Meizu M6S, Smartphone 2 Juta-an Berotak Samsung Exynos Pesaing Redmi 5!

0

Meizu M6S, Smartphone 2 Juta-an Berotak Samsung Exynos 7872 – Setelah sebelumnya beberapa kali muncul bocorannya di internet, akhirnya smartphone Meizu M6S secara resmi diperkenalkan. Sesuai bocoran informasi sebelumnya, Meizu M6S adalah smartphone harga 2 juta-an yang diotaki oleh Samsung Exynos 7872 yang generasi baru yang mengusung prosesor hexa-core, keren kan?

Melihat harga dan spesifikasinya, Meizu M6S ini bakal menjadi pesaing tangguh Xiaomi Redmi 5! Nggak cuma itu gaes, Meizu M6S ini juga merupakan smartphone kekinian yang udah mengadopsi layar penuh atau full screen dengan aspek rasio 18:9. Hal yang unik dari Meizu M6S adalah penempatan sensor sidik jari pada sisi samping ponsel. Penasaran? Berikut sedikit ulasan smartphone Meizu M6S oleh Tuxlin.

Meizu M6S, Smartphone 2 Juta-an Berotak Samsung Exynos 7872

Mengenal Lebih Dekat Meizu M6S

Jika melihat tampang atau desain fisik Meizu M6S, sebenarnya nggak ada yang istimewa. Gaya desainnya masih nggak jauh berbeda dengan ponsel Meizu lain seperti seri M5 Note dan M6 Note. Tampilan layar penuh pada sisi depan membuatnya tampil lebih kekinian. 😎 Ponsel Meizu M6S berdasarkan informasi yang Tuxlin himpun dibalut dengan casing metal unibody dipadukan dengan layar berkontur 2,5D.

Penggemar Meizu pasti saat ini heran, dimana letak tombol navigasi unik mBack yang biasanya terdapat di bawah layar? Pada ponsel Meizu M6S, mBack diganti dengan Super mBack yang berupa sebuah on-screen button yang berada di sisi bawah. Super mBack juga bisa diganti dengan on-screen button ala Android stock jika dirasa terlalu rumit.

Baca juga:Xiaomi Redmi 5 & Redmi 5 Plus Diperkenalkan, Usung Layar Penuh

Spesifikasi Meizu M6S yang membidik pasar kelas menengah cukup bersaing dengan mengandalkan  layar sentuh berukuran 5,7 inci 2.5D Full Screen 18:9 dengan resolusi HD+ 720 x 1440 piksel yang menawarkan kerapatan 282 ppi (pixel per inch). Layar ponsel ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD yang tajam dan memiliki sudut pandang luas.

Meizu M6S

Sayangnya nih, Meizu M6S ini nggak dibekali dengan proteksi antigores semacam Gorilla Glass atau AGC Dragontrail. 🙁 Smartphone ini masih mengandalkan OS Android 7.0 Nougat dengan antarmuka Flyme OS 6.2. Nggak ada informasi apakah Meizu M6S bakal dapat jatah upgrade ke Android 8.0 Oreo atau nggak. Kayaknya sih nggak dapet. 😆

Performa mungkin menjadi salah satu keunggulan utama Meizu M6S karena ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 7872 generasi baru yang mengusung prosesor hexa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,6GHz dan dual-core ARM Cortex-A73 2,2GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB. Sedangkan sektor grafis, Meizu mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G71 MP3.

Melihat spesifikasi SoC Samsung Exynos 7872 ini, Tuxlin Blog yakin performanya bakal setara atau mungkin lebih kencang dari Qualcomm Snapdragon 625/630. Nggak cuma itu, Exynos 7872 ini diproduksi dengan teknologi manufaktur 14nm, sehingga bakal efisien dalam hal konsumsi daya. 🙂

Baca juga:Menjajal Xiaomi Redmi 5A: Kayak Gini Hasil Foto Hape Harga 999 Ribu

Kemampuan kamera Meizu M6S ini terdengar biasa saja, tetapi setidaknya mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Ponsel ini mengandalkan kamera belakang berkekuatan 16 megapiksel dengan sensor BSI CMOS yang didukung fitur phase-detection autofokus yang ditandemkan dengan lensa aperture f/2.0, serta diperkuat LED flash untuk memotret di tempat kurang cahaya. Meizu M6S ini juga dipersenjatai dengan kamera depan 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa aperture f/2.0 fixed focus untuk foto selfie dan video call.

Pabrikan asal Tiongkok yang belum lama ini meluncurkan seri M6 Note ini membekali Meizu M6S dengan memori internal berkapasitas 32GB atau 64GB yang dapat diperluas melalui slot microSD hingga maksimal 128GB hybrid slot untuk menampung data dan aplikasi milik pengguna. Tak ketinggalan, fitur sensor sidik jari juga disertakan di Meizu M6S dan terletak di samping ponsel.

Meizu M6S juga dibekali dengan fitur One Mind engine yang diklaim mampu meningkatkan kinerja dan mengefisienkan konsumsi daya. Ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh non-removable yang didukung fitur fast charging 18W yang mampu mengisi daya hingga 52% dalam waktu 30 menit saja. 😎

Ketersediaan & Harga Meizu M6S

Smartphone canggih Meizu M6S yang diotaki prosesor Samsung Exynos ini mulai dijual ke pasar 19 Januari 2018 mendatang di China. Sampai artikel ini Tuxlin Blog turunkan, belum ada informasi apakah Meizu M6S akan dirilis secara global dan masuk pasar Indonesia atau tidak. Harga Meizu M6S terbaru berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun adalah $155 atau sekitar Rp 2 juta untuk varian 32GB. Sedangkan harga Meizu M6S varian 64GB lebih mahal, yakni $186 atau sekitar Rp 2,4 juta.

Spesifikasi Meizu M6S

  • Sistem Operasi Android 7.0 Nougat dengan antarmuka Flyme OS 6.2
  • Chipset Samsung Exynos 7872 dengan prosesor hexa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,6GHz dan dual-core ARM Cortex-A73 2,2GHz
  • Grafis Mali-G71 MP3
  • Kamera 16 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.0, dual-tone LED flash. Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI, aperture f/2.0, fixed focus
  • Layar sentuh 5,7 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1440 piksel, kerapatan 282 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB atau 64GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi – mm berat – gram
  • Baterai 3000mAh non-removable, fast charging
  • Warna Black, Silver, Gold, dan Blue

Anda mungkin suka:Harga Xiaomi Mi A1 Android One Turun, Kini Hanya 3 Juta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here