Categories
Berita

Serba-Serbi Harbolnas yang Penting Diketahui

Serba-Serbi Harbolnas yang Penting Diketahui – Halo Pembaca! Menjelang akhir tahun, ada event belanja online yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Tidak lain adalah Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang jatuh pada 12 Desember setiap tahun. 

Event Harbolnas ini tidak hanya diisi dengan diskon yang menggiurkan hingga 99%, tapi juga flash sale, dan lelang pada jam-jam tertentu. Anda sendiri sudah berapa kali mengikuti perburuan barang di Harbolnas? 

Harbolnas

Dari perburuan tersebut, apakah Anda mengetahui serba-serbi berikut ini? Info menarik yang bisa saja berguna saat mengikuti Harbolnas tahun ini. Di antaranya :

Awal Mula Harbolnas

Harbolnas pertama kali diadakan pada tanggal 12 Desember 2012. Awalnya bermula pada angka yang cantik dan keinginan untuk meningkatkan angka penjualan. Pada saat itu hanya ada 7 ecommerce yang berpartisipasi. 

Melihat minat masyarakat dan keuntungan besar yang berhasil diraup, kini sudah ada lebih dari seratus e-commerce yang berpartisipasi. Bahkan online shop di media sosial pun turut serta memeriahkan Harbolnas.

Fakta Seru Seputar Harbolnas

Sejumlah e-commerce mengklaim bahwa angka penjualannya meningkat pada periode Harbolnas. Pada tahun 2018, jumlahnya meningkat 3 kali lipat dibandingkan penjualan harian. Serta, 5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan Harbolnas tahun 2017.

Mau tahu produk di bidang apa saja yang paling diincar oleh masyarakat? 

Pada tahun 2018, peringkat pertama diduduki oleh produk kebutuhan rumah tangga. Kemudian diikuti oleh produk smartphone, aneka gawai, produk ibu & anak, kesehatan, kosmetik, dan fashion.

Sedangkan ecommerce yang paling banyak digunakan masyarakat untuk berburu barang saat Harbolnas 2018 adalah Shopee, Tokopedia, dan JD.ID. Penyelenggaraan Harbolnas ini juga berhasil meningkatkan penggunaan transaksi mobile money yang tengah digencarkan oleh sejumlah pihak.

Selain e-commerce, pihak penyedia jasa pengiriman barang juga kecipratan untung. Saking banyaknya yang perlu dikirim, para pembeli terpaksa menunggu kedatangan barang Harbolnas hingga awal Januari 2019.

Promo yang Paling Umum Diberikan

Beda e-commerce, beda pula promo-promo yang diberikan. Tapi yang paling umum adalah promo potongan harga. Ada juga yang membagikan voucher gratis ongkos kirim. Tidak lupa ada momen flash sale gila-gilaan, yang bisa membuat barang jutaan rupiah hanya dibeli dengan harga dibawah Rp10 ribu. 

Bagi pengguna mobile money, beberapa ecommerce tidak segan memberikan cashback dalam nominal fantastis. Jika ingin lebih hemat lagi, Anda bisa melakukan transaksi di ecommerce melalui ShopBack. Aplikasi ini akan memberikan cashback untuk setiap transaksi yang dilakukan. Pada saat Harbolnas, nominal cashback-nya tidak kalah fantastis dari ecommerce lain.

Tips Jitu Mendapatkan Barang Incaran Saat Harbolnas

Harga barang yang murah meriah tentu diburu banyak orang, alias banyak pesaing. Supaya tidak kehabisan, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Mulailah dengan menuliskan daftar barang yang diincar. Pastikan memprioritaskan kebutuhan, agar keuangan tetap stabil. 

Lalu perhatikan syarat dan ketentuan mengenai promo Harbolnas pada masing-masing e-commerce. Misalnya metode pembayaran yang berlaku hingga pembatasan jumlah pembelian. 

Selanjutnya, siapkan gadget dan internet yang kencang. Waktu terbaik untuk berbelanja saat Harbolnas adalah jam 09.00 hingga 11.00. Jika ada promo khusus pada jam-jam tertentu, pasanglah alarm.

Hati-hati Penipuan Selama Harbolnas

Ecommerce yang menyelenggarakan Harbolnas tidak akan menipu Anda, yang perlu diwaspadai adalah pemilik merchant nakal pada ecommerce tersebut. Beberapa modus penipuan yang umum ditemukan adalah penjualan barang palsu. 

Ada juga pemilik merchant yang sengaja menaikkan harga barang menjelang Harbolnas. Dengan begitu mereka bisa meraup keuntungan besar. Pernah lihat harga pampers mencapai jutaan rupiah saat Harbolnas? 

Setelah didiskon 99%, harganya malah sama seperti harga normal. Bahkan ada yang harganya lebih mahal dibandingkan harga normal meski sudah didiskon. Jadi, sebaiknya cari tahu harga asli suatu barang terlebih dahulu. 

Untuk mendapatkan barang yang berkualitas tinggi dan original, sebaiknya lakukan transaksi pada merchant official. Apabila terpaksa membeli barang di merchant biasa, biasakan untuk membaca ulasan pembeli dan reputasi mereka. Jangan lupa baca syarat dan ketentuan yang berlaku.Nah, apakah Anda sudah siap untuk berburu barang di Harbolnas tahun ini? Yuk, mulai siapkan daftar belanjaan dan siapkan budget, supaya transaksi Harbolnas lebih lancar!

By Tuxlin

Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.

Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *