Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog bahas tuntas smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro! Yoi, memang agak telat soalnya jadwal manggung padat wkwkwkw… Redmi Note 8 Pro ini adalah salah satu smartphone menengah yang lumayan menarik saat ini karena menawarkan performa tinggi di kelasnya dan cocok buat menangani gaming! Mustinya sih Redmi Note 8 Pro ini bisa menjadi alternatif bagi gamer yang nggak kuat beli Black Shark 2 atau Asus ROG Phone II… Lho, Redmi Note 8 Pro kan pakai MediaTek, emang bagus? Jangan salah…

Kalau menurut pandangan Tuxlin ya, chipset MediaTek itu ya nggak langsung autojelek ya… MediaTek vs Qualcomm ini kayak Intel vs AMD di pasar PC. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya… Nah MediaTek G90T yang digunakan Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini merupakan chipset terbaru yang dirancang untuk gaming di kelas mainstream dan diposisikan untuk berkompetisi dengan Qualcomm Snapdragon 730/730G. Selain itu, Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini kan juga smartphone pertama di Indonesia yang dibekali dengan kamera utama berkekuatan 64MP! Penasaran? Simak review Xiaomi Redmi Note 8 Pro oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang!

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka MIUI 10
  • Chipset MediaTek Helio G90T dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G76 MC4
  • Quad kamera 64 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL GW1 1/1.7 inci 0.8um piksel, aperture f/1.9, phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 8 megapiksel sensor BSI 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (macro) + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 20 megapiksel, sensor BSI, lensa aperture f/2.0, fixed focus
  • Layar sentuh 6,53 inci 2.5D, aspek rasio 19.5:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 pixels, kerapatan 395 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 5, HDR
  • Memori RAM 6GB LPDDR4X, ROM 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, face unlock, NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 161.4 x 76.4 x 8.8 mm dengan berat 200 gram
  • Baterai 4500mAh non-removable, MediaTek Pump Express 18W
  • Warna Pearl White, Forest Green, dan Mineral Grey

Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi Note 8 Pro di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Paket Penjualan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Paket Penjualan Xiaomi Redmi Note 8 Pro
  • Handset Xiaomi Redmi Note 8 Pro RAM 6GB ROM 128GB Pearl White
  • Kepala charger
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Pada review Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini, sisi desain sebenarnya bukan hal yang ditonjolkan lho… Akan tetapi Tuxlin Blog lumayan kesengsem sama Redmi Note 8 Pro… Smartphone ini tampil mewah banget dengan balutan casing berbahan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5 yang lumayan tangguh! ???? Udah gitu kaca casing belakangnya agak melengkung lagi di sisi kanan dan kirinya… Beauh, kece! ????

Nggak cuma itu, casing belakang Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini memang nggak bergradasi, tetapi ketika kena cahaya, casing belakangnya bisa menampilkan pantulan yang dinamis.. Kece bingits pokoknya hehehehe… Kemewahan Redmi Note 8 Pro ini diperkuat dengan frame metal yang kokoh yang sudah menggunakan finishing chrome… Wah berasa pegang smartphone flagship deh, mewah dan kesannya solid banget!

Hal yang agak disayangkan adalah desain kamera belakangnya itu lho yang menonjol banget alias protruding. Ini bikin Tuxlin Blog khawatir kalau naruh Redmi Note 8 Pro sembarangan, takit kegores kamera belakangnya hehehehe… Dimensi Redmi Note 8 Pro ini memang agak besar dan lumayan berat, tetapi nyaman digenggam. Namun, finishing glossy pada casing belakangnya itu agak licin. ????

Baca juga: Review Kamera Realme 5 Pro: Quad Kamera Bersensor Sony IMX586

Pada review Xiaomi Redmi Note 8 Pro oleh Tuxlin Blog kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,53 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Redmi Note 8 Pro ini sudah mengadopsi on-screen button. LED notifikasi terdapat pada sisi bawah earpiece ponsel.

Layar smartphone yang mengaku dirancang untuk gaming Redmi Note 8 Pro sudah berkontur 2.5D yang tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5. Meski begitu, Tuxlin Blog tetep menganjurkan pengguna untuk memasang tempered glass di Redmi Note 8 Pro biar nggak gampang pecah layarnya kalau nggak sengaja jatuh atau pas ngamuk, terus dibanting nggak gampang ambyar wkwkwk… ????????????

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi Note 8 Pro ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel quad camera terbaru Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini terdapat microphone dan infrared blaster.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini terdapat empat kamera atau quad camera yang tersusun secara vertikal, LED flash di sisi kanannya, sensor sidik jari, dan logo Redmi. Merek asal Tiongkok ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Antarmuka & Fitur Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 7

Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dibalut dengan antarmuka MIUI. Saat mendarat di Tuxlin Blog, ponsel berkamera 64MP ini masih pakai MIUI 10 dan nggak lama kemudian dapat jatah upgrade ke MIUI 11. Tuxlin Blog sampai sekarang masih belum ada info kapan Redmi Note 8 Pro ini bakal dapat upgrade ke Android 10.

