Realme 6 yang Tingkatkan Persaingan Pasar Smartphone Mid-range dengan Layar 90Hz –Tidak banyak merek smartphone yang mampu membuat dampak besar dalam rentang waktu yang singkat. Banyak yang mencoba dan gagal. realme telah menjadi salah satu merek pengecualian yang secara konsisten menghadirkan smartphone bintang di berbagai rentang harga.

Perusahaan Tiongkok ini memulai dengan segmen pemula dan menengah. realme telah berhasil mendiversifikasi jajaran smartphone-nya, dari seri C ke seri angka dan ke seri X yang diposisikan di kelas high-end. Meskipun perusahaan ini ambisius untuk terus maju, pada tahun 2020 realme tidak melupakan akarnya, yaitu seri angka. realme 6 Series adalah bukti bahwa di sinilah realme benar-benar ingin menunjukkan kekuatannya. Kebetulan kami kedatangan salah satu anggotanya yaitu realme 6. Bagaimanakah impresi yang kami dapatkan?

Realme 6 yang Tingkatkan Persaingan Pasar Smartphone Mid-range dengan Layar 90Hz 1

Desain

Memegang realme 6, Anda akan disambut dengan layar 2.5D 6,5 inci yang dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Kali ini realme memilih lubang dalam layar untuk menempatkan kamera selfie alih-alih tampilan poni. Lubang punch-hole ini di tempatkan di sudut kiri atas yang diberi nama In-Display Seflie oleh realme.

Layar yang digunakan memiliki rasio aspek 20:9 yang membuat smartphone terlihat tinggi. Memegang dengan satu tangan memang tetap terasa nyaman, tetapi jika ingin mencapai bagian atas layar mengharuskan Anda menggeser posisi genggaman. Bezel minimal, dengan keberadaan dagu di bagian bawah menghasilkan rasio layar-ke-bodi 90,5%.

Bicara port dan tombol, tepi kiri smartphone dihiasi tombol volume bersama dengan slot untuk slot kartu SIM ganda dan slot kartu SD (dapat diperluas hingga 256GB). Tepi kanan perangkat memiliki tombol daya berlekuk yang juga sekaligus menjadi sensor sidik jari kapasitif. Tepi atas bersih dan bagian bawah cukup ramai dengan port 3,5mm, port pengisian USB-C, lubang speaker dan 2 lubang kecil untuk mikrofon.

Baca juga:Review Kamera Realme 5 Pro: Quad Kamera Bersensor Sony IMX586

Realme 6 yang Tingkatkan Persaingan Pasar Smartphone Mid-range dengan Layar 90Hz 2

Masih membawa desain khas realme, bagian belakang realme 6 memiliki desain mengkilap yang indah yang mereka sebut sebagai desain Comet. Bagian belakang ini terbuat dari plastik polikarbonat yang seperti bisa diduga, dapat tergores dengan mudah. Benjolan kamera yang menaungi pengaturan kamera quad cukup besar, menyebabkan ponsel sedikit goyang saat diletakkan di atas meja. Untungnya, realme menyertakan casing TPU bening yang mampu mengatasinya.

Performa

Realme 6 yang Tingkatkan Persaingan Pasar Smartphone Mid-range dengan Layar 90Hz 3

realme 6 mengandalkan kekuatan dari chipset MediaTek Helio G90T yang dipasangkan dengan opsi RAM 4GB / 8GB dan 128GB UFS 2.1. Smartphone ini berjalan di Android 10 dengan kulit realme UI.

UI sempurna dalam urusan multitasking dan melompat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Kami tidak menemukan hambatan apapun tentang kinerjanya. Sangat mudah untuk menjelajahi menu-menu atau bermain game. Bahkan dengan sesi permainan yang panjang pada pengaturan grafis yang tinggi, realme 6 tidak lag. Namun, Anda mungkin merasakan ponsel sedikit hangat saat bermain game selama lebih dari 20 menit.

Jika Anda seorang penggemar game, Anda juga dapat mengaktifkan fitur Game Space yang dapat memblokir notifikasi, menolak panggilan, memblokir panggilan, dan menawarkan pengalaman gaming yang mendalam.

