang enak pas dipegang, cuma rawan kotor kalau kanvas ๐Ÿ˜… Salah satu keunggulan desain tabung atau round yang diusung oleh Vivan VS12 ini adalah mampu menghasilkan suara 360 derajat. Jadi kita nggak perlu bingung mana bagian belakang dan mana bagian depan yang menghasilkan suara, tapi suaranya udah auto menyebar ke seluruh ruangan ๐Ÿ˜

Kelebihan speaker Vivan VS12 ini memiliki kemampuan tahan air alias waterproof dengan rating IPX6. Artinya, speaker ini tahan terhadap cipratan air, tetapi bukan untuk ditenggelamkan lho ya ๐Ÿ‘๐Ÿผ Meski harganya terjangkau, build quality Vivan VS12 terbilamg solid dan tangguh. Bodi karet dan kanvasnya terasa kokoh, nggak bakal gampang tergores. Kayaknya sih kalau jatuh juga relatif kuat ๐Ÿค” Eh tapi jangan coba dijatohin hehehe… ๐Ÿคฃ

Baca juga:Tronsmart Element T6 Review: Speaker Bluetooth Idola Basshead!

Pada Vivan VS12 review kali ini, sisi atas speaker terdapat tombol power, tombol volume minus, tombol play/pause, tombol volume plus, tombol mode bass, LED indikator, dan microphone.ย Sementara bawah speaker Vivan VS12 ini terdapat dudukan yang berlapis karet dan passive bass radiator dengan logo Vivan lengkap dengan informasi singkat mengenai spesifikasi teknisnya.

Sekeliling bodi speaker andalan Vivan ini terbuat dari bahan kanvas, kecuali pada belakangnya ada bagian yang terbuat dari bahan berlapis karet atau rugged karena disitu terdapat port USB Type-C untuk charging, port AUX, dan slot microSD yang ditutup oleh lapisan karet, serta lubang untuk memasang tali gantungan. Vivan VS12 udah mendukung fitur TWS (True Wireless Stereo).

Video Unboxing Vivan VS12

Vivan VS12 Review

Vivan VS12 Review

Melihat desain yang diusung oleh Vivan VS12 ini terasa familiar dan bikin Tuxlin Blog penasaran, kayak gimana sih kualitas suara yang dihasilkan? Kalau dilihat dari spesifikasi teknisnya, Vivan VS12 ini udal bersaing di kelasnya dan fiturnya juga termasuk lengkap. Di atas kertas, speaker bluetooth Vivan VS12 udah pantes dilirik untuk segmen Rp 200 ribuan. ๐Ÿค”

Kualitas Suara

Sebelum ngomongin soal suara di Vivan VS12 review kali ini, alangkah baiknya kita ulas dulu konfigurasi speaker portabel tangguh satu ini. Jadi Vivan VS12 dibekali sebuah driver dinamis berukuran lumayan gede, yakni 60mm! Guna menunjang performa bass-nya, Vivan juga membekali speaker ini dengan passive bass radiator pada bagian bawahnya. Ya driver speakernya cuma satu, artinya suara yang keluar mono ya. ๐Ÿ˜…

Pas pertama dateng, Tuxlin Blog langsung hajar speaker Vivan VS12 ini buat muter lagu-lagu metalcore andalan. Nggak nyangka aja sih, ukuran seringkas ini bisa menghasilkan suara yang menggelegar ๐Ÿ˜Ž Tuxlin Blog nggak saranin buat nggenjot suaranya sampai full, paling nggak di 85% aja, udah nyaring dan cocok untuk outdoor juga.

Baca juga:Nyobain Speaker Nyentrik Yamada YMD 328, Suaranya Bagus?

Kelebihan utama pada Vivan VS12 review kali ini menurut Tuxlin Blog adalah bass yang dihasilkan, mantap djiwa! ๐Ÿ˜ Walau ukurannya sebesar kaleng soda, speaker Vivan VS12 ini mampu menghasilkan bass yang jedag-jedug dengan kuantitas melimpah, mendalam, dan menggetarkan jiwa-jiwa yang sepi ๐Ÿคฃ Tuxlin dengerin lagu Shadow of The Day punya Linkin Park, dentuman bass di intro-nya nendang banget!

Kayaknya sih speaker Vivan VS12 ini cocok banget buat kalian yang ngaku basshead atau sering dengerin lagu dengan genre EDM, karena bass-nya nendang untuk ukuran segini. Sayangnya nih, respon bass-nya kurang cepet. Kalau dengerin lagu metal dengan dobel kick drum yang ngebut, speaker Vivan VS12 ini langsung keteteran dan nggak detail. Kayak cuma dengung doang alias agak muddy ๐Ÿ˜…

Hal yang menonjol lagi dari speaker bluetooth tangguh Vivan VS12 ini adalah suara vokalnya yang cukup dominan selain bass-nya tadi. Menurut kuping kaleng Tuxlin, suara vokal tampak agak maju gitu. Baik suara vokal cewek maupun cowok terdengar oke, tetapi di beberapa lagu berasa kurang natural. Meski demikian, pas Tuxlin dengerin lagu Sleeping Sun milik Nightwish, suara tante Tarja Turunen masih tetap oke kok. ๐Ÿ‘๐Ÿผ Distorsi gitar, melodi, dan beberapa instrumen berasa agak mundur gitu di speaket Vivan VS12 ini.

Sama kayak rata-rata speaker yang emang karakter bass-nya kuat, pasti treble atau high berasa ada yang kurang. Nah di Vivan VS12 review kali ini juga begitu. Treble yang keluar berasa kurang terbuka dan detail gitu. Kalau kalian dengerin lagu yang karakternya bright, speaker Vivan VS12 ini jadi terdengar kurang jernih.

Soundstage Vivan VS12 ini nggak luas, tetapi wajar untuk speaker harga segini. Separasi antar instrumen terasa kurang, apalagi kalau seneng dengerin lagu symphonic metal macam Nightwish atau Epica yang instrumennya seabreg, berasa semua ngumpul di tengah gitu hehehe… Oiya, daya tahan baterai pada Vivan VS12 review kali ini cukup lumayan, yakni bisa bertahan antara 4 – 5 jam dengan volume rata-rata di atas 50%.

Kesimpulan

Secara umum, Vivan VS12 cocok bagi konsumen yang butuh speaker bluetooth terjangkau dengan bass yang jedag-jedug dan fitur yang lengkap, ada port AUX dan juga slot microSD. Bodinya juga tangguh dan solid, serta tahan cipratan air dengan sertifikasi IPX6. Hanya saja, karakter suaranya kurang cocok buat mereka yang butuh suara detail. Kalau kalian sukanya musik EDM, gas angkut Vivan VS12! ๐Ÿ˜Ž

Kelebihan Vivan VS12

  • Bass mantap, cocok untuk basshead
  • Tahan cipratan air
  • Fitur lengkap, ada port AUX dan slot microSD

Kekurangan Vivan VS12

  • Suaranya kurang jernih

Anda mungkin suka:Infinix Note 11 Review: Layar Paling Mantap Fitur Lengkap


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.