Tuxlin Blog sebenarnya dulu adalah fans berat MIUI semenjak zaman Redmi 1S! Namun, semua berubah semenjak negara api menyerang iklan menyerang… ????‍♂️ Yah mungkin iklan adalah salah satu jalan alias cara Xiaomi ngasilin duit, jangan ganggu pengguna gitu lho… Iklan di MIUI ini sebenarnya bisa dihilangkan dengan beberapa trik yang udah banyak diulas di internet… ????

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 8

MIUI 11 ini memang secara struktur menu nggak jauh berbeda dengan MIUI 10 dengan menghadirkan Lockscreen dan Homescreen tanpa kehadiran App Drawer. Opis kostumisasi yang disediakan cukup lengkap gaes, kita bisa ganti theme, wallpaper, animasi, dan banyak lagi sesuai selera, jadi nggak gampang bosen gitu…????

Baca juga: Pengalaman Menggunakan Xiaomi Mi In-Ear Pro HD Triple Driver

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 9

MIUI 11 ini nggak cuma bawa optimasi sistem secara umum, tetapi juga dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap seperti natural sound, menu settings yang lebih simpel, dan banyak lagi. Beberapa fitur andalan Redmi Note 8 Pro antara lain adalah Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Share, Enterprise mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Full Screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, dual apps, split screen, dual space, Facebook cleanerm Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing,  dan banyak lagi.

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 10

Xiaomi melalui MIUI 11 ini menghadirkan fitur dark mode yang membuat tampilan background yang biasanya putih menjadi hitam. Yah kalau pakai layar Super AMOLED sih bisa lebih hemat daya. Akan tetapi kalau layarnya masih IPS kayak Redmi Note 8 Pro ya nggak terlalu ngaruh sama baterai. Positifnya, mata lebih adem lihat background yang gelap. ????

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 11

Aplikasi bawaan Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini sebenarnya nggak terlalu banyak, tetapi juga nggak bisa dikatakan minim bloatware… Beberapa aplikasi bawaan antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, Get Apps, Lazada, Facebook, WPS Office, WSing, Babe, AliExpress, dan Opera. Adapun game yang sudah terinstal antara lain adalah Ludo Master, Block Puzzle Guardian, Pop Shooter Blast, dan Dust Settle. 

Secara umum, MIUI 11 yang digunakan oleh Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini hadir dengan tampilan menawan, rapi, bersih, dan kaya akan fitur. Performanya juga terbilang gegas dan smooth… Sayangnya, masih menampilkan iklan. Ngeselin emang. ????‍♂️????‍♀️????

Anda mungkin suka: Review Infinix Hot 7 Pro, Apa Bener Terlalu Sadis?

Performa Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Performa Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Ya harus diakui genks, kalau performa emang menjadi kelebihan utama pada review Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini! Kan pakai Mediatek, pasti jelek kan… Lho belum tentu, pakai MediaTek nggak bisa dibilang autojelek gaes… Apalagi ini seri Helio G90T, jangankan Snapdragon 712, Snapdragon 730 aja dilibassssss… ???????????? Yah meman chipset nggak hanya dinilai dari performa saja… Sektor lain juga harus dipertimbangkan.

Nah Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini mengandalkan sokongan chipset MediaTek Helio G90T yang mengusung MediaTek Helio G90T yang digunakan Redmi Note 8 Pro ini dikembangkan untuk gaming dan mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G76 MC4 yang powerful.

Sebagai tambahan informasi saja nih, MediaTek Helio G90T ini menggunakan teknologi fabrikasn 12nm yang udah lumayan efisien kok konsumsi dayanya. Selain itu, Helio G90T ini dirancang khusus oleh MediaTek untuk menangani game dengan disuntikkan fitur HyperEngine yang merupakan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman gaming mobile melalui kualitas gambar yang menakjubkan, gerakan yang smooth di dunia online, dan koneksi jaringan tercepat dan paling andal. ????????

Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini tentunya bakal dipuja oleh pengabdi skor AnTuTu karena skor yang dihasilkan tergolon tinggi di kelasnya. Benchmark AnTuTu yang Tuxlin Blog lakukan aja tembus angka 281 ribu poin. Nggak cuma itu, skor benchmark 3DMark juga tinggi banget lho… Ngalahin Xiaomi Mi 9T yang pakai Snapdragon 730… Ya meski margin kemenangannya tipis hehehhe…????

Baca juga: Review Vivo Z1 Pro: Desain Layar Bolong yang Powerful

Kemampuan Xiaomi Redmi Note 8 Pro dalam memainkan game masa kini nggak perlu diragukan lagi coy… Semua game terkini libasss… Cuma ya tetep level performanya nggak kayak ponsel flagship. Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari berdasarkan pengalaman Tuxlin Blog relatif smooth dan responsif. Suhu juga aman terkendali, nggak panas banget… Penasaran? Berikut benchmar Xiaomi Redmi Note 8 Pro oleh Tuxlin Blog!

