Categories
Linux Review Tuxlin's Journal

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

desktop

Desktop Ubuntu 11.10

Halo Pembaca! Sudah lama saya gak posting soal linux, apalagi distro Ubuntu Smile. Jujur saja, semenjak Ubuntu menggunakan Unity, saya jadi kurang sreg. Sudah 2 rilis Ubuntu saya skip, gak saya install cuma iseng nyoba doang via virtualbox Smile with tongue out. Pada rilis kali ini, 11.10 (Oneiric Ocelot) saya sempat mendownloadnya disini. Hohoho… setelah saya coba melalui LiveUSB, saya pun menginstallnya di netbook menggantikan Igos Nusantara Smile. Ubuntu 11.10 ini saya install di netbook Acer AO531h dengan spesifikasi Intel Atom N280, GMA950, 2GB memory. Instalasi berjalan lancar dan berlangsung sekitar 20 menit. Desktop Unity siap digunakan Smile, walo sebenernya saya gak gitu seneng sama Unity, tapi ya gak papa lah, skalian belajar biar terbiasa make nya Open-mouthed smile.

Tampilan GUI

Tampilan GUI Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot) ini cukup keren. Saya paling suka tampilan pas login, wah bener-bener elegan Open-mouthed smile. Tampilan ubuntu software centernya juga cukup bagus. Efek saat pengambilan screenshot juga cukup keren, mirip Mac yang disertai efek flash dan suara capture kamera. Theme yang digunakan Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot) ini masih sama dengan rilis sebelumnya, ambiance.

nautilusTampilan Ubuntu 11.10

Categories
Linux Tuxlin's Journal

Install BlankOn 7.0 Pattimura di Netbook

Halo Pembaca! Lama nih gak posting tentang linux, padahal ini blog pake embel-embel “Linux, Komputer & IT!” :mrgreen: tapi malah jarang posting tentang linux. Jujur saja akhir-akhir ini saya memang jarang pake Linux, seringnya Mac Smile with tongue out. Terakhir saya pake GarudaOS di netbook, tapi desktop KDE4 nya membuat kinerja prosesor Atom ngos-ngosan, padahal gak pake Compiz n udah pake ram 2GB Thinking smile. Akhirnya setelah memutuskan untuk mengganti GarudaOS di netbook dengan yang lebih ringan. Pilihan jatuh ke BlankOn 7.0 yang baru saja dirilis, langsung saja deh saya download iso OS ini di sini. *4 jam kemudian* Saya selese download iso BlankOn 7.0, langsung deh saya bikin live USB nya pake Unetbootin for Mac, tapi gagal Sad smile. Unetbootin for mac nya bug x ya? akhirnya pake unetbootin windows malah lancar jaya Angry smile. Pada posting ini saya menggunakan USB flashdisk 4GB dan netbook Acer Aspire One 531h.

Screenshot Seperti biasa, intalasi dengan cara dobel klik icon diatas Smile with tongue out

Screenshot-1

Persiapan instalasi, BlankOn akan mengecek apakah kita terkoneksi internet dan AC power atau tidak, walau tidak terhubung dengan keduanya, instalasi tetap dapat dilakukan.

Categories
Linux Tuxlin's Journal

Instalasi Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal)

Halo pembaca!! Ubuntu telah merilis versi terbarunya, 11.04 (Natty Narwhal). Ubuntu merupakan distro linux yang cukup banyak penggunanya. Saya sendiri juga termasuk pengguna ubuntu meski bukan fans setianya Smile with tongue out. Pada posting kali ini, saya akan membahas instalasi ubuntu 11.04. Instalasi Ubuntu 11.04 ini secaraa umum sama saja dengan ubuntu versi sebelumnya atau distro linux lainnya. Oke, langsung saja, berikut yang harus disiapkan :

Installer Ubuntu (Live CD/Live USB)

PC/Laptop yang akan diinstall

Secangkir kopi biar gak ngantuk Coffee cup

Pada posting kali ini, saya menggunakan media flashdisk alias live USB, bikinnya gimana? Pake software unetbootin Smile. Sebelum instalasi dimulai, pastikan boot order telah disetting, pastikan CDROM (bagi pengguna liveCD) urutan pertama atau USB Drive (Bagi pengguna LiveUSB) melalui bios kemudian reboot.

Categories
Linux Tips n Trik

Cairo Dock, Dock Keren Untuk Linux

Halo Pembaca! Pada posting kali ini saya membahas tentang ‘Dock’, apa itu dock? Dock adalah kumpulan shortcut yang berada dalam sebuah bar untuk memudahkan pengguna. Dock ini merupakan hal yang ‘biasa’ bagi pengguna mac, namun tidak bagi kebanyakan pengguna windows dan linux. Windows terdapat Rocket Dock untuk software Dock, Linux? Buanyak, tinggal pilih sesuai selera Smile with tongue out seperti Cairo Dock, AWN dll. Dari sekian eyecandy dock untuk linux, yang paling ‘sreg’ di hati saya adalah Cairo dock. Dulu pernah juga pake AWN pas jaman Ubuntu 8.04 Hardy Heron, kini lebih memilih Cairo Dock Smile. Bagaimana cara installnya? Gampang lah… masuk ke terminal dan ketik :

$  sudo apt-get install cairo-dock

Setelah selesai cek hasilnya di Applications>Accessories. Di situ terdapat 2 Cairo dock, Cairo Dock (no OpenGL) dan GLX Dock (With OpenGL). Pilih yang mana nih? Pilih yang sesuai dengan Graphic card yang dipakai, di netbook (GMA950) saya pilih yang no OpenGL dan di PC (Radeon HD3200) saya pilih yang with OpenGL.

