Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Baseus Encok WM01 Review: Harga Terjangkau, Bagus Nggak?

4 min read

Baseus Encok WM01 Review: Harga Terjangkau, Bagus Nggak? 1

Baseus Encok WM01 Review: Harga Terjangkau, Bagus Nggak? – Halo Pembaca! Lagi butuh headset TWS (True Wireless Stereo) untuk sekadar dengerin musik dan harganya nggak bikin kantong kering? Cobain deh Baseus Encok WM01 ini! Harganya cukup terjangkau, yakni cuma 100 ribuan aja. jadi ngak perlu nunggu gajian buat angkut TWS satu ini. Eh tapi dengan harga murah meriah gini, kualitasnya gimana? πŸ€”

Nah berhubung Tuxlin Blog penasaran, makanya langsung beli satu unit TWS Baseus Encok WM01 buat dicobain. TWS dengan harga terjangkau ini dipersenjatai dengan driver berukuran 8mm yang menggunakan teknologi PU Compsite Membrane yang konon bikin suara bass makin mantap. Fitur yang tersedia di TWS Baseus Encok WM01 ini emang terbatas gaes, nggak ada Google Fast Pair atau dukungan codec AAC. Ya maklum, harga terjangkau. Penasaran nggak nih? Berikut Baseus Encok WM01 review oleh Tuxlin Blog!

Baseus Encok WM01 Review: Harga Terjangkau, Bagus Nggak? 2

Spesifikasi Baseus Encok WM01

  • Merk Baseus
  • Model: Encok WM01
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset –
  • Tipe driver 8mm dinamis (PU Composite Membrane)
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 102Β±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Baterai Earbuds: 40 mAh; Charging case: 300 mAh
  • Berat Earbud: 4g; With charging case: 34,5g
  • Dimensi Earbud: 20 mm x 25 mm; Charging case: 30 mm x 43 mm x 43 mm
  • Warna Green, Yellow, Pink, Purple, Black, dan White

Harga Baseus Encok WM01

Bagi pembaca Tuxlin Blog yang minat pengen beli TWS Baseus Encok WM01 ini, harganya lumayan terjangkau dan nggak bikin kantong kempes! 😌 Harga terbaru Baseus Encok WM01 pas artikel ini ditulis adalah Rp 179.000 aja. Kalau pas promo, bisa lebih murah lagi.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru TWS Baseus Encok WM01Β di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Baseus Encok WM01

Baseus Encok WM01 Review: Harga Terjangkau, Bagus Nggak? 3
  • Headset TWS Baseus Encok WM01 warna Black
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Desain Baseus Encok WM01

Ngomongin soal desain, TWS Baseus Encok WM01 ini lumayan cakep kok. Nggak terlalu menonjol karena ukuran charging case-nya itu imut banget. Berdasarkan informaso yang Tuxlin Blog himpun, TWS Baseus Encok WM01 ini tersedia dalam beberapa varian warna dan unit yang Tuxlin ulas adalah warna hitam. Bentuk charging case-nya bisa kalian lihat, agak bulat atau rounded dan pinggirannya ada aksen karet abu-abu.

Pas engselnya dibuka, kesannya cukup kuat dan nggak ringkih. material yang digunakan charging case Baseus Encok WM01 ini adalah plastik dengan finishing sandblasting yang nggak licin saat digenggam. Ukurannya yang mungil bikin TWS andalan Baseus ini enak banget dimasukkin saku. Cocok deh buat kalian yang punya mobilitas tinggi.

Earbud TWS Baseus Encok WM01 ini mengusung desain in-ear yang mana agak masuk ke lubang telinga. Bentuk earbud-nya kayak kacang dengan nozzle yang agak miring atau nggak simetris. Ini menyesuaikan dengan kontur atau bentuk telinga agar nyaman dipakai dalam waktu lama. Materialnya adalah plastik, tapi build quality-nya lumayan solid dan nggak berasa murahan πŸ‘πŸΌ

Video Unboxing Baseus Encok WM01

Kontrol Baseus Encok WM01

Headset wireless Baseus Encok WM01 ini udah pakai kontol sentuh pada sisi belakang earbud-nya gaes. Sepanjang yang Tuxlin Blog tahu, TWS Baseus Encok WM01 ini nggak didukung aplikasi tambahan alias companion app, jadi kemungkinan kontrol nggak bisa diubah. πŸ€” Berikut daftar kontrol TWS andalan Baseus ini adalah:

  • Sentuh dan tahan pada earbud kiri untuk previous track
  • Sentuh dan tahan pada earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan untuk play/pause
  • Sentuh dua kali pada earbud kiri untuk aktivasi atau memanggil voice assistant
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menjawab panggilan masuk
  • Sentuh dan tahan pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menolak panggilan

Baca juga:Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap!

