Samsung Galaxy J7 Duo: Kamera Ganda Bertenaga Exynos

Samsung Galaxy J7 Duo: Kamera Ganda Bertenaga Exynos – Halo Pembaca! Samsung belum lama ini telah memperkenalkan secara global ponsel Galaxy J7 Duo yang dibekali dengan kamera ganda pada sisi belakang. Eeehhh nggak lama kemudian malah udah dibuka pre-order di Indonesia melalui toko online BliBli 3 – 9 Mei 2018 dan mulai dikirim ke alamat pemesan 14 Mei 2018 dengan harga yang menurut Tuxlin Blog agak kurang kompetitif. Saat ini kamera ganda memang masih menjadi tren smartphone masa kini, mulai dari kelas flagship hingga segmen entry-level.

Samsung memang sudah memiliki lini kamera ganda di kelas flagship dan disusul Galaxy J7 Plus di segmen menengah. Kini Pabrikan asal Korea Selatan ini mencoba menggebrak pasar kelas menengah dengan smartphone berkamera belakang ganda melalui Samsung Galaxy J7 Duo, apakah berhasil? Berikut ini ulasan singkat mengenai Samsung Galaxy J7 Duo oleh Tuxlin Blog!

Samsung Galaxy J7 Duo

Samsung Galaxy J7 Duo

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Duo

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Samsung Exynos 7870 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,6GHz
  • Grafis Mali-T830 MP1
  • Dual kamera 13 megapiksel + 5 megapiksel, sensor BSI, autofokus, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/1.9 dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor BSI, lensa aperture f/1.9
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 282 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super AMOLED
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 153.5 x 77.2 x 8.2 mm dengan berat 174 gram
  • Baterai 3000mAh non-removable
  • Warna Gold, Blue, dan Black

Harga Samsung Galaxy J7 Duo Rp 3.699.000

Mengenal Lebih Dekat Samsung Galaxy J7 Duo

Smartphone Samsung Galaxy J7 Duo ini hadir dengan desain yang tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan jajaran ponsel Samsung lainnya. Bentuk dan lekukan sudut smartphone Galaxy J7 Duo ini khas besutan Samsung. Sisi belakang terlihat dua buah kamera belakang yang tersusun secara vertikal terlihat cukup mencolok. Berbeda dengan kebanyakan ponsel masa kini yang dibalut dengan casing unibody dan menggunakan baterai tanam, Samsung Galaxy J7 Duo ini malah casing belakangnya bisa dibuka dan dilepas baterainya. Beberapa pengguna memang masih menyukai desain seperti ini dengan alasan kemudahan mengganti baterai.

Informasi yang sudah Tuxlin Blog sampaikan sebelumnya, Samsung Galaxy J7 Duo ini didukung layar sentuh melengkung 2.5D berteknologi panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang memukau dengan kerapatan mencapai 267 piksel per inci. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores pada layar ponsel terbaru Samsung ini.

Baca juga:Asus Zenfone Max Pro M1 ZB602KL: Xiaomi Redmi Note 5 Killer?

Sisi kamera menjadi keunggulan utama dari smartphone ini karena Samsung membekali Galaxy J7 Duo dengan kamera belakang ganda yang berkekuatan 13 megapiksel + 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.06 inci ditandemkan dengan lima elemen lensa aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash.

Samsung Galaxy J7 Duo

Kombinasi kamera ganda pada Galaxy J7 Duo ini mampu menghasilkan efek bokeh ala kamera DSLR yang dapat disesuaikan melalui fitur Live Focus. Samsung juga membekalinya dengan fitur AR Sticker yang menarik. Samsung Galaxy J7 Duo didukung kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan aperture f/1.9 yang didukung LED flash untuk mengakomodasi foto selfie.

Kinerja yang dihasilkan smartphone Samsung Galaxy J7 Duo ini bisa dikatakan sangat standar untuk smartphone masa kini karena hanya mengandalkan chipset Samsung Exynos 7870 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit berkecepatan 1,6GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, serta diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T830 MP1. Agak disayangkan karena Samsung tidak menggunakan Exynos yang lebih baru seperti Exynos 7885 misalnya.

Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka TouchWiz UI khas Samsung. Ponsel 4G LTE kelas menengah ini didukung baterai berkapasitas 3000mAh tanpa kehadiran fitur fast charging untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Samsung juga membekali Galaxy J7 Duo dengan memori internal 32GB yang didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB dedicated slot, sehingga pengguna tidak perlu galau memilih dual SIM atau single SIM + microSD, karena bisa menggunakan ketiganya sekaligus.

Baca juga:Harga dan Spesifikasi Vivo Y71, Resmi Dijual di Indonesia

Samsung Galaxy J7 Duo Kompetitif?

Apakah smartphone Samsung Galaxy J7 Duo yang mengandalkan kamera ganda ini bakalan kompetitif? Melihat harganya yang mencapai Rp 3,7 juta, Tuxlin Blog ngakak aja hehehe… Masak iya kita beli smartphone harga tiga juta lebih cuma dapat layar HD 720p? 😆 Boleh lah pakai Super AMOLED yang gonjreng-gonjreng itu. Lah bandingkan saja hape murah meriah saja kayak Redmi 5 Plus, Genpro Z, dan Asus Zenfone Max Pro M1 layarnya udah pada full HD! 😎

Sektor kinerja, Samsung Galaxy J7 Duo yang beredar di Indonesia ini tampaknya masih menggunakan SoC Samsung Exynos 7870 yang bisa dikatakan sebagai chipset uzur zaman purbakala! 😆 Ini merujuk situs resmi Samsung yang hanya menyebutkan kecepatan prosesor 1,6GHz. Padahal Samsung punya Exynos yang lebih baru, lebih kencang, dan lebih efisien konsumsi dayanya, yakni Exynos 7885 yang dipakai Galaxy A8 series, kenapa gak pakai itu aja? 🙄

Kamera ganda mungkin menjadi daya tarik Samsung Galaxy J7 Duo ini. Namun, smartphone murah seperti Asus Zenfone Max Pro M1 yang harganya mulai Rp 2,2 juta saja udah punya fitur itu. 😛 Seri Galaxy J7 Duo ini tampaknya mengandalkan nama besar Samsung yang saat ini adalah penguasa pasar smartphone. Yah namanya penguasa pasar, bebas mah kalau mau kasih harga. 😆 Jadi layak beli? Yah jelas layak, buat fans Samsung. Kalau pengguna normal, mending pilih yang lain hehehe… 😆

Anda mungkin suka:Benchmark Xiaomi Redmi 5 Plus: Smartphone Kekinian Bertenaga!


Add Comment

*