iPhone 7: Apakah Layak untuk Dibeli?

iPhone 7: Apakah Layak untuk Dibeli? – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog bakal bahas soal iPhone. Tau kan iPhone? Itu lho smartphone keren buatan Apple. Sejak rilis pertama kali pada 2007, iPhone seakan menjadi primadona sebagai telepon genggam premium. Nggak cuma desainnya aja yang keren dan minimalis namun juga teknologi yang revolusioner.

Tidak heran di tiap perilisan serinya, iPhone selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Pada 16 September 2016 silam, Apple sebagai perusahaan pembuat iPhone merilis seri terbaru dengan nama iPhone 7 dan iPhone 7 plus. Lalu apa inovasi baru yang diusung untuk iPhone seri terbaru ini? Apakah hal tersebut menjadikannya layak untuk dibeli? Berikut ulasannya.


iPhone 7

iPhone 7 via apple.com

Kamera Baru yang Canggih

Kamera baru iPhone 7 disebut Apple sebagai kamera ponsel terbaik yang pernah ada dengan mengusung kamera belakang 12 MP dan kamera depan 7MP dengan fitur Facetime HD. Kamera ini juga memiliki penstabil gambar optik, bukaan ƒ/1.8, dan lensa enam elemen sehingga pengguna dapat mengambil foto dan video dengan sangat baik, meskipun dengan pencahayaan yang rendah. Selain itu, terdapat empat flash LED cerah yang dapat menyesuaikan suhu warna lingkungan saat pengambilan gambar.

Kamera iPhone 7 via apple.com

Sementara iPhone 7 plus mengusung kamera dual untuk kamera belakang untuk hasil gambar yang menakjubkan. Fungsi dual kamera pada iPhone 7 Plus ini adalah menawarkan optical zoom. Optical Zoom ini mampu menghadirkan zoom tanpa mengurangi kualitas foto yang dihasilkan.

Baca juga:Review Kamera iPhone 6, Berkekuatan 8 Megapiksel dengan True Tone Flash

Tampilan yang Jernih

Setiap serinya, iPhone selalu memunculkan kualitas tampilan yang jernih dari generasi sebelumnya. Layar ponsel ini masih menggunakan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) yang cemerlang dan menawarkan sudut pandang yang luas. Tak hanya itu, Apple juga menyematkan fitur 3D Touch yang mampu memberikan pengalaman pengguna yang berbeda.

Tak lupa, Apple menyematkan sensor sidik jari yang disebut dengan Touch ID yang terintegrasi dengan tombol Home. Di iPhone seri terbaru ini, Apple menyematkan iOS terbaru yang didukung fitur baru yang memudahkan pengguna. Semua itu untuk memberikan pengalaman terbaik untuk para penggunanya.

Baterai Tahan Lama

iPhone 7 dipersenjatai oleh chip paling andal yang pernah Apple buat yaitu chip fusion A10 dengan arsitektur baru yang lebih efisien. Performa tersebut selaras dengan penggunaan baterai yang digadang-gadang paling tahan lama jika dibandingkan dengan iPhone generasi sebelumnya. Dengan ini, kamu dapat menggunakan iPhone dengan cepat dan berdaya tahan lama.

Koneksi  WiFI dan Seluler Ultra Cepat

Sampai jumpa koneksi WiFi dan seluler lambat. Dengan iPhone 7, kamu akan merasakan kecepatan internet tanpa jeda saat kamu menyentuhnya. Namun kecepatannya pun bergantung pada operator seluler yang kamu punya. Namun, kemajuan teknologi membuat pembelian pulsa semakin mudah, salah satu contohnya dengan hadirnya Traveloka Connectivity. Mau pakai operator IM3, Smartfren, Simpati Loop, dsb, semuanya ada.

Traveloka memudahkan pengguna telepon genggam untuk mengisi pulsa dengan cara cepat, terpercaya, dan pembayaran yang mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Traveloka dari telepon genggam dan kamu dapat mengisi pulsa dan paket internet kapan pun dan di mana pun.

iPhone 7 tampak bawah via apple.com

Tidak Ada Jack Audio

Inovasi terbaru dari iPhone 7 adalah hadirnya earphone nirkabel atau airpods. Airpods ini digadang-gadang sebagai earphone termutakhir dengan sambungan bluetooth nirkabel sehingga pengguna tak perlu ribet lagi dengan kabel panjang yang sering melilit. Pengaruhnya pada iPhone 7 adalah absennya lubang jack audio 3,5mm.

Keputusan Apple ini cukup menuai kontroversi. Alasan Apple mengabsenkan fitur ini adalah untuk membuat iPhone tampak lebih ramping. Namun, Apple cukup bijak dengan memberikan lightning port to 3,5mm jack converter agar dapat dipasangkan earphone biasa. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir.

Kapasitas Memori Hingga 256 GB

iPhone terbaru memiliki memori berkapasitas 256 GB. Jumlah yang sangat besar untuk menyimpan memori foto, video, dan dokumen berharga. Selain itu, ada juga varian dengan memori 128 GB, dan 32 GB sesuai kebutuhan.

Meski sudah rilis, namun masyarakat Indonesia perlu bersabar untuk dapat menikmati iPhone generasi terbaru ini. Namun jangan khawatir, karena iPhone 7 dipastikan akan masuk ke Indonesia dengan segera. Berbeda dengan iPhone 6s dan seri sebelumnya yang sering terkendala sertifikasi Tingkat Komponen dalam Negeri (TKDN).

Namun untuk seri iPhone 7 dipastikan sudah memenuhi TKDN setelah dikonfirmasi oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan pada 10 Desember 2016 via Kompas. Ia menyampaikan bahwa Apple berkomitmen untuk berinvestasi sebanyak Rp550 miliar sampai Rp700 miliar untuk pemenuhan TKDN atau sudah memenuhi 30 persen dari skema investasi. Dari kabar tersebut, diperkirakan iPhone 7 akan hadir di Indonesia pada awal 2017.

Anda mungkin suka:Menjajal Asus Zenfone 3 Max ZC553KL: Rasa Zenfone 3 Laser


4 Comments

  1. Ahmad January 15, 2017
  2. Deddy Huang January 16, 2017
    • Tuxlin January 16, 2017

Add Comment

*