Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap!

5 min read

Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap!

Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap! – Halo Pembaca Tuxlin Blog! Udah lama nih nggak bahas headset TWS (True Wireless Stereo) yak? Kebetulan nih beberapa minggu yang lalu ada satu unit TWS Realme Buds Air 5 mampir di meja review Tuxlin HQ! ๐Ÿ˜Ž Realme Buds Air 5 ini bisa dikatakan sebagai penerus dari Realme Buds Air 3 yang sama-sama dibekali dengan fitur ANC (Active Noise Cancelling) dengan harga yang sangat kompetitif. Tentunya, kekuatan ANC-nya udah ditingkatkan lagi di Realme Buds Air 5 ini hingga 50 dB! Bandingkan dengan Realme Buds Air 3 yang ANC-nya mentok di 42dB.

Nggak cuma mengandalkan fitur ANC, TWS Realme Buds Air 5 bisa dikatakan kaya fitur lho di kelas harganya. Bayangin aja, TWS ini punya fitur Google Fast Pair, Smart De-wind, udah support codec AAC, dan banyak lagi. Soal kualitas suara, Realme Buds Air 5 diklaim bakal memuaskan kuping pendengarnya. TWS canggih ini dibekali dengan sebuiah driver dinamis berukuran 12,4mm, gede juga ya? ๐Ÿซฃ Kalian pasti penasaran kan kayak gimana TWS dengan fitur ANC ini? Simak Realme Buds Air 5 review oleh Tuxlin Blog kali ini! ๐Ÿ‘๐Ÿผ

Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap! 1

Spesifikasi Realme Buds Air 5

  • Merk Realme
  • Model: Buds Air 5
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset BES 2600IHC-4M
  • Tipe driver 12,4mm dinamis Mega Titanizing Driver (Titanizing Diapraghm)
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 113.6dBยฑ2dB
  • 50dB Active Noise Cancellation
  • Rentang frekuensi: 20 Hz โ€“ 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.3
  • Bluetooth protocol HFP, SPP, dan A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -38dBยฑ1dB
  • Input maksimal 130mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Charging port USB Type-C
  • Baterai Earbuds: 43 mAh; Charging case: 460 mAh
  • Berat Earbud: 4.4 gram; With charging case: 45.5 gram
  • Dimensi Earbud: 30.8 x 20 x 24 mm; Charging case: 68.1 ร— 50.8 ร— 23.8 mm
  • Warna Arctic White dan Deep Sea Blue

Harga Realme Buds Air 5

Harga TWS Realme Buds Air 5 terbaru berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun adalah Rp 699.000. Harga ini bisa berubah gaes, apalagi kalau pas e-commerce lagi kasih promo gede atau pas tanggal kembar bisa lebih murah lagi.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru TWS Realme Buds Air 5 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Realme Buds Air 5

Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap! 2
  • Headset TWS Realme Buds Air 5 warna Deep Sea Blue
  • Charging dock
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Desain Realme Buds Air 5

Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap! 3

Desain TWS Realme Buds Air 5 ini emang agak berbeda kalau dibandingkan dengan pendahulunya gaes. TWS ini datang dengan charging case berbentuk oval dengan logo Realme yang tercetak dengan jelas. Nah yang Tuxlin suka dari Realme Buds Air 5 ini adalah charging case menggunakan finishing matte yang nggak gampang meninggalkan goresan.

Charging case Realme Buds Air 5 ini emang terbuat dari material plastik alias polikarbonat, tetapi berasa cukup kuat dan solid. Tuxlin juga buka tutup engselnya, kesannya kuat dan nggak ringkih gitu. Manept. Sebenarnya Realme Buds Air 5 ini ada dua varian warna dan unit yang Tuxlin gunakan ini kebetulan varian warna Deep Sea Blue.

Beralih ke earbud dari Realme Buds Air 5, bentuknya nggak jauh beda sama Realme Buds Air 3 yang udah Tuxlin bahas sebelumnya. Desainnya ergonomis dan menyesuaikan bentuk telinga kita. Ini terlihat dar penempatan nozzle yang nggak simetris atau agak miring, biar nyaman pas nancep di telinga. Oiya, TWS Realme Buds Air 5 ini tahan cipratan air dengan sertifikat IPX5, jadi aman kalau kena cipratan hujan atau keringat.

