MediaTek Helio G80 Diperkenalkan, Chipset Gaming Kelas Menengah – Setelah sukses menggempur pasar dengan chipset Helio G90T dan Helio G70, MediaTek melanjutkannya dengan menghadirkan seri Helio G80. Sama seperti seri Helio G lainnya, chipset MediaTek Helio G80 ini menawarkan performa grafis yang tinggi, sehingga cocok untuk mengakomodasi gaming di kelas menengah.

MediaTek sebelumnya mengandalkan seri Helio P dan kemudian digantikan seri G dengan peluncuran Helio G90 series. Chipset MediaTek Helio G90T ini kemudian digunakan oleh smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang cukup populer di kelas menengah. Performa grafisnya diklaim mampu mengalahkan pesaing terdekatnya, yakni Snapdragon 730/730G. lalu bagaimana dengan MediaTek Helio G80?

MediaTek Helio G80 Diperkenalkan, Chipset Gaming Kelas Menengah 1

Chipset MediaTek Helio G80 ini bisa dikatakan sebagai versi murah dari Helio G90 atau minor upgrade dari Helio G70 yang diluncurkan akhir bulan lalu. Berdasarkan informasi yang Tuxlin himpun dari GizmoChina dan GSM Arena (03/02/2020), spesifikasi teknis MediaTek Helio G80 ini masih mirip dengan MediaTek Helio G70.

MediaTek Helio G80 ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 12nm. Soal performa, MediaTek Helio G80 ini ditenagai prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 dengan kecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 1,8GHz.

Sedangkan untuk sektor grafis, MediaTek Helio G80 ini menggunakan GPU (Graphics Processing Unit) dari Mali-G52 MC2 dengan kecepatan hingga 950MHz. Helio G80 ini mendukung penggunaan RAM hingga 8GB RAM LPDDR4X clock pada 1800MHz dan media penyimpanan eMMC 5.1. Sekilas, spesifikasi prosesor dan grafis MediaTek Helio G80 ini mirip dengan Helio G70 dengan kecepatan yang lebih tinggi.

MediaTek Helio G80 ini menawarkan dukungan fitur konektivitas yang lengkap seperti dual-SIM, dual-4G LTE, dual-VoLTE, VoWiFi, single-band Wi-Fi ac (Wi-Fi 5), Bluetooth v5.0, Radio FM, dan GPS dengan GLONASS, Beidou, dan Galileo. MediaTek Helio G80 juga mendukung fitur fast charging Pump Express, tetapi tak diketahui berapa daya maksimalnya.

Sama seperti Helio G90T, MediaTek Helio G80 ini juga didukung fitur HyperEngine Game yang sapat mendeteksi koneksi internet lambat dan dengan cerdas memilih konektivitas LTE atau WiFi agar game tetap berjalan dengan lancar. Selain itu, HyperEngine juga mengoptimalkan performa CPU dan GPU agar gameplay tetap stabil.

Sektor fotografi dan video, MediaTek Helio G80 ini mendukung kamera 48MP tunggal pada 17fps atau dua kamera 16MP pada 30 frame per detik. Sedangkan untuk video, mendukung resolusi Full HD+ pada 60fps.

Dibandingkan dengan seri Helio G90, chipset Helio G80 diketahui tidak memiliki akselerator AI yang berdedikasi tetapi perusahaan mengatakan bahwa ISP chip ini mampu fitur seperti pengenalan objek di Google Lens, Album Foto Cerdas, deteksi adegan, segmentasi adegan dengan penghapusan latar belakang, peningkatan mode potret, dan pengenalan wajah.

Smartphone yang ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G80 diperkirakan akan hadir akhir Februari 2020 di India dan kemudian disusul di pasar global.

Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy M30s: Baterai Jumbo Berkinerja Memadai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here