Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik

7 min read

Xiaomi Redmi Note 11 Review

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik – Halo Pembaca! Redmi Note adalah lini yang paling berkesan bagi Tuxlin Blog, mengapa? Smartphone Xiaomi pertama yang Tuxlin gunakan adalah Redmi Note generasi pertama. 😌 Saat itu spesifikasinya udah kelas dewa dengan harga wong cilik wkwkwk… Nggak berasa, sekarang lini Redmi Note sudah sampai generasi ke-11 alias Xiaomi Redmi Note 11. Kalau kalian ngikutin Tuxlin Blog, semua lini Redmi Note dari generasi pertama hingga Redmi Note 11 pernah diulas di blog ini… 😎 Kali ini Tuxlin berkesempatan membahas Xiaomi Redmi Note 11 yang udah dua minggu lebih dilakukan uji pakai.

Hal yang menarik dari Xiaomi Redmi Note 11 adalah dukungan layar Super AMOLED 90Hz yang apikl di kelasnya dan fitur yang terbilang lengkap banget! Gimana nggak? Harga 2 jutaan, kalian udah dapat speaker stereo, infrared blaster, NFC, fast charge 33W, dan banyak lagi… πŸ‘πŸΌ Soal performa, Xiaomi Redmi Note 11 ini memang bukan yang paling ngebut di kelasnya, tapi masih lumayan kenceng dengan dukungan chipset anyar Qualcomm Snapdragon 680. Nggak cuma itu, smartphone andalan Xiaomi ini tampil dengan desain yang cukup stylish, penasaran nggak? Simak Xiaomi Redmi Note 11 review oleh Tuxlin Blog kali ini! 😎

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka MIUI 13
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Quad kamera dengan kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 8 megapiksel sensor BSI 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (macro) + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 13 megapiksel, sensor BSI 1/3.1 inci 1.12um piksel, lensa 29mm aperture f/2.4, fixed focus
  • Layar sentuh Dot Display 6,43 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 409 ppi (pixel per inch), refresh rate 90Hz, 100% DCI-P3 color gamut, 16 juta warna, panel AMOLED, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 4GB atau 6GB LPDDR4X, ROM 128GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD max 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, IR Blaster, NFC, Dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), face unlock
  • Dual stereo speaker dengan sertifikasi Hi-Res Audio
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 159.9 x 73.9 x 8.1 mm dengan berat 179 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, Fast Charging 33W
  • Warna Twilight Blue, Graphite Gray, dan Star Blue

Anda dapat membeli Xiaomi Redmi Note 11 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Xiaomi Redmi Note 11

Paket Penjualan Xiaomi Redmi Note 11
  • Handset Xiaomi Redmi Note 11 4GB/128GB warna Star Blue
  • Kepala charger 33W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Screenguard (udah terpasang di layar)
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Redmi Note 11

Desain Xiaomi Redmi Note 11

Desain mungkin jadi salah satu daya tarik tersendiri pada Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini, mengapa? Smartphone ini tampil dengan konsep desain yang lebih fresh dari pendahulunya. Redmi Note 11 datang dengan desain frame flat yang kekinian dan dipadukan dengan casing belakang yang melengkung pada bagian pinggirannya, sehingga lebih nyaman digenggam. Sementara bagian depan, terdapat layar berdesain Dot Display alias punch hole dengan bezel yang cukup tipis.

Unit Xiaomi Redmi Note 11 yang Tuxlin ulas kali ini kebetulan adalah varian warna Star Blue. Sesuai namanya, caisng belakang Redmi Note 11 ini kayak terinspirasi langit biru dengan taburan janji manismu bintang… Warna casingnya itu biru pada bagian bawah dan bergradasi memudar ke atas, serta terdapat taburan glitter yang menggambarkan taburan bintang yang keren. Finishing casing belakangnya glossy, sehingga agak licin kalau tangan kita basah atau berkeringat.