Kontrol Realme Buds Air 5

Realme Buds Air 5 ini udah pakai kontrol sentuh yang posisinya di belakang earbud. Secara umum, kontrolnya mirip sama Realme Buds Air 3 atau Realme Buds T100 yang udah Tuxlin ulas sebelumnya. kontrolnya secara umum kayak gini:

  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play/pause dan menjawab telepon
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri atau kanan untuk next track
  • Sentuh dan tahan dua detik pada salah satu earbud untuk berganti mode (ANC, Normal atau Tranparancy) atau untuk menolak telepon

Lho nggak ada kontrol volume ya di TWS Realme Buds Air 5? Ya jelas ada. Kalian bisa kok atur kontrol sentuhnya pakai aplikasi Realme Link, jadi nanti bisa atur volume langsung melalui earbud-nya tanpa musti repot pencet tombol volume di smartphone. ๐Ÿ˜Œ

Realme Buds Air 5 Review

Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap! 7

Tuxlin Blog cuma pakai headset TWS Realme Buds Air 5 ini sekitar seminggu doang, soalnya ini unit pinjeman wkwkw… Ya lumayan sih, seminggu khusus buat eksplore dan merasakan pengalaman pakai TWS berfitur ANC dari Realme ๐Ÿ˜Ž

Kualitas Suara

Kayak gimana ya kualitas suara TWS canggih Realme Buds Air 5? Kalau Tuxlin lihat dari spesifikasinya, kayaknya sih meyakinkan banget. Berdasarkan informasi yang Tuxlin himpun, Realme Buds Air 5 ini dibekali driver berukuran besar di kelasnya, yakni 12,4mm. Realme menyebutnya sebagai Mega Titanizing Driver yang dipadukan dengan Titanizing Diapraghm. Kalian paham ndak? Tuxlin juga nggak paham wkwkw… ๐Ÿ˜…

Langsung saja deh Tuxlin Blog hajar TWS Realme Buds Air 5 untuk memainkan musik-musik metal yang menggetarkan jiwa-jiwa kesepian… *halah* ๐Ÿคฃ Jujur aja, Tuxlin Blog agak kaget dengan kualitas suara TWS Realme Buds Air 5 ini, mantep lho. Karakternya memang secara umum bisa dikatakan V-shape, tapi ini detailnya oke banget.

Buat penggemar bass, Realme Buds Air 5 cukup memanjakan kuping. Jadi headset ini tuh mampi mempersembahkan bass yang cukup kuat dengan kuantitas yang pas, jadi nggak boomy dan mengganggu frekuensi lain. Selain itu, responsnya oke! Pas Tuxlin pakai buat dengerin lagu Ashes of The Innocent dari Bullet For My Valentine, dobel pedal drum-nya terdengar detail dan menarik. Kalau masih kurang jedag-jedug, bisa nyalain fitur Dynamic Bass atau preset Bass Boost biar makin ajib!

Nah bagian mid di Realme Buds Air 5 ini juga nggak kalah menonjol, sob! Tuxlin mainin beberapa lagu metalcore yang penuh distorsi gitar seperti AxeWound – Vultures dan Chimaira – Nothing Remains, ternyata terdengar gahar lho… Suara vokal screamingnya juga terdengar bertekstur gitu, asyk banget! Tuxlin juga cobain lagu Epica – Chasing the Dragon, beuh… Suara vokal Simone Simons merdu banget… Detail sampai tarikan nafasnya kedengeran wkwkwk

Baca juga:Realme Buds T100 Review, TWS Mantap dengan Harga Terjangkau

Sedangkan untuk treble, Realme Buds Air 5 ini lumayan oke dengan detail yang bagus. Karakter treble-nya nggak tajam, masih nyaman di telinga. Pas dengerin lagu yang kaya treble atau berkarakter bight, Realme Buds Air 5 masih cukup oke. Separasi antar instruman sudah bagus untuk kelas harganya dan soundstage lumayan megah untuk harga segini.๐Ÿค”

Performa & Fitting

Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap! 8

Desain earbud TWS Realme Buds Air 5 ini udah ergonomis gaes, jadi Tuxlin berasa nyaman banget pakai pakai buat dengerin musik. Ukuran earbud-nya emang agak gede sih, jadi mungkin yang telinganya kecil bakal kurang nyaman untuk pemakaian waktu lama. Oiya, eartips bawaan-nya berasa kurang empuk ya… Mungkin bagi yang nggak cocok, bisa diganti.

