Selain Track Record, Perhatikan Ini Saat Memilih Data Center – Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini seperti dijadikan ajang perlombaan bagi setiap orang yang akan mengembangkan usahanya. Banyak perusahaan-perusahaan yang membuat segala transaksi jual-beli semakin mudah, yaitu menggunakan uang elektronik atau yang biasa kita sebut dengan e-money. Uang fisik yang kita miliki dapat kita masukkan ke dalam suatu aplikasi sehingga saat transaksi jual-beli nanti tidak memerlukan uang fisik lagi.

Namun, untuk menikmati kemudahan dalam transaksi tersebut, kita diharuskan mengisi beberapa data. Di mana pastinya akan meminta beberapa data pribadi yang dirasa sangat penting dan bersifat rahasia. Untuk menjaga kerahasiaan data pribadi anda, perusahaan biasanya memiliki fasilitas penyimpanan data yang dapat melindungi kebocoran data. Tidak hanya data pribadi anda, semua data perusahaan juga akan disimpan di data center ini.

Selain Track Record, Perhatikan Ini Saat Memilih Data Center 1

Dengan penggunaan fasilitas ini, diharapkan pihak perusahaan dapat lebih fokus dengan urusan bisnis. Tidak lagi memusingkan keamanan dan konektivitas jaringan. Sebelum anda menggunakan data center, ada baiknya mengetahui apa saja manfaat dari pemanfaatan fasilitas penempatan sistem dan komponen komputer ini. Berikut adalah lima manfaat dari penggunaannya.

  1. Availability. Dengan memanfaatkan fasilitas penyimpanan seperti ini, maka akan mendukung kelanjutan operasional dari sebuah perusahaan. Karena penyimpanan ini sudah didesain untuk menciptakan kondisi mendekati sempurna yaitu yang biasa disebut sebagai zero failure dari semua komponen yang ada.
  2. Scalability. Fasilitas penyimpanan dalam skala besar ini juga sangat mendukung setiap kebutuhan perusahaan yang disesuaikan dengan alat produksi dan layanan kebutuhannya.
  3. Security. Sistem keamanan adalah prioritas bagi setiap orang, terlebih lagi jika data yang anda simpan adalah data-data yang sangat rahasia. Dengan fasilitas ini, data yang tersimpan akan dijamin keamanannya. Jadi, anda tidak perlu khawatir.
  4. Cost Efficiency. Dari pada harus membeli perangkat baru yang memakan biaya lebih mahal, anda dapat menjadikan data center sebagai pilihan yang tepat. Karena dengan begitu, anda akan menekan biaya pengeluaran dan dapat dianggarkan untuk yang lainnya.
  5. Meminimalisir terjadinya ketimpangan data.

Walaupun demikian, tidak ada sistem atau fasilitas yang memiliki nilai sangat sempurna. Ada kelebihan, pasti ada kekurangannya juga. Kekurangan di sini bukan terbilang sebagai hal yang negatif, hanya saja setiap fasilitas yang anda gunakan pastinya memiliki resiko masing-masing. Begitu juga saat anda menggunakan fasilitas penyimpanan ini untuk perusahaan anda.

Tipsnya adalah pastikan bahwa data center yang anda pilih dapat menjamin keamanan data. Dalam artian, data yang tersimpan tidak akan disalah gunakan misal seperti diperjualbelikan kepada perusahaan lain. Maka dari itu, anda harus mencari tahu terlebih dahulu track record dari fasilitas yang anda gunakan. Biasanya akan ada banyak review dari beberapa oknum yang memakai fasilitas yang sama.

Tidak hanya itu, pastikan juga bahwa mereka memiliki beberapa ISO yang dipersyaratkan untuk tingkat keamanan dari sebuah fasilitas penyimpanan. Dan anda juga harus tahu dimana data akan tersimpan, pastikan bahwa data-data tersebut berada di tempat yang aman.

Bisnis ya tetap bisnis, anda perlu memastikan bahwa Service Level Guarantee yang ditawarkan oleh mereka tepat sasaran atau sesuai kebutuhan anda. Jangan sampai malah menyimpang jauh dari kebutuhan perusahaan anda saat ini.

Oleh sebab itu, NEX data center hadir untuk menunjang kemajuan dari bisnis perusahaan anda agar data perusahaan tetap berada dalam kondisi yang aman. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan akan konektivitas serta keamanan.

Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi 8A: Smartphone Murah Berfitur Menengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here