Asus Zenfone Live L1: Smartphone Kekinian untuk Sejuta Umat

Asus Zenfone Live L1: Smartphone Kekinian untuk Sejuta Umat – Asus Indonesia tampaknya tengah bersemangat menggempur pasar smartphone tanah air. Setelah sukses mengobrak-abrik segmen menengah melalui Zenfone Max Pro M1, kemudian dilanjutkan membombardir segmen premium melalui Zenfone 5 dan Zenfone 5z, kini giliran segmen entry-level. Asus tidak melupakan pasar low-end yang merupakan segmen paling gemuk dengan persaingan yang cukup berdarah-darah melalui seri Zenfone Live L1!

Di acara yang sama dengan peluncuran Zenfone 5 series, Asus juga memperkenalkan Zenfone Live L1 yang mengusung tagline Real Full View For Everyone alias smartphone dengan layar kekinian untuk sejuta umat! Harga yang ditawarkan oleh smartphone Asus Zenfone Live L1 ini sangat menggiurkan gaes, penasaran? Berikut ulasan singkat oleh Tuxlin Blog!

Asus Zenfone Live L1

Spesifikasi Asus Zenfone Live L1

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 308
  • Kamera belakang 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, aperture f/2.0, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, aperture f/2.2
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksels, kerapatan 245 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS TFT LCD
  • Memori RAM 2GB atau 3GB, ROM 16GB atau 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, Fac Unlock, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 147.2 x 71.77 x 8.15 mm dengan berat 140 gram
  • Baterai 3000mAh, non removable
  • Warna Midnight Black, Shimmer Gold, Rose Pink dan Space Blue

Harga Asus Zenfone Live L1

Tak berlebihan jika Tuxlin Blog menyebut Asus Zenfone Live L1 ini sebagai smartphone kekinian untuk sejuta umat karena dijual dengan harga hanya Rp 1.299.000 (flash sale) atau harga normal Rp 1.399.000 untuk varian 2GB/16GB. Sedangkan harga Asus Zenfone Live L1 varian 3GB/32GB dibandrol Rp 1.699.000. Flash sale perdana digelar secara eksklusif melalui toko online JD.id pada 31 Mei 2018 mendatang.

Baca juga:Asus Zenfone 5z ZS620KL, Smartphone Snapdragon 845 Termurah di Indonesia!

Asus Zenfone Live L1, Smartphone Sejuta Umat

Masih ingat dengan Zenfone Live yang pernah Tuxlin Blog review? Yoha, kini sudah keluar penerusnya melalui seri Zenfone Live L1. Smartphone ini menawarkan peningkatan spesifikasi yang signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya gaes! Asus Zenfone Live L1 hadir dengan spesifikasi kekinian dengan layar aspek rasio 18:9 dan dibalut dengan casing polikarbonat unibody. Penampilan fisik Zenfone Live L1 tampak sederhana, tetapi cukup solid.

Asus membekali ponsel 4G LTE Zenfone Live L1 ini dengan layar berukuran 5,5 inci dengan dimensi setara ponsel dengan layar 5 inci yang didukung resolusi HD+ 1440 x 720 piksel dengan aspek rasio 18:9 yang menawarkan kerapatan 245 ppi (pixel per inch). Layar ponsel ini menggunakan panel IPS LCD (In-Plane Switching) kapasitif LCD, serta tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass.

“Pada 2017 lalu kami sudah merilis ZenFone Live untuk pecinta gadget di Indonesia. Kini generasi baru ZenFone Live hadir dengan desain dan penampilan baru, yang telah disesuaikan dengan ciri serta identitas kaum muda yang penuh semangat dan bergelora,” kata kata Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia.

Asus Zenfone Live L1

Sektor perangkat lunak atau software, smartphone Asus Zenfone Live L1 ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan balutan antarmuka Zen UI 5.0 yang cukup menarik dengan fitur yang terbilang kaya. meski tak dibekali sensor sidik jari, smartphone murah mediah ini sudah dibekali dengan fitur canggih Face Unlock.

“Dengan ukuran layar 5,5 inci namun dibungkus dalam bodi hanya 5 inci saja, ZenFone Live L1 akan menjadi patner sehari-hari yang pas di setiap momen. Apalagi ia punya tingkat kecerahan layar mencapai 400 nits.”

“Face unlock saat ini semakin booming dan belakangan nyaris selalu ada pada smartphone kekinian yang diluncurkan dan diusung sebagai salah satu fitur yang diandalkan. ASUS pun tidak ingin ketinggalan menghadirkan fitur tersebut bahkan untuk smartphone paling terjangkau yang kami miliki seperti ZenFone Live L1 ini,” tambah Galip.

Baca juga:Asus Zenfone 5 ZE620KL Diperkenalkan, Kamera Pintar dengan Desain Cantik

Kamera Asus Zenfone Live L1 cukup kompetitif menurut Tuxlin Blog dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piiksel dilengkapi fitur phase-detection autofokus yang yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 dan didukung LED flash untuk memotret di tempat kurang cahaya.

Kamera depan smartphone Asus Zenfone Live L1 ini juga mumpuni dengan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI, serta berlensa wide angle dengan aperture f/2.4 untuk foto selfie dan video call. Ponsel ini hadir dengan itur BeautyLive yang sudah menjadi unggulan sejak Zenfone Live generasi pertama.

Performa yang ditawarkan oleh Asus Zenfone Live L1 ini menurut Tuxlin Blog cukup bersaing untuk kelas entry-level dengan mengandalkan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB atau 3GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G LTE ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 308.

Ponsel Zenfone Live L1 besutan Asus dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 16GB atau 32GB dan dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB. Beruntung, slot yang disediakan adalah triple slot atau dedicated slot, jadi nggak bingung milih dual SIM atau single SIM + microSD. Asus Zenfone Live L1 ini dibekali baterai berkapasitas 3000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

“Baterai ZenFone Live L1 lebih besar dibandingkan generasi ZenFone Live sebelumnya yang 2.650mAh. Ini menjadikan ZenFone Live generasi terbaru mampu bertahan sepanjang hari ditengah padatnya aktivitas pengguna,” kata Galip.

Ada beberapa teknologi utama pada fitur audionya yakni, dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master. Dual microfon, berfungsi untuk meminimalkan noise yang terjadi pada saat melakukan live streaming. Lubang mic ditempatkan di bawah berdekatan dengan grill speaker.

Baca juga:Asus Zenfone 5Q ZC600KL, Smartphone Empat Kamera Hadir di Indonesia

Pada ZenFone Live L1, speaker bertenaga dengan desain 5 magnet dan metal voice coil akan memproduksi audio yang keras dan jernih serta kualitas sangat baik di setiap skenario. Speaker ini juga dilengkapi dengan smart amplifier yang dapat meningkatkan kekuatan suara serta resolusi audio tanpa suara terdengar pecah.

“Dengan kombinasi tersebut, ZenFone Live L1 mampu menghadirkan audio hingga 67 persen lebih keras dibanding smartphone lain di kelasnya. Selain itu, kombinasi keduanya mampu memperluas reproduksi suara frekuensi rendah hingga 17 persen dan mengurangi distorsi hingga 15 persen,” pungkas Galip.

Anda mungkin suka:Benchmark Asus Zenfone Max Pro M1 ZB602KL: Kencang Bertenaga Snapdragon 636!


Add Comment

*