Xiaomi Mi8 Explorer Edition, Usung Casing Transparan & Underscreen Fingerprint Sensor

0

Xiaomi Mi8 Explorer Edition, Usung Casing Transparan & Underscreen Fingerprint Sensor – Halo Pembaca! Xiaomi ternyata tak hanya memperkenalkan smartphone flagship Mi8 standar, tetapi juga tersedia varian khusus melalui seri Mi8 Explorer Edition. Smartphone Xiaomi Mi8 Explorer Edition pada dasarnya mengusung spesifikasi yang tak jauh berbeda dari Xiaomi Mi8 standar, hanya saja ia tampil berbeda dengan menggunakan casing transparan yang unik dan didukung sensor sidik jari di bawah layar atau underscreen fingerprint sensor!

Sebenarnya underscreen fingerprint sensor ini bukan fitur baru karena Vivo lebih dulu mengaplikasikan teknologi ini melalui smartphone Vivo X21 UD. Penasaran dengan smartphone edisi khusus Xiaomi ini? Berikut ulasan singkat Tuxlin Blog mengenai smartphone Xiaomi Mi8 Explorer Edition!

Xiaomi Mi8 Explorer Edition

Spesifikasi Xiaomi Mi8 Explorer Edition

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 10
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core 2,8GHz dan quad-core 1,8GHz
  • Grafis Adreno 630
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, EIS, 4 axis OIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 12 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3M3 1/3.4 inci 1um piksel, lensa f/2.4
  • Kamera depan 20 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI 1.8um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,1 inci, dengan resolusi Full HD+ 2248 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super AMOLED, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 8GB, ROM 128GB tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, dual GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor, 3D face unlock, underscreen fingerprint sensor
  • Dimensi 154.9 x 74.8 x 7.6 mm berat 175 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3000mAh, non-removable, Qualcomm Quick Charge 4.0+
  • Warna Hitam transparan

Harga Xiaomi Mi8 Explorer Edition

Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, harga smartpone Xiaomi Mi8 Explorer Edition ini sedikit lebih mahal ketimbang Mi8 standar. Smartphone Xiaomi Mi8 Explorer Edition yang mengusung casing transparan ini dijual dengan harga 3799 yuan atau sekitar Rp 8,1 juta. Sampai saat ini Tuxlin belum mendapat informasi apakah Xiaomi Mi8 Explorer Edition akan dirilis global atau tidak.

Mengenal Lebih Dekat Xiaomi Mi8 Explorer Edition

Xiaomi Mi8 Explorer Edition adalah smartphoe Mi8 edisi khusus yang hadir dengan spesifikasi yang sekilas tak jauh berbeda. Ponsel Mi8 Explorer Edition ini hadir dengan desain yang sangat menarik, yakni dibalut dengan casing berwarna hitam transparan, sehingga pengguna dapat melihat komponen internal Mi8 Explorer Edition tanpa harus membukanya.

Smartphone flagship canggih Xiaomi Mi8 Explorer Edition ini dengan layar sentuh berteknologi panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) resolusi Full HD+ 2248 x 1080 piksel dengan aspek rasio 18,5:9 yang berukuran 6,21 inci dengan dukungan yang menawarkan kerapatan mencapai 402 piksel per inci. Layar ponsel ini telah mendukung DCI-P3 color gamut dan HDR10, sehingga membuatnya makin cemerlang.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi 5 Plus: Andalkan Sensor OmniVision OV12A10

Layar smartphone Xiaomi Mi8 Explorer Edition ini dilindungi kaca antigores 2.5D dari Corning Gorilla Glass dan mendukung fitur Always-on Display. Smartphone 4G LTE flagship besutan Xiaomi ini menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 10 yang menawarkan tampilan yang lebih fresh, ringan, dan kaya fitur baru.

Sektor dapur pacu, Xiaomi Mi8 Explorer Edition ini bersaing dengan flagship masa kini lainnya menurut Tuxlin Blog dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 845 MSM8998 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,8GHz dan quad-core berkecepatan 1,8GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 8GB jenis LPDDR4. Sedangkan sektor grafis, Xiaomi mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 630 yang powerful.

Pabrikan asal Tiongkok ini ini mempersenjatai Xiaomi Mi8 Explorer Edition dengan dual kamera atau dua buah kamera belakang berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 yang berukuran 1/2.55 inci 1,4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa dengan aperture f/1.8 yang didukung phase-detection autofokus, EIS, 4-axis OIS, serta ditemani dengan dual-tone LED flash.

Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5 Resmi Hadir di Indonesia, Andalkan AI & Snapdragon 636

Kamera ganda Xiaomi Mi8 Explorer Edition ini menggunakan konfigurasi normal dan telephoto. Kamera kedua berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3M3 berukuran 1/3.4 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.4. Konfigurasi kamera ganda pada Xiaomi Mi8 Explorer Edition mampu menghasilkan 2x optical zoom dan portrait mode. Tak hanya itu, kamera belakang Xiaomi Mi8 Explorer Edition ini didukung fitur AI scene detection.

Pabrikan asal Tiongkok ini juga membekali Xiaomi Mi8 Explorer Edition kamera depan dengan resolusi 20 megapiksel fixed focus dengan mengandalkan sensor BSI 1,8um piksel ditandemkan dengan lensa wide-angle aperture f/2.0. Xiaomi membenamkan fitur AI Beautify dan AI portraits untuk mengakomodasi foto selfie dan video chat.

Xiaomi Mi8 Explorer Edition ini dibekali dengan memori internal atau ROM berkapasitas 128GB. Sayangnya, ponsel ini tak dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Smartphone canggih Xiaomi Mi8 Explorer Edition ini dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar atau underscreen fingerprint sensor mendukung keamanannya. Xiaomi Mi8 Explorer Edition didukung baterai berkapasitas lebih kecil, yakni 3000mAh yang didukung fitur Qualcomm Quick Charge 4.0+ untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Anda mungkin suka:Xiaomi Mi8 Meluncur, Andalkan 3D Face Unlock, Dual GPS & Snapdragon 845

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here