Xiaomi Redmi 2 Diluncurkan dengan Dukungan 4G LTE, Ini Spesifikasi & Harganya

Xiaomi Redmi 2 – Halo Pembaca! Smartphone Xiaomi Redmi 2 akhirnya secara resmi diluncurkan di China dengan dukungan jaringan 4G LTE. Spesifikasi smartphone Xiaomi Redmi 2 ini tak jauh berbeda dengan bocoran yang telah beredar sebelumnya. Harga Redmi 2 ini berapa gan? Harga Redmi 2 ini nggak jauh beda dengan Redmi 1S kok, yakni USD 110 atau sekitar Rp 1,4 juta aje… Menurut Tuxlin Blog, smartphone Redmi 2 ini emang nggak nawarin peningkatan spesifikasi yang signifikan. Tapi dukungan 4G LTE dan MIUI 6 yang berbasis Android 4.4 KitKat ini membuat smartphone ini up to date dan cukup mampu bersaing di kelasnya. Penasaran? Ini tampang dan spesifikasi Xiaomi Redmi 2.

Xiaomi Redmi 2 Spesifikasi Xiaomi Redmi 2

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKat dengan antarmuka MIUI v6
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410 quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,2GHz
  • Grafis Adreno 306
  • Kamera 8 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash, aperture f/2.2, sensor OmniVision, dan lensa wide 28mm. Kamera depan 2 megapiksel.
  • Layar 4,7 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 312 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel, Dragon Trail Glass
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, 4G LTE
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 134 x 67.2 x 9.2 mm dengan berat 134 gram
  • Baterai 2200mAh

Baca juga: Ini Bocoran Tampang Xiaomi Redmi 1S Dual LTE

Tuh kan spesifikasi smartphone Redmi 2 besutan Xiaomi ini nggak jauh beda dari bocoran sebelumnya :mrgreen: Smartphone Redmi 2 ini sebelumnya disebut sebagai Redmi 2S atau Redmi 1S dual LTE, tapi akhirnya pakai nama resmi Redmi 2… 😀 Seperti yang sudah saya bahas di posting sebelumnya, smartphone Redmi 2 ini memang masih mirip dengan Redmi 1S dengan desain yang agak berbeda. Xiaomi Redmi 2 ini bentuknya lebih membulat dan ukurannya sedikit lebih kecil, serta lebih ringan dari Redmi 1S. Nggak cuma itu, posisi LED flash, lubang speaker, dan port microUSB juga mengalami perubahan jika dibandingkan sama pendahulunya.

Menurut Tuxlin Blog, spesifikasi smartphone Xiaomi Redmi 2 ini nggak mengalami peningkatan yang signifikan meski menggunakan chipset Snapdragon 410 yang notabene penerus Snapdragon 400 yang dipakai oleh Redmi 1S. Kenapa nggak signifikan gan? Dari segi kinerja, Snapdragon 410 ini nggak jauh beda sama Snapdragon 400 meski udah pakai prosesor 64-bit.

Hasil benchmark menunjukkan bahwa performa prosesor ARM Cortex-A53 64 bit (Snapdragon 410) nggak jauh beda sama ARM Cortex-A7 (Snapdragon 400), tapi nggak tau kalau pakai aplikasi 64-bit juga. Terlebih lagi, prosesor Redmi 2 ini cuma jalan di 1,2GHz, sedangkan Redmi 1S jalan di 1,6GHz. Sisi positifnya, Redmi 2 nggak bakal gampang overheat kayak Redmi 1S. Sisi negatifnya, performa Redmi 2 ini sedikit di bawah Redmi 1S, nggak percaya? Kita lihat saja review Xiaomi Redmi 2 kelak di Tuxlin Blog 😆 Smartphone Redmi 2 masih mengandalkan RAM sebesar 1GB, sama kayak pendahulunya.

Baca juga:Kata F1S Tawarkan Spesifikasi Menggoda di Harga 1,3 Juta

Xiaomi Redmi 2 2 Sektor layar, smartphone Xiaomi Redmi 2 ini masih sama persis dengan Redmi 1S dengan mengandalkan layar sentuh berukuran 4,7 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menggunakan panel IPS. memori internal Redmi 2 ini juga masih 8GB dengan dukungan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Kelebihan yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 2 ini adalah telah menggunakan MIUI 6 dengan basis Android 4.4 KitKat (update ini ditunggu pengguna Redmi 1S dan Redmi Note sampe lumutan :mrgreen: ). Kita tahu bahwa pengguna Redmi 1S masih menggunakan MIUI v5 berbasis Android 4.3 Jelly Bean dan masih sangat sabar menanti rilis update MIUI 6 yang katanya baru muncul Maret 2015 nanti… Agak kelamaan emang, keburu pengguna Redmi 1S buang hapenya dan ganti ke Redmi 2… Kamfret emang 😆

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh smartphone Xiaomi Redmi 2 ini adalah dukungan dual SIM yang mana keduanya telah mendukung jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) dengan kecepatan maksimal 150Mbps. Nggak jelas apakah kedua SIM bisa pakai 4G LTE secara simultan atau harus bergantian… Sebagai kompensasi dukungan jaringan 4G LTE, Xiaomi naikin kapasitas baterai Redmi 2 menjadi 2200mAh, lumayan naik 200mAh dari baterai Redmi 1S 😀 Sektor kamera, Xiaomi Redmi 2 ini masih sama seperti Redmi 1S dengan mengandalkan kamera belakang 8 megapiksel autofokus dengan sensor besutan OmniVision dilengkapi LED flash, lensa wide 28mm, dan aperture f/2.2. peningkatan justru terlihat di kamera depan Xiaomi Redmi 2 yang mengusung resolusi 2 megapiksel. Sebelumnya hanya 1,6 megapiksel di Redmi 1S.

Baca juga: Review Kamera Motorola Moto E, Berkekuatan 5 Megapiksel Fixed Focus

Kapan Xiaomi Redmi 2 Masuk Indonesia?

Kapan smartphone Xiaomi Redmi 2 masuk pasar Indonesia? Wah Tuxlin Blog nggak tau tuh… Itu hanya Xiaomi dan Tuhan yang tau, hahahahaha… :mrgreen: Kayaknya sih rilis smartphone Redmi 2 di luar China (termasuk Indonesia) nggak bakal lama. Sekarang kan Xiaomi udah jadi lima besar vendor smartphone di dunia, masak iya sih rilis smartphone pake acara molor nggak jelas 😀 Kita tunggu aje rilisnya gan.

Baca juga: Review Power Bank Xiaomi 10400mAh, Desain Solid & Keren!

Harga Xiaomi Redmi 2

Nah ini pertanyaan paling sensitif, yakni soal harga! 😀 Berapa harga smartphone Redmi 2? Berdasarkan informasi yang beredar, harga Xiaomi Redmi 2 ini adalah $110 atau sekitar Rp 1,4 juta di China sono… Harga Xiaomi Redmi 2 ini sama dengan harga Redmi 1S saat diluncurkan dulu. Harga Redmi 2 di Indonesia berapa gan? Belum tau, lha kapan Xiaomi Redmi 2 juga belum diketahui kok 😀 Tebakan saya sih harga Xiaomi Redmi 2 di Indonesia bakal sama dengan Xiaomi Redmi 1S, yakni Rp 1.499.000 atau paling parah naik jadi Rp 1.599.000 lah 😀 Woke, sampai di sini dulu posting mengenai Xiaomi Redmi 2, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

 


Add Comment

*