CPU-Z Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 12

Benchmark AnTuTu v8 Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 13

Benchmark Geekbench 5 Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 14

Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 15

Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 16

Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 17

Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 18

Benchmark Androbench Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 19

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 20

Anda mungkin suka: Review Realme 5 Pro: Upgrade yang Signifikan

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Xiaomi Redmi Note 8 Pro memiliki dua daya tarik utama menurut pandangan Tuxlin Blog. Pertama, Redmi Note 8 Pro diposisikan sebagai smartphone gaming mainstream dengan dukungan chipset MediaTek Helio G90T yang memang dirancang untuk bermain game. Selain itu, kebetulan Redmi Note 8 Pro jadi ponsel pertama di Indonesia yang pakai chipset itu.

Hal yang menarik kedua adalah smartphona andalan Xiaomi ini dibekali dengan kamera utama dengan resolusi 64MP dengan sensor Samsung ISOCELL GW1. Lagi-lagi, Redmi Note 8 Pro menjadi smartphone pertama yang menggunakan kamera 64MP di Indonesia. Meski penjualan perdana disalip merek sebelah wkwkwkw… ????????????

Layar

Salah satu keunggulan review Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini adalah didukung layar sentuh berukuran besar, yakni 6,53 inci dengan resolusi full HD+ dengan teknologi IPS. Kualitas layarnya bukan kaleng-kaleng lho… Saturasi warnanya bener-bener punchy dengan warna hitam yang cukup pekat, meski kalah pekat dengan layar AMOLED. ????????

Viewing angle layar Redmi Note 8 Pro ini juga sangat luas dan respon touchscreen-nya lumayan gegas. Nggak ada tuh kasus delay parah atau loncat kayak Pocophone F1 hehehe… Saat digunakan di bawah sinar matahari, layarnya masih oke punya lho… Cukup jelas terlihat oleh mata.

Baca juga: Review Kamera Vivo Z1 Pro: Triple Kamera Bersensor Sony IMX499

Audio

Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini dibekali dengan loudspeaker yang berada di sisi bawah, sehingga nggak ketutup saat diletakkan. Volume suara yang dihasilkan loudspeakernya tergolong nggak terlalu kencang. Namun, kualitasnya lumayan oke lho… Jernih, detail, dan bassnya terdengar meski nggak terlalu terasa. Yah treble tetap mendominasi seperti kebanyakan speaker bawaan ponsel. ????

Saat menjajal dengerin musik menggunakan headset Sennheiser HD 202 II dan Senfer PT15 kualitas suara Redmi Note 8 Pro ini solid dan volumenya lumayan kencang. Bass dan treble seimbang, serta vokalnya renyah enak. Yah secara umum, audionya rata-rata di kelas menengah deh… Sudah cukup buat sekadar dengerin musik.

Memori

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Debut Helio G90T yang Kencang! 21

Pada review Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini yang mengunggulkan performa tinggi dari Helio G90T dan quad kamera 64MP, memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 115GB. Sedangkan free RAM ponsel besutan vendor asal Tiongkok ini rata-rata 3,2 – 3,3GB. Ponsel ini mendukung USB OTG dan bisa ekspansi memori melalui microSD (hybrid slot).

Baterai

Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4500mAh dan didukung fitur fast charge dengan daya maksimal 18W. Daya tahan baterai ponsel ini sukses mengejutkan Tuxlin Blog! Berdasarkan pengalaman penggunaan selama kurang lebih sebulan, rata-rata sekali charge baterai Redmi Note 8 Pro bertahan hingga 1,5 hari penggunaan.

Tuxlin Blog sih biasanya pakai Redmi Note 8 Pro untuk komunikasi sehari-hari, sosial media intensif, streaming YouTube, dengerin musik, dan kamera. Tentunya kalau dipakai gaming, pasti daya tahan baterainya bakal lebih singkat lagi… ????

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS juga terbilang gegas tanpa masalah. Sensor sidik jari di Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini cukup sensitif dan cepat kinerjanya. Face unlock juga oke, kalau cahaya memadai lho ya! Fitur NFC juga berjalan dengan sebagaimana mestinya ????

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini salah satu smartphone menengah yang cukup menarik dengan kamera yang bisa diandalkan, performa salah satu yang paling kencang di kelasnya, dan baterai tahan lama. Desain fisiknya pun nggak kaleng-kaleng dengan build quality yang sangat solid.

Tuxlin Blog sebenarnya berharap lebih pada kemampuan kameranya. Nggak jelek sih, tetapi harapannya sih bisa menghasilkan foto yang lebih wah dengan sensor yang lebih besar dari para pesaingnya. Sdelain itu, iklan di MIUI mengganggu yah… ????‍♂️

Review kamera Redmi Note 8 Pro di Sini: Review Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro 64MP Bersensor Samsung GW1

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Build quality sangat solid, berasa flagship
  • Baterai tahan lama
  • Performa kencang, cocok untuk gaming
  • Kamera memadai di kelasnya

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Kemampuan kamera harus dioptimalkan lagi
  • Ada iklan di MIUI
  • Hybrid slot

Anda mungkin suka: Review Samsung Galaxy M30: Baterai Besar, Kinerja Standar

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here