Performa ANC-nya gimana? Kalau mau jujur nih, performa ANC di TWS Realme Buds Air 5 emang mengalami peningkatan jika dibandingkan pendahulunya. Pas mode ANC diaktifkan… Set… Langsung senyap! Ya kalau suara sekitar terlalu berisik kayak knalpot bronk atau orang lagi ngelas, ya masih agak tembus dikitlah. Tapi ini udah oke banget menurut Tuxlin Blog. ๐Ÿ˜Œ

Tuxlin juga cobain TWS Realme Buds Air 5 ini buat dengerin musik biasa, streaming YouTube, dan kadang ngegame. Tuxlin nggak ngrasain delay atau jeda yang mengganggu sih. Kalau pas main game kompetitif, mending langsung aktifin Gaming mode, delay nggak terlalu terasa.

Tuxlin Blog pakai tiga smartphone untuk menguji TWS Realme Buds Air 3 ini, yakniย Realme GT Neo 3,ย Realme 11, dan Xiaomi 12. TWS Realme Buds Air 5 ini mampu berfungsi maksimal di ketiga smartphone ini dan lebih optimal lagi kalau diinstal aplikasi Realme Link.

Aplikasi Realme Link

Realme Buds Air 5 Review, TWS dengan Fitur ANC yang Mantap! 9

Realme Buds Air 5 emang salah satu TWS yang fiturnya lengkap banget, kayak preset equalizer, ANC, gaming mode, dan sebagainya! Nah guna mengoptimalkan fitur yang diusung oleh Realme Buds Air 5, kalian perlu instal aplikasi Realme Link di Play Store atau App Store. Kalau pakai hape Realme, aplikasi tadi biasanya udah pre-installed.

Apa aja nih yang bisa diatur lewat aplikasi Realme Link? Check this out ya:

  • Milih mode noise control yang terdiri dari Noise Cancellation, Off (Normal), dan Transparency
  • Aktifin mode Smart De-wind
  • Aktifin Sound Effect dengan empat preset (Clear Vocals, Nature Balance, Clear Bass, dan Bass Boost)
  • Bikin custom equalizer
  • Aktifin Dolby Atmos (selama smartphone kalian support ya)
  • Atur ulang fungsi kontrol sentuh
  • Aktifin Gaming Mode
  • Aktifin fitur Dynamic Bass

Baterai

TWS Realme Buds Air 5 ini dibekali baterai berkapasitas 43mAh untuk masing-masing earbud dengan daya tahan hingga 4 โ€“ 5 jam aja pas Tuxlin cobain dengan fitur ANC aktif dengan codec AAC dengan volume kisaran 60%.

Kalau fitur ANC dinonaktifkan, daya tahan baterainya bisa lebih lama lagi. Charging case-nya dilengkapi baterai berkapasitas 460mAh. Total daya tahan baterai TWS ANC kece besutan Realme ini adalah 22 jam dengan ANC aktif. Ini udah oke banget menurut Tuxlin. ๐Ÿค”

Kesimpulan

Secara umum, Realme Buds Air 5 ini merupakan salah satu TWS dengan fitur ANC harga terjangkau yang menarik banget. Nggak cuma performa ANC-nya aja yang mantap, tapi kualitas suaranya juga nggak kaleng-kaleng. Jelas, Realme Buds Air 5 layak kalian pertimbangkan dengan dukungan fitur yang tergolong lengkap di kelasnya.๐Ÿ‘๐Ÿผ

Kelebihan Realme Buds Air 5

  • Kualitas suara mantap untuk kelas harganya
  • ANC bisa diandalkan
  • Fitur lengkap

Kekurangan Realme Buds Air 5

Special thanks toย Laptophiaย for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Anker Soundcore Ace A0 ROG Edition Review: Ukuran Kecil, Suara Galakโ€ฆ


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *