Vivo Y83 Masuk Indonesia, Smartphone Berponi Bertenaga MediaTek Helio P22

0

Vivo Y83 Masuk Indonesia, Smartphone Berponi Bertenaga MediaTek Helio P22 – Halo Pembaca! Di tengah persaingan smartphone kelas Rp 2 juta-an yang kian berdarah-darah, Vivo malah dengan pedenya meluncurkan seri Y83! Ponsel ini hadir dengan penampilan yang sangat kekinian dengan mengadopsi notch atau poni pada bagian atas layar seperti Vivo V9 yang terinspirasi oleh iPhone X.

Berbekal penampilan keren dan kekinian, Vivo Y83 mencoba menembus pasar mainstream sekaligus menjadi alternatif yang lebih terjangkau dari V9. Seperti biasa, spesifikasi yang diusung oleh Vivo Y83 ini terbilang seadanya dengan mengandalkan chipset MediaTek Helio P22 dan tanpa dibekali dengan fitur kamera ganda! Lalu mampukah ponsel terbaru besutan vendor Tiongkok ini bersaing? Simak ulasan singkat Tuxlin Blog mengenai Vivo Y83 kali ini!

Vivo Y83
Vivo Y83

Spesifikasi Vivo Y83

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka FunTouch OS
  • Chipset MediaTek Helio P22 MT6762 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis PowerVR GE8320
  • Kamera belakang 13 megapiksel, sensor BSI, autofokus, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2 dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor BSI, lensa aperture f/2.2
  • Layar sentuh 6,22 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1520 x 720 pixels, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 4GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 155.2 x 75.2 x 7.7 mm dengan berat 150 gram
  • Baterai 3260mAh non-removable
  • Warna Black, Aurora White, dan Red

Harga Vivo Y83

Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, harga smartphone Vivo Y83 adalah Rp 3.199.000 atau tepatnya Rp 3,2 juta. Harga ini terbilang lumayan tinggi gaes jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan. Terlalu jauh jika kita bandingkan dengan kompetitor terdekat seperti Asus Zenfone Max Pro M1 atau Xiaomi Redmi Note 5 yang masih sekelas.

Anda dapat membeli atau cek harga promo Vivo Y83 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Mengenal Lebih Dekat Vivo Y83

Smartphone Vivo Y83 ini hadir dengan gaya desain yang sama dengan Vivo V9 yang dibekali dengan notch atau poni pada bagian atas layarnya. Jelas, kehadiran poni ini bikin ponsel Vivo Y83 tampil lebih modern dan kekinian. Ponsel ini dibalut dengan casing berbahan plastik yang tersedia dalam tiga varian warna, yakni Black, Aurora White, dan Red. Vivo Y83 bisa dijadikan alternatif bagi konsumen yang ngebet smartphone berponi dengan harga yang lebih terjangkau.

Vivo Y83

Vivo juga membekali ponsel berponi Y83 ini dengan layar berukuran 6,22 inci yang didukung resolusi HD+ 1520 x 720 piksel dengan aspek rasio 18:9 yang menawarkan kerapatan 270 ppi (pixel per inch). Layar ponsel ini menggunakan panel IPS LCD (In-Plane Switching) kapasitif LCD, sayangnya tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass.

Kamera menjadi keunggulan Vivo Y83 ini menurut Tuxlin Blog dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piiksel dilengkapi fitur autofokus yang yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 dan didukung LED flash untuk memotret di tempat kurang cahaya.

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone Max Pro M1: Kamera Ganda Bisa Diandalkan

Kedua kamera pada Vivo Y83 ini mampu memberikan fitur portrait mode atau efek blur pada background ala kamera DSLR. Kamera depan smartphone ini juga mumpuni dengan kamera resolusi 8 megapiksel dengan sensor BSI, serta berlensa wide angle dengan aperture f/2.2 untuk foto selfie dan video call. Vivo membenamkan fitur AI Beauty yang memanfaatkan Artificial Intelligence untuk mengaplikasikan efek Beautify sesuai dengan karakter wajah pengguna.

Ponsel 4G LTE Y83 besutan Vivo ini didukung oleh sistem operasi Android 8.1 Oreo terbaru yang dibalut dengan antarmuka FunTouch OS 4.0 yang mengusung antarmuka yanh menarik dengan fitur yang terbilang lengkap di kelasnya.

Performa yang ditawarkan oleh Vivo Y83 ini menurut Tuxlin Blog bukan yang paling kencang tetapi masih cukup bersaing untuk kelas menengah dengan mengandalkan sokongan chipset MediaTek Helio P22 MT6762 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2Hz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 4GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G LTE ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8320.

Ponsel Y83 besutan Vivo dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 32GB dan dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB. Sayangnya, Tuxlin belum mendapat informasi apakah slot yang diusung Vivo Y83 ini adalah dedicated slot atau hybrid slot. Vivo Y83 ini dibekali baterai berkapasitas 3260mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Apakah Vivo Y83 Bisa Barsaing?

Melihat spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh Vivo Y83 ini, Tuxlin Blog menilai ponsel ini memang agak kemahalan. Hal ini diperparah dengan absennya fitur dual kamera yang dimiliki oleh para pesaingnya. Lawan yang paling dekat dengan Vivo Y83 adalah Honor 7X, Asus Zenfone Max Pro M1, dan Xiaomi Redmi Note 5. Namun, dua ponsel yang disebut terakhir sampai saat ini masih gaib. 😆

Tuxlin kira Vivo Y83 ini masih tetap bakal mendapat perhatian karena desainnya yang kekinian dengan hadirnya notch. Sebagian konsumen mungkin mengabaikan spesifikasi teknis ponsel dan lebih fokus dengan penampilan kekinian yang diusung oleh Vivo Y83. Tentunya, masih didukung tenaga promotor yang selalu mengucap mantra: Smartpone Vivo-nya kakak! – yang sering terdengar di pusat penjualan ponsel.

Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Paling Kencang, Paling Tahan Lama!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here