Honor 7S, Penantang Kuat Zenfone Live L1?

2

Honor 7S, Penantang Kuat Zenfone Live L1? – Halo Pembaca! Smartphone Honor 7S sebenarnya sudah hadir di pasar Indonesia sejak beberapa waktu lalu. Smartphone ini bisa dikatakan sebagai kasta terendah dari keluarga smartphone Honor yang beredar di Indonesia. Sebelumnya, pabrikan asal Tiongkok yang merupakan subbrand dari Huawei ini telah lebih dulu menggebrak dengan menghadirkan smartphone Honor 9 Lite, Honor 7X, dan Honor 7A.

Honor tampaknya cukup serius menggarap pasar tanah air karena kabarnya tak lama lagi akan merilis seri flagship Honor 10, menarik bukan? Sedangkan Honor 7S ini membidik segmen entry-level dan siap berkompetisi dengan Asus Zenfone Live L1, Xiaomi Redmi 5, dan Infinix Hot 6 Pro yang juga telah hadir. Berikut ulasan singkat Honor 7S.

Honor 7S
(Credit: Digital Trends)

Spesifikasi Honor 7S

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka EMUI 8.0
  • Chipset MediaTek MT6739 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,5GHz
  • Grafis PowerVR GE8100
  • Kamera belakang 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, aperture f/2.2, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, aperture f/2.0, LED flash
  • Layar sentuh 5,45 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksels, kerapatan 295 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS TFT LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, dual SIM, Face Unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 146.5 x 70.9 x 8.3 mm dengan berat 142 gram
  • Baterai 3020mAh, non removable
  • Warna Black, Gold, dan Blue

Harga Honor 7S

Harga resmi smartphone Honor 7S ini adalah Rp 1.599.000 atau tepatnya Rp 1,6 juta. Menurut Tuxlin, harga yang ditawarkan oleh Honor 7S ini sedikit terlalu tinggi, mengapa? Asus Zenfone Live L1 yang tak lain adalah pesaing terdekatnya saja dibandrol dengan harga yang lebih murah. Kita bahkan bisa dapat varian 3GB/32GB kalau beli merk sebelah. 🙄

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Honor 7S di Sini (Klik)

Lebih Dekat dengan Honor 7S

Penampilan atau desain Honor 7S ini sebenarnya nggak istimewa menurut Tuxlin. Sekilas mirip banget dengan saudaranya, yakni Honor 7A. Smartphone ini hadir dengan balutan casing berbahan polikarbonat dan sudah mengusung gaya kekinian dengan layar aspek rasio 18:9. Sisi belakang terlihat desain kamera yang mirip dengan Honor 7A, hanya saja Honor 7S ini hanya dibekali dengan sebuah kamera saja. Dimensi ponsel ini cukup kompak dan nyaman digenggam.

Honor 7S

Pabrikan Tiongkok membekali ponsel kekinian murah Honor 7S ini dengan layar berukuran 5,45 inci dengan dimensi setara ponsel dengan layar 5 inci yang didukung resolusi HD+ 1440 x 720 piksel dengan aspek rasio 18:9 yang menawarkan kerapatan 295 ppi (pixel per inch). Layar ponsel ini menggunakan panel IPS LCD (In-Plane Switching) kapasitif LCD, serta tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass.

Sektor perangkat lunak atau software, smartphone Honor 7S ini menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo terbaru dengan balutan antarmuka EMUI 8.0 yang cukup menarik dengan fitur yang terbilang kaya. Meski Honor 7S ini tak dibekali sensor sidik jari, smartphone murah ini sudah dibekali dengan fitur keamanan Face Unlock.

Baca juga:Review Kamera Honor 9 Lite: Mengejutkan!

Kamera Honor 7S cukup kompetitif menurut Tuxlin Blog dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel dilengkapi fitur phase-detection autofokus yang yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 dan didukung dual LED flash untuk memotret di tempat kurang cahaya.

Kamera depan smartphone Honor 7S ini juga mumpuni dengan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI, serta berlensa wide angle dengan aperture f/2.2 untuk foto selfie dan video call. Tak lupa, ponsel ini dibekali fitur Beautify untuk hasil foto selfie yang lebih sempurna.

Performa yang ditawarkan oleh Honor 7S ini menurut Tuxlin Blog cukup bersaing untuk kelas entry-level dengan mengandalkan sokongan chipset MediaTek MT6739 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,5GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel kekinian ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8100.

Ponsel 7S besutan Honor dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 16GB dan dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB. Beruntung, slot yang disediakan adalah triple slot atau dedicated slot, jadi nggak bingung milih dual SIM atau single SIM + microSD. Honor 7S ini dibekali baterai berkapasitas 3020mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Anda mungkin suka:Review Honor 9 Lite: Si Cantik dengan Empat Kamera

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here