Poco X2 Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harganya! – Setelah sekian lama dinantikan, smartphone Poco X2 secara resmi diluncurkan hari ini (04/02/2020) di India. Sesuai dengan perkiraan dan bocoran informasi sebelumnya, Poco X2 ini adalah rebranding dari smartphone Xiaomi Redmi K30 yang lebih dulu diperkenalkan di negara asalnya, China.

Spesifikasi yang diusung oleh Poco X2 ini secara umum sama dengan Xiaomi Redmi K30. Tuxlin Blog menilai Poco X2 ini mungkin bukan penerus dari Pocophone F1 yang saat itu diluncurkan dengan dukungan chipset kelas flagship, yakni Snapdragon 845. Sedangkan Poco X2 hanya mengandalkan Qualcomm Snapdragon 730G yang sebenarnya sudah memadai untuk kebutuhan komunikasi masa kini.

Poco X2 Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harganya! 1

Penampilan atau desain fisik dari Poco X2 secara umum sama dengan Redmi K30 dengan dukungan konsep punch hole atau layar bolong untuk menempatkan kedua kamera depannya. Sisi belakang, Poco X2 ini dibalut casing berbahan kaca dengan finishing glossy yang menawan dan tersedia dalam tiga varian warna, yakni Atlantis Blue, Matrix Purple, dan Phoenix Red.

Ponsel Poco X2 mengusung konsep punch hole atau Cinematic Display yang kekinian dengan aspek rasio 19,5:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,67 inci yang disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2400 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 386 piksel per inci yang cemerlang.

Salah satu kelebihan Poco X2 ini adalah layarnya mendukung refresh rate hingga 120hz yang disebut dengan RealityFlow. Dukungan refresh rate yang tinggi pada layar Poco X2 ini membuatnya mampu menampilkan animasi dan game dengan lebih smooth, serta mengurangi efek screen tearing dan screen shuttering yang mengganggu.

Layar smartphone premium Poco X2 ini juga sudah mendukung HDR10 yang dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 5. Tak hanya itu, ponsel menengah Poco X2 ini juga dilengkapi dengan fitur Sunlight Display, Night display, dan Reading mode yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Poco X2 Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harganya! 2

Performa smartphone Poco X2 ini cukup kencang dan bersaing dikelasnya berkat dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 730G SDM730 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 470 Gold berkecepatan 2,2GHz dan hexa-core Kryo 470 Silver berkecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB atau 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 618 yang powerful.

Sisi fotografi, Poco X2 cukup menonjol dengan empat buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan lensa aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Sony IMX686 1/1.7 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga dan keempat berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh ala kamera DSLR.

Smartphone Poco X2 laik mendapat acungan jempol untuk kamera depan dengan dukungan dua buah kamera depan dengan kamera utama resolusi 20 megapiksel dengan sensor BSI 1/3.4 inci 0.8um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur AI Portrait Selfie untuk foto selfie dan video call. Sedangkan kamera kedua 2 megapiksel berfungsi sebagai depth sensor.

Sama seperti Xiaomi Mi Note 10 Pro, Poco X2 ini juga dilengkapi Vlog mode. Kamera belakang smartphone premium ini dapat merekam video slow-motion hingga 960fps. Poco X2 juga dilengkapi fitur liquid cooling yang diklaim 300% lebih cepat dalam mengusir panas.

Sisi perangkat lunak, smartphone Poco X2 ini menggunakan OS Android 10 dengan antarmuka MIUI 10 terbaru. Poco X2 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4500mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya dan telah mendukung fitur fast charging dengan daya 27W untuk mengisi daya baterai dengan cepat.

Smartphone 4G LTE kekinian Poco X2 ini dibekali dengan memori internal 64GB, 128GB atau 256GB yang masih didukung kehadiran slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Meski demikian, smartphone menengah premium ini masih mendukung dual SIM. Xiaomi juga menyematkan sensor sidik jari yang berada samping atau side mounted dan NFC di Poco X2 ini.

Poco X2 mulai dijual 11 Februari 2020 mendatang melalui toko online Flipkart dengan harga mulai INR 15.999 atau sekitar Rp 3 juta saja untuk varian 6GB/64GB. Sedangkan varian tertinggi Poco X2 8GB/256GB dijual dengan harga INR 19.999 atau sekitar Rp 3,8 juta-an. Sayangnya, belum ada informasi mengenai kapan Poco X2 akan diluncurkan di Indonesia.

Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 8: Terbaik di Kelas 2 Juta-an?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here