Sedangkan housing kamera Xiaomi Redmi Note 11 ini agak menonjol dengan desain ring berukuran besar pada kamera utama dipadukan dengan empat lubang di bawahnya yang tersusun matrix. Oiya, Xiaomi Redmi Note 11 ini tahan cipratan air lho… Ini dibuktikan dengan sertifikat IP53 yang dikantonginya. Build quality Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini terbilang solid dan nggak berasa murahan. Berikut desain lebih detailnya.

Baca juga:Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal

Pada Xiaomi Note 11 review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar Full HD+ 2.5D berukuran 6,43 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Layar smartphone Xiaomi Note 11 udah terlindungi oleh screenguard yang terpasang dari pabrik dan udah diproteksi antigores dari Corning Gorilla Glass 3.

Tombol power yang terintegrasi dengan volume rocker dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Note 11 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas terdapat speaker grill, port audio 3,5mm, microphone, dan infrared blaster. Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Note 11 ini terdapat empat buah kamera dengan desain elegan, LED flash, dan logo Redmi. Xiaomi menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Antarmuka & Fitur Xiaomi Redmi Note 11

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 6

Kalian yang udah pernah pakai Xiaomi pasti kenal dengan antarmuka legendaris MIUI? Yoi, MIUI inilah yang dulu bikin Tuxlin Blog kesengsem sama Xiaomi. Setelah MIUI ‘terinfeksi’ iklan, jadi nggak suka lagi wkwkwk… Nah pada Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini juga pakai MIUI 13 yang berbasis Android 11. Kalau lihat track record Xiaomi, mustinya Redmi Note 11 ini bakal dapat 1x upgrade OS Android, yakni ke Android 12. πŸ€”

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 7

Kalau dilihat dari antarmukanya, kayaknya sih MIUI 13 yang digunakan Redmi Note 11 ini nggak mengalami perubahan yang signifkan dari MIUI generasi sebelumnya. Konon, Xiaomi lebih fokus mengembangkan daleman MIUI biar lebih kencang dan responsif dengan menghadirkan optimasi proseor, grafis, dan RAM hingga 40%. Nggak cuma itu, ada juga fitur Liquid Storage yang mengatur manajemen file dan mengurangi fragmentasi agar tidak terjadi penurunan performa storaga dalam jangka waktu lama.

Baca juga:Samsung Galaxy M32 Review, Masih Layak Dipilih di 2022?

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 8

Sama kayak MIUI generasi sebelumnya, kelebihan MIUI 13 yang digunakan oleh Redmi Note 11 menawarkan opsi kostumisasinya luas banget. Kita bisa ganti hampir semua elemen visual yang ada, jadi kalian nggak bakalan gampang bosen dengan antarmukanya. Jadi nggak bakal bosen deh tampa tampilan menunya. Ganti theme dan wallpaper juga tinggal download doang, praktis kan? 😌

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 9

Fitur andalan MIUI 13 di Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini antara lain Mi Remote, Floating Window, Child Mode, Do Not Disturb, Security, one handed mode, barcode scanner, Document scanner, Mi Share, NFC, Always On Display, Enterprise mode, Lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Video Toolbox, screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, Game Turbo Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing & parental control, dan banyak lagi.

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 10

Sayangnya, aplikasi bawaan yang nggak guna alias bloatware di Redmi Note 11 ini lumayan banyak. pas Tuxlin nyalain, beberapa aplikasi yangt udah terinstal adalah Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, GetApps, Amazon Shopping, Facebook, LinkedIn, NovelToon, Shopee, Lazada, PUBG Mobile Gift Box, Snack Video, Netflix, TikTok, Tokopedia, Spotify, Twitter, dan Booking.com. Tak cukup haya itu, bloatware di Redmi Note 11 ini masih ditambah game seperti Bubble Shooter With Friends, Block Puzzle Guardian, Dust Settle, Jewels Blast, State of Survival, dan Tile Fun.Β 

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 11

Secara umum, MIUI 13 yang digunakan oleh Redmi Note 11 ini menawarkan opsi kostumisasi yang lengkap, tampilan yang cakep, dan fitur yang banyak banget. Nggak cuma itu, performa MIUI 13 Tuxlin rasakan lebih responsif dibandingkan generasi sebelumnya. Sayangnya, MIUI 13 masih menampilkan iklan di aplikasi bawan yang sebenarnya cukup menyebalkan.πŸ˜…

Baca juga:Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022?

