Membuat Live USB Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn via Unetbootin

Membuat Live USB Ubuntu – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas langkah – langkah untuk membuat Live USB Ubuntu 14.1 Utopic Unicorn menggunakan software Unetbootin di Windows. Dengan adanya Live USB Ubuntu, kita dapat mencoba sistem operasi Linux terpopuler tersebut tanpa harus menginstalnya lebih dulu. Cara ini juga tak membutuhkan CD atau DVD, sehingga cocok buat netbook atau laptop yang tidak memiliki optical drive. Oke, berikut langkah membuat Live USB Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn :).

Perangkat yang Perlu Disiapkan

  • PC, notebook atau netbook dengan sistem operasi Windows, Linux atau Mac OSX
  • Download instaler atau ISO Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn di sini
  • Download Unetbootin
  • USB flash drive minimal berkapasitas 2GB
  • Secangkir kopi, teh plus cemilan juga boleh :mrgreen:

Baca juga: Langkah Instal Deepin 2014.1 Linux

Langkah Pembuatan Live USB Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn

Membuat Live USB Ubuntu 14.10 Tuxlin Blog_01 Langkah pertama untuk memulai pembuatan USB instaler atau Live USB Ubuntu 14.04 Utopic Unicorn adalah hidupkan PC atau notebooknya (ya iyalah, kalau dalam keadaan mati ya nggak bisa :mrgreen: ) Setelah itu, tancapkan USB flash drive dan format dengan file sistem  FAT32. Setelah proses format USB flash drive selesai, jalankan aplikasi Unetbootin dan kita akan disuguhi tampilan seperti di bawah ini.

Membuat Live USB Ubuntu 14.10 Tuxlin Blog_02 Beri tanda cek pada Citra disk kemudian klik tombol untuk memilih file ISO atau instaler yang akan dijadikan Live USB. Pada tutorial kali ini adalah ISO dari sistem operasi Ubuntu 14.04 Utopic Unicorn.


Membuat Live USB Ubuntu 14.10 Tuxlin Blog_03 Membuat Live USB Ubuntu 14.10 Tuxlin Blog_04Setelah memilih Citra disk, pastikan drive letter pada bagian Drive sudah benar. Kebetulan, USB flash drive yang akan saya gunakan untuk memnuat Live USB Ubuntu 14.04 Utopic Unicorn menggunakan drive letter E:/ 🙂 Setelah semuanya benar, klik OK.

Baca juga: Review Netrunner 14 Frontier Linux, Distro Keren dengan Desktop KDE

Membuat Live USB Ubuntu 14.10 Tuxlin Blog_05 Proses pembuatan Live USB Ubuntu 14.04 Utopic Unicorn oleh software Unetbootin sedang berjalan dan memakan waktu sekitar 5 menit. Boleh deh ditinggal nyeruput kopi atau teh, sekalian ngemil, hehehehe… :mrgreen:

Membuat Live USB Ubuntu 14.10 Tuxlin Blog_06 Jreeeenggg!!! Proses pembuatan Live USB Ubuntu 14.04 Utopic Unicorn telah selesai. Pilih Reboot apabila ingin langsung mencoba Live USB Ubuntu 14.04 Utopic Unicorn atau pilih Keluar untuk keluar dari aplikasi Unetbootin. Setelah Live USB Ubuntu 14.04 Utopic Unicorn ini jadi, kita dapat mencicipi sistem operasi tersebut tanpa harus menginstalnya di hard disk. Untuk menjalankannya, cukup restar PC atau notebook dan set boot priority pada USB flash drive melalui BIOS, mudah bukan? Sampai di sini dulu posting mengenai cara membuat Live USB Ubuntu 14.04 Utopic Unicorn, semoga bermanfaat bagi pembaca semua :).

Anda mungkin suka: Review Xiaomi Redmi Note, Phablet Gahar Harga Masuk Akal


Add Comment

*