Gionee M7 Power Debut di Indonesia, Akankah Sukses?

Harga Spesifikasi Gionee M7 Power Debut di Indonesia, Akankah Sukses? – Nama Gionee mungkin terdengar agak asing di telinga konsumen tanah air, tetapi ia sudah cukup populer di beberapa negara seperti China, Thailand, dan India. Kini pabrikan asal Tiongkok ini resmi masuk pasar Indonesia dan turut meramaikan dan memperketat persaingan smartphone tanah air. Gionee M7 Power menjadi smartphone perdana yang menjadi debut vendor tersebut di pasar tanah air.

Dukungan layar penuh dengan aspek rasio 18:9 yang menjadi tren ponsel kekinian dan baterai berkapasitas besar di kelasnya menjadi daya tarik utama Gionee M7 Power di Indonesia. Namun, akankah Gionee ini akan sukses di pasar tanah air? Ataukah akan melempem seperti beberapa brand, seperti Coolpad, Mito, Wiko, dll?

Harga Spesifikasi Gionee M7 Power

Lebih Dekat dengan Gionee M7 Power

Smartphone kelas menengah Gionee M7 Power dibekali dengan layar sentuh berukuran 6 inci 2.5D Full Vision dengan resolusi HD+ 720 x 1440 piksel yang menawarkan kerapatan 268 ppi (pixel per inch). Layar ponsel ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD yang tajam dan memiliki sudut pandang luas.

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL: Kamera Selfie Terbaik!

Tak hanya itu, layar ponsel Gionee M7 Power ini juga dilindungi lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3. Namun, kerapatan layar yang hanya 268 piksel per inci ini tampaknya menjadi salah satu kekurangan ponsel ini menurut Tuxlin, meski sebenarnya sudah cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Tuxlin Blog melihat ponsel ini sudah didukung oleh sistem operasi 7.1.1 Nougat dengan antarmuka Amigo OS 5.0. Sayangnya, tak diketahui apakah Gionee M7 Power ini akan mendapat update ke Android 8.0 Oreo di masa mendatang atau tidak. Sejauh ini Tuxlin Blog kurang mengetahui track record Gionee soal dukungan update perangkat lunak.

Performa yang ditawarkan oleh Gionee M7 Power ini menurut Tuxlin Blog agak inferior jika dibandingkan dengan dengan smartphone kelas menengah lainnya dengan mengandalkan tenaga dari chipset chipset Qualcomm Snapdragon 435 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 4GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G LTE ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Pabrikan asal Tiongkok yang belum lama ini meluncurkan seri M7 series ini membekali Gionee M7 Power dengan memori internal berkapasitas 64GB yang dapat diperluas melalui slot microSD hingga maksimal 256GB untuk menampung data dan aplikasi milik pengguna.

Baca juga:Review Kamera Vivo Y65: Andalkan Mode Portrait Bokeh

Baterai menjadi keunggulan utama dari Gionee M7 Power dengan dibekali baterai berkapasitas 5000mAh. Kapasitas sebesar ini memungkinkan ponsel bertahan hingga 2 – 3 hari penggunaan normal. Sayangnya, smartphone ini tak didukung fasilitas fast charging. Ini agak disayangkan menurut Tuxlin Blog mengingat baterai yang diusungnya sangat besar.

“Baterai berkapasitas besar merupakan DNA Gionee. Karena itu, kami memperkenalkan M7 Power yang dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Hadir dengan rasio 18:9, pengalaman visual yang ditawarkan smartphone ini lebih mulus,” kata CEO Gionee Indonesia, David Yeung.

Sektor kamera, smartphone Gionee M7 Power relatif biasa saja menurut Tuxlin karena didukung kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS yang didukung fitur autofokus yang ditandemkan dengan lensa aperture f/2.0, serta diperkuat LED flash untuk memotret di tempat kurang cahaya. Gionee M7 Power ini juga dipersenjatai dengan kamera depan 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa aperture f/2.2 fixed focus untuk foto selfie dan video call.


Mengapa Gionee Masuk Pasar Indonesia?

Indonesia merupakan pasar smartphone terbesar ketiga di Asia Pasifik. Alasan inilah yang mendorong Gionee untuk datang dan menggempur pasar tanah air. Gionee merasa siap untuk turun dan berkompetisi  di pasar smartphone tanah air yang terbilang ketat. Strategi yang matang telah disiapkan dan Gionee juga menggandeng Cinta Laura sebagai brand ambassadornya.

“Selain itu, kami juga merasa sudah siap untuk pasar Indonesia, sehingga kami merasa waktunya tepat untuk menghadirkan produk di sini. Kami sudah berhasil di Nigeria, Vietnam, Thailand, Filipina, sehingga kami berani memboyong produk Gionee ke pasar Indonesia,” tambah David Yeung.

Ketersediaan & Harga Gionee M7 Power di Indonesia

Gionee M7 Power Blue

Smartphone perdana Gionee ini mengandalkan baterai berkapasitas besar di kelasnya dan mengusung layar penuh dengan aspek rasio 18:9. Harga resmi smartphone Gionee M7 Power berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun ternyata cukup tinggi, yakni Rp 3.999.000 atau tepatnya Rp 4 juta kurang seribu rupiah. 🙂 Sayangnya, Gionee M7 Power baru tersedia di pasar tanah air pada Januari 2018 mendatang.

Baca juga:Review Asus Zenfone Zoom S ZE553KL (Android Nougat)

Opini Tuxlin Blog

Melihat spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh Gionee M7 Power, jujr saja Tuxlin Blog agak pesimis bakal langsung diterima di pasar. Lihat saja brand yang lebih tokcer macam LG Q6 yang mengusung spesifikasi mirip dengan M7 Power ini memble penjualannya hehehehe… 😆 Padahal LG Q6 mengusung resolusi layar yang lebih tinggi lho…

Okelah, fitur Gionee M7 Power ini lumayan lengkap dengan baterai berkapasitas jumbo dan nggak bakalan habis sehari kalau cuma dipake stalking mantan di sosmed seharian… *eh 😛 Nama Gionee sendiri belum terlalu dikenal oleh konsumen. Paling banter yang kenal brand ini adalah mantan pengguna smartphone Himax. Dulu kan Himax ini sempat menjual smartphone rebrand besutan Gionee. 😎

Dengan kelas harga yang sama, Gionee M7 Power harus berhadapan dengan lawan-lawan yang nggak bisa dianggap enteng lho. Ada Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus yang mengusung kamera ganda dengan kinerja yang lebih powerful dan harga yang lebih murah. Ada juga smartphone alay khusus selfie macem Oppo F5, Vivo V7, dan juga Asus Zenfone 4 Selfie.

Ada juga kuda hitam yang lebih mantap djiwa lagi dari Gionee M7 Power, yakni Huawei Nova 2i yang sama-sama pakai desain bezelless dengan layar 18:9! Coba Gionee M7 Power ini dijual dengan harga Rp 2.999.000 dan bersaing dengan Asus Zenfone 4 Max Pro, mungkin bisa menarik perhatian konsumen tanah air. Yah itu sih cuma sekadar hasil terawangan Tuxlin Blog aja, sambil nyeruput kopi. Semoga kopinya CEO Gionee gak sepahit kopinya Tuxlin Blog… 😆

Spesifikasi Gionee M7 Power

  • Sistem Operasi Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka Amigo OS 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 435 MSM8940 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, autofokus, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.0, LED flash. Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI, aperture f/2.2, fixed focus
  • Layar sentuh 6 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1440 piksel, kerapatan 268 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 4GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 156.4 x 76.7 x 8.6 mm berat 199 gram
  • Baterai 5000mAh
  • Warna Dark Blue, Black, dan Gold

(tux/Liputan6)

Anda mungkin suka:Oppo F5 Youth Dirilis, Versi Murah dari F5 dengan Kamera Selfie 16MP


4 Comments

  1. Teddy December 9, 2017
    • Tuxlin December 10, 2017
  2. Mareee December 27, 2017
    • Tuxlin December 30, 2017

Add Comment

*