Performa Xiaomi Redmi Note 11

Performa Xiaomi Redmi Note 11

Soal kinerja, sebenarnya bukan hal yang istimewa di Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini karena ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 680 SM6225Β (6nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB atau 6GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610.

Apakah Snapdragon 680 yang digunakan oleh Redmi Note 11 ini jelek? Nggak juga sih, cuma nggak cocok buat yang mendambakan performa. Jadi Snapdragon 680 ini semacam Snapdragon 662 yang digenjot clockspeed CPU dan GPU-nya dan dipadukan dengan teknologi fabrikasi yang lebih kecil, yakni 6nm. Hasilnya? Performa Snapdragon 680 ini lebih kencang dari Snapdragon 662 dengan konsumsi daya yang sangat efisien.

Kalau dibandingkan dengan Snapdragon 678 yang digunakan oleh Redmi Note 10, jelas Snapdragon 680 ini masih kalah kencang terutama di sektor grafisnya. πŸ€” Meski demikian, kinerja smartphone Xiaomi Redmi Note 11 udah lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi, sosial media, dan gaming kasual menurut Tuxlin Blog. Selama dua minggu pakai Redmi Note 11, Tuxlin nggak ada kendala soal performa. Sistem berjalan gegas dan responsif.

Performa gaming Xiaomi Redmi Note 11 ini bagus nggak? Tuxlin lihat kinerja gaming Xiaomi Redmi Note 11 masih memadai untuk sebuah smartphone dengan harga Rp 2 jutaan, tapi bukan yang paling kencang di kelasnya. kalian masih bisa main game populer kayak Mobile Legends, COD Mobile atau PUBG Mobile dengan lancar di smartphone ini. Kalau main Genshin Impact, ya masih bisa sih tapi setting grafis ke lowest dan kalau pas adegan yang agak rame, kadang ngedrop hehehe… πŸ˜…

Soal panas kayaknya bukan masalah di Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini. Dipakai ngegame dalam waktu 1 jam aja masih berasa hangat aja, nggak panas. Penasaran dengan performa Xiaomi Redmi Note 11? Berikut hasil benchmark Xiaomi Redmi Note 11 oleh Tuxlin Blog.

Baca juga:Realme 8i Review: Jujur, Ternyata Kayak Gini…

Device Info HW

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 12

Benchmark AnTuTu v9

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 13

Benchmark Geekbench 5

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 14

Benchmark PCMark

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 15

Benchmark 3DMark

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 16

Benchmark Basemark OS II

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 17

Benchmark Androbench

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 18

Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 19

Xiaomi Redmi Note 11 Review

Xiaomi Redmi Note 11 Review

Layar

Kelebihan utama dari Xiaomi Redmi Note 11 review menurut Tuxlin adalah sektor layar dengan teknologi Super AMOLED yang ciamik degan resolusi full HD+ dengan ukuran 6,43 inci. Layarnya mampu menghasilkan warna yang menjain mata, tajam, dan warna hitamnya bener-bener pekat khas teknologi AMOLED. Apalagi kalau pakai dark mode, bisa lebih hemat daya 🧐

Nggak cuma sekadar mengandalkan teknologi AMOLED, layar Xiaomi Redmi Note 11 ini dibekali dengan refresh rate 90Hz yang bikin animasi makin smooth dan gaming makin asik. Touchscreenm cukup sensitif dan responsif. Pas Tuxlin pakai di bawah sinar matahari, layar Redmi Note 11 ini bisa diandalkan.

Baca juga:Sharp Aquos Sense 4 Plus Review, Smartphone Waterproof Resmi Termurah

Audio

Hal yang menarik dari Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini adalah hadirnya speaker stereo yang juga sudah dimiliki oleh pendahulunya. Kualitas suara speaker stereo di smartphone ini sebenernya nggak ada yang istimewa sih, tapi volume suara yang dihasilkan cukup nyaring. Karakternya didominasi treble dan mid, tapi nggak berasa cempreng.

