Review Hitachi Touro 1TB, Hard Disk Eksternal Murah

Review Hitachi Touro 1TB – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog membahas review Hitachi Touro 1TB yang merupakan hard disk eksternal murah meriah hore… hahahaha… Sebenarnya hard disk ini udah lama nongkrong di markas Tuxlin aka Tuxlin Lab, cuma baru sekarang keinget mau bikin reviewnya hehehehe… Yah pepatah mengatakan, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Akan tetapi pepatah ini sebenarnya menyesatkan lho! Soalnya orang-orang bakal suka telat.

Pepatahnya musti diganti: lebih baik tepat waktu daripada terlambat, apalagi tidak sama sekali hehehehe… Woke, sebelumnya Tuxlin Blog sudah punya hard disk eksternal Transcend yang lumayan gahar tampangnya, tetapi udah mulai penih dan port USB-nya udah mulai aus. Akhirnya Tuxlin Blog memutuskan untuk membeli hard disk eksternal Hitachi Touro 1TB. Harga hard disk ini di pasaran rata-rata Rp 700 ribu – 800 ribu-an, penasaran? Simak ulasan review Hitachi Touro 1TB hard disk eksternal oleh Tuxlin Blog kali ini.


Review Hitachi Touro 1TB

Spesifikasi Hitachi Touro 1TB

  • Kapasitas 1TB
  • Antarmuka USB 3.0, kompatibel dengan USB 2.0
  • Kecepatan transfer USB 3.0: up to 5 Gbit/sec. USB 2.0: up to 480 Mbit/sec
  • Sumber daya USB bus-powered
  • Relative humidity 20-80% non-condensing
  • Sisitem operasi Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 8.1, Windows 10, and Mac OS® X (10.5 or newer), Linux (tested by Laptophia Blog)
  • Dimensi 80mm x 13mm x 115mm
  • Berat 137 gram
  • Suhu operasi 41° – 95°F (5° – 35°C)
  • Anda dapat membeli atau cek harga Hitachi Touro 1TB terbaru di sini (Klik)

Paket Penjualan Hitachi Touro 1TB

Paket Penjualan Hitachi Touro 1TB

Pada review Hitachi Touro 1TB kali ini, Tuxlin Blog membelinya di toko online yang sudah menjadi langganan… Siapa lagi kalau bukan Lajadut 😆 Ada beberapa seller yang menjual Hitachi Touro 1TB ini, beberapa diantaranya menawarkan free pouch dan pulpen.

What, beli hard disk gratis pulpen? Nggak nyambung banget yak 😆 Kalau bonus flash disk sih masih mending, lha ini pulpen wkwkwk… Setelah mendarat, Pouch-nya bertuliaskan Western Digital. Nggak heran sih, kan Hitachi emang udah dibeli sama WD dan namanya diganti menjadi HGST. Berikut perlengkapan yang terdapat pada paket penjualan Hitachi Touro 1TB.

  • Harddisk eksternal Hitachi Touro 1TB
  • Kabel USB
  • Kartu garansi
  • Buku panduan
  • Pouch
  • Pulpen

Baca juga:Review Kamera Infinix Zero 3 X552 Bersensor Sony IMX230

Desain & Penampilan Hitachi Touro 1TB

Spesifikasi Hitachi Touro 1TBPenampilan Hitachi Touro 1TB

Tuxlin Blog secara pribadi sih sebenarnya nggak terlalu mempermasalahkan desain pada review Hitachi Touro 1TB kali ini. Namun, bagi beberapa pengguna, desain itu penting. Nah kesan pertama Tuxlin Blog saat menggenggam tanganmu hard disk eksternal ini adalah kompak dan ringan. Bahkan jauh lebih ringan dari hard disk eksternal Tuxlin Blog sebelumnya.

Hitachi Touro 1TB ini mengusung desain kotak dengan sudut yang tumpul. Sejauh ini memang belum ada kok produsen yang merilis hard disk eksternal berdesain bulat, apalagi bentuk hati 😆  Hard disk eksternal Hitachi Touro 1TB ini dibalut dengan casing berbahan plastik berwarna hitam dan bertekstur, sehingga tidak licin. Sayangnya,plastik casing Hitachi Touro 1TB ini terkesan tipis. Meski demikian, build qualitynya lumayan solid dan nggak kriyet-kriyet (bahasa apaan tuh? alien? 😆 ).

Penampilan Hitachi Touro 1TB

Hard disk Hitachi Touro 1TB ini nggak terlalu tebal, sehingga sangat mendukung mobilitas. Bahkan, ketika dimasukkan ke saku kemeja atau celana non-jeans, masih cukup nyaman. Rasanya seperti bawa smartphone dengan layar 5 inci, cuma lebih lebar dikit.