Categories
Linux Tuxlin's Journal Uncategorized Windows

Akhirnya, Triple Boot Linux, Windows dan Mac (Hackintosh)!

Halo Pembaca!! Sudah lama saya memimpikan menggunakan Mac, akhirnya kesampaian juga, walau hanya Hackintosh :mrgreen:. Semua ini berawal ketika beberapa minggu yang lalu saat jadi assisten lab, saya melihat ada seorang mahasiswa membawa netbook acer seri lawas, Aspire One D150. Awalnya saya tidak menyadari kalo OS yang dipakai adalah hackintosh sampai seorang temannya bilang ke saya kalo dia pakai OS Mac OSX (Hackintosh), hohoho langsung saja saya samperin dan kita mulai ngobrol-ngobrol soal Mac :). Mahasiswa yang bernama Mika tadi bersedia membuatkan Installer USB Mac (Hackintosh) dari dari distro iATKOS, gak tau deh versi berapa, tapi tar kalo dah di instal jadi Mac OSX 10.5.7 :p.

Perjuangan Instalasi

USB installer sudah ditangan. Seperti kembali dari nol, saya sama sekali buta soal instalasi Mac. Saya mencoba menginstal sendiri di netbook Acer AO 531h dengan didampingi dedengkot dunia maya, Mbah Google :p. Hasilnya? Gagal! muncul pesan error kalo gak salah kayak gini “Cannot validate package apple.intel.10.5.7 bla bla bla…” Saya utak-atik pilihan customize insalasinya pun sama saja, error dengan pesan yang sama :(. Akhirnya saya menunda instalasi hackintosh, sialnya, setelah kegagalan instalasi tersebut, netbook saya gak bisa boot ke windows 7 maupun linux yang sebelumnya sudah terinstall, waduh!! 🙁 Makin menderita, kerjaan jadi tersendat-sendat tanpa netbook. Anehnya, netbook tadi juga tidak bisa booting dari linux Mint liveUSB, yang sebelumnya saya coba di PC lancar jaya. Akhirnya bootloader berhasil direpair menggunakan Ubuntu LiveUSB. Esoknya, saya kembali menemui Mika untuk menanyakan masalah yang saya alami. Ternyata, LiveUSB installer Hackintosh-nya emang bermasalah.

Beberapa minggu kemudian, saya kembali bertemu si Mika, dan dia baru saja menginstal ulang mac di netbooknya menggunakan LiveUSB yang udah bener :mrgreen:. Hohoho langsung saja saya pinjam flashdisknya untuk menginstal hackintosh di netbook saya :mrgreen:. Setelah berkali-kali mengulang instalasi, akhirnya Mac OSX 10.5.7 Leopard (Hackintosh) berhasil teinstall di netbook tercinta :p.

Kesan Pertama….

Kesan pertama ketika netbook saya menyuguhkan tampilan macintosh, ELEGAN :). Orang bilang, kesan pertama, begitu menggoda :p. Hampir semua hardware di netbook saya ini berjalan dengan baik, kecuali wifi nya, sampai sekarang belum bisa digunakan :(. Modem Huawei E160G andalan saya pun dapat digunakan dengan baik, begitu juga dengan printer epson T11. Sound gak ada masalah, Graphic juga gak ada masalah, Quartz Extreme berjalan dengan baik :D. Masalah muncul malah ketika setting triple boot, agar Windows 7 dan linux dapat digunakan disamping mac yang telah terinstall :p. Bersambung….

Categories
Linux

Instalasi Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)

Halo pembaca! Ubuntu 10.10 telah dirilis di tanggal yang unik, 10-10-2010, serba sepuluh :). Saya terakhir menggunakan ubuntu 9.10 (karmic koala), ketika Ubuntu 10.04 dirilis, saya gak begitu tertarik, soalnya lagi asik pake PCLinuxOS 2010, hehehehe… Ketika Maverick meerkat dirilis, saya langsung pesan CD dari shipit. Oiya, bagi yang masih belum paham bagaimana cara instalasi OS Linux, berikut sedikit tutorial dari saya :).

Persiapan

Sebelum instalasi linux, alangkah baiknya lakukan back up data-data penting ke media eksternal, demi keamanan. Siapakan 2 partisi untuk digunakan Ubuntu, untuk system dan swap. Partisi swap tidak perlu terlalu besar, cukup 2x besar ram yang dipakai. Pastikan sistem yang anda gunakan telah memenuhi spek minimum yang disarankan Canonical, yaitu Intel/AMD prosesor, ram 256mb, 4GB HDD. Pada posting kali ini, saya menggunakan netbook acer aspire one 531h dengan spesifikasi Intel Atom 280, 1GB DDR2, 160GB HDD. Oke, mari kita mulai….

Instalasi

Masukan CD Ubuntu ke cd/dvd room, pastikan boot priority di cd/dvd room, karena kita akan melakukan booting melalui media CD. Setelah Ubuntu booting, kita akan ditawari ‘Install Ubuntu’ atau ‘Try Ubuntu’. Bagi yang ingin mencoba Ubuntu melalui LiveCD, dapat memilih opsi ‘Try Ubuntu’, bagi yang merasa yakin untuk langsung instalasi, pilih Install Ubuntu. Setelah memilih instal ubuntu, akan ada tampilan seperti dibawah ini….