5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan agar Helm Tetap Nyaman dan Aman saat Digunakan!

0

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan agar Helm Tetap Nyaman dan Aman saat Digunakan! – Dengan adanya helm dapat melindungi kepala kamu dari benturan yang tidak diinginkan ketika mengendarai sepeda motor. Oleh sebab itu, merawat helm sudah menjadi kewajiban bagi pengendara motor supaya tetap prima dan nyaman digunakan.

Tak jarang bagi pemilik helm acuh untuk merawatnya karena tidak ada waktu luang dan harga helm yang murah membuat banyak orang lebih sering menyepelekan untuk merawatnya. Padahal kepala menjadi bagian utama yang perlu dilindungi, jika helmnya tidak nyaman pasti akan mengganggu konsentrasi kamu. Nah, disini kami akan memberikan cara merawat helm supaya lebih awet, tahan lama dan tentunya nyaman digunakan. Yuk, langsung saja simak caranya di artikel ini!

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan agar Helm Tetap Nyaman dan Aman saat Digunakan! 1
Sumber : nandaabiz.com

1. Menjaga kebersihan helm

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan agar Helm Tetap Nyaman dan Aman saat Digunakan! 2
Sumber : terasbiker.com

Cara ini merupakan perawatan yang wajib dilakukan oleh sang pemilik helm. Kamu harus memastikan kebersihannya setelah dan sebelum menggunakannya. Ketika menggunakannya pada saat musim hujan pasti banyak debu maupun kotoran yang menempel pada bagian kaca. Oleh sebab itu, kamu perlu membersihkanya supaya tidak mengganggu penglihatan. Pastikan kondisi rambut kering saat ingin menggunakan helm, karena rambut basah akan mengakibatkan helm menjadi bau tak sedap dan kepala terasa pengap.

2. Menjaga helm tetap kering

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan agar Helm Tetap Nyaman dan Aman saat Digunakan! 3
Sumber : verzamalang.net

Menggunakan helm saat musim hujan biasanya akan menjadi basah entah bagian luar maupun dalam. Apalagi saat kamu memarkirkan motor pada tempat parkiran yang tidak ada atapnya, pasti helm akan basah kuyup terkena air hujan. Kamu harus cepat-cepat mengeringkannya supaya tidak bau dan tumbuh jamur di dalamnya. Caranya mudah kok, kamu hanya perlu melepas busa helm dan tinggal di angin-anginkan. Tetapi jika kamu memiliki hairdryer, bisa menggunakanya agar proses pengeringannya akan lebih cepat.

3. Perhatikan tempat penyimpanan helm

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan agar Helm Tetap Nyaman dan Aman saat Digunakan! 4
Sumber : katuju.id

Kamu tidak boleh asal menyimpan helm di sembarang tempat. Hindari tempat lembab untuk menyimpan helm karena akan mengakibatkan timbulnya jamur dan bakteri jahat. Jangan menyimpan helm pada tempat yang langsung terpapar sinar matahari, karena akan merusak catnya. Sebab itu, tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung sangat cocok untuk menyimpan helm.

4. Pewangi helm

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan agar Helm Tetap Nyaman dan Aman saat Digunakan! 5
Sumber : asmarantaka.wordpress.com

Supaya helm tetap nyaman dan tidak bau ketika dikenakan, pengharum khusus helm wajib kamu miliki untuk mengatasi hal tersebut. Pastikan kamu memilih jenis parfum yang sudah dilengkapi dengan cairan pencegah tumbuhnya bakteri dan jamur pada helm kamu.

5. Rutin mencucinya

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan agar Helm Tetap Nyaman dan Aman saat Digunakan! 6
Sumber : jurnal.maskoolin.com

Dengan rutin mencuci helm juga dapat mencegah bau dan mampu menghilangkan bakteri pada helm kamu. Ada dua pilihan dalam mencuci helm, kamu bisa memilih untuk mencucinya sendiri atau menggunakan jasa pencucian. Jika kamu memilih mencucinya sendiri pastikan cuci pada bagian busa-busanya sampai bersih dengan menggunakan sabun.

Jika terdapat noda membandel pada busa jangan sampai kamu menggosoknya menggunakan sikat terlalu keras, karena hal ini akan membuat busa menjadi kusut bahkan rusak. Setelah selesai jangan pasang busanya dulu tetapi kamu harus mengeringkannya sampai benar-benar kering. Nah, setelah itu kamu tinggal memasang busa dan lainnya deh.

Itulah, 5 cara merawat helm yang bisa kamu terapkan sendiri dirumah. Karena salah satu perlengkapan utama bagi pengendara sepeda motor adalah Helm. Tak hanya satu, bahkan kini helm memiliki banyak jenis mulai dari helm full face, helm half face dan lainnya. Pastinya dengan mengenakan helm yang bersih akan membuat kamu nyaman dan aman ketika berkendara. Selamat mencoba, guys!

Anda mungkin suka:Review Kamera Vivo Y17: Ternyata Begini Kualitas AI Triple Camera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here