Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya?

5 min read

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya? – Halo Pembaca! Pada kesempatan yang berbahagia kali ini (semoga yang baca beneran lagi bahagia!) Tuxlin bakal bahas kamera Xiaomi Redmi Note 12! Yoha, Redmi Note 12 ini dibekali dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel dengan sensor ‘sejuta umat’ Samsung ISOCELL JN1! Ini sensor emang populer banget, sob! Mulai dari hape sejutaan macam Itel S23 sampai hape 4 jutaan kayak Vivo Y36 5G dan Oppo A78 5G pakai sensor itu. Padahal performanya nggak istimewa sih menurut Tuxlin. Kalau mau jujur, masih bagusan sensor ISOCELL GM1 atau Sony IMX586 yang cuma 48 megapiksel. 😌

Kalau dibandingkan dengan Redmi Note 11, spesifikasi kamera Xiaomi Redmi Note 12 ini sebenarnya nggak mengalami peningkatan. Malah kamera ‘bonusnya’ disunat, jadi total kamera belakangnya cuma tiga biji. Sebenarnya apa sih yang ada di pikiran produsen hape ngasih kamera belakang banyak-banyak tapi yang benar-benar bisa motret bagus cuma dua atau bahkan satu? 😝 Nah daripada penasaran kayak gimana, langsung saja simak review kamera Redmi Note 12 oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya? 1

Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Kalau ngomongin soal spesifikasi kamera, sebenernya Xiaomi Redmi Note 12 ini nggak jauh beda sih sama Redmi Note 11 yang udah Tuxlin bahas sebelumnya. Perbedaan yang yang paling mencolok adalah jumlah kameranya yang berkurang satu biji hehehe… Jadi Redmi Note 12 ini cuma dibekali tiga kamera aja. Sebenernya malah bagus sih, soalnya kamera ‘gimmik’ berkurang. Lagian buat apa sih kamera banyak-banyak kalau manfaatnya nggak kita rasakan? πŸ˜…

Jadi Redmi Note 12 ini dipersenjatai dengan kamera utama 50 megapiksel yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang ditandemkan dengan lensa aperture f/1.8 dan dibekali fitur Phase-Detection Autofocus (PDAF). Nggak lupa, Redmi Note 12 ini juga dibekali dengan LED flash buat memotret di kondisi gelap atau remang-remang.

Sensor Samsung ISOCELL JN1 yang digunakan pada review kamera Xiaomi Redmi Note 12 ini selain sebagai sensor kamera keluaran terbaru yang mengusung dimensi kecil dan tipis, juga dibekali teknologi anyar ISOCELL 2.0. Teknologi tersebut diklaim mampu meningkatkan sensitivitas hingga 16% dan disematkan teknologi canggih seperti Smart ISO untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas dari generasi sebelumnya.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Xiaomi Redmi Note 12 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Kamera kedua kedua Redmi Note 12 ini berkekuatan 8 megapiksel yang pakai sensor OmniVision OV08D 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Kamera kedua ini agak beda, soalnya di Redmi Note 11 pakai sensor besutan GalaxyCore. Sedangkan kamera ketiga dan keempat berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro camera.

Buat jamaah narsisiyah, Xiaomi Redmi Note 12 ini sebenarnya lumayan, tapi masih setara dengan Redmi Note 11 sih. Hape ini dipersenjatai kamera depan 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3L6 1/3.1 inci 1.12um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.4 fixed focus untuk foto selfie dan video call. kalau untuk perekaman video, Redmi Note 12 ini nggak istimewa sih karena kamera depan maupun belakangnya mentok di resolusi full HD 1080p @30fps ajah… Nggak ada opsi ke 1080p @60fps apalagi 4K UHD πŸ˜…

Antarmuka & Fitur Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Antarmuka & Fitur Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Pada review kamera Xiaomi Redmi Note 12 kali ini, aplikasi kamera bawaan nggak jauh beda sama smartphone Xiaomi lainnya. Bedanya mungkin di fitur atau mode yang dimikliki. Susunan menu dan user interface-nya sama. Pengguna Xiaomi atau POCO tentu udah familiar ya dengan app kamera Redmi Note 12 ini. Tampilannya terdiri dari viewfinder yang diapit dua baris menu pada sisi kanan dan kirinya. Bagian kiri terdapat hamburger menu, Google Lens, AI, HDR, dan LED flash.

Sedangkan sebelah kanan ada opsi untuk berganti lensa dari 1x untuk kamera wide, 0,6x untuk kamera ultra wide angle, dan 2x untuk digital zoom. Sedangkan mode kamera dapat diakses melalui menu rolodex sebelah kanan dan susunannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Nggak lupa, ada tiga tombol di paling kanan untuk switch ke kamera depan, tombol shutter, dan shortcut untuk mengakses galeri.Β Mode macro pakai kamera dedicated macro bisa kalian akses dengan tap hamburger menu ya gaes.

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya? 2

Mode yang disediakan pada aplikasi kamera Xiaomi Redmi Note 12 ini cukup lengkap gaes, antara lain ada Slow Motion (hingga 720p @120fps), Short Video, Video, Photo, 50MP, Portrait, Night, Panorama, Document, Time-lapse, dan Pro. Mode 50M memang menghasilkan resolusi lebih tinggi, tapi kualitasnya nggak beda jauh sama mode auto. Mending mode auto saja gaes, ukuran fotonya lebih kecil.

Seperti biasa gaes, mode Pro yang ada di smartphone Redmi Note 12 ini menawarkan opsi yang lengkap. Tuxlin bisa atur aneka parameter di mode ini seperti white balance, fokus, shutter speed (hingga 30s), ISO (hingga 6400), EV, dan tentu saja lensa yang mana yang mau dipakai.

Baca juga:Xiaomi Redmi Pad Review, Tablet Powerful dengan Desain Premium

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya? 3

Jadi pembaca Tuxlin Blog pada penasaran dengan hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 12? Oke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 12 ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12 HDR

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya? 4
HDR off
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya? 5
HDR On

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12 Portrait Mode

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12 Macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12 Malam Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12 Night Mode

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya? 33
Night mode off
Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya? 34
Night mode on

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12 dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 12

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Udah lihat kan beberapa sampel foto yang Tuxlin Blog jepret pakai smartphone Xiaomi Redmi Note 12 di atas? Kalau mau jujur sih, Tuxlin lihat kemampuan fotografi Xiaomi Redmi Note 12 ini sebenarnya nggak jauh beda sama Redmi Note 11 yang notabene adalah pendahulunya. Nggak ada peningkatan signifikan dan nggak tambah jelek juga. Kan spek kamera sama, sensor sama, ISP sama, dan dari vendor yang sama pula πŸ˜…

Baca juga:Review Kamera Poco M5 Resolusi 50MP, Bisa Diandalkan?

Saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, kamera utama Xiaomi Redmi Note 12 yang 50MP itu mampu menghasilkan foto yang cukup bagus untuk kelas harganya. Bagi yang biasa pakai hape mahal, ya jangan komplain hehehe… 🀭 Fotonya mampu menghasilkan detail yang bagus, saturasi warna yang cenderung natural dan agak warm, dan kontras yang oke pula. Cuma untuk detail tanaman terlihat kurang natural.

Dynamic range di beberapa sampel jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 12 ini udah lumayan oke, tetapi kadang bayangan terlihat lebih gelap dari aslinya. Giliran mode HDR aktif, highlight agak keteteran. Lihat aja detail langit dari sampel foto HDR di atas. 😌

Pada review kamera Xiaomi Redmi Note 12 kali ini, mode portraitnya tergolong rapi separasinya. Bahkan kalau disandingkan dengan pesaingnya dengan harga yang sama, mungkin ini yang paling rapi hehehe… Cuma memang kalau mode portrait aktif, HDR berasa kayak off gitu atau dynamic range jadin agak kurang wide.

Buat yang suka foto macro dengan budget 2 jutaan, kayaknya Xiaomi Redmi Note 12 boleh kalian pertimbangkan. Kecepatan autofokusnya cukup cepat dan akurat. Nggak butuh waktu lama buat menghasilkan foto macro yang oke pakai hape ini. Detail yang dihasilkan mantap, saturasi warna natural, dan tentunya bokeh yang cukup artistik.

Kalau kondisi low-light atau malam hari bagaimana? Pasti burik deh… Ya kalau nggak mau burik ya minimal pakai Xiaomi 12 atau Samsung Galaxy S23 πŸ˜‚ Harga dua jutaan kayak Xiaomi Redmi Note 12 ini mampu menghasilkan foto malam hari yang lumayan. Nggak ada yang istimewa. Detailnya menurun drastis dan noise lumayan banyak, tetapi saturasi warna masih oke. Cuma ya performa autofokus jadi lelet, kalian musti sabar dan steady agar hasil fotonya nggak ngeblur.

Sebenarnya Xiaomi Redmi Note 12 ini dilengkapi mode Night, tapi performanya agak beda dengan Redmi Note 11 dulu. Ini lebih jelek wkwkwk… 😝 Pas mode Night aktif, foto cuma nambah terang dikit. Nggak ada peningkatan detail atau pengurangan noise yang signifikan. Untungnya, LED flash bawaan Xiaomi Redmi Note 12 lumayan terang dan bisa kalian andalkan kalau kondisi gelap.

Kamera ultra-wide angle di Xiaomi Redmi Note 12 kayak gimana performanya? Kalau siang hari sih masih lumayan oke, tapi karakter warnanya agak beda dengan kamera utama. Detail yang dihasilkan jauh di bawah kamera utama, tetapi masih lumayan kalau cuma buat share ke sosmed doang. Kalau malam hari, mendingan nggak pakai kamera ultra wide angle, deh. Hasilnya kayak penegakan hukum di negeri ini, memprihatinkan… πŸ₯²

Kalau kamera depan Xiaomi Redmi Note 12 lumayan oke dan bisa kalian andalkan di segala kondisi cahaya. Foto selfie yang dihasilkan lumayan detail dengan tone warna yang oke, tapi kadang terlihat agak pudar. Mode portraitnya juga rapih kayak kamera belakang. Kamera dedicated macro pada review kamera Xiaomi Redmi Note 12 nggak bagus. Anggap aja bonus.

Secara umum, kamera Xiaomi Redmi Note 12 lumayan oke dan bersaing untuk sebuah smartphone dengan harga 2 jutaan. Kalau dibandingkan dengan Redmi Note 11 yang tak lain adalah pendahulunya, ya memang nggak ada peningkatan hehehe… πŸ˜…

Sampai di sini dulu review kamera Xiaomi Redmi Note 12 oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. 😁

Special thanks toΒ LaptophiaΒ for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Review Kamera Realme 10 Pro 5G 108MP ProLight dengan Sensor ISOCELL HM6


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

6 Replies to “Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari…”

        1. mantap dari segi apanya nih? Harga segitu ada pilihan dari Poco X5, Oppo A78 4G, Vivo Y36, Samsung Galaxy A24, dan juga Realme 10 😁

  1. Mas tips atau tutorial menghilangkan iklan di hp xiaomi yang ampuh dong.
    Liat tutorial di internet kadang iklan masih nongol.
    Kata nya kalau pindah region. Ampuh bisa menghilangkan iklan.
    Rekomendasi region yang stabil dan tanpa iklan dong mas.
    Terima kasih.

    1. Siap, nanti saya coba usahakan bikin artikelnya.
      kalau pindah region, coba pilih negara2 Eropa barat deh, biasanya nggak boloeh ada iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *