Xiaomi Mi A2 Android One Hadir di Indonesia 25 Juli 2018, Siap-Siap Gan!

0

Xiaomi Mi A2 Android One Hadir di Indonesia 25 Juli 2018, Siap-Siap Gan! – Halo {Pembaca! Setelah sukses melalui seri Xiaomi Mi A1 yang dulu juga Tuxlin ulas lengkap melalui review, kini tak lama lagi akan segera hadir penerusnya melalui seri A2. Informasi ini Tuxlin Blog dapatkan dari akun Twitter resmi Xiaomi Indonesia yang menampilkan teaser Xiaomi Mi A2 dengan gambar berwarna merah yang terdapat angka dua berukuran besar dan sebuah lensa kamera.

Tampaknya, Xiaomi Mi A2 yang maih mengusung platform Google Android One ini masih mengunggulkan sektor kamera sebagai daya tarik utamanya. Xiaomi Mi A2 ini dipastikan meluncur di Indonesia 25 Juli 2018 mendatang, lalu seperti apa spesifikasi dan harga Xiaomi Mi A2 ini? Simak ulasan Tuxlin Blog berikut ini.

Xiaomi Mi A2

Spesifikasi Xiaomi Mi A2

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Android Pure (Android One)
  • Chipset Qualcomm SSnapdragon 660 SDM660 dengan prosesor octa-core Kryo 260 yang terdiri dari quad-core 2,2GHz dan quad-core 1,8GHz
  • Grafis Adreno 512
  • Dual kamera 12 megapiksel, sensor Sony IMX486 1/2.9 inci 1,25um piksel, aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual-tone LED flash + 20 megapiksel autofocus, sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel, lensa f/1.8. Kamera depan 20 megapiksel, sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.2, fixed focus
  • Layar sentuh 5,99 inci 2.5D, aspek rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2160 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 4GB atau 6GB LPDDR4X, ROM 32GB, 64GB, atau 128GB, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 158.7 x 75.4 x 7.3 mm dengan berat 168 gram
  • Baterai 3010mAh non-removable, Quick Charge 3.0
  • Warna Cherry Pink, Flame Red, Sand Gold, Glacier Blue, dan Black

Lebih Dekat dengan Xiaomi Mi A2

(credit: GSM Arena)

Sebenarnya smartphone Xiaomi Mi A2 tidak benar-benar produk baru, kok bisa? Smartphone Mi A2 bisa dikatakan sebagai versi global dari Xiaomi Mi 6X yang dijual khusus untuk pasar China saja. Seri sebelumnya kan juga menggunakan mekanisme yang sama, yakni Xiaomi Mi A1 adalah varian global dari Mi 5X. Perbedaan kedua smartphone ini hanya terletak pada sisi software atau perangkat lunak.

Berbicara mengenai tampilan atau desain, jujur saja Tuxlin Blog agak bosan dengan jajaran smartphone Xiaomi termasuk Mi A2. Smartphone Xiaomi Mi A2 dipastikan sama dengan Mi 6X yang mengusung penampilan fisik yang sangat mirip dengan Redmi Note 5. Gitu0gitu aja desainnya hehehe… 😛 Casing belakang Xiaomi Mi A2 tampaknya terbuat dari bahan metal unibody dengan lengkungan antenna pada sisi atas dan bawah.

Smartphone kelas menengah berspesifikasi premium Xiaomi Mi A2 ini didukung oleh layar sentuh berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) berukuran 5,9 inci 2.5D dengan aspek rasio 18:9 resolusi Full HD+ 1080 x 2160 piksel dengan kerapatan mencapai 403 piksel per inci. Layar ponsel ini dilindungi oleh Corning Gorila Glass 3, setara dengan Redmi Note 5.

Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Paling Kencang, Paling Tahan Lama!

Xiaomi membekali smartphone Mi A2 ini dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan balutan antarmuka Android pure karena mengusung platform Android One yang dijamin update OS hingga dua tahun oleh Google. Tak hanya itu, ponsel Xiaomi Mi A2 ini juga didukung fitur keamanan sensor sidik jari pada sisi belakang ponsel.