HGST membekali hard disk eksternal Hitachi Touro 1TB ini dengan port microUSB dengan bentuk yang agak aneh, seperti dua port yang digabung menjadi satu. Tuh kan, port harddisk eksternal aja udah menyatu, kita kapan bersatu? Embarrassed smileSmile with tongue out Mungkin, port microUSB menangani transfer data dan port sebelahnya untuk sumber daya.

Akan tetapi Tuxlin coba pake kabel port microUSB yang biasa ada dalam paket pembelian hape, ternyata hard disk ini bekerja dengan baik. Saat lihat foto HGST ini di Lazadut, kok ada LED indikator warna biru di bagian depan? Kenyataannya LED indikator itu tidak ada di depan, adanya di sisi atas, tepatnya samping port microUSB.

Baca juga:Review Transcend StoreJet 25M2 500GB

Review Hitachi Touro 1TB

Review Hitachi Touro 1TB

Tentunya pembaca Tuxlin Blog penasaran dengan review Hitachi Touro 1TB kali ini, seperti apa performanya? Dari sisi harga, bisa dikatakan hard disk besutan HGST ini merupakan hard disk berkapasitas 1TB termurah. Tuxlin Blog bandingin brand lain rata-rata lebih mahal harganya.

Namun, murah bukan berarti murahan. Hitachi Touro 1TB ini hadir dengan desain minimalis berukuran kompak dan ringan. Build quality memang oke sih, tetapi casing plastik yang membalutnya terkesan agak tipis.

Lalu bagaimana performanya? Tuxlin Blog nggak menemukan keterangan atau informasi apakah hard disk yang digunakan oleh Hitachi Touro 1TB berkecepatan 5400 rpm atau 7200 rpm. Akan tetapi jika dilihat dari ukurannya, jelas Hitachi Touro 1TB berbasis hard disk 2,5” dan kemungkinan menggunakan kecepatan rotor 5400 rpm. Berikut ini hasil benchmark yang Tuxlin Blog lakukan dengan aplikasi Crystal Disk Mark versi 3.0.3 laptop Dell Vostro 5470 yang menjalankan sistem operasi Windows 8.1 x64.

Benchmark Hitachi Touro 1TB

Berdasarkan benchmark pada Crystal Disk Mark pada review Hitachi Touro 1TB kali ini, hard disk eksternal murah meriah ini menunjukkan performa yang nggak murahan. Hard disk eksternal besutan HGST ini mampu menghasilkan kecepatan read sekuensial hingga 91.22MB/s dan kecepatan write sekuensial mencapai 46.74MB/s.

Tuxlin Blog sih berpendapat port USB 3.0 lah yang memiliki andil kecepatan ini, mengapa? Selama ini kan USB selalu menjadi sumber kemacetan data atau istilah kerennya bottleneck. USB 3.0 yang udah didukung Hitachi Touro 1TB ini menawarkan kecepatan transfrer yang lebih tinggi dibandingkan dengan USB 2.0 yang tak lain adalah generasi sebelumnya. Kalau performa hard disk, yah segitu-gitu aja… Beda kalau kita pake SSD, baru kencang 😆

Benchmark Hitachi Touro 1TB

Benchmark memang tidak selamanya menunjukkan kinerja realworld, tapi benchmark Crystal Disk Mark nggak bisa disamakan dengan benchmar sintetis seperti AnTuTu pas review hape hehehehe… Tuxlin Bloig menjajal memindahkan file video berukuran lebih dari 8GB dari laptop ke hard disk Hitachi Touro 1TB, hasilnya? Transfer rate yang dihasilkan stabil di angka 40 – 46MB/s. Jauh lebih ngebut dibandingkan hard disk eksternal Tuxlin Blog sebelumnya yang masih menggunakan port USB 2.0.

Secara umum, hard disk eksternal Hitachi Touro 1TB ini menawarkan harga yang terjangkau, kinerja tinggi, build quality yang oke, dan ukuran yang kompak. Casing plastik yang membalutnya memang terkesan agak tipis. Terlepas dari itu, Hitachi Touro 1TB laik dipertimbangkan bagi yang membutuhkan media penyimpanan eksternal. Sampai di sini dulu review Hitachi Touro 1TB kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Kelebihan Hitachi Touro 1TB

  • Kinerja tinggi
  • Ukuran kompak dan ringan
  • Harga murah
  • Kapasitas penyimpanan besar

Kekurangan Hitachi Touro 1TB

  • Tidak memiliki perlindungan antishock
  • Kabel pendek

Anda mungkin suka:Review Evercoss Winner T+ Compo A74E: Big Speaker


8 Comments

  1. Daru Kartiko N March 30, 2016
    • Tuxlin March 31, 2016
    • gadgetboi May 7, 2016
      • Tuxlin May 7, 2016
  2. ekasari August 22, 2016
    • Tuxlin August 24, 2016
  3. hery kenshin October 29, 2016
    • Tuxlin October 29, 2016

Add Comment

*