Recovery Data Hilang


Pasti hampir semua pengguna komputer pernah mengalami hal ini, data hilang karena terkena virus, tak sengaja delete atau sengaja di delete. Anda tak perlu lagi pergi ke tempat jasa recovery apabila masalah yang anda alami hanya sebatas terdelete. Anda dapat menggunakan freeware powerfull satu ini, PC Inspector File Recovery. Sebenarnya banyak aplikasi lain yang lebih ampuh dari ini, tapi mungkin tidak gratis atau pengoperasianya agak rumit. Kelebihan software ini adalah gratis, sehingga kita hanya cukup mengeluarkan biaya untuk mendownload saja, ukuran installernya juga kecil, hanya sekitar 4mb saja. Downloadnya dimana?? Ya di situs-situs software populer donk, kayak www.softpedia.com atau tanya aja ama mbah Google…
Pemakaianya cukup mudah, karena software ini memiliki GUI yang mudah di mengerti. Bagi anda yang masih pemula, dapat menggunakan panduan dalam software tersebut. Kalau saya lebih memilih gak pake panduan.. he.. bukanya sok ‘advance’, tapi saya tidak biasa menggunakan fasilitas wizard. Pertama, klik icon kiri atas yang ada gambar kaca pembesarnya, agar software ini mendeteksi semua drive yang ada di komputer. Kemudian pilih drive yang akan direcovery datanya, tunggu sejenak hingga muncul tampilan mirip explorer. Data yang telah di-delete berada di folder ‘deleted’, anda bisa mencari data yang dikehendaki, kemudian klik kanan, restore. Dalam software ini juga terdapat keterangan kondisi dari data yang telah dihapus dengan kategori, bad, good dsb. Untuk ketegori bad, kemungkinan data anda sudah rusak.
Cara kerja software ini sederhana, hanya melakukan indexing daftar file yang masih berada di harddisk/flashdisk. Kok bisa?? Padahal data kan udah dihapus?? Bisa donk! Data yang dihapus dari flashdisk/harddisk, sebenarnya tidak benar-benar terhapus dari medianya, melainkan yang dihapus adalah daftar informasi tentang keberadaan file tersebut dan filenya sendiri masih ada dalam media hdd/fd. Sehingga buat yang punya file-file pribadi, dokumen rahasia kantor dan video pribadi (hayo..!) yang sudah dihapus, jangan merasa aman, kerena dapat direcovery lagi. Untuk menghapus file-file pribadi/rahasia dapat menggunakan software shredder agar file tersebut sulit direcovery oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.


2 Comments

  1. iwank September 5, 2008
  2. tuxlin September 9, 2008

Add Comment

*