Performa yang ditawarkan oleh ponsel Xiaomi Mi A2 ini lebih powerful ketimbang Redmi Note 5 series yang lebih dulu hadir di tanah air menurut Tuxlin Blog dengan mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 660 dengan prosesor octa-core Kryo 260 yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,2GHz dan quad-core berkecepatan 1,8GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 4GB atau 6GB. Sedangkan sektor grafis, Xiaomi mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 512 yang cukup powerful.

Qualcomm Snapdragon 660 yang digunakan Mi A2 ini adalah SoC (System on Chip) yang dibuat dengan teknologi proses 14 nanometer FinFET. Teknologi ini membuat konsumsi dayanya menjadi lebih efisien, tetapi masih menawarkan performa yang menggigit berkat arsitektur prosesor Kryo 260 yang diusungnya.

Sektor kamera, ponsel Xiaomi Mi A2 ini tampaknya lebih mantap ketimbang Redmi Note 5 yang dirilis di India karena mengandalkan kamera utama ganda atau dual kamera berkekuatan 12 megapiksel bersenjatakan sensor Sony IMX486 berukuran 1/2.9 inci 1.25um piksel dipadukan lensa aperture f/1.8 dan kamera kedua berkekuatan 20 megapiksel bersensor Sony IMX376 berukuran 1/2.8 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/1.8 didukung autofokus.

Kamera ganda Mi A2 diperkuat dual-tone LED flash untuk memotret di tempat kurang cahaya. Kombinasi kamera ganda yang diusungnya mampu menghasilkan efek blur ala kamera DSLR dengan seleksi yang lebih akurat. Tak hanya itu, kombinasi dua buah kamera Xiaomi Mi A2 ini konon mampu menghasilkan foto low-light yang lebih baik dengan teknologi 4-to-1 pixel binning, seperti yang dimiliki oleh OnePlus.

Tak hanya itu, Xiaomi Mi A2 mumpuni untuk foto selfie karena didukung kamera depan dengan resolusi 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 berukuran 1/2.8 inci ditandemkan lensa aperture f/1.8 fixed focus untuk foto selfie. Xiaomi juga menyematkan fitur Beautify 4.0 yang dilengkapi dengan AI atau kecerdasan buatan untuk foto selfie yang maksimal.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi 5 Plus: Andalkan Sensor OmniVision OV12A10

Beauty 4.0 yang diperkuat oleh AI pada Xiaomi Redmi Note 5 ini cukup menarik karena mampu menghadirkan efek beautify sesuai karakter wajah. Beberapa fitur AI Beautify 4.0 antara lain mempertirus wajah, memperbesar mata, memancungkan hidung, mencerahkan mata, memberi warna bibir, mencerahkan wajah, memberikan kontur, menghapus jerawat, memuluskan kulit, dan menghapus area gelap di bawah mata.

Smartphone Mi A2 besutan Xiaomi ini dilengkapi dengan memori internal 32GB, 64GB, atau 128GB tanpa kehadiran slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Tak hanya itu, Xiaomi juga membekali ponsel Mi A2 ini dengan baterai non-removable berkapasitas 3010mAh yang mendukung Quick Charge 3.0 untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Sampel Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Sampai saat ini belum ada sampel foto hasil jepertan kamera Xiaomi Mi A2, tetapi melihat spesifikasi kameranya yang sama persis dengan Mi 6X, kemungkinan hasilnya tak akan jauh berbeda. Berikut ini adalah sampel resmi hasil foto kamera Xiaomi Mi 6X yang bisa menjadi gambaran atau tolok ukur kamera Xiaomi Mi A2.

Harga Xiaomi Mi A2

Lalu berapa harga Xiaomi Mi A2 ini? Sampai saat ini Tuxlin Blog belum mengetahui informasi pasti mengenai berapa harga ponsel Android One kedua besutan Xiaomi. Tuxlin sendiri berspekulasi kalau harga Xiaomi Mi A2 nggak bakalan jauh berbeda jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 6X yang dibandrol mulai $210 atau sekitar Rp 3,6 juta. Jelas, kehadiran Xiaomi Mi A2 ini bakal menjadi pukulan bagi Vivo V9 RAM 6GB yang mengusung spesifikasi yang mirip dengan harga yang lebih mahal. 🙂

Anda mungkin suka:Review Kamera Honor 9 Lite: Mengejutkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here