Gandeng Qualcomm, Vivo Segera Hadirkan Terobosan Teknologi Antena 5G

2

Gandeng Qualcomm, Vivo Segera Hadirkan Terobosan Teknologi Antena 5G – Vivo secara resmi baru saja memperkenalkan kolaborasinya dengan Qualcomm dalam pengembangan teknologi 5G melalui teknologi antena 5G tercanggih. Kolaborasi ini sukses menghasilkan desain yang diintegrasi dari susunan antena 5G mm-Wave (gelombang milimeter) terbaru ke dalam form factor (perangkat jaringan untuk transmisi dan penerimaan sinyal data) komersial vivo, sekaligus pengukuran performa system-level OTA (over-the-air).

Pencapaian ini penting karena hadirnya teknologi 5G ini akan mendorong tantangan desain bagi produsen smartphone dan operator jaringan. Agar maksimal dalam mendukung peluncuran layanan 5G, persyaratan yang lebih ketat dan kompleks telah ditambahkan pada desain dan teknologi antena.

(credit: elpais.com)

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera Ganda Bisa Diandalkan

Bagi end-user, teknologi mm-Wave ini dirancang dengan kecepatan data yang lebih tinggi sehingga memungkinkan laju data jaringan 5G menjadi 10-20 kali lebih kencang daripada kecepatan teknologi 4G LTE yang ada saat ini. Kecepatan data yang lebih tinggi ini tentu akan memberikan pengalaman nirkabel yang lebih baik kepada konsumen terutama dengan adanya AR, VR, AI, dan UHD (Ultra-high definition) pada aplikasi video.

“Melalui kolaborasi bersejarah bersama Qualcomm ini, vivo sebagai salah satu yang memimpin industri dan inovasi pada desain antena Gelombang-mm 5G akan berkontribusi untuk menciptakan perangkat yang lebih optimal bagi end-user,” kata Dr. Huan-Chu Huang, Vivo Antenna Technical Director/ Principal Antenna Expert Vivo.

“Setelah kami sukses menyelesaikan desain antena dan pengukuran berdasarkan vivo commercial form factor, konsumen akan segera melihat babak lanjutan dari perangkat baru yang menawarkan performa lebih superior, dan pengalaman mobile masa depan,” tambah Dr. Huan-Chu Huang.

Diharapkan, kedua teknologi 5G sub-6 GHz dan mm-Wave antena akan siap digunakan di pusat market global. Beberapa market pada tahun 2019, dan market lainnyasiap mengikuti di tahun 2020. Di luar kolaborasi ini, Dr. Huan-Chu Huang pun menyatakan bahwa vivo juga secara proaktif mengajukan permohonan paten dan menerbitkan makalah penelitian internasional tentang desain antena mm-Wave untuk mempersiapkan kehadiran generasi baru 5G.

Inovasi ini adalah salah satu komitmen vivo dalam menghadirkan gebrakan teknologi, serta memimpin inisiatif penting di industri telekomunikasi, salah satunya pengembangan 5G. “Sejak awal kehadiran WiGig hingga 5G mm-Wave saat ini, vivo telah fokus melakukan riset komprehensif dan kerja yang solid untuk desain dan rangkaian teknologi antena 5G mm-Wave. Suksesnya pengembangan teknologi 5G mm-Wave antenna array untuk smartphone menunjukkan progres lebih lanjut dari akumulasi terobosan dan kemampuan teknologi terdepan vivo di industri, ” tutup Dr. Huan-Chu Huang.

Anda mungkin suka:Vivo Y83 Masuk Indonesia, Smartphone Berponi Bertenaga MediaTek Helio P22

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here