Selain peranti lunaknya yang apik dan kemampuan yang luar biasa untuk menangani video dan permainan yang butuh grafis berat, smartphone ini melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam urusan keamanan.

realme 6 menyediakan sistem pengenalan wajah dan pembaca sidik jari yang menyatu dengan tombol power. Baik siang atau malam hari, face unlock melakukan pekerjaan yang sempurna dalam membuka kunci layar. Kami juga menyukai sensor sidik jarinya. Jauh lebih baik dan nyaman daripada pemindai yang dipasang di belakang.

Tambahan yang mengejutkan adalah dukungan kecepatan refresh tinggi (hingga 90Hz) pada layarnya. Kami ingin menambahkan bahwa layar dengan kecepatan refresh tinggi tidak hanya menjadi tren pemasaran. Fitur ini memang membantu meningkatkan pengalaman visual dan menyentuh layar bagi pengguna.

Lebih lanjut mengenai panel layar, secara default warna putih terlihat sedikit kebiruan, dan warna dan kontrasnya rata-rata. Untungnya Anda dapat memperbaiki tingkat suhu warna hingga batas tertentu menggunakan toggle di bawah pengaturan display. Kecerahan maksimum tidak terlalu mengesankan tetapi setidaknya layarnya dapat terbaca di bawah sinar matahari langsung.

Baca juga:Review Realme 5 Pro: Upgrade yang Signifikan

Kamera

Realme 6 yang Tingkatkan Persaingan Pasar Smartphone Mid-range dengan Layar 90Hz 4

realme 6 memiliki pengaturan kamera quad di bagian belakang, yang mencakup lensa sudut lebar 8MP f/2.3 yang mampu memotret dengan bidang pandang (119 derajat), lensa utama 64MP f/1.8 dengan dukungan EIS, sensor monokromatik 2MP f / 2.4 yang digunakan untuk pengindraan kedalaman, dan sebuah lensa makro 2MP f/2.4. Modul kamera depan memiliki resolusi 16MP f/2.0. Mengenai video, realme 6 mampu merekam hingga 4K 30fps dan video slomo hingga 120fps pada 1080p. Untuk stabilisasi, ponsel menggunakan UIS Video Stabilization & UIS Max Video Stabilization.

Seperti biasa, realme menawarkan sejumlah opsi pemotretan seperti beauty filter, HDR, panorama, Portrait, Timelapse, Slo-mo, NightScape, dan Pro.

Pengalaman kamera pada realme 6, menurut kami biasa saja. Sebab foto kadang-kadang tampak terlalu diproses dengan jumlah penajaman tinggi sedangkan pada kesempatan lain kehilangan detail ketika hanya sedikit diperbesar.

Hasil yang kurang lebih sama terjadi pada lensa sudut lebar dengan keseimbangan putih yang kurang seimbang. Performa mode ultra-makro juga di bawah rata-rata, dengan tepian pada foto tampak seperti lukisan cat air.

Baterai

Baterai berkapasitas 4300mAh tergolong mumpuni sebab dapat bertahan selama 1,5 hingga 2 hari. Selain itu, istimewanya realme membundel adaptor pengisian cepat 30W di dalam kotak pembelian yang tentunya terasa seperti barang mewah pada titik harga ini.

Baterai membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk pengisian penuh, tetapi jika tidak memiliki waktu, cukup sekitar 30 menit pengisian saja maka Anda sudah terlindungi dengan baik untuk mengarungi hari.

Kesimpulan

realme 6 membuat kami lebih bersemangat daripada realme 6 Pro. Perusahaan ini telah sungguh-sungguh melemparkan beragam keunggulan ke smartphone tersebut. Meski performa kameranya biasa saja, tapi dengan keunggulan di sektor lain dapat membuat Anda percaya bahwa tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan smartphone kelas menengah unggulan.

realme 6 menawarkan layar 90Hz, SoC Helio G90T yang tangguh, pengaturan kamera quad 64MP, layar punch-hole, dan 30W Flash Charge, menjadikannya salah satu smartphone terbaik di segmennya.

Anda mungkin suka:Ini Fungsi Triple Kamera Realme C3 yang akan Dirilis di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here