Kelebihan speaker stereo adalah menghasilkan efek perpindahan suara dari channel kanan ke kiri atau sebaliknya yang bikin pengalaman audio lebih imersif, serta lebih bertenaga. Kalian juga bisa dengerin musik di Xiaomi Redmi Note 11 melalui slot audio 3,5mm yang disediakan. Kualitas suara musik melalui headset lumayan solid, balance, dan dukung Hi-Res Audio, kece kan? πŸ‘πŸΌ

Memori

Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik 20

Pada Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 99,18GB. Sedangkan free RAM smartphone layar apik berdesain ciamik ini rata-rata 1,4 – 1,6GB. Smartphone Xiaomi Redmi Note 11 ini mendukung USB OTG melalui port USB Type-C dan tersedia slot microSD (dedicated) buat pengguna yang pengen ekspansi ruang penyimpanan.

Baterai

Hal yang membuat Tuxlin terkejut di Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini adalah daya tahan baterainya yang awet banget! Sebenarnya sih masih kayak pendahulunya yang pakai baterai berkapasitas 5000mAh, tapi daya tahannya mumpuni! Penggunaan sosial media intensif non gaming, Redmi Note 11 ini bisa tahan 1,5 hari dan bahkan sering juga sampe 2 hari πŸ˜ŽπŸ‘πŸΌ

Daya tahan baterai Xiaomi Redmi Note 11 yang andal ini kayaknya nggak lepas dari penggunaan chipset Snapdragon 680 yang udah pakai fabrikasi 6nm yang efisien konsumsi dayanya. Smartphone ini dibekali dengan fitur fast charge 33W yang mana berdasarkan pengalaman Tuxlin, bisa mengisi daya baterai dari 10% hingga penuh dalam waktu satu jam saja, ngebut kan? 🀩

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 11 ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS juga lumayan cepet dan akurasinya oke. Sensor sidik jarinya yang lokasinya di samping ponsel dan terintegrasi dengan tombol power ini cukup sensitif dan jarang salah deteksi. Yah bisa diandalkan lah…

Oiya, salah satu hal yang menarik daru Xiaomi Redmi Note 11 review kali ini adalah hadirnya fitur NFC (Near Field Communications). Warga ibukota yang sering pakai KRL, MRT, dan jalan tol pasti butuh fitur NFC ini untuk topup dan update saldo e-money. Selain itu sebenarnya banyak kok fungsi dari NFC, sepert transfer file, pairing ke speaker Bluetooth yang udah NFC, dan sebagainya.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Redmi Note 11 adalah salah satu smartphone dengan harga 2 jutaan yang sangat kompetitif dan layak dipertimbangkan. Redmi Note 11 tak hanya tampil stylish, tetapi juga didukung dengan performa memadai, kamera andal, fitur lengkap, dan baterai tahan lama dengan harga yang cukup agresif.

Kekurangan utama Xiaomi Redmi Note 11 ini adalah iklan yang muncul di MIUI dan tidak bisa merekam video 4K, hanya mentok di resolusi full HD. Kalau kalian nggak masalah dengan kekurangan ini, Tuxlin rasa Xiaomi Redmi Note 11 bakal jadi pilihan yang tepat. πŸ‘πŸΌ

Hasil foto kamera Xiaomi Redmi Note 11 lihat di sini: Review Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Berkekuatan 50MP, Bagus Nggak?

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 11

  • Layar AMOLED 90Hz yang aplik di kelasnya
  • Kamera utama bisa diandalkan
  • Fitur lengkap
  • Baterai andal dan fast charge

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 11

  • Nggak bisa rekam video 4K
  • Performa GPU masih kalah dari Redmi Note 10
  • Iklan di MIUI agak mengganggu

Anda mungkin suka:Xiaomi 11T Review: Kata Siapa Nggak Mengigit?


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.