Samsung Galaxy A01 Resmi Diperkenalkan, Andalkan Snapdragon 439 – Setelah beberapa kali muncul bocoran informasinya, smartphone Samsung Galaxy A01 akhirnya secara resmi diperkenalkan. Berdasarkan informasi dari GSM Arena (03/02/2020), Vietnam menjadi negara pertama yang disambangi oleh ponsel Samsung Galaxy A01 ini dan membidik pasar entry-level.

Berdasarkan foto render yang beredar, Samsung Galaxy A01 ini mengusung konsep desain yang tak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A10s yang telah dirilis leboh dulu dengan dukungan poni minimalis Infinity-V. Samsung Galaxy A01 tersedia dalam tiga varian warna, yakni Black, Blue, dan Red.

Samsung Galaxy A01 Resmi Diperkenalkan, Andalkan Snapdragon 439 1

Smartphone murah meriah Samsung Galaxy A01 mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 19:9 dengan dukungan layar sentuh Infinity-V berukuran 5,7 inci yang disematkan teknologi panel PLS (Plane to Lane Switching) dengan resolusi HD+ 1520 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 301 piksel per inci yang cemerlang.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores pada layar ponsel ini. Salah satu kelebihan Galaxy A01 ini selain mengusung poni minimalis Infinity-V, juga didukung bezel yang terbilang tipis sehingga dimensinya bisa lebih ringkas dan lebih nyaman digenggam.

Smartphone Samsung Galaxy A01 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh guna mencukupi kebutuhan daya pengguna. Sayangnya, smartphone murah ini tidak dibekali dengan fitur fast charge atau pengisian daya cepat.

Kemampuan fotografi Samsung Galaxy A01 ini cukup standar menurut Tuxlin Blog dengan mengandalkan kamera belakang ganda. Kamera utama berkekuatan 13 megapiksel dengan lensa 28mm aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1.12um piksel, phase-detection autofokus, dan LED flash. Sedangkan kamera kedua berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 sebagai depth sensor.

Kombinasi dua kamera belakang mampu menghasilkan efek bokeh melalui fitur LiveFocus. Kamera depan Galaxy A01 cukup standar dengan resolusi 5 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI CMOS 1/5 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2 untuk memuaskan hasrat selfie. Kamera belakang ponsel Galaxy A01 andalan Samsung ini dapat merekam video hingga 1080p@30fps.

Performa smartphone Samsung Galaxy A01 ini cukup bersaing di kelas entry-level menurut Tuxlin Blog, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 439 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core kecepatan 2GHz dan quad-core 1,45GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Smartphone 4G LTE kekinian dengan harga terjangkau Samsung Galaxy A01 ini dibekali dengan memori internal 16GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 512GB tipe dedicated slot, serta mendukung USB OTG. Smartphone murah meriah andalan Samsung ini tidak dibekali fitur keamanan sensor sidik jari.

Sisi perangkat lunak, smartphone Samsung Galaxy A01 ini menggunakan OS Android 10 terbaru dengan antarmuka One UI 2.0 yang tampil minimalis dan kaya akan fitur.

Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, Samsung Galaxy A01 ini mulai dijual di Vietnam 6 Februari 2020 dengan harga VND 2.790.000 atau sekitar Rp 1,6 juta-an. Belum ada informasi mengenai kapan Samsung Galaxy A01 akan masuk pasar Indonesia.

Anda mungkin suka:Review Kamera Xiaomi Redmi 8A dengan Sensor Sony IMX486

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here