Selama seminggu lebih pakai TWS terjangkau Baseus Encok WM01, performa kontrol sentuhnya sensitif banget! Udah kayak cewek lagi insecure wkwkwk 🀣 Saking sensitifnya, Tuxlin sampai salah sentuh alias false touch hehehe… πŸ˜…

Baseus Encok WM01 Review

Baseus Encok WM01 Review: Harga Terjangkau, Bagus Nggak? 9

Kualitas Suara

Kualitas suara TWS murah meriah Baseus Encok WM01 ini macam mana? πŸ€” Ya ada harga ada rupa, jangan berharap suaranya bakal bikin kuping meleleh *serem amat πŸ˜… Jadi Baseus Encok WM01 ini pakai driver berukuran 8mm yang dilengkapi dengan PU compsite membrane. Tuxlin cuma butuh volume 40% aja udah terdengar pas.

Hal yang paling menonjol dari suara Baseus Encok WM01 ini adalah bass-nya yang kuat dan cukup buat bikin headbang kalau dengerin lagu metal hehehe… Nggak cuma kuat dengan kuantitas yang besar, tapi juga responnya cukup ngebut. Kalau dengerin dobel pedal drum ngebut kayak klimaks lagu Metallica – One, masih memadai.

Suara vokal cewek maupun cowok lumayan oke, cuma emang kurang detail ya. Suara tarikan nafas dan artikulasi vokal masih kurang jelas. Apalagi dengerin suara screaming Matt Heafy pas nyanyiin lagu Shattering The Skies Above, kurang bertekstur dan jadi kurang gahar… Distorsi gitar juga berasa kurang ‘kasar’ gitu. Kalau dengerin lagu pop, mungkin yang beginian kurang berasa.

Nah treble atau high di TWS Baseus Encok WM01 berasa agak tenggelam. Kuantitas kehadirannya agak kurang, jadi sekilas berasa kurang jernih juga. Apalagi kalau mainin lagu yang banyak suara simbal-nya, berasa kurang cesss dan crisp wkwkkw… Ini bisa dimaklumi sih, harganya juga nggak sampai 200 ribu.

Secara teknikalitas, headset TWS Baseus Encok WM01 ini emang nggak banyak yang bisa diharapkan. Sensasi stereo atau imaging berasa kurang mantap. Begitu juga separasi antar instrumen juga kurang oke, berasa numpuk gitu suaranya. Soundstage sempit dan jauh dari kata megah. Secara umum ya masih memadai untuk sekedar dengerin musik doang.

Performa & Fitting

Baseus Encok WM01 Review: Harga Terjangkau, Bagus Nggak? 10

Sebagai headset TWS dengan harga yang terjangkau, Tuxlin Blog nggak berekspektasi terlalu tinggi. Kalau cuma buat dengerin musik atau streaming YouTube aja nggak ada masalah sejauh ini, nggak ada delay. Tapi kalau pembaca butuh TWS buat ngegame, jelas bukan Baseus Encok WM01 ini pilihannya. Stabilitas koneksi Bluetooth-nya juga masih kurang oke, Tuxlin masih ngalamin beberapa kali disconnect. πŸ˜…

Soal kenyamanan, Baseus Encok WM01 ini lumayan enak dipakai dalam waktu lama. Nggak berasa panas atau nggak nyaman gitu setelah dipakai dengerin musik sekitar 2 jam lebih. Earbud-nya juga terpasang dengan mantap di telinga dan nggak gampang jatuh.

Masalah kompatibilitas, Baseus Encok WM01 ini bekerja dengan baik kok di smartphone yang Tuxlin pakai, yakni Xiaomi 12 dan Xiaomi Mi Note 10 Pro. Dua-duanya kadang ngalamin disconnect karena koneksi Bluetooth dari TWS ini kurang stabil. πŸ˜…

Baterai

TWS terjangkau Baseus Encok WM01 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 40mAh untuk tiap earbud dan baterai di charging case berkapasitas 400mAh. Kalau menurut Baseus, daya tahan baterai total TWS murah ini mencapai 25 jam. Angka ini sebenarnya standar aja sih menurut Tuxlin Blog πŸ€”

Nah daya tahan baterainya Baseus Encok WM01 ini gimana? Nggak terlalu istimewa sih, sekali charge cuma tahan 3 jam lebih dikit dengan volume rata-rata 3 jam lebih dikit gaes πŸ€” Nggak jelek sih, tapi standar saja saja untuk harga segini.

Kesimpulan

Secara umum, TWS Baseus Encok WM01 ini cukup menarik dengan harga yang terjangkau. Kualitas suaranya tergolong oke dengan bass yang kuat. Ukurannya ringkas dan nyaman dipakai. Minusnya cuma stabilitas koneksi Bluetooth-nya perlu ditingkatkan lagi. Baseus Encok WM01 udah memenuhi kriteria layak beli untuk TWS dengan harga terjangkau menurut Tuxlin Blog.

Kelebihan Baseus Encok WM01

  • Kualitas suara oke, bass kuat
  • Ukuran ringkas
  • Harga terjangkau

Kekurangan Baseus Encok WM01

  • Koneksi kadang nggak stabil
  • Nggak ada kontrol volume
  • Nggak dukung codec AAC

Anda mungkin suka:Anker Soundcore Life Q30 Review: Suara Mantap, Fitur ANC Kedap!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *