Harga Samsung Galaxy J6 & Galaxy J4 Turun, Apakah Layak beli?

0

Harga Samsung Galaxy J6 & Galaxy J4 Turun, Apakah Layak beli? – Halo Pembaca! Smartphone kelas menengah yang sebenarnya belum terlalu lama diluncurkan di Indonesia, yakni Samsung Galaxy J6 dan Galaxy J4 telah dipangkas harganya! Ini agak mengejutkan mengingat kehadirannya di tanah air belum terlalu lama. Tuxlin Blog berspekulasi bahwa ini mungkin adalah langkah Samsung untuk menghadai serbuan merk Tiongkok yang kian agresif di pasar entry-level dan menengah, sehingga menggerus pasar Samsung Galaxy J series.

Penurunan harga Galaxy J6 besutan Samsung ini terbilang cukup signifikan jika dibandingkan dengan harga saat pertama kali diluncurkan. Sedangkan harga Samsung Galaxy J4 juga mengalami penurunan yang terbilang lumayan. Pertanyaannya adalah apakah Samsung Galaxy J6 dan Galaxy J4 ini layak beli setelah harga merosot? Simak ulasan Tuxlin Blog kali ini!

Samsung Galaxy J6

Spesifikasi Samsung Galaxy J6

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Samsung Exynos 7870 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,6GHz
  • Grafis Mali-T830 MP1
  • Kamera 13 megapiksel, sensor BSI, phase-detection autofokus, sensor BSI, lensa aperture f/1.9 dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor BSI, lensa aperture f/1.9, LED flash
  • Layar sentuh 5,6 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1480 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super AMOLED
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, Dolby Atmos, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 149.3 x 70.2 x 8.2 mm dengan berat 154 gram
  • Baterai lithium ion 3000mAh non-removable
  • Warna Black, Gold, dan Blue

Harga Samsung Galaxy J6

Harga smartphone Samsung Galaxy J6 saat pertama kali diluncurkan di Indonesia memang cukup tinggi, yakni mencapai Rp 3.299.000. Saat ini, harga smartphone Samsung Galaxy J6 telah jauh menurun. Berdasarkan pantauan Tuxlin Blog saat artikel ini ditulis, Samsung Galaxy J6 sudah bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 2.599.000 saja.

Anda dapat membeli atau cek harga Samsung Galaxy J6 SM-J600F di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Samsung Galaxy J6 Layak Beli?

Samsung Galaxy J6 memulai kiprahnya di pasar Indonesia dengan harga yang terbilang tinggi, yakni tembus angka Rp 3 juta-an! Padahal, spesifikasi yang diusung smartphone ini relatif tak jauh berbeda dengan Honor 7A yang dijual dengan harga setengahnya saja. Waduh, siap yang mau beli smartphone dengan harga yang wow ini, Samsung? 😆 Sadar tak akan dapat berkompetisi ditengah serbuan smartphone Tiongkok, harga Samsung Galaxy J6 akhirnya dipangkas.

Penurunan harga yang sangat signifikan, yakni mencapai Rp 700 ribu membuat Samsung Galaxy J6 lebih kompetitif. Spesifikasi smartphone andalan Samsung ini mungkin masih kurang menggigit, setidaknya dukungan nama besar Samsung dan layar AMOLED menjadi salah satu daya tariknya. Apakah Samsung Galaxy J6 layak beli? Tentu saja. Tuxlin menilai Samsung Galaxy J6 cukup laik dipertimbangkan meski harus berhadapan dengan lawan yang sangat tangguh, sebut saja Xiaomi Redmi Note 5, Honor 9 Lite, Asus Zenfone Max Pro M1, Huawei Nova 2i Lite, dan sebagainya.

Samsung Galaxy J6

Pabrikan Korea Selatan membekali ponsel kekinian murah Samsung Galaxy J6 ini dengan layar berukuran 5,6 inci dengan dimensi setara ponsel dengan layar 5,2 inci yang didukung resolusi HD+ 1480 x 720 piksel dengan aspek rasio 18:9 yang menawarkan kerapatan 294 ppi (pixel per inch). Layar ponsel ini menggunakan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) kapasitif LCD, serta tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass.

Baca juga:Review Honor 9 Lite: Si Cantik dengan Empat Kamera

Sektor perangkat lunak atau software, smartphone Samsung Galaxy J6 ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo terbaru dengan balutan antarmuka Samsung Experience atau yang sering disebut dengan TouchWiz UI. Belum ada informasi apakah Samsung akan meluncurkan update Android P untuk smartphone ini atau tidak.

Kamera Samsung Galaxy J6 cukup kompetitif menurut Tuxlin Blog dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel dilengkapi fitur phase-detection autofokus yang yang dipadukan dengan lensa aperture f/1.9 dan didukung LED flash untuk memotret di tempat kurang cahaya.

Kamera depan smartphone Samsung Galaxy J6 ini juga mumpuni dengan kamera resolusi 8 megapiksel dengan sensor BSI, serta berlensa wide angle dengan aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan LED flash untuk foto selfie dan video call. Tak lupa, ponsel ini dibekali fitur Beautify untuk hasil foto selfie yang lebih sempurna.

Performa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy J6 ini menurut Tuxlin Blog cukup bersaing untuk kelas menengah, meski sebenarnya agak ketinggalan dengan mengandalkan sokongan chipset Samsung Exynos 7870 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,6GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel kekinian ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T830 MP1.

Ponsel Galaxy J6 besutan Samsung dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 32GB dan dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB. Beruntung, slot yang disediakan adalah triple slot atau dedicated slot, jadi nggak bingung milih dual SIM atau single SIM + microSD. Samsung Galaxy J6 ini dibekali baterai berkapasitas 3000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Samsung Galaxy J4

Spesifikasi Samsung Galaxy J4

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Samsung Exynos 7570 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Mali-T720 MP2
  • Kamera 13 megapiksel, sensor BSI, autofokus, aperture f/1.9 dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel fixed focus, aperture f/2.2, LED flash
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super AMOLED
  • Memori RAM 2GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 151.7 x 77.2 x 8.1 mm dengan berat 175 gram
  • Baterai 3000mAh, removable
  • Warna Black, Gold, dan Orchid Gray

Harga Samsung Galaxy J4

Harga resmi Samsung Galaxy J4 saat pertama kali diluncurkan di Indonesia adalah Rp 2.299.000 atau tepatnya Rp 2,3 juta. Saat ini harga Samsung Galaxy J4 telah mengalami penurunan dan menyentuh angka Rp 2.099.000 berdasarkan pantauan yang Tuxlin lakukan saat artikel ini ditulis.

Anda dapat membeli atau cek harga promo Samsung Galaxy J4 SM-J400F di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Samsung Galaxy J4 Layak Dipertimbangkan?

Penurunan harga smartphone Samsung Galaxy J4 ini memang terbilang lumayan, yakni Rp 200 ribu jika dibandingkan dengan harga saat pertama kali diluncurkan. Lalu apakah Galaxy J4 ini laik dipertimbangkan di kelasnya? Jika kita melihat spesifikasi yang ditawarkan, tampaknya Galaxy J4 masih agak overprice. Spesifikasi yang ditawarkan ponsel Galaxy J4 ini kurang lebih hanya setara atau sedikit lebih baik ketimbang Redmi 5A, Meizu M6 atau Blackberry Aurora yang mana mereka dijual dengan harga di bawah Rp 1,5 juta!

Namun, nama besar Samsung yang melekat di ponsel Galaxy J4 menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Mengapa? Banyak konsumen tanah air yang merasa lebih pede jika menenteng gadget bermerek, seperti Samsung. Spesifikasi mungkin nomor dua bagi konsumen tipe seperti ini. 😛 Selain itu, layanan aftersales Samsung memang harus diakui sangat baik. 🙂 Alternatif lain dari Samsung Galaxy J4, bisa memilih Honor 7A, Xiaomi Redmi 5 Plus, Asus Zenfone Max M1 atau Huawei Y6 2018.

Samsung Galaxy J4

Berdasarkan informasi yang Tuxlin himpun, Samsung membekali ponsel 4G LTE Galaxy J4 ini dengan layar layar sentuh berukuran 5,5 inci 2.5D berteknologi panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) kapasitif dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 294 piksel per inci. Penggunaan layar jenis Super AMOLED menawarkan warna yang sangat colorful dengan warna hitam yang pekat menurut Tuxlin. Sayangnya, layar Samsung Galaxy J4 ini tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Gorilla Glass dan sejenisnya.

Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Paling Kencang, Paling Tahan Lama!

Smartphone Samsung Galaxy J4 ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Samsung Experience atau yang sebelumnya kerap disebut dengan nama TouchWiz UI. Tak diketahui apakah nantinya Galaxy J4 bakal mendapat upgrade ke Android P atau tidak.

Sektor performa, Tuxlin Blog melihat smartphone Samsung Galaxy J4 ini tidak terlalu menonjol tetapi masih bersaing dengan kompetitornya dengan mengandalkan dukungan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1,4GHz yang menggunakan chipset Samsung Exynos 7570 dengan memori RAM sebesar 2GB. Sisi grafis, smartphone ini mengandalkan sokongan GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T720 MP2 untuk mendongkrak kinerjanya.

Kemampuan kamera smartphone 4G LTE Galaxy J4 besutan Samsung ini bisa dikatakan agak menonjol untuk kelas menengah saat ini menurut Tuxlin Blog, yakni mengandalkan kamera belakang 13 megapiksel autofokus dengan lensa 28 mm aperture f/1.9 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Galaxy J4 berkekuatan 5 megapiksel dengan aperture f/2.2 fixed focus untuk foto selfie dan video call.

Samsung membekali Galaxy J4 baterai berkapasitas cukup standar, yakni 3000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Ponsel 4G LTE ini dibekali dengan memori internal atau ROM sebesar 32GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB jenis dedicated slot, sehingga pengguna dapat menggunakan dual SIM aktif sekaligus slot microSD.

Aanda mungkin suka:Samsung Galaxy J7 Duo: Kamera Ganda Bertenaga Exynos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*